. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby kualat » Fri Sep 04, 2009 3:45 pm

Al-quran telah disempurnakan oleh Kitab Undang2 Hukum Pidana ..

Alhamdulilah
kualat
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 78
Joined: Mon Jun 16, 2008 12:35 am

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Duladi » Fri Sep 04, 2009 3:46 pm

http://news.okezone.com/read/2009/05/12 ... kan-wanita"

Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita
Selasa, 12 Mei 2009 - 16:18 wib

M Budi Santosa - Okezone

JAKARTA - Salah satu tantangan bagi Kantor Urusan Agama sebagai pencatat pernikahan di tanah air adalah masih adanya masyarakat yang melakukan nikah kontrak dan pernikahan di bawah tangan alias nikah siri. Sehingga dengan sendirinya tidak mempunyai buku nikah yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Demikian dikemukakan Drs Zamhari Hasan MM saat menyampaikan orasi ilmiah pada pengukuhan sebagai widyaiswara utama Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan Departemen Agama di Jakarta, Selasa (12/5/2009).

Sidang pengukuhan dipimpin Kepala Badan Litbang dan Diklat Depag Prof Dr Atho Mudzhar, dihadiri Deputi Bidang Pembinaan Aparatur Lembaga Administrasi Negara Prof Dr Endang W Sri Lestari.

Nikah siri dikenal muncul setelah diundangkannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 sebagai pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa tiap-tiap perkawinan selain harus dilakukan menurut ketentuan agama juga harus dicatatkan.

Menurut Zamhari, pernikahan siri biasanya terjadi untuk nikah kedua dan seterusnya, karena untuk mendapatkan izin dari isteri pertama sangat sulit. "Pernikahan seperti ini jelas tidak punya kepastian hukum atau tidak punya kekuatan hukum yang paling dirugikan adalah wanita," ujarnya.

Adapun nikah kontrak, kata Zamhari, yaitu nikah yang dibatasi oleh waktu. Apabila habis waktunya maka bubarlah perkawinan tersebut. Kejadian ini dilakukan oleh orang asing yang datang ke Indonesia tidak bersama istrinya. Kalau pernikahan terjadi, pernikahan tersebut sudah pasti tidak tercatat, tidak mempunyai kekuatan hukum yang pada akhirnya yang dirugikan adalah pihak perempuan.

"Di daerah Bogor dan sekitarnya biasanya dilakukan oleh etnis Arab," ungkap widyaiswara yang menyampaikan orasi berjudul "Optimalisasi pelayanan penghulu pada KUA di kecamatan Bogor Selatan, Bogor tahun 2006."

Dia juga mengungkapkan masalah lain dalam peristiwa pernikahan di tanah air, yaitu calon penganten yang tidak datang sendiri ke KUA untuk pendaftaran nikah, dengan berbagai alasan, mereka menggunakan jasa calo, sehingga informasi yang diberikan oleh calo itu bisa menyesatkan seperti biaya nikah mahal.
Akibat masyarakat yang tidak datang sendiri ke KUA juga berdampak pasangan nikah memperoleh buku nikah palsu.

"Biasanya ini terungkap apabila para pihak ada masalah seperti akan terjadi perceraian ke Pengadilan Agama atau ke Kantor Catatan Sipil, ketika mengurus akte kelahiran atau saat konsultasi ke KUA," ungkapnya.

Guna mengatasi masalah tersebut, menurut Zamhari, perlu dilakukan pembinaan, pengawasan dan penyuluhan terhadap praktek penghulu liar serta nikah di bawah tangan dan nikah kontrak. Juga diupayakan jalinan kordinasi dengan aparat terkait dan tokoh agama dan msyarakat secara efektif.

Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan SDM para penghulu, karena pendidikan dan pelatihan menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan optimalisasi para penghulu dalam pelayanan masyarakat Kepala Badan Litbang dan Diklat Atho Mudzhar dalam sambutannya menyebutkan bahwa, berbagai masalah muncul dalam perkawinan tidak lepas dari bagaimana pengamalan agama masing-masing. Selain itu masih rendahnya kualitas SDM para penghulu di tanah air. (mbs)
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Head Fixer » Fri Sep 11, 2009 11:52 pm

kalo berbusa itu yg jelas ...
yang dipidanakan itu nikah siri atau poligami ?...
kalo nikah siri tapi izin istri pertama apakah ini bigami ?...
kalo ada yg nikah siri trus terjadi delik bigami, nikahnya otomatis batal gak sama istri yg dinikahi siri setelah beres dipenjara ?..
yg jelas yah .. :-({|=
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Duladi » Sat Sep 12, 2009 3:50 pm

Head Fixer wrote:kalo berbusa itu yg jelas ...
yang dipidanakan itu nikah siri atau poligami ?...


Nikah siri ataupun poligami, bila dilakukan tanpa PERSETUJUAN ISTRI (melanggar UU no. 1 th 1974), bisa dipidanakan sebagai KAWIN ILEGAL yang melanggar hukum.
Istri bisa memenjarakan suaminya 5 tahun.

Head wrote:kalo nikah siri tapi izin istri pertama apakah ini bigami ?...


Kalau istri mengijinkan, berarti itu istri *****. Yang saya tekankan di topik ini adalah ISTRI-ISTRI PINTAR & BERMARTABAT yang tidak mau dirinya dilecehkan oleh pria.
Istri-istri yang tidak ingin suaminya menyeleweng dengan dalih "agama tidak melarang", bisa mengajukan TUNTUTAN PIDANA.

Maksud saya baik, kenapa sampeyan bukannya mendukung saya, malah berusaha membela EGO KAUM PRIA YG SUKA MENYELEWENG?
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Head Fixer » Sat Sep 12, 2009 6:18 pm

=D> anda resmi bollot beneran .... ga ngrti hukum sok bahas hukum
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Netralikum » Sat Sep 12, 2009 6:54 pm

Head Fixer wrote:=D> anda resmi bollot beneran .... ga ngrti hukum sok bahas hukum

Setuju
User avatar
Netralikum
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1023
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Netralikum » Sat Sep 12, 2009 7:11 pm

Head Fixer memang TOP
User avatar
Netralikum
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1023
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Duladi » Sat Sep 12, 2009 7:54 pm

Head Fixer wrote:=D> anda resmi bollot beneran .... ga ngrti hukum sok bahas hukum


Bantah saja ini, kalau sampeyan memang ngerti hukum:

Nikah siri ataupun poligami, bila dilakukan tanpa PERSETUJUAN ISTRI (melanggar UU no. 1 th 1974), bisa dipidanakan sebagai KAWIN ILEGAL yang melanggar hukum.
Istri bisa memenjarakan suaminya 5 tahun (bila mengacu pada pasal 279 KUHP) atau 9 bulan (bila mengacu pada pasal 284).

Netralikum wrote:Head Fixer memang TOP


Sampeyan ini cuma cloningannya Tanjidin.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Bigman » Sat Sep 12, 2009 8:34 pm

Netralikum wrote:Head Fixer memang TOP

Netralikum sejak avatarnya ga pake photo, udah ga netral lagee,
udah jadi lelaki kek-nya, trim's.
Image
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3227
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Netralikum » Sat Sep 12, 2009 10:56 pm

Duladi wrote:Sampeyan ini cuma cloningannya Tanjidin.

Duladi tahu darimana?
User avatar
Netralikum
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1023
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Head Fixer » Sun Sep 13, 2009 10:54 pm

Head Fixer wrote:=D> anda resmi bollot beneran .... ga ngrti hukum sok bahas hukum

Duladi wrote:Bantah saja ini, kalau sampeyan memang ngerti hukum:
Nikah siri ataupun poligami, bila dilakukan tanpa PERSETUJUAN ISTRI (melanggar UU no. 1 th 1974), bisa dipidanakan sebagai KAWIN ILEGAL yang melanggar hukum.
Istri bisa memenjarakan suaminya 5 tahun (bila mengacu pada pasal 279 KUHP) atau 9 bulan (bila mengacu pada pasal 284).

kenapa baru sekarang pake "BILA" ?? ...judul topik loe udeh salah tuh makanya gue cecar elo !!

gue tau aslinya ini pengen nanya tapi malu buat nanya, akhirnya dibuat seperti tantangan..... gengsi loe selangit bedul #-o
yang namanya BIGAMI itu bukan anti poligami,
karena pengertian POLIGAMI dalam KITAb UNDANG-UNDANG adalah menikah resmi lebih dari satu istri dan sepengetahuan para istrinya.
dan Kalo punya istri banyak tapi pernikahannya tanpa persetujuan istri2nya bukan poligami namanya tapi BIGAMI
kalo ada orang istrinya 4 dan semua istrinya menerima dan setuju itu bukan PIDANA (BIGAMI)
termasuk bukan BIGAMI juga kalo nikah siri tapi atas izin istri yg lainnya. dan pernikahannya tidak dapat dibatalkan oleh hukum, karena SAH nikah sirinya tsb.

ngerti BIGAMI gak sih loe ?? yg kurungan 5 tahun itu kasus BIGAMI dan bukan POligami ...

udeh belajarnya ?... heh heh heh :lol:
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Duladi » Mon Sep 14, 2009 1:30 pm

Duladi wrote:Bantah saja ini, kalau sampeyan memang ngerti hukum:
Nikah siri ataupun poligami, bila dilakukan tanpa PERSETUJUAN ISTRI (melanggar UU no. 1 th 1974), bisa dipidanakan sebagai KAWIN ILEGAL yang melanggar hukum.
Istri bisa memenjarakan suaminya 5 tahun (bila mengacu pada pasal 279 KUHP) atau 9 bulan (bila mengacu pada pasal 284).


Head Fixer wrote:kenapa baru sekarang pake "BILA" ?? ...judul topik loe udeh salah tuh makanya gue cecar elo !!


Memangnya menurut sampeyan judul topik itu mengenai apa?


Head wrote:gue tau aslinya ini pengen nanya tapi malu buat nanya, akhirnya dibuat seperti tantangan..... gengsi loe selangit bedul #-o
yang namanya BIGAMI itu bukan anti poligami,


Dasar *****! KUHP tidak menyatakan SETUJU atau TIDAK SETUJU dengan POLIGAMI. Yang dikatakan dalam pasal 279 KUHP adalah bila seorang pria beristri melakukan kawin lagi dengan wanita lain sedangkan dia tahu kalau statusnya itu melarang dia kawin lagi, ia bisa dijerat dengan pidana 5 tahun.

Pasal itu akan ditindaklanjuti bila ada pengaduan. Nah, istri-istri yang tidak pernah merasa merestui suaminya kawin lagi, tetapi suaminya nekat kawin lagi, sang istri bisa mengadukannya ke polisi dengan pasal itu, atau seringan-ringannya dengan pasal 284 yang hukumannya cuma 9 bulan.

Head wrote:karena pengertian POLIGAMI dalam KITAb UNDANG-UNDANG adalah menikah resmi lebih dari satu istri dan sepengetahuan para istrinya.
dan Kalo punya istri banyak tapi pernikahannya tanpa persetujuan istri2nya bukan poligami namanya tapi BIGAMI kalo ada orang istrinya 4 dan semua istrinya menerima dan setuju itu bukan PIDANA (BIGAMI)


Coba, apa itu BIGAMI aja sampeyan gak ngerti.

BIGAMI itu seorang pria punya 2 istri, atau seorang wanita punya 2 suami.
Kalau banyak namanya bukan BI, tapi POLI.

Sudah ngerti, sekarang?

Pedoman istilah BI atau POLI, bukan terletak pada setuju atau tidak setujunya sang istri, melainkan pada JUMLAH PASANGANNYA.

Kalau istri tidak setuju tapi si suami tetap NGOTOT melakukan penyelewengan, baik itu dengan SIRI maupun KAWIN SAH di pengadilan sebagai poligami, sang istri bisa menuntutnya PIDANA.

Seorang suami bisa kawin poligami di pengadilan meskipun istrinya tidak setuju, karena suami menyembunyikan status dirinya, biasanya mengaku masih bujang. Dalam kasus seperti ini hukumannya bisa lebih berat lagi, karena masuk PENIPUAN. Sesuai peraturan Undang-Undang, pengadilan tidak bisa mengesahkan perkawinan poligami bila istri tidak mengijinkan. Nah, karena itulah banyak para pria yang lebih cenderung berpoligami lewat NIKAH SIRI.

Head wrote:termasuk bukan BIGAMI juga kalo nikah siri tapi atas izin istri yg lainnya. dan pernikahannya tidak dapat dibatalkan oleh hukum, karena SAH nikah sirinya tsb.


Nikah Siri tidak diakui sebagai "pernikahan yang sah" oleh NEGARA.
Pernikahan yang sah dan diakui oleh negara hanyalah pernikahan yang tercatat, ada bukti hitam di atas putih dan diterbitkan oleh Lembaga Negara melalui KUA atau Catatan Sipil.

Nikah di bawah tangan dapat dituntut PASAL PERZINAHAN.

Head wrote:ngerti BIGAMI gak sih loe ?? yg kurungan 5 tahun itu kasus BIGAMI dan bukan POligami ...

udeh belajarnya ?... heh heh heh :lol:


Sdr Head, saya tidak akan sebodoh itu belajar kepada orang seperti sampeyan yang istilah BIGAMI aja gak ngerti.
Sampeyan adalah SEBUAH CONTOH NYATA dari seorang yang masih muslim, otaknya KEKANAK-KANAKAN.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Yehuda » Mon Sep 14, 2009 1:44 pm

:finga:

Emang lucu si montje ini...

Peace...
User avatar
Yehuda
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3047
Joined: Fri Jan 18, 2008 8:07 pm
Location: Depok

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby Muhammad Pagi » Tue Sep 15, 2009 2:24 pm

Perlu diangkat trit ini, untuk membuktikan bahwa bang motje tidak melakukan "slip" penulisan kembali. :green:
User avatar
Muhammad Pagi
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1210
Joined: Thu Nov 22, 2007 1:38 pm
Location: In front of U

Re: Istri berhak menghukum suami yg ber-POLIGAMI

Postby amethys » Sun Aug 28, 2011 11:45 am

memang benar...indonesia di atur oleh hukum yang menetapkan hukuman bagi laki2 yang selingkuh ato menikah lagi di luar pernikahan yang sah,tetap bukan karena agama semprul yang membolehkan laki2 menikah lagi yg patut jd sasaran...tetapi memang indonesia masih sangat banyak laki2 **** yang hanya takut pada hukum yg dibuat oleh manusia,seorang laki2 pandai tidak akan mau membagi harta dunia akhirat dengan hal2 duniawi **** yang menjerumuskan dalam keruwetan hidup
gampangnya aja...enak2 punya istri satu dengan anak2 yang lucu....laki2 pintar akan mempertahankan miliknya yang berharga....beda dengan laki2 **** yang hanya tau kawin mulu tanpa tau bgmn harus bersikap adil ato menghidupi keluarganya......nah 99% laki2 indonesia adalah laki2 **** yang cuma mempan dengan hukum manusia..........jd g akan mempan dengan hukum Allah (karena ketololan mereka itu)
amethys
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 1
Joined: Sun Aug 28, 2011 11:34 am

Previous

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users