. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Isa Mematahkan Salib?

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Isa Mematahkan Salib?

Postby chrystal eye » Tue Jun 07, 2011 11:05 am

Tertarik dengan pernyataan mengenai Isa akan datang lagi mematahkan salib dan membunuh babi..... sesuai sabda si mamad..

Rasulullah bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat sehingga turun kepada kalian Ibnu Maryam sebagai hakim yang adil, ia mematahkan salib, membunuh babi, menghentikan jizyah dan melimpahkan harta sehingga tidak ada seorang pun yang mau menerima pemberian harta.” (Hadist Shahih diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhari no. 2296)


dan tertarik pula dengan penyataan bahwa sebenarnya Isa tidak disalibkan

“dan karena Ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisaa : 157 – 158)


Lalu manfaat si Isa ini datang lagi mematahkan salib itu apa? Salib yang dimana? Salib siapa? Salib Yudas?
Toh juga dia tidak disalibkan? Urusannya apa sih? Bukannya kalau memang dia tidak disalibkan ya sudah, biarkan saja... tinggal selamatkan saja umat2nya, dan yang bukan umatnya masukkan ke neraka, beres kan?

Apabila dikarenakan ingin mematahkan keimanan kristen dan membuktikan diri bahwa sebenarnya dia tidak disalibkan ........... ini artinya kan membebaskan Yahudi dari perilaku pembunuhan nabi nya (khususnya terhadap Isa) seperti yang sering dituduhkan muslim? Yahudi bebas dong? bisa masuk surga.........

Mamad sepertinya linglung sendiri antara mau nyalahin Yahudi atau nyalahin Kristen........ atau rentang waktu turunnya ayat ini cukup lama sehingga dia lupa, atau kalaupun dia tidak lupa......... sudah ada tangan2 jahil yang mengotori quran/hadist sehingga agak2 gimana gitu ceritanya....

Mari, silahkan yang muslim tanggapannya......... murni ini pertanyaan saya, yang kapir juga boleh menambahkan apabila ada yang berkenan... atau apabila ini pernah dibahas sebelumnya, mohon petunjuk link nya supaya saya bisa baca2. (dan post ini bisa dihapus moderator agar tidak re-post)
chrystal eye
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 512
Joined: Sat Feb 06, 2010 10:39 am

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Tue Jun 07, 2011 1:56 pm

salib itu pokok keimanan kristen. dan itu sebuah kesalahan besar. maka itu akan dipatahkan oleh Yesus.
juga bisa berarti ketika gereja yg memakai salib bertobat maka Yesus menyuruh mematahkan salib2 itu.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby duren » Tue Jun 07, 2011 2:13 pm

CRESCENT-STAR wrote:salib itu pokok keimanan kristen. dan itu sebuah kesalahan besar. maka itu akan dipatahkan oleh Yesus.
juga bisa berarti ketika gereja yg memakai salib bertobat maka Yesus menyuruh mematahkan salib2 itu.

Yang dahh rusak parah lah isi otak dikau nie

Moso ente percaya sama tepu tepu TANPA DASAR dari bualan si tuhan Arab

Apa rupanya masalah sehingga Jesus harus mematahkan salib ??
Kalau pun SEMUA Kristen memang lah berdosa ...
Yahh di masukkan nya aja keneraka .... gamping kan \:D/


Apa fula urgensinya matah matah kan salib .
Mau berapa juta biji salib di dunia ini yang harus dipatahkannya .
Manalah pula kuat tangan Jesus mematahkan salib yang dari material beton cor bertulang itu \:D/


Otak ayam :finga:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10812
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby Aku KAFIR » Tue Jun 07, 2011 2:51 pm

CRESCENT-STAR wrote:salib itu pokok keimanan kristen. dan itu sebuah kesalahan besar. maka itu akan dipatahkan oleh Yesus.
juga bisa berarti ketika gereja yg memakai salib bertobat maka Yesus menyuruh mematahkan salib2 itu.


maaf kalo saia yang nubie ini lancang. apakah hanya salib ataukah pokok keimanan kristen? katakanlah Yesus kelak mematahkan salib... apakah berarti juga Yesus mematahkan pokok keimanan kristen?

... dan itu sebuah kesalahan besar. dengan demikian apakah keimanan kristen sebuah kesalahan? Yesus adalah pembawa berita akan kerajaan sorga yang notabene adalah pendiri atau pokok anggur kekristenan. apakah Yesus "mematahkan" apa yang selama ini Dia ajarkan ?

:yawinkle:
Aku KAFIR
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 3
Joined: Tue May 24, 2011 11:55 am

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Tue Jun 07, 2011 2:53 pm

Mau berapa juta biji salib di dunia ini yang harus dipatahkannya .

ya kalau orang2 kristen sudah lurus imannya dan mau mengikuti Yesus, maka Yesus cukup memberi instruksi untuk merobohkan dan mematahkan semua salib di sluruh dunia. dan akan menjadi hari besar "HARI PENGHANCURAN SALIB SELURUH DUNIA".
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Tue Jun 07, 2011 2:59 pm

Aku KAFIR wrote:maaf kalo saia yang nubie ini lancang. apakah hanya salib ataukah pokok keimanan kristen? katakanlah Yesus kelak mematahkan salib... apakah berarti juga Yesus mematahkan pokok keimanan kristen?

ya .. seperti itu.

... dan itu sebuah kesalahan besar. dengan demikian apakah keimanan kristen sebuah kesalahan? Yesus adalah pembawa berita akan kerajaan sorga yang notabene adalah pendiri atau pokok anggur kekristenan. apakah Yesus "mematahkan" apa yang selama ini Dia ajarkan ?
:yawinkle:

di haditsnya tidak disebut mematahkan atau membakar INJIL. tapi mematahkan salib.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby chrystal eye » Tue Jun 07, 2011 4:04 pm

Bang CS,
Kasih saya penjelasan dong sesuai point2 yg saya coba tanyakan.

Kalau komen bang CS itu saya sudah dengar ratusan kali......... dan semuanya dalam tataran "ngambang"
coba lebih dalam lagi dong dianalisis....... saya bukan pingin debat lho ini, bertanya betulan..... artinya saya benar2 ingin memahami pandangan muslim, jadi barangkali ada yang mau mencerahkan saya, monggo, silahkan........ cuma tolong penjelasannya yang logis yah... kalau gak logis saya anggap bantu "up" dan memberi hiburan buat saya saja....

sesuai pertanyaan saya sebelumnya;
"Lalu manfaat si Isa ini datang lagi mematahkan salib itu apa? Salib yang dimana? Salib siapa? Salib Yudas?
Toh juga dia tidak disalibkan? Urusannya apa sih? "

"Apabila dikarenakan ingin mematahkan keimanan kristen dan membuktikan diri bahwa sebenarnya dia tidak disalibkan ........... ini artinya kan membebaskan Yahudi dari perilaku pembunuhan nabi nya (khususnya terhadap Isa) seperti yang sering dituduhkan muslim? Yahudi bebas dong? bisa masuk surga........."

Jika cuma dijawab keimanan kristen salah besar? lhaaa............ masa cuma begini jawaban seorang intelek seperti CS?

CS wrote;
ya kalau orang2 kristen sudah lurus imannya dan mau mengikuti Yesus, maka Yesus cukup memberi instruksi untuk merobohkan dan mematahkan semua salib di sluruh dunia. dan akan menjadi hari besar "HARI PENGHANCURAN SALIB SELURUH DUNIA".


hadist atau ayat atau referensi nya mana ???
chrystal eye
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 512
Joined: Sat Feb 06, 2010 10:39 am

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby mamadkafirun » Tue Jun 07, 2011 5:58 pm

CRESCENT-STAR wrote:salib itu pokok keimanan kristen. dan itu sebuah kesalahan besar. maka itu akan dipatahkan oleh Yesus.
juga bisa berarti ketika gereja yg memakai salib bertobat maka Yesus menyuruh mematahkan salib2 itu.

Salib pokok keimanan Kristen? :rolling:
Ngajak debat atau bercanda nih ustad :rolling:
Kok lama-lama jawabannya jadi ga mutu gini sih stad stad :goodman:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Tue Jun 07, 2011 7:52 pm

chrystal eye wrote:sesuai pertanyaan saya sebelumnya;
"Lalu manfaat si Isa ini datang lagi mematahkan salib itu apa? Salib yang dimana? Salib siapa? Salib Yudas?
Toh juga dia tidak disalibkan? Urusannya apa sih? "
"Apabila dikarenakan ingin mematahkan keimanan kristen dan membuktikan diri bahwa sebenarnya dia tidak disalibkan ........... ini artinya kan membebaskan Yahudi dari perilaku pembunuhan nabi nya (khususnya terhadap Isa) seperti yang sering dituduhkan muslim? Yahudi bebas dong? bisa masuk surga........."
Jika cuma dijawab keimanan kristen salah besar? lhaaa............ masa cuma begini jawaban seorang intelek seperti CS?

saya menjawab sebisa saya, sekemampuan saya dan ya mungkin tidak bisa memuaskan bung, tak apa saya disebut tidak intelek pun. dan saya tidak dalam posisi memaksa siapa pun untuk menerima penjelasan saya. karena saya bukan hakim.
saya pertegas deh MENURUT PEMAHAMAN PRIBADI SAYA :
mematahkan salib itu adalah SALAH SATU dari sekian maksud2 kedatangan Yesus yang ke 2 di dunia.
agama kristen tanpa konsep penyaliban maka tidak akan ada yg namanya agama kristen. jadi penyaliban sangat amat erat kaitannya dengan seluruh dogma dalam agama kristen, ttg PENEBUSAN DOSA ini yg paling POKOK, ttg bangkit dari kematian,dst. oleh sebab itu mematahkan kekeliruan ini menjadi salah satu agenda utama kedatangan Yesus yang ke 2. mengembalikan ummat nya pada pemahaman yang benar bahwa tidak ada penebusan dosa melalui darah kristus yg di harus mati di kayu salib. yg ada adalah penebusan dosa melalui iman yg LURUS dan amal kebajikan.
dan menurut saya jika faham penyaliban ditiadakan tidak akan membebaskan yahudi dari tuduhan membunuh nabi-nabi. sebab dalam tanakh sendiri dijelaskan perilaku ini juga dalam perjanjian baru.
    1Raj 19:14
    Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup, dan mereka ingin mencabut nyawaku."

    Neh 9:26
    Tetapi mereka mendurhaka dan memberontak terhadap-Mu. Mereka membelakangi hukum-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu yang memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada-Mu. Mereka berbuat nista yang besar.

    Mat 23:37
    "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

hadist atau ayat atau referensi nya mana ???

hadit mematahkan salib, atau hadits hari pematahan salib sedunia ?
kalau hadits mematahkan salib ada, tetapi kalau pernyataan saya mengenai hari pematahan salib sedunia tidak ada haditsnya, itu menjawab pengandaian bung duren masalah teknis.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby duren » Tue Jun 07, 2011 10:44 pm

CRESCENT-STAR wrote:dan menurut saya jika faham penyaliban ditiadakan tidak akan membebaskan yahudi dari tuduhan membunuh nabi-nabi. sebab dalam tanakh sendiri dijelaskan perilaku ini juga dalam perjanjian baru.
    1Raj 19:14
    Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup, dan mereka ingin mencabut nyawaku."

    Neh 9:26
    Tetapi mereka mendurhaka dan memberontak terhadap-Mu. Mereka membelakangi hukum-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu yang memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada-Mu. Mereka berbuat nista yang besar.

    Mat 23:37
    "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

SEMUA ayat mu diatas malah MENGUATKAN bahwa Jahudi adalah TUKANG BUNUH nabi !!




Terlepas CARA mbunuhnya di lempar batu atau di salib atau dibacok pakai parang

Nahhhh lantas hal apa fula yang MEYAKINKAN MU bahwa mereka GA membunuh Jesus O:)
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10812
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby duren » Tue Jun 07, 2011 10:46 pm

Jangan ngeless yo .. aku kan dah janji ga pake acara bacok bacok an \:D/
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10812
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Tue Jun 07, 2011 11:06 pm

wah kalau pertanyaan itu lebih baik saya ngeles di forum ini karena OOT atau minimal melebar. silakan buat topik tersendiri saja.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby duren » Wed Jun 08, 2011 12:03 am

Aku lagi males bikin topic ... tapi ya udah dehh , dari pada ngeles O:)
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10812
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Wed Jun 08, 2011 1:56 am

fayhem wrote:Nah, km mau menerima penjelasan keimanan kristen yang sesungguhnya biar kemampuanmu bertambah ??

oh iya silakan, berikan kemampuan terbaik bung di sini. jangan banyak bercanda.
berikan saya bukti bahwa TANPA KONSEP PENYALIBAN agama Kristen masih bisa berdiri sbg agama kristen.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby oglikom » Wed Jun 08, 2011 7:49 am

CRESCENT-STAR wrote:berikan saya bukti bahwa TANPA KONSEP PENYALIBAN agama Kristen masih bisa berdiri sbg agama kristen.

Walaupun 'YANG' tanpa konsep penyaliban Islampun tidak mampu menyamainya....diantara Nabi-Nabi Istael tidak ada yang melakukan 'Bersumpah Lagi Hina' kecuali muhammadmu. :green:
Sekedar mengingatkan anda, seandainya QS 43:57 diterjemahkan dengan benar terutama kata "DURIBA"ibnu Maryam masihkah berlaku penyangkalan-penyangkalan qur'an tentang KONSEP PENYALIBAN???? :turban:
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3366
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby duren » Wed Jun 08, 2011 8:54 am

CRESCENT-STAR wrote:oh iya silakan, berikan kemampuan terbaik bung di sini. jangan banyak bercanda.
berikan saya bukti bahwa TANPA KONSEP PENYALIBAN agama Kristen masih bisa berdiri sbg agama kristen.

Ya bisa aja .. ajaran dari Jesus SUDAH SANGAT BERGUNA bagi manusia .
Setidaknya Kristen GA akan mengajarkan umatnya agar memancung kepala ente .

Penyaliban adalah internal vertikal !!
Ajaran Jesus lainnya adalah eksternal horizontal !! ITU SAJA sudah setara dengan apa yang diajarkan Sidharta ........ So siapa bilang Kristen ga bisa berdiri sebagai agama tanpa penyaliban \:D/


Menurut hadis TOLOL mu .. Isa datang untuk mematahkan salib ... Apa nte INGIN MENGATAKAN bahwa Jesus AKAN mengganti ajarannya menjadi seperti ajaran muhammad , yaitu AGAR Kristen memancung kepala muslim ?? :rolling: :shock: ](*,)
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10812
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby CRESCENT-STAR » Wed Jun 08, 2011 8:55 am

oglikom wrote:Sekedar mengingatkan anda, seandainya QS 43:57 diterjemahkan dengan benar terutama kata "DURIBA"ibnu Maryam masihkah berlaku penyangkalan-penyangkalan qur'an tentang KONSEP PENYALIBAN???? :turban:

masya Allah ... saya ingatkan bung ya. bung telah disesatkan oleh bung Hilman dalam masalah ini.
sangat ngawur. ...ok lah kalau bersikukuh "DURIBA" disana berasal dari kata "DOROBA" = Memukul.
"DURIBA" adalah bentuk Na'ibul Fa'il (passive voice) dari "DOROBA"
http://badaronline.com/dasar/bahasa-ara ... -fail.html
http://www.englishclub.com/grammar/verb ... assive.htm

contoh :
"saya telah memukul (doroba) hilman" ---> "hilman Dipukul (duriba) saya"

jika Duriba dalam ayat di atas mau diterjemahkan "DIPUKUL" maka akan rancu jadinya :

57. Dan tatkala putra Maryam dijadikan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya.
menjadi :
57. Dan tatkala putra Maryam dipukulkan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya.

bung Hilman malah menterjmahkan "ketika pemukulan Isa dijadikan perumpamaan ..."


wah ... darimana bisa "DIPUKUL" menjadi "PEMUKULAN" ??
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby chrystal eye » Wed Jun 08, 2011 9:55 am

Thanks bang CS atas penjelasannya.

Apabila dikatakan isa ingin menghancurkan dogma kristen, dengan mematahkan salib...
lalu kenapa hanya kristen saja yang dihancurkan dogma nya? kenapa tidak menghancurkan dogma yahudi. taoisme, budhism, hinduism....dll
kita bicara isa datang pada saat menjelang kiamat kan? artinya kiamat buat seluruh manusia, bukan cuma untuk islam dan kristen.
Kenapa cuma mematahkan salib dan membunuh babi? ada sentimen apa sih isa sama kristen?
kalau memang dogma kristen salah, tinggal cemplungin aja ke neraka toh? untuk apalagi mematah-matahkan salib? manfaatnya apa? toh dia tidak disalibkan menurut muslim....gitu loh yang saya tanyakan bang CS. Kalau bahasa keren bang duren "Urgensi" nya apa?

Jika maksudnya mengembalikan umatnya kepada pemahaman yang benar bahwa tidak ada penebusan dosa dengan penyaliban, apa iya yang mau diselamatkan hanya kristen doang oleh si isa ini? umat lain yg tidak meyakini dogma kristen tidak coba diselamatkan?
memangnya kalau akhirnya diberikan pemahaman yang benar maka umat (kristen) yg akhirnya tahu kalau dogma nya salah itu bisa diselamatkan masuk surga?

Ada apa sih alah swt dan muhamad sama kristen ini?????, kok perhatian banget gitu loh...........
kasihan kan umat lainnya..........

*ayat2 dari kitab palsu tak perlu ditampilkan bang CS, kita anggap saja muslim benar kalau alkitab itu adalah palsu, masa iya sampeyan malah menampilkan ayat2 palsu tersebut?
Artinya karena kitab tsb palsu maka keterangan kalau yahudi suka membunuh nabi2nya itu tidak valid..... bohong belaka, fitnah*
chrystal eye
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 512
Joined: Sat Feb 06, 2010 10:39 am

Re: Isa Mematahkan Salib?

Postby mihokking » Wed Jun 08, 2011 10:30 am

CRESCENT-STAR wrote:oh iya silakan, berikan kemampuan terbaik bung di sini. jangan banyak bercanda.
berikan saya bukti bahwa TANPA KONSEP PENYALIBAN agama Kristen masih bisa berdiri sbg agama kristen.


aku ikutan ya ....
karena kamu ngomong tentang penebusan

orang yang beriman pada Kristus sangat mengimani penebusan melalui penyaliban Yesus

ini sebenarnya jelas ..... di islam pun sampai hari ini masih diperingati hari Qurban

Apa yang dilakukan Abraham/Ibrahim tentang Qurban adalam bayangan/gambaran dari Qurban Yesus/Isa Almasih

Sangat jelas
:partyman: :partyman: :partyman: :partyman: =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>
mihokking
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 151
Joined: Thu May 27, 2010 12:45 pm

Next

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users