. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Pelanggaran HAM terhadap sesama umat Muslim, kemiskinan dan keterbelakangan yang disebabkan oleh Islam dan penerapan Syariah Islam.

ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby borjuis » Fri May 22, 2009 1:45 am

SEKEDAR MENYALIN ULANG DARI BUKU ILMU,ETIKA DAN AGAMA

1:prasalin dari borjuis:
sueerr...sebenarnya saya malas bangat bikin nih thread,tapi berhubung ahkir2 ini makin banyak type org2 macam alley,ya terpaksa di bela2in deh :green:



2:Tipologi atau typology dari kata Yunani, "τυπος - tupos" (kadang ditrasliterasikan "typos" kata darimana kata Inggris "type" berasal) dan "λογος - logos".

Pengantar Tipologi

Dari berbagai pandangan / teori tentang kepribadian ini, berkembanglah berbagai teori tentang tipologi / tipe kepribadian.

Tipologi semacam ini adalah usaha untuk menggambarkan kepribadian manusia dengan melakukan kategorisasi dan penyederhanaan terhadap berbagai kemungkinan kombinasi kepribadian. Karena salah satu sifatnya adalah penyederhanaan, maka apapun tipologi kepribadian sebenarnya tidak mampu untuk menggambarkan seluruh kemungkinan kepribadian.

Namun, dengan tetap berpegang pada pemahaman bahwa setiap manusia itu unik, tipologi kepribadian bagaimanapun dapat membantu siapapun untuk lebih memahami kepribadian diri maupun orang lain.

Ada banyak tipologi kepribadian, hampir sebanyak teoritikus tentang kepribadian itu sendiri. Di sini, akan disajikan beberapa tipologi saja, yaitu:
Big Five Personality
Archetype;
Miner.



OK,...MARILAH KITA SEJENAK TINGGALKAN BIG FIVE PERSONALITY UKT MELIHAT YG BANYAK BERIKUT INI,...

Tipologi hubungan sains dan agama dalam pemikiran Islam
===============================================================================

Dalam islam,konteks paling jelas utk diskusi kontemporer mengenai sains dan agama adalah fakta bahwa sains modern masuk wilayah2 muslimmelalui kolonialisme barat --yaitu,sekaligus menjadi penanda kekalahan peradapan muslim.
sejak ahkir abab ke-19,sikap2 yg diambil mengenai sains dan islam selalu terkait dgn fakta ini.

dalam pembahasan kontemporer,meski kolonialisme tak selalu disebut,tapi 'bahwa" sains berkembang secara tak menggembirakan di dunia muslim juga merupakan fakta lain yg harus meng-KONDISI-KAN RESPON muslim :green:
MESKI MASA KOLONIALISME SUDAH LAMA BERLALU DARI DUNIA MUSLIM,TAPI MASIH ADA KEKHAWATIRAN DI KALANGAN "SEBAGIAN" MUSLIM AKAN ADANYA "KOLONIALISME EPISTEMOLOGIS" MELALUI SAINS MODERN(LIHAT SARDAR 1989;IQBAL 2002,----hal ini bisa dilihat juga dgn banyaknya tanggapan2 negatif dari netter muslim ttg ffi)
RINGKASNYA,SECARA TERANG2AN ATAU TERSIRAT,TANGGAPAN MUSLIM TAMPAKNYA TAK BISA TERLEPAS DARI SITUASI SOSIAL-POLITIK-EKONOMI PASCA-KOLONIALISME ITU.

ini tampak amat jelas dalam penggambaran pervez hoodbhoy(1992),seorang fisikawan asal pakistan.
ia memerikan tanggapan muslim dgn meminjam tipologi 3 pandangan mengenai tanggapan terhadap kolonialisme yg secara langsung mempengaruhi tanggapan terhadap sains modern:

1:kaum RESTORATIONIST,.yang membayangkan kemajuan peradaban islam(emang ada? :shock: ) di masa lalu dan ingin mengembalikannya(restore) di masa ini,...caranya bisa bermacam-macam:
mulai dgn penekanan pada pembahasan apologetik mengenai KEJAYAAN masa lalu sampai kritik keras terhadap sains modern yg di anggap sekular dan tak bisa di terima sama sekali (borjuis=tapi kenapa wanita yg harus jadi korbannya? :shock: )

2:tanggapan rekonstruksionis,...wah lagi sionis/yahadi yg jadi korbannya deh :green: ,..enggak,lagi bercanda kok
yg seriusnya tanggapan ini yg sama sekali tidak anti sains modern,bahkan ingin MENG-AKOMODASI-KAN rasionalisme sains.
ini bisa mengambil bentuk menunjukkan bahwa semua temuan ilmiah sudah terkandung dalam quran--SETELAH DI TAFSIRKAN di sana sini (dan kerap kali di salah-tafsirkan,......nah hati2 dosa loh :axe: ),....atau
ME-rasionalisasikan teologi islam,seperti yg di lakukan sir syed ahmad khan di abab ke-19

3:tanggapan PRAGMATIS
sains di terima secara pragmatis demikian pula agama,--agama di manfaatkan jika ia bisa memenuhi tujuaanpraktis memajukan muslim(type org yg suka memakai standar ganda :---) )
dalam bukunya,selanjutnya hoodbhoy menyerang keras kelompok yg di sebut fundamentalis,yaitu para pemikir yg mengajukan gagasan "SAINS-ISLAM" ,seperti sardar dan seyyed hossein nasr,dan juga maurice bucaille,yg terkenal dgn upayanya menunjukkan kesesuaian ayat-ayat quran dgn temuan2 ilmiah.......(muslim mode on:wah itu fitnah besar)

maaf saya posting dulu,....
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby borjuis » Fri May 22, 2009 2:21 am

SAMBUNGAN,.......

Kritik hoodbhoy,meski ada benar,tampaknya terlalu ceroboh.ia menyamakan beragam gagasan yg berbeda(dan kadang2 saling bertentengan)di bawah satu label:ortodoksi keagamaan.
SARDAR SENDIRI, MENGAJUKAN BEBERAPA TANGGAPAN TIPOLOGI MUSLIM TERHADAP SAINS,..YAITU:

1;BUCAILLISM(dari nana bucaille yg di sebutkan diatas)
pandangan ini terfokus pada upaya PENCOCOK-COCOKAN ayat-ayat2 quran dgn temuan ilmiah

2:NETRAL,.....(mungkin pandangan ini yg di anut oleh netter Netralikum)
pandangan bahwa sains bersifat itu bersifat netral dan karenanya yg di perlukan adalah nilai2 etika islam utk mengawal aplikasinya,....(yah sama aja dgn boong deh ](*,) )
borjuis:hal ini sama saja dgn nantang duel 1 lawan 1,tapi musti di kawal oleh fpi ](*,)

3:SAINS-SAKRAL
seperti nasr,yg mengkritik keras sains modern modern sembari mengajukkan alternatif pembangkitan kembali "sains tradisional" yg masih memiliki kandungan metafisis amat kuat,....(borjuis:jadi jangan heran jika perempuan muslim harus rela di karungin :-" )

4:posisi sardar sendiri yg ingin ingin mengajukkan landasan epistomologi islami utk suatu sistem sains,...

supaya enak di baca maka saya post dulu,.........
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby borjuis » Fri May 22, 2009 2:22 am

:green:
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby borjuis » Fri May 22, 2009 2:48 am

sambungan lagi,.....

Tipologi terbaru di ajukan Ibrahim kalin(2002),seorang murid hossein nasr.
ia melihat ada 3 pandangan menganai islam dan sains:

1:yg melihat sains trutama dalam dimensi etika sosial
kelompok ini menekankan pentingnya penyerapan sains dan teknologi modern,yg dianggap bebas nilai(borjuis:tapi penciptanya tidak bebas dari celaan dan sumpah serapah :green: ),utk kemajuan komunitas muslim sembari melengkapi dgn etika muslim(borjuis:amrozi cs adalah contoh yg baik dari penjelasan ini)

2:kelompok yg terutama melakukan kritik epismotologis sains modern yg dianggap memiliki keterbatasan metodologis yg akut sehingga tak bisa mencapai kebenaran(SARDAR MASUK DALAM KELOMPOK INI)

3;pandangan yg berupaya setia pada metafisika tradisional dan melakukan kritik radikal atas sains modern(pandangan yg di wakili nasr)

sekedar info wrote:Epistemologi, (dari bahasa Yunani episteme (pengetahuan) dan logos (kata/pembicaraan/ilmu) adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan asal, sifat, dan jenis pengetahuan. Topik ini termasuk salah satu yang paling sering diperdebatkan dan dibahas dalam bidang filsafat, misalnya tentang apa itu pengetahuan, bagaimana karakteristiknya, macamnya, serta hubungannya dengan kebenaran dan keyakinan.

Epistomologi atau Teori Pengetahuan berhubungan dengan hakikat dari ilmu pengetahuan, pengandaian-pengandaian, dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh setiap manusia. Pengetahuan tersebut diperoleh manusia melalui akal dan panca indera dengan berbagai metode, diantaranya; metode induktif, metode deduktif, metode positivisme, metode


info sekedarnya wrote:Metafisika (Bahasa Yunani: μετά (meta) = "setelah atau di balik", φύσικα (phúsika) = "hal-hal di alam") adalah cabang filsafat yang mempelajari penjelasan asal atau hakekat objek (fisik) di dunia. Metafisika adalah studi keberadaan atau realitas. Metafisika mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah sumber dari suatu realitas? Apakah Tuhan ada? Apa tempat manusia di dalam semesta?


kelompok kedua dan ketiga melakukan kritikan radikal atas sains modern dan mengajukan perlunya di formulasikan semacam "sains islam",namun atas alasan yg berbeda.yg satu menekankan pada epistemologi,yg lain pada metafisika

saya post dulu,......
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby up1234go » Fri May 22, 2009 5:19 am

Muslimers begitu lihai mengulang2 PEMBENARAN utk disulap menjadi sebuah KEBENARAN (sekedar menutupi muka ISLAM dr agama lain). Ekonomi syariah, kumpul kebo islami adalah buktinya. Jgn heran jika para ulama lihai memberi kesan bahwa ISLAM PEMECAH SEMUA MASALAH.
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby up1234go » Fri May 22, 2009 5:54 am

Kesan bhw ISLAM PEMECAH SEMUA MASALAH akan mereka dorong lebih jauh ke dlm ruang negara (cara DAMAI/KEKERASAN. Tinggal pilih). Dlm hal sains pun juga demikian. Mereka msh menunggu muslim2 lain yg bisa menciptakan teknologi baru agar pas dgn klaim sains quran.
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: ILMU,ETIKA DAN ISLAM

Postby borjuis » Fri May 29, 2009 12:02 am

sambungan lagi,........

KRITIK TERHADAP TEORI EVOLUSI
=============================

Ketika darwin menerbitkan buku2nya si abad ke-18,ia dikarikaturisasi sebagai kera,karena dianggap berteori bahwa manusia keturunan dari kera--akibat dari bukunya THE DESCENT OF MAN.
pada masa darwin ini belum ditemukan fosil2 paleontropologis dgn temuan hominidnya.evolusi mengamati perubahan pada mahluk hidup sedangkan evolusinya telah berjalan pada mahluk hidup yg telah meninggal dunia dan punah.
perubahan iklim,plat tektonik yg terangkat,letusan gunung berapi dan hujan deras yg mengerosi tanah memungkinkan fosil tersingkap di tanah atau ditemukan dalam penggalian paleontologis.
faktor2 ini menyebabkan temuan fosil seringkali tidak lengkap.selain itu mahluk hidup yg meninggal lalu menjadi fosil sangat sedikit presentasenya,dibanding dgn yg mengalami dekomposi dan kembali ke tanah.
faktor iklim,tektur,komposisi dan pH tanah serta adanya predator mengurangi jumlah fosilisasi.ketidak-lengkapan fosil ini yg sering di pakai utk menyerang teori evolusi bahwa belum pernah ditemukan fosil yg merupakan transformasi antara manusia dan primata

Kritik terhadap teori evolusi yg keras sebenarnya berdasarkan pada "antropo-egosentris"--bahwa manusia adalah mahluk yg paling mulia di bumi krn mempunyai kemampuan berfikir,berakhlak dan berspirit;maka ia tidak mungkin berkerabat dgn mahluk hidup lain di dunia ini,sebab ia diciptakan terpisah dari spesies lain.

kelompok kristen fundamentalis memulai "creation science" atau kreasionisme,yg intinya menolak evolusi dan menganggap manusia diciptakan terpisah dari spesies lain;manusia diciptakan langsung seperti bentuknya sekarang.masalahnya,.....
kreasionisme mengambil hasil paragraf--dilepaskan dari konteks keutuhan makalah,dan dipakai utk menyerang balik teori evolusi.
kreasionisme tdk banyak melakukan penelitian empiris sendiri,dan dalam banyak hal mengambil penelitian biologi evolusi,menyeleksi kalimat2 evolusionis dan menyerangnya dgn finalitas--Allah pencipta yg maha agung.
publikasi kaum kreasionisme acap kali berupa kesimpulan dari memeriksa hasil kerja ilmuan lain mengenai anomali atau materi,tidak peduli betapapun meragukan.kritik terhadap hasil kerja peneliti2 ini di gunakan utk mendukung kepercayaan mereka terhadap interpretasi literal penciptaan dalam kitab kitab genesis bab pertama,atau di gunakan dgn tujuan mempermalukan ilmuan evolusi.kreasionisme berjuang di sekolah2 utk menghapus teori evolusi dan pernah memperkarakan guru sma yg menggantikan guru biologi yg tidak masuk,utk mengajar evolusi;ia dipersidangkan dan terkenal dgn "SCOPE TRIAL".media massa membuat pengadilan ini terkenal dan bahkan sampai di buat film di hollywood.

dalam perkembangannya,terdapat perbedaan tajam mengenai pandangan evolusi antara kaum kreasionisme dan teolog kristen,dan ini tercermin dari diterbitkannya "HUMANI GENERIS" oleh paus di tahun 1950an;dan pada tahun 1966,surat paus mengakomodasi teori evolusi,..yg membaik lebih jauh lagi pada tahun 1966,yg mengaungkan perlunya dialog antara sains(teori evolusi) dan agama dan menyatakan bahwa evolusi bukan lagi suatu hipotesis tetapi sudah diterima sebagai teori(pope,1966)

BELAKANGAN,ADNAN OKTAR,seorang penulis yg menggunakan nama HARUN YAHYA(jacob,2003),mem-popularitaskan kontradiksi islam dengan evolusi,dan menulis buku KERUNTUHAN TEORI EVOLUSI,serta banyak buku dan makalah lain ](*,)
SAYANGNYA argumentasi harun yahya hampir semuanya berupa pernyataan yg menyerang berbagai cuplikan karya ilmiah biologiwan,geologiwan,bioantropologiwan dan paleo-antropologiwan,tanpa dasar penelitiannya sendiri :shock:
(borjuis:namanya juga muslim,..kalo gak oot mana bisa kaffah islamnya ](*,) ),....
harun yahya mengambil cuplikan dengan melepaskan dari konteks makalah,memberi pernyataan tanpa didukung hasil penelitian atau bukti, SERTA MENGGUNAKAN NAMA SAMARAN ADALAH MENGINGKARI KEJUJURAN DAN PENCARIAN KEBENARAN YANG MENJADI DASAR DARI KARANGAN ILMIAH,.......
harun yahya juga tidak menyajikan bukti2 yg mendukung kreasionisme,dan berulang-kali hanya bersifat ofensif dengan mempertentangkan 2 hal:
1:menjadi pemeluk islam sejati,...atau
2:menjadi atheis yg percaya pada teori evolusi.
penekanan yg berulang-ulang pada hal ini lebih menyiratkan PROPAGANDA daripada memberi alternatif terhadap teori evolusi ilmiah

ILMU berusaha menyingkap fenomena alam,dgn meluncurkan pertanyaan utk mendapat jawaban,berdasarkan pengamatan atas persamaan dan perbedaan2 suatu peristiwa.berdasarkan tingkatannya,ILMU bisa dikategorikan dalam ontologi yaitu tingkat peristiwa dan proses,dan epistemologi yaitu tingkat ANALISIS.
yg dikritik oleh harun yahya,BAHKAN tidak dalam kategori peristiwa maupun analisis.TETAPI komentar terhadap peristiwa TANPA keterangan alternatif adanya peristiwa lain ](*,) ,....misalnya,MUTASI,yg oleh harun yahya diinterpretasi dgn mengatakan bahwa semua mutasi membahayakan dan dicontohkan akibat kebocoran radiasi nuklir di Chernobyl pada seorang anak yg menjadi cacat :green:
:rolling:

berhubung harun yahya sudah terlalu jauh oot-nya terhadap "KERUNTUHAN TEORI EVOLUSI" maka thread ini akan di sambung pada pembahasan yg lainnya lagi,.....tetapi masih dalam tema yg sama yaitu "ILMU,ETIKA DAN ISLAM"

BERSAMBUNG,................
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm


Return to Pengaruh Islam Terhadap Muslim



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users