. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Tue Aug 09, 2011 6:24 am

Hadits soal shalat muhammad yg juga dilakukan oleh semua muslim sampai saat ini.
mengucapkan salam ke kanan dan kiri....salam kepada siapa? dan siapa yg ada di kanan dan kiri itu??

mohon pencerahan....
Dari Sa’ad bin Abi Waqqash -radhiallahu anhu- dia berkata:
كُنْتُ أَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ يَسَارِهِ حَتَّى أَرَى بَيَاضَ خَدِّهِ
“Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberi salam ke arah kanan dan kiri (dalam shalat) hingga aku melihat putihnya pipi beliau.” (HR. Muslim no. 582)

Dari Abdullah bin Mas’ud -radhiallahu anhu- dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ يَسَارِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
“Bahwasanya beliau mengucapkan salam ke arah kanan dan kiri seraya mengucapkan: “ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH, ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH (Semoga keselamatan dan rahmat Allah limpahkan kepadamu).” (HR. Abu Daud no. 845, At-Tirmizi no. 295, An-Nasai no. 1303, dan Ibnu Majah no. 906)

Dari Ali -radhiallahu anhu- dari Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda:
مِفْتَاحُ الصَّلَاةِ الطُّهُورُ وَتَحْرِيمُهَا التَّكْبِيرُ وَتَحْلِيلُهَا التَّسْلِيمُ
“Kunci shalat adalah bersuci, pengharamannya (dari berbicara) adalah takbir, dan penghalalannya (untuk berbicara) adalah salam.” (HR. Abu Daud no. 56, At-Tirmizi no. 3, dan Ibnu Majah no. 271)
Abu Isa (At-Tirmizi) berkata, “Hadits ini adalah yang paling shahih dan paling baik dalam permasalahan ini.”

Dari Wail bin Hujr -radhiallahu anhu- dia berkata:
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
“Aku shalat di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau memberi salam ke arah kanan dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh (semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah tetap atas kalian), ” dan ke arah kiri dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum warahmatullah (semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian).” (HR. Abu Daud no. 997 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Irwa` : 2/31, 32)
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby a_man » Tue Aug 09, 2011 6:54 am

itu buat kedua malaikat sekretaris alohswt yg nongkrong di pundak slim2.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4318
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby ekapuri » Tue Aug 09, 2011 9:48 pm

endfinal wrote:Hadits soal shalat muhammad yg juga dilakukan oleh semua muslim sampai saat ini.
mengucapkan salam ke kanan dan kiri....salam kepada siapa? dan siapa yg ada di kanan dan kiri itu??


Pertanyaan yang bagus. Waktu saat-saat akhir saya menjadi muslimah dulu, kadang saya suka geli sendiri kalau di akhir shalat menengok kanan-kiri untuk mengucapkan salam, kok rasanya aneh. Memang akhirnya juga saya jadi mogok shalat beberapa bulan sebelum akhirnya murtad.
ekapuri
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 166
Joined: Sat Jun 18, 2011 4:52 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby mamadkafirun » Tue Aug 09, 2011 10:10 pm

Ayo donk muslim jawab pertanyaan TS. Ane juga pengen tau alasannya kenapa kalo sholat harus nengok kiri nengok kanan, celengo kiri, celengo kanan.
Kepada siapa salam diucapkan waktu nengok ke kiri dan kepada siapa juga salam diucapkan waktu nengok ke kanan.

Ada siapa di sebelah kiri dan ada siapa di sebelah kanan?
Apakah ada hadist yang menjelaskan ini?
Atau ya peraturan dari muhammadnya begitu, ya sudah ikuti saja.
Atau muslim dilarang bertanya mengenai aturan-aturan sholat?
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby Captain Pancasila » Tue Aug 09, 2011 10:28 pm

endfinal wrote:mengucapkan salam ke kanan dan kiri....salam kepada siapa? dan siapa yg ada di kanan dan kiri itu??

bukannya di hadist yg kamu bawa sudah jelas :
endfinal wrote:Dari Wail bin Hujr -radhiallahu anhu- dia berkata:
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
“Aku shalat di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau memberi salam ke arah kanan dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh (semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah tetap atas kalian), ” dan ke arah kiri dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum warahmatullah (semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian).” (HR. Abu Daud no. 997 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Irwa` : 2/31, 32)

kalian ---> siapapun yang ada disekelilingnya
pas hadap kanan ---> siapapun dalam jangkauan pandangan 180 derajat disebelah kanan
pas hadap kiri ---> siapapun dalam jangkauan pandangan 180 derajat disebelah kiri

kok sampe perlu kanan kiri? ---> kalo leher manusia selentur leher burung hantu, mungkin bunyi hadistnya akan lain... :lol:
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3222
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby mamadkafirun » Tue Aug 09, 2011 10:52 pm

@CP
Sudah saya duga sebelumnya akan ada muslim yang menjawab seperti ini. Karena sayapun berpikir yang sama namun saya urungkan untuk menulis itu karena saya pikir-pikir lagi kalau sholatnya sendiri, itu nengok ke kiri ke kanan mengucapkan salam kepada siapa? Siapa yang di sebelah kiri dan di sebelah kanan? Setan?

Kalaupun sholat berjamaah seperti di mushola atau di masjid, mereka yang berada pada bagian ujung kiri, ketika menengok ke sebelah kiri mengucapkan salam kepada siapa dan siapa yang ada di sebelah kirinya? Setan? Begitu juga mereka yang ada di bagian ujung kanan ketika menengok ke kanan.

Maaf OOT. Tapi saya kira ini perlu untuk kebaikan anda.
Saya sebenarnya berharap, kualitas pengetahuan anda akan islam semakin bertambah dan begitu juga kualitas anda dalam berdebat. Tidak menjawab asal dan sekenanya apalagi hanya menjawab berdasarkan link yang anda kasih tanpa ada penjelasan apapun atau menjawab hanya sekedar pemahaman anda tanpa disertai dengan dalil-dalil yang shahih yang berasal dari koran ataupun hadist. Satu lagi, jangan OOT dari topik yang sedang dibahas.

Jika sudah begitu, saya akan sangat senang berdebat dengan anda.
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Wed Aug 10, 2011 11:04 am

Captain Pancasila wrote:kalian ---> siapapun yang ada disekelilingnya
pas hadap kanan ---> siapapun dalam jangkauan pandangan 180 derajat disebelah kanan
pas hadap kiri ---> siapapun dalam jangkauan pandangan 180 derajat disebelah kiri

kok sampe perlu kanan kiri? ---> kalo leher manusia selentur leher burung hantu, mungkin bunyi hadistnya akan lain... :lol:

apakah muslim kompas, crescent star, dll setuju dengan jawaban muslim abangan ini??

seperti balasan bro mamadkafirun...gimana kalau muslim sholat sendiran di kamar? atau di mesjid pas seorang diri?

anggap saja jawaban CP begitu...lah kenapa muslim yg lagi sholat juga memberi salam? kenapa tidak menerima salam dgn jawabam "wa alaikum salam...bla bla bla".....tapi kabeh memberi salam?? apa gak lucu nih ajaran jika memberi salam kepada orang juga lagi memberi salam....siapa yg menerima salamnya ??

mohon pencerahan.....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Wed Aug 10, 2011 11:33 am

kemana nih muslim? pada tiarap semua ya?

jangan sampai ibadah sholat yg dibangga-banggakan muslim ini jadi seonggok sampah yg tidak jelas karena pertanyaan sederhana seperti ini tidak bisa dijawab dengan cerdas.

silakan muslim.....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby mamadkafirun » Wed Aug 10, 2011 12:18 pm

Saya ikut bertanya buat para muslim ya bang Endfinal. Let say jawaban dari CP benar.

Aturan sholat itu kan seragam, kalau nengok kiri ya nengok kiri semua. Kalau nengok kanan ya nengok kanan semua. Nah kalaupun benar ucapan salam itu diberikan kepada setiap orang yang sholat (kita tidak berbica sholat sendiri dulu), berarti orang yang menengok ke kiri memberikan salam kepada orang yang di sebelah kirinya. Sementara orang yang ada di sebelah kirinya memberikan salam kepada orang yang ada di sebelah kirinya juga. Begitu juga waktu nengok ke kanan.

Hakikat memberi salam kan adalah dua orang yang berhadap-hadapan. Bukan yang diberi salam malah nengok ke arah lain dan begitu seterusnya.
Masak memberi salam tapi tidak berhadapan face to face?

Lah piye toh iki? Jadi keblinger kan jawaban dari CP.
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Wed Aug 10, 2011 1:06 pm

a_man wrote:itu buat kedua malaikat sekretaris alohswt yg nongkrong di pundak slim2.

saya pernah mendengar jawaban muslim seperti itu. ada juga yg bilang untuk malaikat allah swt di sebelah kanan dan iblis/setan disebelah kiri. muslim CP malah bilang untuk sesama muslim yg lagi sholat bareng.

ayo donk muslim....yg bener mana? katanya sholat itu indah ....lah gak jelas gini gimana mau indah??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby Captain Pancasila » Wed Aug 10, 2011 4:07 pm

mamadkafirun wrote:@CP
Sudah saya duga sebelumnya akan ada muslim yang menjawab seperti ini. Karena sayapun berpikir yang sama namun saya urungkan untuk menulis itu karena saya pikir-pikir lagi kalau sholatnya sendiri, itu nengok ke kiri ke kanan mengucapkan salam kepada siapa? Siapa yang di sebelah kiri dan di sebelah kanan? Setan?

Kalaupun sholat berjamaah seperti di mushola atau di masjid, mereka yang berada pada bagian ujung kiri, ketika menengok ke sebelah kiri mengucapkan salam kepada siapa dan siapa yang ada di sebelah kirinya? Setan? Begitu juga mereka yang ada di bagian ujung kanan ketika menengok ke kanan.

siapapun disekelilingnya ---> termasuk tetangga sekeliling rumah/masjid/mushola, binatang, jin, malaikat, dan tumbuhan
endfinal wrote:anggap saja jawaban CP begitu...lah kenapa muslim yg lagi sholat juga memberi salam? kenapa tidak menerima salam dgn jawabam "wa alaikum salam...bla bla bla".....tapi kabeh memberi salam?? apa gak lucu nih ajaran jika memberi salam kepada orang juga lagi memberi salam....siapa yg menerima salamnya ??

mamadkafirun wrote:Hakikat memberi salam kan adalah dua orang yang berhadap-hadapan. Bukan yang diberi salam malah nengok ke arah lain dan begitu seterusnya.
Masak memberi salam tapi tidak berhadapan face to face?

"semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian" ---> pada hakekatnya adalah, lebih ke "doa", daripada sekedar : "salam"/"sapaan" yang memerlukan jawaban balik...

Mengapa Kita Mendoakan Siapapun di Sekeliling Kita tanpa Alasan yang Jelas?

Rasulullah SAW bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan”

dari : http://www.google.co.id/url?sa=t&source ... gg&cad=rja

intinya : malaikat akan mendoakan orang yang mendoakan hambanya/makhluk hidup lain
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3222
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby duren » Wed Aug 10, 2011 4:16 pm

Mendoakan yang disekeliling kok mesti membengkok kan leher keliling keliling ??

Mendoakan ortu , apa harus membengkok kan leher kearah rumah ortu
Mendoakan bini , apa harus membengkok kan leher kearah bini :-k
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10814
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby Kongming » Wed Aug 10, 2011 6:46 pm

duren wrote:Mendoakan yang disekeliling kok mesti membengkok kan leher keliling keliling ??

Mendoakan ortu , apa harus membengkok kan leher kearah rumah ortu
Mendoakan bini , apa harus membengkok kan leher kearah bini :-k

Bro duren,
Ane titip pertanyaan juga dengan logika muslim di atas...
Muslim yang sholat menghadap kabah artinya apa?
Muslim memberikan salam kepada batu hajar aswad saat naik haji, artinya apa?

Tenkyu...
Kongming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 389
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Thu Aug 11, 2011 9:05 am

Captain Pancasila wrote:siapapun disekelilingnya ---> termasuk tetangga sekeliling rumah/masjid/mushola, binatang, jin, malaikat, dan tumbuhan

"semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian" ---> pada hakekatnya adalah, lebih ke "doa", daripada sekedar : "salam"/"sapaan" yang memerlukan jawaban balik...

Mengapa Kita Mendoakan Siapapun di Sekeliling Kita tanpa Alasan yang Jelas?

intinya : malaikat akan mendoakan orang yang mendoakan hambanya/makhluk hidup lain

oke deh....anda meralat bahwa gerakan kanan kiri di sholat islam itu bukan salam tapi doa.
“ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH, ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH (Semoga keselamatan dan rahmat Allah limpahkan kepadamu).” = kalimat doa muslim (menurut muslim CP). dalam kalau ada muslim mengatakan kalimat itu kepada sesamanya gak perlu dibalas karena itu doa bukan salam. setuju bung??

jadi setiap sholat muslim berdoa untuk sekeliling ( tetangga sekeliling rumah/masjid/mushola, binatang, jin, malaikat, dan tumbuhan) dengan gerakan menoleh ke kanan dan kiri. betul begitu ya bung?

mohon pencerahan.....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Thu Aug 11, 2011 9:41 am

Kongming wrote:Bro duren,
Ane titip pertanyaan juga dengan logika muslim di atas...
Muslim yang sholat menghadap kabah artinya apa?
Muslim memberikan salam kepada batu hajar aswad saat naik haji, artinya apa?

Tenkyu...

biar muslim CP yang jawab karena dia lebih jujur ketimbang muslim lain yg bisanya cuma taqiyya.

silakan CP. jangan keluar dari pengertian islam yg anda pahami bahwa menoleh ke kanan dan kiri adalah bacaan doa kepada sekeliling.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby AIR » Thu Aug 11, 2011 11:16 am

Thread yang menarik.

Saya pernah terpikir untuk menanyakan hal ini tapi saya urungkan niat saya. Terima kasih buat TS mengangkatnya. Kini saya mau menunggu jawaban muslim seperti ustad CS. Saya rasa jawabannya bagus :green:

Berhubungan dengan shalat, kemarin saya pergi bezuk ke sebuah Rumah Sakit. Seorang ibu yang menunggui anaknya satu kamar inap dengan kenalan saya melakukan shalat. Ia kenakan perangkat ibadah Islamnya tersebut. Dalam hati saya berkata,"pocong!"

Lalu saya perhatikan benar-benar gerakannya. Ada gerakan yang duduk dengan posisi badan tegak. Ada pula duduk dengan posisi badan agak menyerong belakang kanan. Saya bertanya-tanya dalam hati,"Lho apa lagi ini?"

Teralihkan oleh kenalan saya yang mengajar saya ngobrol, saya missed gerakan jari menunjuk. Setahu saya ada kode tangan dengan jari menunjuk. Apakah artinya jari menunjuk? Kenapa bukan dengan jari tengah menunjuknya?

Selesai shalat, si ibu membuka lalu merapihkan "seragam pocongnya". Satu kalimat terbersit di benak saya,"Nanti post ah di FFI" :lol:



AIR
User avatar
AIR
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 774
Joined: Sat Jan 23, 2010 9:57 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby Captain Pancasila » Thu Aug 11, 2011 10:34 pm

endfinal wrote:oke deh....anda meralat bahwa gerakan kanan kiri di sholat islam itu bukan salam tapi doa.
“ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH, ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH (Semoga keselamatan dan rahmat Allah limpahkan kepadamu).” = kalimat doa muslim (menurut muslim CP). dalam kalau ada muslim mengatakan kalimat itu kepada sesamanya gak perlu dibalas karena itu doa bukan salam. setuju bung??

kalau ditujukan ke manusia lain, ya bukan sekedar doa lagi namanya, tetapi sudah menjadi salam/sapaan yg memerlukan jawaban, lagipula didalam kalimat2 salam pun kan biasanya ada/mengandung doa, spt : selamat pagi (semoga menempuh pagi dg selamat), good morning (semoga mendapatkan pagi yg baik), aloha (semoga kita bisa bergaul dalam cinta)...
endfinal wrote:jadi setiap sholat muslim berdoa untuk sekeliling (tetangga sekeliling rumah/masjid/mushola, binatang, jin, malaikat, dan tumbuhan) dengan gerakan menoleh ke kanan dan kiri. betul begitu ya bung?

betul, untuk sekedar doa yang hanya membutuhkan modal ucapan, kenapa musti pelit2...
Kongming wrote:Muslim yang sholat menghadap kabah artinya apa?

1. memenuhi perintah Tuhan
2. biar kalo sholatnya berjamaah, posisi sholatnya bisa tertib, rapi & hemat tempat
3. untuk menekankan pentingnya persatuan
4. menghimpun dan menyatukan hati
5. menyatukan energi sholat/doa/harapan kepada Tuhan
Kongming wrote:Muslim memberikan salam kepada batu hajar aswad saat naik haji, artinya apa?

1. menjalankan sunah
2. hajar aswad akan bersaksi di hari kiamat kelak
3. memohon/berharap/berdoa agar/supaya dosanya diampuni

Fungsi Lain Hajar Aswad :
Batu itu kini ada di salah satu sudut Ka`bah yang mulia yaitu di sebelah tenggara dan menjadi tempat start dan finish untuk melakukan ibadah tawaf di sekeliling Ka`bah.
Last edited by Captain Pancasila on Thu Aug 11, 2011 11:15 pm, edited 2 times in total.
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3222
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby kokokbeluk » Thu Aug 11, 2011 11:10 pm

Ane pernah diceritain ame muslim, kenape muslim banyak yang kismin...........! :lol:

Muslim ditanye ame Tuhan pada waktu sembahyang.....!
Wahai muslim, ente mau rezeki?
Entu muslim godek kekiri, godek kekanan...... Image
Artinya khan enggak mau.....!





Budhist ditanye ame Tuhan pada waktu sembahyang......!
Wahai manusia, ente mau rejeki?
Entu manusia manggut²........
Artinya khan mau entu rezeki.......!


Kayaknya sih becanda, tapi kenyataan!!! :lol:
User avatar
kokokbeluk
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2319
Joined: Tue Apr 26, 2011 12:43 am
Location: Bukan TUHAN yang ngomong ame muhammad saw di gua hira! TAPI hantu!

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby Topsy KreeT » Fri Aug 12, 2011 12:36 am

CP wrote:"semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian" ---> pada hakekatnya adalah, lebih ke "doa", daripada sekedar : "salam"/"sapaan" yang memerlukan jawaban balik...

    V
CP wrote:kalau ditujukan ke manusia lain, ya bukan sekedar doa lagi namanya, tetapi sudah menjadi salam/sapaan yg memerlukan jawaban, lagipula didalam kalimat2 salam pun kan biasanya ada/mengandung doa, spt : selamat pagi (semoga menempuh pagi dg selamat), good morning (semoga mendapatkan pagi yg baik), aloha (semoga kita bisa bergaul dalam cinta)...


Doa >> Bukan sekedar salam
Salam >> Bukan sekedar doa

](*,) pusing dah kalo mendengar ilmu slimin. #-o
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: hadits : salam ke kanan dan kiri saat shalat, utk siapa??

Postby endfinal » Fri Aug 12, 2011 1:04 am

["Captain Pancasila"]
endfinal wrote:oke deh....anda meralat bahwa gerakan kanan kiri di sholat islam itu bukan salam tapi doa.
“ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH, ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAH (Semoga keselamatan dan rahmat Allah limpahkan kepadamu).” = kalimat doa muslim (menurut muslim CP). dalam kalau ada muslim mengatakan kalimat itu kepada sesamanya gak perlu dibalas karena itu doa bukan salam. setuju bung??

kalau ditujukan ke manusia lain, ya bukan sekedar doa lagi namanya, tetapi sudah menjadi salam/sapaan yg memerlukan jawaban, lagipula didalam kalimat2 salam pun kan biasanya ada/mengandung doa, spt : selamat pagi (semoga menempuh pagi dg selamat), good morning (semoga mendapatkan pagi yg baik), aloha (semoga kita bisa bergaul dalam cinta)...

bung.....sebenarnya muhammad itu nyebut kalimat doa atau salam sih??? ente bilang bisa ditujukan ke tetangga...itukan manusia juga.jadi salam atau doa? kalau ditujukan ke gedung, kucing, jin dan malaikat....mau jadi doa atau salam tetap saja dua2nya gak masuk akal.

bung kompas dan CS bisa bantu ?? gue mah ampun sama muslim yg satu ini...... ](*,)

jadi setiap sholat muslim berdoa untuk sekeliling (tetangga sekeliling rumah/masjid/mushola, binatang, jin, malaikat, dan tumbuhan) dengan gerakan menoleh ke kanan dan kiri. betul begitu ya bung?

betul, untuk sekedar doa yang hanya membutuhkan modal ucapan, kenapa musti pelit2...

bukan soal pelit. itu ibadah jadi indah atau jadi goublok ??? bukankah muslim suka mengklaim kalau sholat itu indah? dimana letak indahkan kalau berdoa untuk binatang, jin dan malaikat pake tengok kanan kiri kaya mau nyebrang jalan gitu?? lalu dimana letak logikanya? bukankah muslim suka mengklaim islam itu agama yg logis? mobilang salam.....jadi gak logis....mobilang doa juga jadi lebih aneh lagi.....ckckkckckc....muslim repot ya bela agamanya.....bingung sendiri....
Kongming wrote:Muslim yang sholat menghadap kabah artinya apa?

1. memenuhi perintah Tuhan
2. biar kalo sholatnya berjamaah, posisi sholatnya bisa tertib, rapi & hemat tempat
3. untuk menekankan pentingnya persatuan
4. menghimpun dan menyatukan hati
5. menyatukan energi sholat/doa/harapan kepada Tuhan

betul. ciri penyembah berhala emang begitu. semua ditentukan oleh benda mati berupa patung, batu, bangunan, pohon, dll...sebagai pusat ibadah, ketertiban, kesatuan dan harapan, dll. islam = penyembah berhala sejati.

anda benar dalam hal ini.

Kongming wrote:Muslim memberikan salam kepada batu hajar aswad saat naik haji, artinya apa?

1.menjalankan sunah
2.hajar aswad akan bersaksi di hari kiamat kelak
3.memohon/berharap/berdoa agar/supaya dosanya diampuni

anda benar sekali. memang agama penyembah berhala seperti itu. benda berhala itu sangat penting sebagai ukuran ketaatan, punya pengaruh bagi penyembahnya dan bisa diharapkan memberikan berkah bagi penyembahnya.

islam adalah penyembah berhala sejati.

Fungsi Lain Hajar Aswad :
Batu itu kini ada di salah satu sudut Ka`bah yang mulia yaitu di sebelah tenggara dan menjadi tempat start dan finish untuk melakukan ibadah tawaf di sekeliling Ka`bah.
[/quote]
ketika masih ada ke 360 berhala disekeliling kabah....hajar aswad tetap pada fungsinya hingga sekarang. cuma muhammad singkirkan360 menjadi 1 tuhan bernama hajar aswad alias allah swt.

jika muslim merasa islam itu agama Ibrahim dan nabi2 Yahudil..sesungguhnya mereka adalah penyembah berhala pagan arabiah. muslim tertipu telak karena tidak sadar sedang menyembah berhala.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users