. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Filipina : Negara Muslim Himbau Hentikan Perang Di Filipina

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di seluruh dunia.

Filipina : Negara Muslim Himbau Hentikan Perang Di Filipina

Postby Laurent » Tue Apr 17, 2007 7:50 am

Negara-negara Muslim Himbau Hentikan Perang di Filipina Selatan
Selasa, 17 April 2007
Sejumlah Negara Muslim, mendesak Pemerintah Filipina dan gerilyawan Muslim untuk menghentikan pertempuran yang sudah berjalan selama tiga hari

Hidayatullah.com--Sejumlah negara Muslim, Senin (16/4), mendesak Pemerintah Filipina dan gerilyawan Muslim agar menghentikan pertempuran di wilayah selatan yang sudah berjalan selama tiga hari.

Pertempuran antara militer Filipina dan gerilyawan Muslim di Selatan tersebut telah menewaskan sedikitnya 18 orang termasuk anak-anak dan menyebabkan 8.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Sekjen Organisasi Konferensi Islam (OKI) Ekmeleddom Ihsanoglu, menyerukan agar Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF), menaati kesepakatan tahun 1996 yang bertujuan untuk menghentikan konflik di wilayah selatan Filipina itu.

Lebih dari 8.000 warga desa melarikan diri dari rumah mereka karena pertempuran tiga hari antara pasukan Filipina dan kelompok pasukan gerilyawan Muslim, yang menewaskan sedikitnya 12 orang di pulau selatan Jolo.

Menurut kepala staf militer Kota Panamao, Jolo, Jenderal Hermogenes Esperon, Senin (16/4), pasukan terus memburu komandan gerilyawan Habier Malik dan orang-orangnya di MNLF setelah menguasai persembunyiannya di perbukitan.

Baru-baru ini pasukan pemerintah mengambil alih markas MNLF di dekat Kota Talipao, Ahad (15/4), kemudian menangkap sejumlah kecil orang-orang Malik di Desa Panamao, serta terlibat bentrokan yang menewaskan seorang gerilyawan. Namun, menurut Bacarro, sedikitnya sembilan gerilyawan tewas dalam bentrokan tersebut.

Sekitar 8.000 warga desa dari Panamao terpaksa mengungsi dan mengatakan mereka telah ditampung serta diberi suplai makanan oleh pemerintah. Keamanan juga ditingkatkan di kota utama Jolo untuk mencegah kelompok Malik melakukan pengeboman ataupun serangan yang lain.
Aksi kekerasan dan bentrokan yang terjadi di wilayah selatan memang semakin mempersulit upaya perdamaian yang sebelumnya disepakati oleh Filipina, MNLF dengan dimediatori OKI pada tahun 1996 dalam sebuah pertemuan di Jedah, Arab Saudi. Sejumlah kegagalan implementasi perdamaian dengan MNLF juga membuat upaya Pemerintah Filipina untuk berdamai dengan kelompok separatis yang lain di Selatan, yakni Front Pembebasan Islam Moro (MILF) kian sulit.

Militer Filipina terus menekan umat Islam. Militer bahkan menuduh, Malik menyembunyikan Dulmatin dan Umar Patek, yang dikait-kaitkan dengan bom Bali 2002. Yang jelas, kehidupan umat Islam terus tak aman sejak sikap militer yang berlebih-lebihan di Negeri itu. [ind/ap/rtr/sp]

http://hidayatullah.com/index.php?optio ... 9&Itemid=1
Laurent
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5850
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Return to Islam /Muslim dlm Gambar Dan Berita Internasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot]