. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Fatwa MUI ttg perayaan natal

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

setujukah anda dgn fatwa tersebut???

Sangat tidak setuju, karena hal itu bersifat EGOISTIS dan TIDAK TOLERAN
35
85%
Sangat setuju, karena islam dapat hidup sendirian di dunia ini tanpa bantuan non islam.
6
15%
 
Total votes : 41

Fatwa MUI ttg perayaan natal

Postby kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh » Thu Dec 07, 2006 4:47 pm

fatwa MUI tentang PERAYAAN NATAL BERSAMA ---> http://www.mui.or.id/mui_in/fatwa.php?id=71

Berarti kalo ada stasiun tv yg karyawannya beragama islam, TIDAK BOLEH ikut dalam pembuatan acara TAYANGAN PERAYAAN NATAL ?????
Mau dipecat oleh stasiun TV ??? :wink: pilih mana ....FATWA atau PEKERJAAN ??? :wink:

Bagaimana dgn PRESIDEN atau WAKIL PRESIDEN yg selalu turut dalam perayaan NATAL BERSAMA setiap tahun????? apakah mereka berarti tidak patuh terhadap fatwa tsb??? :wink:
User avatar
kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 430
Joined: Sun Oct 08, 2006 11:04 pm

Postby Kane » Fri Dec 08, 2006 8:25 am

Kalo saya berpendapat selama tidak ada kebersamaan dalam beribadah tidak ada yang perlu diributkan.
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh » Fri Dec 08, 2006 9:59 am

Tapi hal ini masih menjadi polemik dikalangan masyarakat terutama masyarakat muslim dan menjadi pro-kontra diantara mereka sendiri.
Jangankan untuk berpartisipasi dalam perayaan natal.......... untuk memberi selamat natal saja masih ada pro kontra... walaupun sudah ada penjelasan mengenai hal ini dari pemerintah.
User avatar
kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 430
Joined: Sun Oct 08, 2006 11:04 pm

Postby feodor fathon FF » Fri Dec 08, 2006 10:10 am

ENTE MAU GAK NGUCAPIN SELAMAT ATAS LAHIRNYA MUHAMMAD SAMA ORANG ISLAM ?
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby sapujagad » Fri Dec 08, 2006 10:22 am

sebelum MUI ada, sebelum ISLAM ada, natal sudah ada, jadi gak usah pusing dengan fatwa MUI, sekalipun semua orang islam tidak mengakui Natal, hari natal sudah ada, dan akan tetap ada,

apa sih dasar fatwa MUI itu? tidak mau mengakui keberadaan Kristus, keberadaan orang Kristen?
eh....padahal JIN saja diakui keberadaannya, bahkan katanya ada JIN MUSLIM, bearti khan ada JIN yang NON MUSLIM,
jadi kalau mau konsisten, ya mestinya ada manusia MUSLIM khan juga ada manusia NON Muslim yang perlu diakui keberadaannya...

eh...., kalau jin muslim merayakan kelahiran muhammad nggak ya???
User avatar
sapujagad
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh » Fri Dec 08, 2006 10:48 am

feodor fathon FF wrote:ENTE MAU GAK NGUCAPIN SELAMAT ATAS LAHIRNYA MUHAMMAD SAMA ORANG ISLAM ?


KENAPA TIDAK ??? MAU SAJA... untuk mengucapkan selamat.
Jangankan yg begituan... ucapan selamat lebaran saja gw sering melakukan kok...
User avatar
kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 430
Joined: Sun Oct 08, 2006 11:04 pm

Postby Serafim » Fri Dec 08, 2006 10:06 pm

Iya...kalo cuma mengucapkan selamat sih kaga ada masalah...Kita kan harus menghargai kepercayaan orang lain. Tinggal kembali ama orang yg kita hargai itu....apa dia mau menghargai kepercayaan kita juga gak?...
User avatar
Serafim
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 205
Joined: Fri Dec 08, 2006 9:18 pm

Postby kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh » Sat Dec 09, 2006 7:01 am

Serafim wrote:Iya...kalo cuma mengucapkan selamat sih kaga ada masalah...Kita kan harus menghargai kepercayaan orang lain. Tinggal kembali ama orang yg kita hargai itu....apa dia mau menghargai kepercayaan kita juga gak?...


Untuk menjawab hal itu kebanyakan dari mereka MALU2 untuk menjawab pertanyaan seperti itu dgn tegas.

Buktinya..
Dulu ketika fatwa ini dikeluarkan oleh MUI sempat menjadi selisih pendapat antara Pemerintah dgn MUI. Tapi toh... hingga hari ini fatwa tersebut tidak pernah dicabut. Entah kenapa?

Sama nasibnya dgn SKB 2 mentri tentang pembangunan rumah ibadah, yg kontroversial itu.... sampai sekarang TIDAK PERNAH dibatalkan.

Dan kenapa cenderung ditujukan kepada umat Kristiani? lihat saja judul fatwa MUI ini......
Hanya mereka yg tahu.....
User avatar
kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 430
Joined: Sun Oct 08, 2006 11:04 pm

Postby Phoenix » Sat Dec 09, 2006 7:18 am

feodor fathon FF wrote:ENTE MAU GAK NGUCAPIN SELAMAT ATAS LAHIRNYA MUHAMMAD SAMA ORANG ISLAM ?


Gue nggak maslaah..dan nggak cuman ngucapin..

Idul Fitri gue ucapin ke temn gue..bahkan gue bikinin Rendang 3 kilo!

Ikut datang waktu diundang perayaan idul Fitri bersama..

Idul Adha, bantuin temen yg bikin pesta...bikin gule kambing sama lontong...
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby indo_dodol » Sat Dec 09, 2006 7:52 am

MUI sama kurang kerjaannya dengan pemerintah ikut ngatur yang beginian juga.....
payah....
User avatar
indo_dodol
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 90
Joined: Sun Nov 12, 2006 5:49 am

Postby indo_dodol » Sat Dec 09, 2006 7:56 am

padahal, setiap lebaranan gw ikutan ucapin selamat, dan ikutan makan-makan he he he....
memangnya waktu muhammad lahir org muslim sendiri pada ngucapin selamat juga pada sesama muslim? nanti kalau gitu tradisinya, gw ikutan juga deh...... no problemo......
User avatar
indo_dodol
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 90
Joined: Sun Nov 12, 2006 5:49 am

Postby Kolipoki » Sun Dec 10, 2006 12:06 am

Sebenarnya MUI blingsatan karena semakin banyak Muslim yang murtad. So? Untuk menghindari bertambah jumlahnya salah satu caranya ya pake fatwa2 an. Mereka takutan ada Muslim yang mengetahui kebenaran tentang Mesias tatkala menghadiri perayaan/kebaktian Natal dan ujung-ujungnya meninggalkan Islam.
Mungkin itu alasan logisnya.........
User avatar
Kolipoki
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 40
Joined: Fri Dec 01, 2006 2:18 pm

Postby abdulah » Sun Dec 10, 2006 12:23 am

feodor fathon FF wrote:ENTE MAU GAK NGUCAPIN SELAMAT ATAS LAHIRNYA MUHAMMAD SAMA ORANG ISLAM ?



Memang pemikiran manusia Islam yang super idiot dengan pemikiran yang sempit dan cupet !!

Apa salahnya mengucapkan selamat atas kepercayaan orang lain ?!

Setiap hari lebaran dirumah gue setiap tahunnya bikin ketupat untuk dibagikan ke-tetangga yang muslim.

Dan beberapa kali waktu Idul Adha gue bantu ketua RT gue yang kurang mampu untuk membelikan dia kambing.

Memang sulit untuk merubah pemikiran manusia muslim yang sudah termakan oleh hasutan manusia Arab penipu besar Muhammad yang tidak ada toleransinya terhadap umat non muslim.
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

why natal is haram

Postby deebat » Sun Dec 10, 2006 2:40 am

Ada Apa Dengan 25 Desember ?


Bila diajukan sebuah pertanyaan kepada umat Kristiani : Ada apa pada tanggal 25 Desember ???

Hampir dapat dipastikan seluruh umat Kristiani akan menjawab : Itu adalah hari kelahiran Yesus Kristus.

Memang demikianlah bagi iman umat Kristiani, tanggal 25 Desember diyakini sebagai hari kelahiran Yesus, pada tanggal 25 Desember mereka juga menjadikan hari raya keagamaan yang dikenal dengan hari raya Natal.

Namun benarkah Yesus dilahirkan pada tanggal 25 Desember, karena ayat-ayat dalam Bible (Kitab suci umat Kristen) mengisyaratkan bahwa Yesus lahir antara bulan Mei hingga September. Al-Qur?an juga mengisyaratkan demikian, nabi Isa as bukan lahir pada bulan Desember yang berhawa dingin dan bersalju, tetapi nabi Isa as lahir pada musim kemarau.

Bila ditelusuri lebih jauh, ternyata tanggal 25 Desember merupakan tanggal keramat bagi kebanyakan orang-orang Pagan (penyembah berhala), diantaranya adalah orang-orang yang menyembah matahari (dewa matahari), konon mereka meyakini bahwa dewa matahari lahir pada tanggal 25 Desember, dan bila ditelusuri lebih jauh lagi, banyak orang-orang pagan yang mempunyai sesembahan yang lahir pada tanggal 25 Desember.

Bila Bible dan al-Qur?an mengisyaratkan bahwa Yesus/nabi Isa as lahir bukan pada tanggal 25 Desember, maka memaksakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus, akan melahirkan pertanyaan ?mengapa hari kelahiran Yesus harus dipaksakan tanggal 25 Desember yang sama dengan hari kelahiran dewa-dewa bagi orang-orang pagan, bukankah hal tersebut mengisyaratkan bahwa Yesus harus diberhalakan??

Mari kita kaji hari kelahiran Yesus berdasarkan al-Qur?an dan Injil dan mari kita kaji pula hari kelahiran dewa-dewa yang diberhalakan oleh orang-orang pagan, agar kita tidak tertipu oleh orang yang mengatakan bahwa mem-peringati 25 Desember adalah untuk menghormati kelahiran nabi Isa as, sehingga ikut-ikutan merayakan yang sejatinya merayakan lahirnya berhala.

Hari Kelahiran Berhala-berhala

Sejak masa yang sangat awal orang-orang Romawi telah merayakan hari raya Saturnalia untuk menghormati dewa-dewa tumbuh-tumbuhan kuno yang pada waktu itu mereka mengadakan pertunjukan besar yang terdiri dari hadiah-hadiah, lilin-lilin, boneka-boneka?dari pemerintahan kaisar Aurelian yang memperkenalkan penyembahan matahari dalam karakter etis yang tinggi. Tanggal 25 Desember merupakan hari yang terkenal dari kalender mereka dan secara resmi digambarkan sebagai hari kelahiran Matahari Yang Tak Tertandingi.

Pada masa sebelum agama Kristen lahir, di kawasan Mediterania, 25 Desember merupakan hari yang sangat penting karena dianggap sebagai hari suci. Orang-orang kuno beranggapan bahwa 25 Desember adalah awal musim dingin di mana matahari memulai perjalanan tahunannya mengelilingi langit, oleh sebab itu tanggal 25 Desember merupakan hari kelahiran matahari yang dirayakan secara besar-besaran.

Banyak negara-negara pada waktu itu yang menjadikan matahari sebagai dewa sesembahan di antaranya : Cina, India, Persia, Mesir, Yunani, Roma, Jerman, Skandinavia, Inggris, Irlandia dan Amerika kuno. Mereka meyakini bahwa dewa matahari lahir pada tanggal 25 Desember.

Dewa Mithra dilahirkan pada tanggal 25 Desember, dewa Isis dan Orisis dilahirkan pada hari ke 362, dan Horus serta Apollo pada hari ke 363, yang berarti minggu terakhir pada bulan Desember, dengan demikian tanggal 25 Desember merupaka hari lahirnya berbagai dewa matahari Mediterania .

Dewa Krisna anak dewa Wisnu juga lahir pada tanggal 25 Desember. Pendiri Budhaisme anak Mahasmatta juga lahir pada tanggal 25 Desember, Zoroaster anak tuhan akal juga lahir pada tanggal 25 Desember, dewa Baachus anak dewa Yupiter lahir tanggal 25 Desember. Jadi banyak dewa yang lahir pada tanggal 25 Desember.


Hari Kelahiran Yesus

Menurut Bible (1)

Ada kesulitan yang besar untuk mengetahui tanggal kelahiran Yesus secara tepat, karena Bible sepertinya bungkam terhadap hari kelahiran Yesus. Bible hanya mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi ketika Yesus lahir, di antaranya ada sensus penduduk oleh kaisar Agustus dan ada seorang gembala yang mengembalakan kambingnya di malam hari.

1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.

7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Injil Lukas 2:1,7,8


Menurut ahli sejarah, Kaisar Agustus mengadakan sensus jiwa sekitar tahun 6-5 SM(2) , dan pada saat itulah Yesus dilahirkan.

Pada ayat selanjutnya, digambarkan bahwa ketika Yesus lahir, para gembala sedang mengembalakan gembalaannya di malam hari, hal ini hanya bisa dilakukan pada musim kemarau dan itu berarti tidak mungkin pada bulan Desember, karena pada bulan Desember di Israel sedang berlangsung musim dingin dan salju.(3)


Menurut Al-Qur?an

"Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (besandar) pada pangkal pohon kurma,?.dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. QS. 19:23-25

Ketika Maryam hendak melahirkan, pohon kurma sedang berbuah masak yang biasanya terjadi pada musim kemarau (panas), jadi al-Qur?an mengisyaratkan bahwa nabi Isa as lahir pada musim kemarau yaitu antara bulan Agustus sampai September pada kalender Masehi, dan secara tidak langsung al-Qur?an menyangkal bila nabi Isa as dikatakan lahir pada bulan Desember.


Menurut Sumber-sumber lain

Clement dari Aleksandria seorang tokoh Kristen Basidilius meyakini bahwa Yesus lahir pada tanggal 24 atau 25 pada bulan yang dinamakan oleh orang mesir sebagai Pharmuthi yang sama dengan bulan Mei.

Sebuah Sekte Kristen menegaskan bahwa kelahiran Yesus tepat pada waktu Kaisar Agustus berusia 28 tahun pada tanggal 25 bulan Pachon yang sama dengan tanggal 20 Mei

Gereja juga memiliki buku kecil yang ditemukan di antara tulisan-tulisan orang-orang Cypria yang ditulis tahun 243 M, yang menyatakan kelahiran Yesus tertanggal 28 Maret .

J.M. Robertson mengatakan bahwa beberapa sekte, sungguh sangat lama telah menetapkan hari kelahiran Yesus pada tanggal 24 atau 25 April?.sementara yang lainnya menempatkannya pada tanggal 25 Mei, dan sebagian Gereja Timur selama berabad-abad menjadikan tanggal 26 Januari sebagai hari kelahiran Yesus.

Jadi tidak satu sumberpun baik Bible, Al-Qur?an, pendapat para ahli sejarah maupun adat Kristen awal yang mendukung bahwa kelahiran Yesus terjadi pada bulan Desember apalagi dengan menentukan tanggal 25.


KEGALAUAN UMAT KRISTEN

Dalam sebuah situs : www.PemudaKristen.com

Dimuat tulisan tentang 25 Desember :

Anak Sekolah Minggu yang kritis mungkin akan bertanya: Jika demikian kenapa kita tidak menghitung ulang atau mengikuti perhitungan Clemens, yaitu merayakan Natal pada tanggal 20 Mei saja ?

Perhitungan Clemens menyebutkan bahwa Yesus dilahirkan pada tanggal 20 Mei, namun itu pun belum pasti benar. Kenapa kita harus menggunakan tanggal yang kebenarannyapun masih diragukan?

Secara umum, sudah berlangsung selama berabad-abad, Natal dirayakan pada bulan Desember, tepatnya pada tanggal 25 Desember, kenapa kita harus menetapkan tanggal perayaan sendiri, yang lain daripada yang lain?

Jawaban seperti itu adalah jawaban yang lari dari permasalahan inti, karena permasalahan intinya adalah mengapa menentukan tanggal kelahiran Yesus sama seperti tanggal kelahiran berhala-berhala ?

Tentu jauh lebih baik dan aman dari kesyirikan bila menempatkan kelahiran Yesus seperti perhitungan Clement yang sangat mendekati tafsir kitab suci umat Kristen dan yang paling penting adalah tidak menyamakan kelahiran Yesus dengan kelahiran berhala.

Saat ini sudah jutaan umat Kristen yang menentang perayaan Natal pada tanggal 25 Desember, bahkan ada sekte Kristen -saksi Yehovah- yang tidak merayakan Natal karena menurut mereka Yesus tidak pernah mengajarkannya.

Bila bagi umat Kristen saja Perayaan Natal sangat bermaslaah, maka bagi umat Islam sangat tidak pantas latah ikut-ikutan merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran nabi Isa as walaupun dengan dalih untuk menghormarti nabi Isa as, karena hal tersebut justru melecehkan nabi Isa as yang menyamakan hari kelahirannya dengan hari kelahiran berhala, Nabi Isa as tidak lahir pada tanggal 25 Desember, tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran dewa matahari yang diberhalakan, peringatan 25 Desember adalah ritual keagamaan para penyembah berhala.

Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua. Amien.

note :

Saturnalia adalah festival pada bulan Desember oleh Romawi, mula-mula festival ini dirayakan pada tanggal 17 Desember, kemudian diperluas menjadi 7 hari lamanya hingga tanggal 25 Desember. Natal banyak dipengaruhi oleh festival Saturnalia ini. (Ensiklopedia Britanica)
(1) Kitab suci agama Kristen, di Indonesia dan negara-negara yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab, Bible disebut sebagai Alkitab, namun saya pribadi lebih suka menyebutnya sebagai Bible supaya tidak bercampur baur dengan istilah dalam al-Qur?an yang banyak sekali menyebut kata al-Kitab yang dapat berarti Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur?an.
(2) Kebanyakan orang-orang Kristiani menganggap Yesus lahir pada tahun nol Masehi, padahal menurut ayat tersebut Yesus lahir pada tahun 6-5 sebelum Masehi. (Tafsir Injil Lukas)
(3) Israel terletak di sebelah utara garis khatulistiwa, hampir sejajar dengan Jepang, yang berarti bulan Desember adalah musim dingin.

alhamdulillah, apa gunanya saling menghina? apakah dalam agama diajarkan hal seperti itu?

bagi umat kristiani, apa gunanya anda menghujat agama kami. jika anda benar buktikan apakah dalam agama kalian dibenarkan saling menghujat dan menghina orang lain.

untuk orang muslim di forum ini, saya tahu kalian jihad membela agama Allah ( jihad yang hakiki ) tapi anda harus ingat ! jihad karna kebencian sangat dilarang dalam islam.

pernah dengar kisah saat saudara umar bin khattab berperang/ berjihad saat itu orang2 kafir terpojok mengalami kekalahan dan jumlahnya tinggal sedikit. pada waktu itu Umar menghunuskan pedang kearah leher seorang kafir yang terpojok dan di tinggal lari kawan-kawannya kemudian si kafir tadi meludahi muka umar bin khattab ra. apa yang dilakukan umar..? ternyata umar menuyarungkan pedangnya dan pergi. kemudian salah satu sahabat yang melihatnya bertanya kepada umar, "wahai umar apa yang kau lakukan kenapa kau menyarungkan pedangmu kembali? tanya sahabat tersebut." kemudian umar menjawab " aku membunuh karena Allah bukan karena nafsu amarah dan kebencianku"

ingatlah saudara muslim janganlah menghina walaupun itu adalah orang kafir. janganlah kita kotori jihad kita dengan nafsu amarah karna kebencian.

untuk orang kafir, (maaf karna kami diperintafkan bahwa " kafirlah orang yang mengatakan Allah adalah isa putra maryam" ) anda mengatakan agama islam begini begitu, Al-Quran ini itu, tanpa dasar yang jelas. kalau anda memang benar dan berani tolong tanyakan langsung jangan asal menghina, insyaallah saya akan menjawabnya

jika anda benar adalah seorang berani akan saya tantang anda secara langsung dan terang-terangan tidak hanya di forum dunia maya ini seperti seorang pengecut yang beraninya main belakang. biar orang banyak tau mana yang hak dan yang bathil.

saya di ITS ( institut teknologi sepuluh november surabaya )
kajian kristologi dan Tafsir Al-Quran jamaah masjid manarul ilmi
Surabaya call ( 085649171881 ) an. Muh Syaiffullah
deebat
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Dec 10, 2006 12:42 am

Postby dreamtheater » Sun Dec 10, 2006 3:24 am

feodor fathon FF wrote:ENTE MAU GAK NGUCAPIN SELAMAT ATAS LAHIRNYA MUHAMMAD SAMA ORANG ISLAM ?


FEODOR FATHON FF, SELAMAT ULANG TAHUN MOHAMMAD YAH!
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby matrix » Sun Dec 10, 2006 4:28 am

Rupanya... ada juga yg berpendapat muslim bisa hidup sendirian di dunia tanpa bantuan non muslim.
Mudah2an yg berpendapat seperti itu konsisten dgn pendapatnya, yaitu hanya menggunakan barang2 ciptaan muslim saja tidak menggunakan barang2 ciptaan non muslim seperti dunia maya ini.
Tuhan yg menjadi saksi.
User avatar
matrix
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Thu Dec 07, 2006 8:25 pm

Re: why natal is haram

Postby Phoenix » Sun Dec 10, 2006 4:56 am

deebat wrote:Ada Apa Dengan 25 Desember ?


Bila diajukan sebuah pertanyaan kepada umat Kristiani : Ada apa pada tanggal 25 Desember ???

Hampir dapat dipastikan seluruh umat Kristiani akan menjawab : Itu adalah hari kelahiran Yesus Kristus.

Memang demikianlah bagi iman umat Kristiani, tanggal 25 Desember diyakini sebagai hari kelahiran Yesus, pada tanggal 25 Desember mereka juga menjadikan hari raya keagamaan yang dikenal dengan hari raya Natal.

Namun benarkah Yesus dilahirkan pada tanggal 25 Desember, karena ayat-ayat dalam Bible (Kitab suci umat Kristen) mengisyaratkan bahwa Yesus lahir antara bulan Mei hingga September. Al-Qur?an juga mengisyaratkan demikian, nabi Isa as bukan lahir pada bulan Desember yang berhawa dingin dan bersalju, tetapi nabi Isa as lahir pada musim kemarau.

Bila ditelusuri lebih jauh, ternyata tanggal 25 Desember merupakan tanggal keramat bagi kebanyakan orang-orang Pagan (penyembah berhala), diantaranya adalah orang-orang yang menyembah matahari (dewa matahari), konon mereka meyakini bahwa dewa matahari lahir pada tanggal 25 Desember, dan bila ditelusuri lebih jauh lagi, banyak orang-orang pagan yang mempunyai sesembahan yang lahir pada tanggal 25 Desember.

Bila Bible dan al-Qur?an mengisyaratkan bahwa Yesus/nabi Isa as lahir bukan pada tanggal 25 Desember, maka memaksakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus, akan melahirkan pertanyaan ?mengapa hari kelahiran Yesus harus dipaksakan tanggal 25 Desember yang sama dengan hari kelahiran dewa-dewa bagi orang-orang pagan, bukankah hal tersebut mengisyaratkan bahwa Yesus harus diberhalakan??

Mari kita kaji hari kelahiran Yesus berdasarkan al-Qur?an dan Injil dan mari kita kaji pula hari kelahiran dewa-dewa yang diberhalakan oleh orang-orang pagan, agar kita tidak tertipu oleh orang yang mengatakan bahwa mem-peringati 25 Desember adalah untuk menghormati kelahiran nabi Isa as, sehingga ikut-ikutan merayakan yang sejatinya merayakan lahirnya berhala.

Hari Kelahiran Berhala-berhala

Sejak masa yang sangat awal orang-orang Romawi telah merayakan hari raya Saturnalia untuk menghormati dewa-dewa tumbuh-tumbuhan kuno yang pada waktu itu mereka mengadakan pertunjukan besar yang terdiri dari hadiah-hadiah, lilin-lilin, boneka-boneka?dari pemerintahan kaisar Aurelian yang memperkenalkan penyembahan matahari dalam karakter etis yang tinggi. Tanggal 25 Desember merupakan hari yang terkenal dari kalender mereka dan secara resmi digambarkan sebagai hari kelahiran Matahari Yang Tak Tertandingi.

Pada masa sebelum agama Kristen lahir, di kawasan Mediterania, 25 Desember merupakan hari yang sangat penting karena dianggap sebagai hari suci. Orang-orang kuno beranggapan bahwa 25 Desember adalah awal musim dingin di mana matahari memulai perjalanan tahunannya mengelilingi langit, oleh sebab itu tanggal 25 Desember merupakan hari kelahiran matahari yang dirayakan secara besar-besaran.

Banyak negara-negara pada waktu itu yang menjadikan matahari sebagai dewa sesembahan di antaranya : Cina, India, Persia, Mesir, Yunani, Roma, Jerman, Skandinavia, Inggris, Irlandia dan Amerika kuno. Mereka meyakini bahwa dewa matahari lahir pada tanggal 25 Desember.

Dewa Mithra dilahirkan pada tanggal 25 Desember, dewa Isis dan Orisis dilahirkan pada hari ke 362, dan Horus serta Apollo pada hari ke 363, yang berarti minggu terakhir pada bulan Desember, dengan demikian tanggal 25 Desember merupaka hari lahirnya berbagai dewa matahari Mediterania .

Dewa Krisna anak dewa Wisnu juga lahir pada tanggal 25 Desember. Pendiri Budhaisme anak Mahasmatta juga lahir pada tanggal 25 Desember, Zoroaster anak tuhan akal juga lahir pada tanggal 25 Desember, dewa Baachus anak dewa Yupiter lahir tanggal 25 Desember. Jadi banyak dewa yang lahir pada tanggal 25 Desember.


Hari Kelahiran Yesus

Menurut Bible (1)

Ada kesulitan yang besar untuk mengetahui tanggal kelahiran Yesus secara tepat, karena Bible sepertinya bungkam terhadap hari kelahiran Yesus. Bible hanya mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi ketika Yesus lahir, di antaranya ada sensus penduduk oleh kaisar Agustus dan ada seorang gembala yang mengembalakan kambingnya di malam hari.

1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.

7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Injil Lukas 2:1,7,8


Menurut ahli sejarah, Kaisar Agustus mengadakan sensus jiwa sekitar tahun 6-5 SM(2) , dan pada saat itulah Yesus dilahirkan.

Pada ayat selanjutnya, digambarkan bahwa ketika Yesus lahir, para gembala sedang mengembalakan gembalaannya di malam hari, hal ini hanya bisa dilakukan pada musim kemarau dan itu berarti tidak mungkin pada bulan Desember, karena pada bulan Desember di Israel sedang berlangsung musim dingin dan salju.(3)


Menurut Al-Qur?an

"Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (besandar) pada pangkal pohon kurma,?.dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. QS. 19:23-25

Ketika Maryam hendak melahirkan, pohon kurma sedang berbuah masak yang biasanya terjadi pada musim kemarau (panas), jadi al-Qur?an mengisyaratkan bahwa nabi Isa as lahir pada musim kemarau yaitu antara bulan Agustus sampai September pada kalender Masehi, dan secara tidak langsung al-Qur?an menyangkal bila nabi Isa as dikatakan lahir pada bulan Desember.


Menurut Sumber-sumber lain

Clement dari Aleksandria seorang tokoh Kristen Basidilius meyakini bahwa Yesus lahir pada tanggal 24 atau 25 pada bulan yang dinamakan oleh orang mesir sebagai Pharmuthi yang sama dengan bulan Mei.

Sebuah Sekte Kristen menegaskan bahwa kelahiran Yesus tepat pada waktu Kaisar Agustus berusia 28 tahun pada tanggal 25 bulan Pachon yang sama dengan tanggal 20 Mei

Gereja juga memiliki buku kecil yang ditemukan di antara tulisan-tulisan orang-orang Cypria yang ditulis tahun 243 M, yang menyatakan kelahiran Yesus tertanggal 28 Maret .

J.M. Robertson mengatakan bahwa beberapa sekte, sungguh sangat lama telah menetapkan hari kelahiran Yesus pada tanggal 24 atau 25 April?.sementara yang lainnya menempatkannya pada tanggal 25 Mei, dan sebagian Gereja Timur selama berabad-abad menjadikan tanggal 26 Januari sebagai hari kelahiran Yesus.

Jadi tidak satu sumberpun baik Bible, Al-Qur?an, pendapat para ahli sejarah maupun adat Kristen awal yang mendukung bahwa kelahiran Yesus terjadi pada bulan Desember apalagi dengan menentukan tanggal 25.


KEGALAUAN UMAT KRISTEN

Dalam sebuah situs : www.PemudaKristen.com

Dimuat tulisan tentang 25 Desember :

Anak Sekolah Minggu yang kritis mungkin akan bertanya: Jika demikian kenapa kita tidak menghitung ulang atau mengikuti perhitungan Clemens, yaitu merayakan Natal pada tanggal 20 Mei saja ?

Perhitungan Clemens menyebutkan bahwa Yesus dilahirkan pada tanggal 20 Mei, namun itu pun belum pasti benar. Kenapa kita harus menggunakan tanggal yang kebenarannyapun masih diragukan?

Secara umum, sudah berlangsung selama berabad-abad, Natal dirayakan pada bulan Desember, tepatnya pada tanggal 25 Desember, kenapa kita harus menetapkan tanggal perayaan sendiri, yang lain daripada yang lain?

Jawaban seperti itu adalah jawaban yang lari dari permasalahan inti, karena permasalahan intinya adalah mengapa menentukan tanggal kelahiran Yesus sama seperti tanggal kelahiran berhala-berhala ?

Tentu jauh lebih baik dan aman dari kesyirikan bila menempatkan kelahiran Yesus seperti perhitungan Clement yang sangat mendekati tafsir kitab suci umat Kristen dan yang paling penting adalah tidak menyamakan kelahiran Yesus dengan kelahiran berhala.

Saat ini sudah jutaan umat Kristen yang menentang perayaan Natal pada tanggal 25 Desember, bahkan ada sekte Kristen -saksi Yehovah- yang tidak merayakan Natal karena menurut mereka Yesus tidak pernah mengajarkannya.

Bila bagi umat Kristen saja Perayaan Natal sangat bermaslaah, maka bagi umat Islam sangat tidak pantas latah ikut-ikutan merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran nabi Isa as walaupun dengan dalih untuk menghormarti nabi Isa as, karena hal tersebut justru melecehkan nabi Isa as yang menyamakan hari kelahirannya dengan hari kelahiran berhala, Nabi Isa as tidak lahir pada tanggal 25 Desember, tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran dewa matahari yang diberhalakan, peringatan 25 Desember adalah ritual keagamaan para penyembah berhala.

Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua. Amien.

note :

Saturnalia adalah festival pada bulan Desember oleh Romawi, mula-mula festival ini dirayakan pada tanggal 17 Desember, kemudian diperluas menjadi 7 hari lamanya hingga tanggal 25 Desember. Natal banyak dipengaruhi oleh festival Saturnalia ini. (Ensiklopedia Britanica)
(1) Kitab suci agama Kristen, di Indonesia dan negara-negara yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab, Bible disebut sebagai Alkitab, namun saya pribadi lebih suka menyebutnya sebagai Bible supaya tidak bercampur baur dengan istilah dalam al-Qur?an yang banyak sekali menyebut kata al-Kitab yang dapat berarti Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur?an.
(2) Kebanyakan orang-orang Kristiani menganggap Yesus lahir pada tahun nol Masehi, padahal menurut ayat tersebut Yesus lahir pada tahun 6-5 sebelum Masehi. (Tafsir Injil Lukas)
(3) Israel terletak di sebelah utara garis khatulistiwa, hampir sejajar dengan Jepang, yang berarti bulan Desember adalah musim dingin.

alhamdulillah, apa gunanya saling menghina? apakah dalam agama diajarkan hal seperti itu?

bagi umat kristiani, apa gunanya anda menghujat agama kami. jika anda benar buktikan apakah dalam agama kalian dibenarkan saling menghujat dan menghina orang lain.

untuk orang muslim di forum ini, saya tahu kalian jihad membela agama Allah ( jihad yang hakiki ) tapi anda harus ingat ! jihad karna kebencian sangat dilarang dalam islam.

pernah dengar kisah saat saudara umar bin khattab berperang/ berjihad saat itu orang2 kafir terpojok mengalami kekalahan dan jumlahnya tinggal sedikit. pada waktu itu Umar menghunuskan pedang kearah leher seorang kafir yang terpojok dan di tinggal lari kawan-kawannya kemudian si kafir tadi meludahi muka umar bin khattab ra. apa yang dilakukan umar..? ternyata umar menuyarungkan pedangnya dan pergi. kemudian salah satu sahabat yang melihatnya bertanya kepada umar, "wahai umar apa yang kau lakukan kenapa kau menyarungkan pedangmu kembali? tanya sahabat tersebut." kemudian umar menjawab " aku membunuh karena Allah bukan karena nafsu amarah dan kebencianku"

ingatlah saudara muslim janganlah menghina walaupun itu adalah orang kafir. janganlah kita kotori jihad kita dengan nafsu amarah karna kebencian.

untuk orang kafir, (maaf karna kami diperintafkan bahwa " kafirlah orang yang mengatakan Allah adalah isa putra maryam" ) anda mengatakan agama islam begini begitu, Al-Quran ini itu, tanpa dasar yang jelas. kalau anda memang benar dan berani tolong tanyakan langsung jangan asal menghina, insyaallah saya akan menjawabnya

jika anda benar adalah seorang berani akan saya tantang anda secara langsung dan terang-terangan tidak hanya di forum dunia maya ini seperti seorang pengecut yang beraninya main belakang. biar orang banyak tau mana yang hak dan yang bathil.

saya di ITS ( institut teknologi sepuluh november surabaya )
kajian kristologi dan Tafsir Al-Quran jamaah masjid manarul ilmi
Surabaya call ( 085649171881 ) an. Muh Syaiffullah


mBlo..yang dibahas bukan maslaah 25 desembernya..tapi ucapan selamatnya..dodol lu!


Mane copy paste sumber islam pulak bah! Cuman itu bisanya muslim:

Natal itu bukan 25 December....
Mengapa ibadah sunday..itukan harinya dewa matahari...

Aah...cuman itukah bisanya msulim....

Jangan sampai kutanyakan mengapa ibadah hari jumat dan cuman boleh cwoq aje yg ke mesjid jumatan..

Kalau kamu mau pakai standard yg sama..mati kutu kau!
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Re: why natal is haram

Postby Kristen_pusing » Sun Dec 10, 2006 5:18 am

[quote="Phoenix
mBlo..yang dibahas bukan maslaah 25 desembernya..tapi ucapan selamatnya..dodol lu!


Mane copy paste sumber islam pulak bah! Cuman itu bisanya muslim:

Natal itu bukan 25 December....
Mengapa ibadah sunday..itukan harinya dewa matahari...

Aah...cuman itukah bisanya msulim....

Jangan sampai kutanyakan mengapa ibadah hari jumat dan cuman boleh cwoq aje yg ke mesjid jumatan..

Kalau kamu mau pakai standard yg sama..mati kutu kau![/quote]

Hehehe MUI melarang dalam konteks jika kita umat Islam mengakui 25 Desember hari lahirnya Yesus berarti ummat Islam Indonesia mengakui juga kekeliruan tersebut gitu mas.

Hehehe kok nanya sholat jum'at segala hahaha.
Kristen_pusing
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 273
Joined: Thu Aug 24, 2006 1:43 pm

Postby indo_dodol » Sun Dec 10, 2006 5:34 am

Kristen_pusing,
itu kan asumsi kamu, sebenarnya alasan MUI belum tentu seperti itu, bisa jadi alasan lain.
Karena semua hal yang berhubungan dgn ke Kristenan kebanyakan pasti akan dilarang, apalagi kalau negara ini tidak ada aturannya...

konyol......
User avatar
indo_dodol
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 90
Joined: Sun Nov 12, 2006 5:49 am

Re: why natal is haram

Postby kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh » Sun Dec 10, 2006 6:43 am

Kristen_pusing wrote:

Hehehe MUI melarang dalam konteks jika kita umat Islam mengakui 25 Desember hari lahirnya Yesus berarti ummat Islam Indonesia mengakui juga kekeliruan tersebut gitu mas.


Berarti ente belum membaca fatwa ini secara teliti... silahkan dibaca lagi.

Isi fatwa maksudnya umat islam HANYA diperbolehkan berhubungan dgn non islam untuk masalah KEDUNIAWIAN saja. Jadi DILARANG untuk berhubungan/berpartisipasi apalagi menjadi panitia perayaan umat agama lainnya.

Kalau begitu, berarti secara tidak langsung banyak umat islam sudah murtad dong. Karena bertentangan dgn ajaran agama anda (sesuai penjelasan fatwa MUI itu). Mulai dari Presiden, menteri, karyawan stasiun televisi, aparat keamanan, petugas catering, sampai satpam.

Fatwa ini kalau dituruti, belum tentu mau diikuti oleh semua umat islam. Contoh kecil saja..... karyawan toko parcel, satpam Vihara, satpam Gereja, Pegawai setasiun televisi, karyawan hotel,... masih banyak lagi. Apakah mereka mau mengikuti fatwa ini dgn resiko dipecat???

Ini khan mirip dgn yg di anut TALIBAN (larangannya yg lebih radikal). Umat muslim dilarang keras berhubungan dgn NON MUSLIM dan segala hal yg ada hubungannya dgn umat NON MUSLIM. ( kecuali senjata dan obat2an ...he..he..he.. soalnya dibutuhkan! :wink: ).
User avatar
kapok_jadi_mualaf_ihhhhhh
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 430
Joined: Sun Oct 08, 2006 11:04 pm

Next

Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users