. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Falsafah Jawa

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Falsafah Jawa

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 5:41 pm

Maaf baru pulang mudik agak lama, sehingga nggak bisa nenggok FFI .
Maklum di desa pelosok, HP-pun nggak ada sinyal hiks.

Dalam falsafah Jawa ada yang menyebut sekar rinonce atau sesanti Jawa. Dimana intinya falsafah jawa tersebut ngemot/berisi 2 hal dalam aplikasinya.
Yaitu Pituduh dan Wewaler.
Pituduh adalah bisa dikatakan sebagai pedoman/nasehat/aturan yang sebaiknya dijalankan sedangkan Wewaler adalah anjuran-anjuran yang sebaiknya dihindarkan.

Sedangkan sekar rinonce tersebut mencakup 6 pokok bahasan yaitu :

1. Kepercayaan (ketuhanan)
2. Kerohanian (kautaman bathin)
3. Laku (budhi)
4. Negara dan kebangsaan
5. Kekeluargaan
6. Keduniaan

Dalam setiap pokok bahasan terdapat pituduh & wewaler yang datang bersamaan , yang mudah-mudahan bisa sedikit saya haturkan kepada teman-teman, semoga bisa terbuka tentang arah spiritual Jawa yang sesungguhnya.

Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

1. Kepercayaan - Pokok Bahasan Gusti/Tuhan

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 7:51 pm

[b]Pituduh :[/b]

1. Pengeran kang Maha Kuwasa iku anglimputi ana ing ngendi papan, aneng sira uga ana Pangeran.
[i]
Gusti/Tuhan itu ada dimana-mana, di dalam diri manusiapun Dia bersemayam[/i]

2. Pangeran kang Maha Kuwasa iku siji, langgeng, sing nganakade jagad sak isine ini, dadi sesembahan wong sak alam donya kabeh, panembahe nganggo carane dewe-dewe
[i]
Tuhan/Gusti itu satu adanya, yang menciptakan jagad seisinya, yang patut disembah oleh semua ciptaanNya dengan caranya sendiri-sendiri. Jadi tidak Tuhan/Gusti tidak menciptakan suatu bangsa/makluk tertentu yang tidak mengakui bangsa/makluk yang lain[/i]

3. Pengeran kang Maha Kuwasa iku nyiptakake pepesten kang ora ono sing bisa mungkurake
[i]
Tuhan/Gusti itu yang menciptakan keadaan ini tanpa bisa diinterferensi oleh siapapun, jadi semua yang tercipta pasti ada hikmahnya.
[/i]

4. Pangeran kang Maha Kuwasa iku nitahake sira lantaran bapa biyung ira, mula sira kudu ngurmati marang bapa biyungira

[i]Tuhan/Gusti itu menciptakan kita lantaran Bapa/Ibu kita , maka sudah sewajarnya kita untuk selalu menghormati Bapa/Ibu kita sebagai wakilNya[/i]

5. Ketemu Pangeran iku lamun sira tansah eling lan waspada

[i]Bila ingin bertemu dengan Gusti/Tuhan maka syaratnya adalah eling dan waspada[/i]

[b]
Wewaler :[/b]

1. Aja sira wani-wani ngaku Pangeran, senadyan kawruhira wus tumeka lan wus mangerteni sejatining "manunggaling Kawulo Gusti"

[i]Jangan pernah merasa menjadi Tuhan/Gusti meskipun anda sudah mengerti akan sarining "manunggaling Kawulo Gusti" / (ngadeg sarira tunggal) [/i]--> nanti tak jelasin di topic selanjutnya.

2. Aja dhisiki kersa

[i]Jangan mendahului karsa (keinginan yang belum terlaksana / krenteg)[/i]

3. Aja mung siro ndelok barang kang katon wae, sebab kang katon iki mung owah gingsir

[i]Jangan mengandalkan apa yang anda lihat didunia ini, karena keadaan dunia senantiasa berubah[/i]

4. Aja lali saben ari kudu eling marang Pangeranira, jalaran sejatine sira iku tansah katunggon Pangeranira
[i]
Jangan sekali-kali hidupmu melupakan Tuhan/Gusti karena Tuhan/Gusti selalu bersemayam didalam jiwa anda.[/i]


Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

2. Karohanian - Kautaman Bathin

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 7:52 pm

Wahhh tak buat Bold & italic kok gak bisa muncul ya ?..caranya bagaimana ? maklum sudah tua.

Pituduh :

1. Kahanan donya iku owah gingsir, mula aja ngungulake kasugihan lan drajatira, awit wolak-walike jaman sira isoh kisinan

Jangan menonjol-nonjolkan keduaniaan, karena yang ada dinuia pati berubah. Adakalanya anda akan malu nantinya

2. Sing sapa seneng ngrusak katentremaning liyan , sawektu bakal keweleh ing tembe

Siapa yang sering dan senang merusak ketentreman orang lain , suatu saat akan menemui kedukaan karena tindakannya (keweleh)

3. Janma iku tan kena kinira kinayangapa, mula sira aja seneng ngaku lan rumangsa bener dewe

Manusia itu serba terbatas, sehingga jangan pernah mengaku benar sendiri, karena benar itu hanya "pendapat" sedangkan yang "benar benar" itu hanya milik Pangeran/Gusti

4. Yen sira dibeciki liyan tulisen neng watu supaya ora ilang lan tansah kelingan. Yen sira gawe kabecikan marang liyan, tulisen neng lemah, supaya enggal ilang lan ora kelingan

Bila anda mendapat perlakuan yang baik dari orang lain, selalu ingat-ingatlah dalam sanubarimu. Namunbila anda memberi kebaikan pada oranglain , cepat-cepatlah lupakan dan jangan sekali-kali minta pahala.

5. Lamun sira mung seneng dialem bae, ingtembe bakal ketemu bab-bab kang kurang prayoga

Bila anda senang disanjung, dikemudian hari akan ketemu hal-hal yang tidak mengenakkan.


Wewaler :

1. Aja sira seneng gawe rusaking jalma liyan, amarga sira bakal kena siku dhendhaning Pangeran

Jangan suka menjaili oranglain, karena orang lain adalah satu derajat dengan kita sesama makluk ciptaanNya.

2. Aja sira nyacat piyandeling liyan, jalaran durung mesti yen piyandelira iku sing bener dewe

Jangan pernah meremehkan kepercayaan oranglain, karena belum tentu kepercayaan kita adalah yangpaling benar. Dimana kepercayaan/kerohanian dalam Jawa selalu berkembang seiring "laku" yang dijalani.

3. Aja wedhi kangelan, jalaran urip ing alam donya iku pancen angel

Jangan takut hidup susah, karena hidup itu memang tidak mudah

4. Aja sira mulang gething marang liyan, jalaran iku bakal nandur cecongkrahan kang ora ana uwis-uwise

Jangan suka membuat onar, karena suatu saat anda akan mendapatkan (ngunduh) onar yang tidak ada habisnya

5. Aja ngumbar hawa nepsu, lan aja melik marang darbeking liyan

Jangan mengumbar nafsu dan menginginkan yang bukan punya kita sendiri

6. Aja adigang adigung lan adiguna

Jangan pernah memamerkan keluhuran, kekuatan dan kepinteran

7. Aja drengki , aja rumangsa keprawa ngrumangsanana

Jangan dengki dan iri hati, juga jangan pernah hanya "merasa" namun cobalah untuk merasakannya sendiri

Rahayu
mas Cebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

3. Laku - Budhi

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 7:53 pm

Pituduh :

1. Ala lan becik iku dumunung ana awake dhewe

Baik dan buruk itu tergantung bagaimana kita memperlakukan menurut diri pribadi kita. Belum tentu yang baik bagi orang lain akan baik bagi kita sendiri dan belum tentu yang jelek bagi orang lain jelek bagi diri kita sendiri.

2. Ajining diiri pribadi iku dumunung ono ing lathi

Keberadaan kita ini dihargai dari cara berbicara kita

3. Yitna yuwana , lena kena

Yang eling dan waspada akan selamet sedangkan yang serampangan akhirnya akan celaka

4. Klabang iku wisane ono buntute, Kalajengkingiku wisane ono buntut-e, Yen ula iku racune dumunung ono wisane. Nanging yen wong durjana iku sakojur awake isi wisa

Kelabang itu racun-nya ada di sapit, Kalajengking racunnya ada di ekornya, Ular itu racunnya ada di bisa yang dikeluarkan lewat ludah, sedang orang yang jahat itu racunnya melimputi semua tubuhnya.

5. Mumpungenom ngudiya laku utama, sing prasaja percaya marang diri pribadi

Mumpungmasih muda, alangkah baiknnya menjalankan "laku" yang utama/baik, yang sederhana dan percaya pada diri sendiri

6. Wong linuwih iku ambeg welasan lan sugih pangapura .

Orang yang bijaksana hendaknya berlaku welas asih dan pemaaf

7. Perang marang diri pribadi iku pambudidayaning murig bisa ngracut hawa lan nepsu

Perang pada diri pribadi itu bertujuan untuk mengekang hawa nafsu

8. Ngelmu iku kelakone kanthi laku, sanadyan akeh ilmuke lamun ora tau ditangkarake lan ora digunake, ngelmu iku tanpa guna

Ilmu itu didapatkan dan sebisa-bisa dijalankan, meskipun banyak mengetahui banyak hal , namun tidak pernah dipakai/dipraktekkan, pengetahuan tadi tidak ada gunanya

9. Wong kang ora weruh tatakrama udanagara (unggah-ungguh), iku pada karo ora bisa ngrasakake rasa nem warna (legi, kecut, asin, pedes) sepet lan pait)

Orang yang tidak tahu akan sopan-santun ibarat tidak bisa merasakan 6 macam rasa dunia = manis, kecut, asin, pedas, sepet dan pahit

10. Turuten pituture wong tuwo, sok-sok ono kang migunani

Hormati dan cermati pitutur orang tua, dimana kadang mengandung petuah yang bisa bermanfaat


Wewaler :

1. Aja seneng yen dialem , aja sengit yen dicacat

Jangan suka kalo di alem dan jangan marah kalai di kritik

2. Aja lali piwulang becik

Jangan lupa pitutur luhur

3. Aja seneng slingkuh, main, madat , madon lan maido nggebyah uyah pada asine

Jangan senang main perempuan, main judi, mabuk dan tidak percaya karena selalu memandang remeh orang lain

4. Aja dadi wong pinter keblinger

Jangan mau menjadi orang pinter tapi tak tahu arah, tapi selalu percaya diri sendiri

5. Aja gampang kelu ing swara, tapi permanakna jatinining diri

Jangan mudah terbawa suara, sebelum kamu uji sendiri dengan diri pribadi

6. Aja seneng nggampangake, lan aja rumangsa bisa

Jangan suka menggampangkan persoalan, dan jangan merasa bisa disemua persoalan



Rahayu
masCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Postby orang_utan » Thu Sep 18, 2008 8:03 pm

banyak petuah Jawa itu secara rutin disampaikan oleh orang tua saya

semula saya kira cuman common words of wisdom, ternyata akarnya dari kejawen

Suwun 'sharing'ipun masCebloang :)
User avatar
orang_utan
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 75
Joined: Thu Jul 24, 2008 8:19 pm

4. Negara dan Kebangsaan

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 8:19 pm

Pituduh :

1. Bangsa iku minangka sarana kuwating nagara, mula aja nglirwakake kabangsanira pribadi supaya antuk kanugrahan adeging bangsa kang sentosa

Nilai kebangsaan itu adalah modal dasar berdirinya negara, maka dari itu jangan pernah merendahkan martabat bangsa sendiri supaya bangsa kita tetep sentosa

2. Negara iku ora guna lamun ora duwe angger-angger minangka pikukuhing

Bangsa/Negara itu tiada guna bila tidak punya undang-undang yang mengayomi kebangsaan rakyatnya.

3. Para mudha aja ngungkurake ngudi kawruh kang nyata amrih bisa kinarya kuwating nagara, ungguling bangsa lan bisa gawe rahayuning sasama

Setiap pemuda mempunyai tugas untuk belajar ilmu demi menjaga keunggulan negara, kuatnya negara dan menjadikan negara sebagai payung keselamatan rakyatnya

4. Panguwasa pamonge praja iku kudu bisa gawe tentrem kawulane, lan ugo kudu gawe kukuhing lan tamenging praja

Penguasa/pejabat negara mempunyai tugas sebagai abdi negara yang mengemban amanat rakyat demi tercapainya keadaan aman tenteram dan menjadi perisai negara

5. Nagara kuwat iku amarga kawulane seneng uripe lan disuyudi deningliyan

Tanda dari negara yang kuat adalah , rakyatnya makmur dan dihormati dalam percaturan antar negara

6. Yen wong becik sing kuwasa, kabeh kang ala didandani, ewa dene yen ora kena disingkirake mundak nulari liyan (cuplak andeng-andeng)

Bila penguasa yang bijaksana memegang tampuk pimpinan, maka ia akan memperbaiki yang salah , namun adakalanya dia harus berani menyingkirkan yangtidak mau diperbaiki supaya tidak ngombro-ombo interferense ke lainnya

7. Perang iku becik lamun tujuwane nggayuh kamardikan nagara, naning perang iku ala lamun tujuwane kanggo ngrayah darbek liyan

Perang itu mulia bila tujuannya adalah membela negara (kemerdekaan) namun menjadi buruk bila tujuan perang adalah menjajah negara lain

8. Wajibing kawula nagara iku kudu rumangsa melu handarbeni, meli hanggondeli mulat salira hangrasa wani

Kewajiban setiap rakyat adalah selalu merasa memiliki negara ini, ikut mempertahankan dan selalu waspada untuk memajukan dan mebelanya


Wewaler :

1. Lamun sira dadi pamong nagara, aja sira demen kuwasa dewe. Jalaran yen sira ora kasinungan panguwasa maneh, ing tembe bakal ndadekake ora kajining awakira ing tengahing bebrayan. Ngelingana yen sejatine isih ana wong liya kang bisa ngalahake sira ing babagan apa bae.

Bila anda menjadi pejabat, jangan suka menggunakan kekuasaan. Karena bila kekusasan itu hilang/lepas dikemudian hari akan menjadikan anda tidak dihargai lagi. Ingatlah bahwa masih ada dan selalu ada orang lain yang pasti lebih dari anda dalam segala hal

2. Aja seneng yen lagi darbe kuwasa, serik yen lagi ora darbe panguwasa jalaran kuwi ngono ono bebendune dewe-dewe

Jangan suka/senang terperangkap dalam penggunaan kekuasaan, dan jangan sedih bila berada diluar kekuasaan, karena semua itu ada aturannya sendiri-sendiri

3. Aja mung kepingin menang dewe, nanging kudu senenga marang rerembugan kanggo njaga katentremaning praja

Jangan sering mengambil keputusan sendiri, namun musyawarahkan sebelum mengambil keputusan


Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

5. Kekeluargaan

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 8:49 pm

Pituduh :

1. Sing sapa lali marang wong tuwane, prasasat lali marang Pangerane. Amarga Bapa Biyunira iku pinangka lantaran uripmu ing alam donya

Barang siapa lupa akan orang tua, ibarat lupa akan Tuhan/Gustinya, karena Bapa/Ibu itu adalah jalan kamu menikmati hidup didunia ini

2. Wong tuwa kang ora ngudi kabecikan sarta ora ngerti marang trapsila lan unggah-ungguh kuwi sejatine dudu panutane putra wayah

Bila sudah menjadi orang tua , hendaknya berperilaku bijaksana. Dengan tidak melupakan sopan santun dan budhi pekerti

3. Sing sapa seneng urip tetanggan, kalebu janma linuwih. Tangga iku prlu dicedhaki nanging aja ditresnani (karonsih) . Paribasan tangga iky pada karo bapa biyung

Siapa yang suka bergaul dengan tetangga, termasuk seorang yang bijaksana. Tetangga itu perlu disambangi namun jangan dicintai (birahi) . Peribahasanya bahwa tetangga itu seperti orangtuamu/keluarga sendiri

4. Anak iku minangka terusane wong tuwa, ora ana katresnane kang ngluwihi katresnane wong tuwa marang anak.

Orang tuwa akan selalu mengasihi anaknya.

5. Tresna marang mantu iku padha wae tresna marang putra, jalaran putu iku wohing katresnan putra lan mantu.

Mengasihi anak mantu itu sama saja dengan mengasihi anak sendiri, karena cucu juga akan lahir dari kasih anak dan mantu

6. Golek jodho aja mung mburu endahing warna, senadjan ayu utawa bagus, yen atine durjana ora wurung disiriki liyan

Mencari jodoh jangan hanya melihat tampangnya, selidikilah hatinya. Meskipun rupawan namun bila buruk perangainya niscaya akan dijauhi orang


Wewaler :

1. Aja wani murang tata marang wong atuamu, jalaran sira iku asale saka wongtuwamu sanadjan kayangapa wujude

Jangan berani kurang ajar kepada orang tua , karena anda ada karena andil orang tua anda , apapun wujudnya

2. Aja mung ngegungake drajat lan pangkat wong atuwamu, jalaran drajat lang pangkat iku bisa sirna sakdurunge sira warisi

Jangan mengunggulkan duniawi orang tuamu, karena mungkin sebelum kamu warisi drajat&pangkat orang tuamu sidah sirna

3. Aja menehi jeneng marang anak sing kurang pantes, jalaran jeneng sing disandang anak bakale kegawa nganti delahan

Jangan suka memberi nama andak yang kurang pantas, karena nama anak dibawa sampai ia tiada

Rahayu
masCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

6. Kaduniaan

Postby MasCebolang » Thu Sep 18, 2008 9:04 pm

Pituduh :

1. Bandha kang resik iku bandha kang saka nyambut gawe lan ora soko ngrusak liyan. Dene bandha kang ora resik iku bandha soko colongan

Harta benda yang bersih itu dihasilkan dari keringat sendiri dan tidak menyakiti orang lain. Sedangkan yang tidak bersih itu adalah hasil dari mencuri/kosupsi

2. Kadonyan kang ala iku ateges mung ngangsa-angsa golek bandha donya ora mikirake kiwa tengene, uga ira mikirake kahanan bathin

Keduniaan yang tidak bersih itu dihasilkan dari nafsu yang mengesampingkan nurani bathin dan tidak memikirkan orang lain

3. Golek bandha iku sakmadya bae, udinen katentreman njaba njero

Mencari harta itu yang sedang-sedang saja, yang diperlukan adalah kebahagiaan. Harta banyak disertai nafsu malah kadang tidak membahagiakan

4. Bandha iku bisa gawe mulya uga bisa gawe cilaka. Gawe mulya lamun barang kang becik, gawe cilaka lamun barang saka panggawe ala.

Harta benda bisa membahagiakan dan menyengsarakan. Membahagiakan bila dihasilkan dengan yang sebenarnya (olah karsa) dan menyengsarakan bila dihasilkan dari perbuatan yang kurangbaik

5. Bandha iku anane mung aneng donya, mula yen mati ora digawa

Ingatlah...bahwa harta benda itu cuma ada di dunia ini, bila meninggal tidak akan anda bawa


Wewaler :

1. Bandha iku perlu , nanging aja umuk. Drajat lang pangkat iku perlu nanging aja di pamer-pamerake. Amarga bisa mlesedake awake dewe

Harta benda itu diperlukan, namunbukan untuk diunggulkan, pangkat dan drajat itu diperlukan namun tidak untuk di sombongkan. Karena suatu saat bisa membuat kita tergelincir

2. Aja seneng marang wong kang nguja hawa nepsu marga akehing bandda driya. Jalaran bandha mau bisa gawe cilaka amarga durungmesthi bandha kang resik

Jangan suka ikut-ikutan mengumbar hawa nafsu pada orangyangpunya banyak harta. Karena belum tentu harta tersebut didapat dari hasil yang benar, yangnantinya bisa membuat anda celaka

3. Aja melik darbeking liyan

Jangan menginginkan milik oranglain


Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Postby caberawit » Fri Sep 19, 2008 3:55 am

Cool
User avatar
caberawit
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 280
Joined: Mon Oct 16, 2006 12:59 am

Postby Osin » Fri Sep 19, 2008 9:43 pm

@mascebolang.
Gampang mocone,angel nglakonine... Tenan angel..
Yen tak pkr aq iki koyo "wong jowo ilang jawane"
Osin
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 110
Joined: Fri Sep 05, 2008 6:04 pm
Location: Deket Lapindo

Postby MasCebolang » Sat Sep 20, 2008 4:05 am

Mbak Osin,.

Emang bener susah ...namun jangan mendahului karsa.
kalau niatnya memang mau sungguh-sungguh ya mesti kelakon kok.
Mboh hasile koyok opo asal ada niat pasti bisa (teori).

Pegangan/pituduhnya : jangan muluk-muluk .. just do it.

kalau muluk-muluk (misal ingin jadi malaikat) yaaa seperti yang di tertulis dalam Wedhatama ..." kadohan panjangkamu ngger !".

Bisa sedikit kalo dipraktekkan akan lebih bermanfaat dari pada tahu banyak tapi tidak mengerti atau tidak pernah di "laku"kan.

Manusia adalah manusia ...


Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Postby wachdie.jr » Sat Sep 20, 2008 4:08 am

Mas Cebol...
Ada ndak buku terbitan untuk nyang satu ini?


hatur nuhun
User avatar
wachdie.jr
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2088
Joined: Tue Sep 20, 2005 8:19 am

Postby MasCebolang » Sat Sep 20, 2008 4:22 am

Saya nggak tahu ada yang publish.
Biasanya literatur-literatur ini didapat dari panekunan atau peguyuban yang dicetak terbatas (untuk kalangan sendiri).
Meski untuk kalangan sendiri saja minggu lalu terjadi kasus di Tasikmalaya dimana salah satu PPS (perguruan Pencak Silat) mengeluarkan buku "agama dan realita" eeehhh dilaporke sama "penguasa" setempat dan dijebloskan ke penjara.

Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Postby wachdie.jr » Sat Sep 20, 2008 6:15 am

Mas Cebol,

bisa ndak ente bakukan dan buat jadi PDF filenya, ana tertarik nih untuk membaca lebih lanjut. sapa tau ana bagi-bagi ke konco-konco ana yang kedodoran iman nya.

btw. untuk info aja ana berdarah 1/4 jawa sisa nya betawi, sunda, bali

hatur nuhun.
User avatar
wachdie.jr
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2088
Joined: Tue Sep 20, 2005 8:19 am

Postby MasCebolang » Sat Sep 20, 2008 8:45 am

Nggih mas,.
Dulu sebelumnya udah tak publish juga di webku namun karena webhostingnya bangkrut, dan domainku ikut kebusek.
Tapi kalau referensi banyak kok yang sudah di publish :

Yang lengkap namun tidak ada / sedikit sekali pembahasannya (just referensi) adalah http://alangalangkumitir.wordpress.com

Sedangkan seperti yang saya tulis adalah hasil kumpulan Ki Sondong Mandali dari yayasan sekarjagad yang juga pernah diupload di www.kidemang.com. Mungkin anda masih bisa untuk beli paket kawruh kejawen dari yayasan ini. Dimana di yayasan ini kawruh kejawen dibahas secara lugas, tidak ngoyoworo. Karena memang anggota-anggotanya orang-orang top semua (banyak yang Prof & Doktor). Saya dulu sempet ikut namun karena enggak keconggah dikarenakan kesibukan nandur melon di ngawi (lha wong cuma buruh tandur), ya akhirnya mundur , lagian title saya cuma S3 (SD, SMP ,SMA).

Kalau anda tertarik saya dengar akan ada konferensi budaya jawa KIKJ 2008 di Purwokerto Banyumas tanggal 20 Octoker 2008 (6 hari lho !!). Anda bisa mendapatkan pembahasan kejawaan yang lain dari yang lain. Suatu konsep Jawa yang baru (renaisance jawa), yang kalo nggak salah juga didatangi oleh orang-orang top dari Belanda dan Suriname. Tapi mbayare mahal 500.000 aku gak kuwat biayane.

Ibarat anda akan ketemu dengan tokoh-tokoh yang dulu sempet menepi di gunung , karena kondisi NKRI yang seperti sekarang , mereka akan turun gunung menyongsong jaman Kartayuga (meninggalkan jaman Kalabendhu).

Disini sedikit-sedikit akan saya jelaskan (semampu saya) mulai dari awalnya dulu saja, sambil mencari kemungkinan aplikatifnya. Karena kalau tidak dibahas dan hanya dibaca tambah puyeng. udah bahasanya nggak tau, apalagi artinya.

Itulah tugas kita menyambung missing link dari sesepuh ke kawula muda. Dimana sesepuh itu tidak / jarang bicara karena prinsipnya mereka tidak mau "menggurui" namun kalo ditanya akan dijawab. Sedang kawula muda males untuk tanya.

Oke nanti akan saya posting lagi beberapa bahasan. Sebelumnya perlu diluruskan bahwa Kejawen (yang lebih bagus adalah Kejawaan) itu bukan kepercayaan atau malah agama, namun kejawen.kejawaan adalah tuntunan moral & budhi pekerti atau kerennya adalah "falsafah hidup" dari universe yang kita diami dan cintai ini.

Rahayu
MasCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Postby santri gagal » Sun Sep 21, 2008 4:07 am

kalo ana nongkrong di toko buku mbaca2 buku terbitan solo & pekalongan koq isine malah kejawen nyang nyembah momed ya?
User avatar
santri gagal
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 848
Joined: Sat Apr 21, 2007 2:36 am
Location: somewhere in time

Postby Horbo » Sun Sep 21, 2008 4:10 am

pepe mode: lho parmalim aja nyembah mohmet kok.. kan parmalim ga makan babi.. krkrk
User avatar
Horbo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 847
Joined: Wed Jun 25, 2008 4:02 pm

Postby MasCebolang » Sun Sep 21, 2008 7:21 am

Ya memang ini adalah hasil sinkritisme Jawa.
Dimana pada saat islam masuk, banyak pujangga terutama yangbergelar sunan bekerja keras untuk mengislamkan kultur sesembahan jawa. Namun bila diteliti lebih lanjut akan banyak errornya. Supaya tidak begitu berbenturan pujangga jawa "mengalah" dengan memasukkan unsur Islam dalam sesembahannya. Contohnya adalah pujangga Ranggawarsita yang mesasukkan Adam sebagai Hyang Adhama dan Sayid Anwar sebagai Hyang Nurcahya, dimana Hyang Wenang sesembahan asli Jawa diposisikan berada di bawah Hyang Adhama.
Demikian juga dalam tasawuf jawa yang terkenal dengan lakon "Bima Suci" yang mengisahkan tentang Bima/Werkudara bertemu dengan DewaRuci dalam mencari air perwitasari atau air kehidupan yang notabene Bima mencari "aku" sejati. Namun oleh Sunan Kalijaga dalamusaha penyebaran Islam dengan perantara wayang yangnotabene adalah cerita populer dikalangan Jawa saat itu , alur cerita itu diubah dengan dimunculkannya "suluk linglung". Dimana Bima diganti Mihhamad dan DewaRuci diganti dengan Nabi Khidir.
Namun tasawuf inipun banyak ditentang oleh islam sendiri ..karena memang tidak disana ranah islam berada.
Ini seperti kisah Syeh Siti Jenar yang kontriversial tsb.

Juga dalam wiridaan asli jawa (wirid wolung pangkat), ada yang menempatkan Mohhamad juga disana, namun akan error. Karena wirid wolungpangkat di Jawa akan mengedepankan "aku" / "ingsun" dan tentang cipta, budi , rasa dan karsa.

Salam
masCebolang
User avatar
MasCebolang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:59 pm
Location: Ngawi

Re:

Postby caberawit » Fri Mar 27, 2009 12:11 pm

MasCebolang wrote:Nggih mas,.
Dulu sebelumnya udah tak publish juga di webku namun karena webhostingnya bangkrut, dan domainku ikut kebusek.


Mas Cebolang, bikin website lagi dong, atau blog aja. Aku mau deh jadi pengunjung tetap website atau blog Mas Cebolang. Aku dukung kalo Mas Cebolang bikin blog, karena kulihat tulisan Mas Cebolang di sini bagus, mantab! :supz:
User avatar
caberawit
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 280
Joined: Mon Oct 16, 2006 12:59 am


Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users