. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby daniel-ntl » Mon Aug 24, 2009 5:53 pm

Senin, 24/08/2009 16:30 WIB
Diharamkan MUI, Pengemis Cuek
Ari Saputra - detikNews

Jakarta - Majelis Fatwa MUI mengharamkan pengemis. Tetapi fatwa itu ditanggapi
dingin orang-orang yang sehari-hari mengemis. Mereka akan terus mengemis lantaran tidak memiliki ketrampilan yang dapat menghasilkan uang.


Wardi (48), pria yang biasa mangkal di Pasar Tanah Abang ini mengaku mengemis lantaran tidak memiliki kecakapan untuk berusaha normal. Menurutnya, ia telah gagal merantau ke Jakarta sejak tahun 1987 lampau.

"Jadi penjaga toilet pernah, tukang sapu di Stasiun Tanah Abang juga pernah. Coba jualan gorengan nggak laku, duit abis jadinya seperti ini," kata Wardi, perantau asal Kebumen Jawa Tengah, Senin (24/8/2009).

Latar belakang kegagalan mengadu nasib banyak dialami teman-teman Wardi. Mereka mengemis untuk dapat sekadar hidup di kolong jembatan Tanah Abang yang kerap digusur. Mereka mengaku tidak ada kelebihan uang untuk dikirim ke desa.

"Kalau yang begitu (sampai bisa mengirim duit ke desa), sengaja mengemis. Karena di desa sedang paceklik biasanya. Atau yang pura-pura jadi pengemis juga banyak," timpal teman Wardi, Yati (36).

Pengemis karbitan itu, menurut Yati cukup membuat pengemis asli tidak bisa berbuat apa-apa. Jumlahnya yang mencapai ratusan dan tersebar dalam berbagai modus, membuat pengemis asli ikut terkena dampak buruknya.

"Kalau giliran ada razia, kita juga yang kena. Di Kedoya (Panti Sosial (red) seminggu atau 2 minggu baru dilepas. Kalau mereka kabur duluan karena tinggalnya nggak disini," cetus Yati.

Tak heran apabila pengemis-pengemis itu masa **** dengan larangan mengemis yang dikeluarkan MUI Sumenep dan disetujui oleh MUI Pusat, kemarin (23/8/2009). Pengemis mengaku tidak ada niat menghina Islam dengan mengemis di depan masyarakat umum.

"MUI itu yang kyai-kyai ya. Kita nggak ada hubungannya (menghina Islam). Saya juga Islam. Kita mengemis untuk mencari makan bukan untuk menjelek-jelekan. Kalau saya masih sehat, ada modal juga nggak ngemis. Siapa sih yang mau," kelit Wardi berapi-api.

(Ari/anw)

kenapa bukan MUI aja yg kasih uang sama pengemis2 itu supaya gak miskin lagi??? :rolleyes:
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1646
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby daniel-ntl » Mon Aug 24, 2009 6:00 pm

Senin, 24/08/2009 14:55 WIB
Fatwa Haram Gepeng
Foke Berterima Kasih kepada MUI

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berterima kasih kepada Majelis Ulama
Indonesia (MUI) yang telah mengeluarkan fatwa haram untuk para pengemis alias gepeng.

"Kita berterima kasih kepada semua pihak yaitu MUI dan pihak-pihak yang membantu tidak memberikan peluang pemanfaatan," ujar Fauzi Bowo usai rapat pimpinan di Balaikota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2009).

Menurut pria yang akrab disapa Foke ini, gepeng bukanlah masalah tentang menolong masyarakat kecil karena itu perbuatan mulia, tetapi perbuatan membenarkan eksploitasi manusia bukanlah perbuatan yang baik.

"Yang dapat banyak keuntungan yaitu koordinatornya atau yang memanfaatkan gepeng, padahal gepeng itu dapat sedikit," kata dia.

Foke juga menegaskan, dalam data statistik kependudukan, statistik penduduk miskin di Jakarta cenderung menurun. Hal ini yang membuktikan gepeng bukan berasal dari wilayah Jakarta.

"Jadi kalau ada orang miskin pasti kirimanlah dan kita tidak ingin ada kegiatan eksploitasi manusia yang tinggi terutama menjelang dan saat bulan suci Ramadan in," tegasnya.

Mantan Sekertaris Daerah (Sekda) ini juga mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk lebih ketat mengawasi pengiriman dan pengorganisasian gepeng ke Jakarta.

"Pada akhirnya tetap berpendapat yang harus lebih kencang tentu dari Dinas Sosial dan tramtib yang ada di Jakarta," pungkasnya.

(fiq/anw)
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1646
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby DHS » Mon Aug 24, 2009 6:10 pm

+ Mui kalau ngelarang2 orang ngemis, ya kasih kerjaan dong buat mereka!

+ Apa hubungan pengemis dengan islam kok sampe mereka dilebel "haram" segala? \:D/

+ Apakah semua pengemis pasti muslim? :-"
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4378
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby lemak_babi » Mon Aug 24, 2009 10:45 pm

pertanyaan : apakah pengemis yg gelar kaleng, kardus dan jala di tengah jalan - yg sangat mengganggu lalu lintas itu - yg duitnya dipake utk bikin masjid termasuk yg diharamkan?
User avatar
lemak_babi
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 322
Joined: Tue Aug 19, 2008 11:48 am
Location: negeri sekuler yg dijajah islam...

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby 4urfreedom » Mon Aug 24, 2009 11:03 pm

Fatwa ini membuktikan bahwa MUI kurang kerjaan bisanya cuma bilang ini haram itu haram tapi kagak bisa kasih solusi.

Pesan buat FPI, HTI, laskar2 islam lainnya lihat MUI sudah keluarkan fatwa mengemis haram mohon bantuannya menertibkan para pengemis supaya terlihat wibawa islam melalui congor MUI. Salam :green:
4urfreedom
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 624
Joined: Thu Mar 05, 2009 8:52 am

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby up1234go » Mon Aug 24, 2009 11:24 pm

"Pada akhirnya tetap berpendapat yang harus lebih kencang tentu dari Dinas Sosial dan tramtib yang ada di Jakarta," pungkasnya.


Agama tidak berhak ikut campur mengendalikan urusan negara. TITIK!

Buat siapapun pemuka agama non-muslim yang mengerti bahasa saya ini... Jangan ikut2an seperti kyai2 berpikiran gila.

4urfreedom wrote:Pesan buat FPI, HTI, laskar2 islam lainnya lihat MUI sudah keluarkan fatwa mengemis haram mohon bantuannya menertibkan para pengemis supaya terlihat wibawa islam melalui congor MUI. Salam :green:


Biarkan saja yang diurus organisasi2 teroris diatas adalah pengemis yang muslim2 saja.

BIAR JADI BAHAN OLOK-OLOKAN!
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby saksang » Mon Aug 24, 2009 11:52 pm

ini ceritanya muslim zolimi muslim....
saksang
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 780
Joined: Tue Mar 17, 2009 10:25 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby Pederasty » Tue Aug 25, 2009 12:42 am

DHS wrote:+ Mui kalau ngelarang2 orang ngemis, ya kasih kerjaan dong buat mereka!

+ Apa hubungan pengemis dengan islam kok sampe mereka dilebel "haram" segala? \:D/

+ Apakah semua pengemis pasti muslim? :-"


Psssst, mbak Dewi, MUI khan bukan biro perncari kerja. Mana bisaaa? (Kafir yang bisa ngasih :finga: )
Memang pengemis nyaris semua muslim kan, yang nggak jadi pengemis aza suka minta2/arepan.
Bahkan pernah kan ada menteri dulu yang katanya mau berangkat ke luar negeri buat mempromosikan kemiskinan Indonesia.
:shock:
Pantes duong kalo MUI bikin fatwa karena Malu!!!
Pederasty
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 403
Joined: Sat Jul 18, 2009 2:27 am
Location: Indonesia Bagian Kafir

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby DHS » Tue Aug 25, 2009 1:32 am

up1234go wrote:Biarkan saja yang diurus organisasi2 teroris diatas adalah pengemis yang muslim2 saja.

Wah tambah penasaran nih, bisa ngga ya didata berapa persen pengemis2 yang non muslim? :-s

BTW: Kok ga ada satu muslimpun yang masuk kamar ini ya??? :-"
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4378
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby up1234go » Tue Aug 25, 2009 1:51 am

@DHS

Tidak Bisa!

Organisasi teroris diatas tinggal ngumpulim data untuk para pengemis yang muslim dengan cara menyuruh mereka ke mesjid untuk sholat dan dengar ceramah. yang non-muslim langsung minggir terhormat karena mereka tidak akan redho nyembah muhammad (tapi kelompok ini tidak akan didata mereka). Kalau yang mualaf pasti akan didata mereka.

Kalaupun jumlahnya fantastis ditiap-tiap daerah itu adalah wajar, karena para pengemisnya berpindah-pindah! :rolling:
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby KAPTENZX » Tue Aug 25, 2009 2:14 am

Bener-Benar KONYOLBagaimana dengan Manusia2 yang dengan Toa/radio berteriak dengan ayat Setannya yang spt sebuah sayembara, kadang di pinggir jalan dengan saringan ikan berukuran besar atau ke bus kota dengan amplop/kotak amal meminta minta untuk pembangunan mesjid yg entah ada dimana. apakah mereka ini bukan bagian dari meminta-minta namanya.(pengemis)

Untuk kesekian kali MUI mempertontonkan Kebodohan biarlah muslim yang menilai apakah fatwa ini pantas untu di hargai atau MUI masih pantas untuk dihargai.
KAPTENZX
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 295
Joined: Thu Sep 25, 2008 2:12 am

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby Osin » Sat Aug 29, 2009 11:54 pm

Pengemis=babi=anjing????
Nb:aq g berpikir spt itu
Osin
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 110
Joined: Fri Sep 05, 2008 6:04 pm
Location: Deket Lapindo

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby endfinal » Mon Aug 31, 2009 2:20 am

Osin wrote:Pengemis=babi=anjing????
Nb:aq g berpikir spt itu

mungkin fatwa haramnya bukan ke manusianya (si pengemis) tapi ke perbuatannya (mengemis). mungkin pengemis diharamkan perbuatannya karena dikategorikan sama dengan perbuatan haram seperti :
- berjinah
- minum khamar
......upss......kenapa allah swt malah menghalalkan jinahi budak dan kasih minum khamar di surga islam ya? gue bingung nih mana perbuatan halal dan haram. fatwa MUI ini pun bikin gue bingung karena kesannya lebih baik dari allah swt. seharusnya allah swt di fatwa haram juga oleh MUI.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby AkuAdalahAing » Mon Aug 31, 2009 8:16 am

Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

JANGANKAN pengemis... masjid-masjidpun CUEEKKKK !!!
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby daniel-ntl » Mon Aug 31, 2009 6:18 pm

Senin, 31/08/2009 17:41 WIB
Bersedekah Ditangkap
DPRD: Perda Tibum Kurang Sosialisasi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Image
(Foto: Gagah/ detikcom)
Jakarta - Warga Jakarta banyak yang menjadi korban peraturan tentang larangan memberi sedekah kepada gelandangan dan pengemis (gepeng). Pemprov DKI Jakarta dinilai kurang mensosialisasikan peraturan yang masuk dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban Umum (Tibum) itu.

"Ini karena sosialisasi yang kurang. Buktinya masyarakat tidak banyak yang tahu tentang adanya larangan ini," ujar anggota DPRD DKI Jakarta Nurjannah Hilwani kepada detikcom, Senin (31/8/2009).

Meski telah ditetapkan menjadi Perda, pro kontra tetap menjadi perdebatan di masyarakat.

"Di satu sisi kita tidak ingin melihat gepeng memenuhi dan memberi ruang gerak ke kota Jakarta, dan pada sisi lainnya apakah sosialisasi Perda itu sudah dilakukan?" tanyanya.

Nurjannah pun menilai, dengan ketidaktahuan masyarakat akan Perda ini, Dinas Ketentraman dan Ketertiban (Tramtib) akan mengalami kesulitan dalam menjalankan peraturan ini.

"Ini susah juga karena warga tidak mau mengerti dengan peraturan ini," kata dia.

Nurjannah pun menyarankan masyarakat untuk menyalurkan bantuannya
kepada lembaga-lembaga yang mengurusi masalah sosial. "Masyarakat boleh menyalurkan bantuannya ke rumah zakat dan infaq," tutupnya.
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1646
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby daniel-ntl » Mon Aug 31, 2009 6:21 pm

Senin, 31/08/2009 17:27 WIB
Bersedekah Ditangkap
12 Warga Jakarta Digaruk di Jakpus & Jaktim

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Image
Jakarta - Sebanyak 12 warga Jakarta ditangkap karena memberi sedekah kepada gelandangan dan pengemis (gepeng). Mereka ditangkap di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

"Jakarta Pusat 4 orang dan Jakarta Timur 8 orang," ujar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Budiardjo di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2009).

Menurut Budiardjo, para warga ini dikenai denda sebesar 150 ribu hingga 300 ribu, atau denda selama dua bulan lamanya.

"Mereka bayar, kan orang kaya. Tidak maulah mereka di penjara," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menangkap 4 warga karena memberikan sedekah kepada gepeng. Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban Umum nomor 8 Tahun 2007, pemberi sedekah diancam hukuman maksimal denda Rp 20 juta atau kurungan maksimal 60 hari.
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1646
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby daniel-ntl » Mon Aug 31, 2009 6:24 pm

Senin, 31/08/2009 17:18 WIB
Mengapa Pengemis Menjamur di Bulan Ramadan?
Ari Saputra - detikNews

Jakarta - Tidak mudah membujuk Dora (15) bicara. Gadis itu selalu menutup mulut bila ditanya seputar pekerjaannya menjadi pengemis di salah satu lampu merah Tanah Abang, Jakarta. Bagi gadis asal Kuningan, Jawa Barat ini, mengemis itu aib.

Dora mengaku terpaksa menjadi pengemis. Dia juga siap menjadi buron para Satpol PP saat menertibkan gepeng sepertinya.

"Jangan diliput Mas, malu. Nanti orang kampung jadi tahu," kata Dora yang sempat menghuni Panti Sosial Kedoya, saat disapa detikcom di Stasiun Tanah Abang, Senin (31/8/2009).

Dora merantau ke Jakarta awal puasa kemarin. Di kampungnya, dia hanya menjadi buruh tani. Begitu juga kedua orangtuanya Maksud (45) dan Imah (40).

Saat ini, keluarga buruh tani tersebut menjadi pengemis karbitan selama Ramadan untuk menambah penghasilan.

"Per hari bisa dapat 100.000 sampai 200.000 rupiah. Itu sudah sama bapak," ujar Dora mulai membuka diri.

Dari kampungnya, terdapat sejumlah pengemis karbitan yang didrop ke Jakarta bersama-sama. Ia tidak tahu siapa bos pengemis itu. Dora hanya tahu, bila tidak mengemis di Ramadan ia tidak memperoleh uang Lebaran.

"Kalau di kampung saja, paling cuma dapat sedekah dari masjid. Cuma Rp 50.000. Buat beli baju saja tidak bisa," cetus Maksud yang tiba-tiba datang.

Menurut Maksud, sejumlah lembaga zakat sempat menggelontorkan bantuan di kampungnya. Tetapi syaratnya cukup rumit, harus yatim/piatu, lembaga dakwah (masjid atau sekolah), atau pun untuk modal dagang.

Sementara untuk buruh tani sepertinya yang ketrampilannya hanya bisa bertani tanpa bisa 'bertukang' sulit memperoleh bantuan lembaga zakat dan sedekah.

"Kalau di kampung ada yang dapat bantuan ya kayak tukang kayu, tukang montir dibuat bengkel atau nambah alat. Kalau kayak saya, tidak," kata Maksud polos.

Nah, kelas buruh tani tanpa tanah dan alat produksi itu yang nampaknya luput dari para pengelola lembaga zakat dan infak. Mainstream lembaga zakat yang kapital memberikan modal dalam bentuk modal usaha atau beasiswa untuk mengentaskan si miskin. Tidak bisa menjangkau kelas buruh tanpa alat produksi seperti Maksud.

"Yang ke sini (jadi pengemis) ya kayak saya. Di kampung nggarap sawah (milik orang). Kalau tukang kayu atau tukang bangunan masih ada pekerjaan," pungkas Maksud detil.

Selain bantuan lembaga zakat dan infak, sejumlah perusahaan mengucurkan bantuan dalam bentuk (Cooporate Social Responsibility ). Lagi-lagi syaratnya kurang lebih sama, bantuan tersebut harus efektif.

"Selama saya belum punya tanah garapan sendiri ya akan seperti ini terus," kata Maksud mengiris.

(Ari/aan)
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1646
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby Pederasty » Mon Aug 31, 2009 9:12 pm

Yang membuat perda adalah orang GILA!!!

Abis ini kalo mau ngasih pengemis, clingak-clinguk kanan kiri dulu, udah aman baru action..., persis seperti kalo beli NARKOBA...!!!
:rolling:

Orang mau bersedekah/beramal, lepas dari motivasinya apa, baik karena BELAS KASIHAN maupun untuk PAMER, adalah tindakan nyata, kasat mata, nggak OMDO.

Fakir miskinnya juga, ada pengemis asli, ada pengemis musiman:
1. Banyaknya pengemis asli adalah gambaran kegagalan Indonesia untuk menjalankan UUD 45 tentang fakir miskin yang seharusnya dipelihara oleh pemerintah.
2. Banyaknya pengemis musiman adalah potret jati diri sebagian bangsa Indonesia, yang TIDAK TAU MALU. Rela menggadaikan pride/dignity-nya untuk menadahkan tangan meminta-minta.
:yuk:

Nurjannah pun menyarankan: "Masyarakat boleh menyalurkan bantuannya ke rumah zakat dan infaq," tuturnya.


Biar bisa dikutil, ditilep, dicabut selembar 2 lembar... kan nggak ada yang tau, oloh maha melihat..., ah, EGP!!!
Dan juga, biar sumangan diterima HANYA oleh fakir miskin yang seiman, yang agama lain KOQ ENAK?!!!

Banyak orang bersedekah memilih diserahkan langsung, jadi tau siapa penerima pemberiannya.
(meskipun beberapa orang menyumbang dengan memanggil surat kabar untuk diliput kegiatannya/PAMER)
(meskipun beberapa orang menyumbang dengan mewakilkan ke orang kepercayaannya, me-wanti2 tidak dibeberkan identitasnya)

Udah ah, seriusnya...!!!

Btw bro/sis, pengemis musiman yang nggak punya malu itu umat apa yaaa???
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
:turban: Ciluk Baaaa!!!!
Pederasty
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 403
Joined: Sat Jul 18, 2009 2:27 am
Location: Indonesia Bagian Kafir

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby AkuAdalahAing » Mon Aug 31, 2009 9:29 pm

MUI lebih baik memberi ketegasan HARAMKAN NII atau HARAMKAN NKRI !!!


Buat para muslim warga FFI,

JANGAN SUKA MBACOT saja !!!

Buktikan merahmu... eh... hijaumu... eh... merahmu... (teuing lah terserah lu) untuk tanggal 4 sep 2009

Mau MENYUMBANG Ginjal dan atau mata ???
donor-ginjal-dan-mata-untuk-biaya-aksi-kepung-mui-dan-mabes-t34733/

atau

mau DISUMBANG Ginjal dan atau mata ???
undangan-aksi-kepung-mui-tuntut-fatwa-sesat-nii-kw9-pesantre-t34732/

atau kalian ingin menentang NKRI ???
tambah kekuatan NII baik DIRI ANDA dan atau HARTA ANDA di:
jumlah-riil-kekuatan-anggota-nii-al-zaytun-t34731/
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Diharamkan MUI, Pengemis Cuek

Postby Bigman » Mon Aug 31, 2009 11:16 pm

Gw binyun dah tinggal di Indonesia, hoyong berbuat baik nolong manusia teu tiasa !
Gw tolong gw ditangkep /didenda, gw ngga tolong mobil dines digores /bisa sejutong ntuh !

Nah kalo cewe berjilbab minta sumbangan dirumah kumaha ??? :green:
Ntuh cewe berjilbab minta sumbangan untuk bangun mesjid katanya, termasuk ngemis ngga yah ?
Gw kasih gw ditangkep /didenda, gw ngga kasih dibilang felit !


Memang murid2 muhammad almarhum bikin refot manusia, begini salah, begicu salah !

Yang baik di Indonesia muslim pada MURTAD WAE DEH, mungkin idup Rakyat Indonesia lebih bener and tenang!

Hallo murid2 muhammad alm, pegimane wayout-nya, comment dong.........

Trim's.
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3234
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Next

Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users