. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby daniel-ntl » Tue May 12, 2009 5:24 pm

http://news.okezone.com/read/2009/05/12 ... kan-wanita
News

Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita
Selasa, 12 Mei 2009 - 16:18 wib

M Budi Santosa - Okezone

JAKARTA - Salah satu tantangan bagi Kantor Urusan Agama sebagai pencatat pernikahan di tanah air adalah masih adanya masyarakat yang melakukan nikah kontrak dan pernikahan di bawah tangan alias nikah siri. Sehingga dengan sendirinya tidak mempunyai buku nikah yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Demikian dikemukakan Drs Zamhari Hasan MM saat menyampaikan orasi ilmiah pada pengukuhan sebagai widyaiswara utama Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan Departemen Agama di Jakarta, Selasa (12/5/2009).

Sidang pengukuhan dipimpin Kepala Badan Litbang dan Diklat Depag Prof Dr Atho Mudzhar, dihadiri Deputi Bidang Pembinaan Aparatur Lembaga Administrasi Negara Prof Dr Endang W Sri Lestari.

Nikah siri dikenal muncul setelah diundangkannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 sebagai pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa tiap-tiap perkawinan selain harus dilakukan menurut ketentuan agama juga harus dicatatkan.

Menurut Zamhari, pernikahan siri biasanya terjadi untuk nikah kedua dan seterusnya, karena untuk mendapatkan izin dari isteri pertama sangat sulit. "Pernikahan seperti ini jelas tidak punya kepastian hukum atau tidak punya kekuatan hukum yang paling dirugikan adalah wanita," ujarnya.

Adapun nikah kontrak, kata Zamhari, yaitu nikah yang dibatasi oleh waktu. Apabila habis waktunya maka bubarlah perkawinan tersebut. Kejadian ini dilakukan oleh orang asing yang datang ke Indonesia tidak bersama istrinya. Kalau pernikahan terjadi, pernikahan tersebut sudah pasti tidak tercatat, tidak mempunyai kekuatan hukum yang pada akhirnya yang dirugikan adalah pihak perempuan.

"Di daerah Bogor dan sekitarnya biasanya dilakukan oleh etnis Arab," ungkap widyaiswara yang menyampaikan orasi berjudul "Optimalisasi pelayanan penghulu pada KUA di kecamatan Bogor Selatan, Bogor tahun 2006."

Dia juga mengungkapkan masalah lain dalam peristiwa pernikahan di tanah air, yaitu calon penganten yang tidak datang sendiri ke KUA untuk pendaftaran nikah, dengan berbagai alasan, mereka menggunakan jasa calo, sehingga informasi yang diberikan oleh calo itu bisa menyesatkan seperti biaya nikah mahal.
Akibat masyarakat yang tidak datang sendiri ke KUA juga berdampak pasangan nikah memperoleh buku nikah palsu.

"Biasanya ini terungkap apabila para pihak ada masalah seperti akan terjadi perceraian ke Pengadilan Agama atau ke Kantor Catatan Sipil, ketika mengurus akte kelahiran atau saat konsultasi ke KUA," ungkapnya.

Guna mengatasi masalah tersebut, menurut Zamhari, perlu dilakukan pembinaan, pengawasan dan penyuluhan terhadap praktek penghulu liar serta nikah di bawah tangan dan nikah kontrak. Juga diupayakan jalinan kordinasi dengan aparat terkait dan tokoh agama dan msyarakat secara efektif.

Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan SDM para penghulu, karena pendidikan dan pelatihan menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan optimalisasi para penghulu dalam pelayanan masyarakat Kepala Badan Litbang dan Diklat Atho Mudzhar dalam sambutannya menyebutkan bahwa, berbagai masalah muncul dalam perkawinan tidak lepas dari bagaimana pengamalan agama masing-masing. Selain itu masih rendahnya kualitas SDM para penghulu di tanah air. (mbs)
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1632
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby Bigman » Tue May 12, 2009 9:52 pm

Gw inget dulu Jusuf Kalla pernah ngomong, ngga apa2 :turban: KAWIN KONTRAK di Kabupaten Bogor /Cisarua, turunannya jadi bagus2..........aje gilee !
Tolong dong yang inget ngomongan JK, dibeberin.......
Kalo dia jadi Presiden R.I kumaha Indonesia, trim's.
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3219
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby lemak_babi » Wed Jun 03, 2009 3:53 pm

MUHAMMAD MODE ON : "ente bilang merugikan feremfuan?! feduli amat. yang fenting ana senaaaaaanggg!!! ana mau bikin ayat yg bunyinya : feremfuan2 yg dirugikan oleh kawin siri, temfatnya di akhirot nanti adalah di ranjang ana, manusia faling mulia, insan khamil dan berhak menjadi memfelai auloh. maha benar auloh dengan segala nafsu binatangnya"
User avatar
lemak_babi
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 322
Joined: Tue Aug 19, 2008 11:48 am
Location: negeri sekuler yg dijajah islam...

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby islam_watcher » Thu Jun 04, 2009 1:22 am

budaya seks bebas yg dilindungi/dihalalkan islam, hrs mendpt legitimasi owloh dulu
User avatar
islam_watcher
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1517
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:16 pm

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby mohamedbincamel » Fri Jun 05, 2009 6:46 am

masalahnya para muslimah suka di nikahi siri dan dipoligami, so whats the problem selama suka sama suka.
mohamedbincamel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 804
Joined: Sat Jan 20, 2007 9:34 am
Location: The land of milk and honey

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby Pedagang_Makanan » Fri Jun 05, 2009 11:56 am

mohamedbincamel wrote:masalahnya para muslimah suka di nikahi siri dan dipoligami, so whats the problem selama suka sama suka.

oya? muslimah suka yah dinikahh siri dan dipoligami?
Netralikum kayanya ngga tuh... dia muslimah bukan yah?
User avatar
Pedagang_Makanan
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Mar 20, 2009 11:32 am

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby mey » Fri Jun 05, 2009 2:00 pm

kalo begitu apakah indahnya sebagai seorang muslimah????
mey
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 443
Joined: Mon Sep 01, 2008 3:54 pm

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby lemak_babi » Fri Jun 05, 2009 2:22 pm

mey wrote:kalo begitu apakah indahnya sebagai seorang muslimah????


jadi muslimah hanya indah utk wanita2 yg punya kelainan seks; pengidap sadomasokisme (karena harus selalu siap utk digamparin suami), penyuka threesome, foursome, fivesome (karena harus siap diajak naik ranjang rame2), pengidap electra complex (krn harus siap2 dikawinin mbah2 yg seumur kakeknya). wanita normal mah sedih jadi muslimah....
User avatar
lemak_babi
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 322
Joined: Tue Aug 19, 2008 11:48 am
Location: negeri sekuler yg dijajah islam...

Re: Depag: Nikah Siri dan Nikah Kontrak Rugikan Wanita

Postby Pop Eye » Tue Jan 11, 2011 4:53 pm

Bigman wrote:Gw inget dulu Jusuf Kalla pernah ngomong, ngga apa2 :turban: KAWIN KONTRAK di Kabupaten Bogor /Cisarua, turunannya jadi bagus2..........aje gilee !
Tolong dong yang inget ngomongan JK, dibeberin.......
Kalo dia jadi Presiden R.I kumaha Indonesia, trim's.


luar-biasa-cara-berfikir-muslim-t40426/
Pop Eye
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 395
Joined: Thu Sep 09, 2010 1:53 pm


Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users