. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Sun May 01, 2011 11:54 am

Iseng saya jumpa tulisan berikut

DARI SINI

Asal Usul Sholat dalam Islam

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sholat Lima Waktu adalah Kewajiban Umat Islam sebagai salah satu dari Rukun Islam, namun tidak banyak dari kita yang tahu asal usul sholat itu sendiri, apakah shalat itu baru ada pada saat jaman Rasulullah atau sudah ada sejak jaman nabi-nabi sebelumnya, akhirnya saya dapatkan sedikit Informasi yang dikirimkan seorang kawan dari Malaysia via email mengenai Asal Usul Sholat Ini semoga bisa bermanfaat buat kita semua

SUBUH:
Orang yang pertama mengerjakan sembahyang Subuh ialah Nabi Adam a.s., yaitu ketika baginda keluar dari syurga lalu dihantar ke bumi. Perkara pertama yang dilihatnya ialah kegelapan dan baginda berasa takut yang amat sangat. Apabila fajar Subuh telah keluar Nabi Adam a.s. pun bersembahyang dua rakaat.
Rakaat pertama:- Bersyukur baginda kerana terlepas dari kegelapan malam.
Rakaat kedua:- Bersyukur baginda kerana siang telah menjelma.

ZOHOR:
Orang yang pertama mengerjakan sembahyang Zohor ialah Nabi Ibrahim a.s.,yaitu tatkala Allah s.w.t. telah memerintahkan padanya agar menyembelih anaknya Nabi Ismail a.s. Sedang seruan itu datangnya pada waktu tergelincir matahari, lalu sujudlah Nabi Ibrahim empat rakaat.
Rakaat pertama:- Bersyukur bagi penebusan.
Rakaat kedua:- Bersyukur kerana dibukakan dukacitanya dan juga anaknya.
Rakaat ketiga:- Bersyukur dan bermohon akan keredhaan Allah.
Rakaat keempat:- Bersyukur kerana korbannya digantikan dengan tebusan Domba.

ASAR:
Orang yang pertama mengerjakan sembahyang Asar ialah Nabi Yunus a.s., tatkala baginda dikeluarkan oleh Allah dari perut ikan nun. Ikan nun telah memuntahkan Nabi Yunus di tepi pantai sedang ketika itu telah masuk waktu Asar. Maka bersyukurlah Nabi Yunus lalu bersembahyang empat rakaat kerana baginda telah diselamatkan oleh Allah daripada 4 kegelapan yaitu:
Rakaat pertama:- Kelam dengan kesalahan.
Rakaat kedua:- Kelam dengan air laut.
Rakaat ketiga:- Kelam dengan malam.
Rakaat keempat:- Kelam dengan perut ikan Nun.

MAGHRIB:
Orang yang pertama mengerjakan sembahyang Maghrib ialah Nabi Isa a.s.,tatkala baginda dikeluarkan oleh Allah dari kejahilan dan kebodohan kaumnya, sedang waktu itu telah terbenamnya matahari. Bersyukurlah Nabi Isa lalu bersembahyang tiga rakaat kerana diselamatkan dari kejahilan tersebut, yaitu:
Rakaat pertama:- Untuk menafikan ketuhanan selain daripada Allah yang Maha Esa.
Rakaat kedua:- Untuk menafikan tuduhan dan juga tohmahan ke atas ibunya Siti Mariam yang telah dituduh melakukan perbuatan sumbang.
Rakaat ketiga:- Untuk meyakinkan kaumnya bahwa Tuhan itu hanya satu yaitu Allah jua, tiada dua atau tiga.

ISYAK:
Orang yang pertama mengerjakan sembahyang Isyak ialah Nabi Musa a.s. Pada ketika itu Nabi Musa telah tersesat mencari jalan keluar dari negeri Madyan, sedang dalam dadanya penuh dengan perasaan dukacita. Allah lalu menghilangkan semua perasaan dukacitanya itu pada waktu Isyak yang akhir.Lalu sembahyanglah Nabi Musa empat rakaat sebagai tanda bersyukur.
Rakaat pertama:- Dukacita terhadap isterinya.
Rakaat kedua:- Dukacita terhadap saudaranya Nabi Harun.
Rakaat ketiga:- Dukacita terhadap Firaun.
Rakaat keempat:- Dukacita terhadap anak Firaun.

============

Bisa dipastikan bahwa kisah diatas TIDAK ADA di Quran , Taurat , Injil .

CMIIW
Sepengetahuan saya , hadis tentang miraj hanya menerangkan tawar menawar JUMLAH sholat !!

1. Ada yang tau , hadis manakah yang menjadi dasar BUALAN diatas ??
2. Benarkah muhammad yang memberi " nama nama" sholat ??
3. Siapakah yang menentukan jam sholat ( ada hadistnya ga ) ??
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby kucinggarong » Sun May 01, 2011 12:39 pm


Berani nggak orang Muslim mengatakan tulisan ini adalah BOHONG ?

Pasti gak akan berani !. Sebab mereka tidak diijinkan untuk KRITIS. Cuma boleh mengangguk seperti kerbau ****.

Padahal menurut release resmi dari Islam, sholat yang 5 biji itu adalah hasil negosiasi Muhammad dengan Olloh ketika Isra Miraj. Bukan berasal dari dongeng ngibul di atas.

Image
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 978
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby kalangkilang » Sun May 01, 2011 12:56 pm

@bung duren..

ikutan nandain yah,
memanglah islam penuh dengan tipu-tipu...

saya sambil duduk manis menunggu kehadiran muslim...
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby Calo » Sun May 01, 2011 1:29 pm

@TS

ane numpang nandain tritnye ye.....trims
User avatar
Calo
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1510
Joined: Sun Sep 30, 2007 3:08 am

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Sun May 01, 2011 3:01 pm

ASTAGAAAA mannnaaaa jawabannya slim

:shock: :shock:

Tiap hari njedotin kening .. moso ga bisa menerangkan asal usulnya


METALIZERRRRR MANA BATANG IDUNG MU

PP ... DIMANAKAH DIKAU BERADAAAAA
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Sun May 01, 2011 3:41 pm

Haruskah Islam di tegakkan dengan KIBULAN ??



Sejarah sholat menggunakan sejadah


Konon sholat rasululah,para imam,wali tidak memakai sejadah…
sejarah memakai sejadah adalah simbol keharmonisan hubungan antar agama yang berada di yerusalem / palestina atau sekarang israel


sejarah sejadah ini ada di buku2 lama agama islam, ada beberapa hadis yang menceritakan:

saat rasululah mengunjungi yerusalem dan membangun mesjid disana,saat itu mesjid dan gereja berdekatan,setelah sholat jumat rasululah didatangi seorang pendeta kristen yang menanyakan apakah mesjid tempat ibadah orang islam boleh dipinjam buat kebaktian kristen…

dengan tersenyum dan senang hati rasululah mengijinkan mesjid dipakai untuk kebaktian bahkan dengan sangat menghormati umat kristen yang banyak dari kalangan bangsawan rasululah menghamparkan permadani sehingga umat kristen masuk mesjid tidak perlu lepas sepatu dan lantai mesjid tetap suci…

begitu juga saat sholat jumat begitu mesjid terlampui penuh ,rasululah mendatangi pendeta menanyakan apakah gereja boleh dipinjam untuk sholat jumat,dengan senang hati dan senyum lebar pendeta mengijinkan rasululah memakai gereja untuk sholat jumat…

kerukunan dan toleransi umat beragama ini sudah dicontohkan rasululah,karena bung karno yang tahu sejarah dan hadis ini membuat istiqlal dan katedral bersebelahan,tapi bedanya kita baru sampai tuker2ran tempat parkir,saat natal istiqlal dipinjam untuk tempat parkir ..saat lebaran gantian katedral yang dipinjam untuk parkir

indahnya toleransi dan keberagaman bhineka tunggal ika,menebarkan damai dan kasih sayang di muka bumi.

Tags: apa itu sholat menggunakan sejadah, artikel sholat menggunakan sejadah, asal usul sholat menggunakan sejadah, geografi sholat menggunakan sejadah, menggunakan, perkembangan sholat menggunakan sejadah, sejadah, Sejarah, sejarah sholat menggunakan sejadah, sejarah sholat menggunakan sejadah yang, sejarah sholat penggunaan sejadah, Sholat, tentang sholat menggunakan sejadah

========

Kapaaaaaan muhammad ke Jerusalem :shock:

Waktu miraj ke tanah kosong dekat Dome of the rock yahh , kaga ada yang ngelihat !!
Cuma ngibul nutupin dusta karena dicurigai ngelonin sepupunya Hani ( Hindun binti Abu Thalib )


Dan SAKSINYA CUMA SEEKOR ONTA !!

Image
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby tulipputut » Sun May 01, 2011 5:32 pm

duren wrote:ASTAGAAAA mannnaaaa jawabannya slim

:shock: :shock:

Tiap hari njedotin kening .. moso ga bisa menerangkan asal usulnya


METALIZERRRRR MANA BATANG IDUNG MU

PP ... DIMANAKAH DIKAU BERADAAAAA



hik hiiik....bung duren lagi kangen ama bung Metalzr!
haa haa haaaa.....!


salam tulip
User avatar
tulipputut
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 972
Joined: Mon Dec 06, 2010 10:26 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby a_man » Mon May 02, 2011 7:02 am

nabi2 yg dicatut namanya tuh brarti sehari cuman sholat SEKALI dong ?
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4318
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Mon May 02, 2011 3:05 pm

[-( [-(

Kening si RAHMATAN PAGI SIANG MALEM DI JEDEOTIN
Kening si METALIZER PAGI SIANG MALEM DI JEDEOTIN

Why ....Ckckckck kok tega bener sih ustad Cresent membiarkan kening kalian berdua dijedotin tanpa tau sejarahnya .

Aku cuma bertanya , mana hadisnya
Padahal aku cuma bertanya , mana riwayat asal usul namanya




Ingatlah petuah Duren berikut ini :

Boleh boleh saja njedotin KENING .. Asal alasannya TEPAT !!!

Boleh boleh saja njedotin PALE .. Asal tau asal usul PENJEDOTANNYA !!!




Sayangi KENING MU .. jangan sembarangan di jedotin , cepetlah kalian bertanya kepada anak angkatku , sang ahli sejarah Islam ustad Cresent Star ... kekekeke
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby Metalizer » Mon May 02, 2011 3:11 pm

Kasian sekali lah kalian BUDAK BUDAK Sejarah...

Ha ha ha
ha ha ha ha
:rolling:
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby saya_cinta_damai » Mon May 02, 2011 3:17 pm

pencabut_nyawa wrote:Dalil shalat sangat banyak : QS 2:3, 2:43, 2:45, 2:238, 2:277, 4:103, 11:144 dst

Dan yang pasti perintah "wajib" shalat setelah adanya Islam.
sebelum itu nabi/rasul ber shalat tp dengan ketentuan masing2 .... (belum diatur seperti saat ini)


kamu pasti gak baca dulu ya 3 pertanyaan duren diatas.
yg ditanya apa koq kamu jawab apa?
atau memang sebenarnya gak ada jawabannya?
dengan kata lain semua cerita Islami diatas itu adalah dongeng?

kalau gak mau disebut dongeng, ayo baca lagi baik2 setelah itu tolong dijawab pake referensi ya. :yawinkle:
saya_cinta_damai
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 235
Joined: Mon Feb 07, 2011 6:56 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Mon May 02, 2011 3:38 pm

Istilah populer CEKIDOT aja masih jelas asal usulnya .

Lha moso NJEDOT dari tuhan ga bisa di ketahui asal muasalnya , sejarah itu sangat penting agar terhindar dari penyelewengan !!

Bukankah bisa saja tuhan Arab nyuruh sholat sambil jogging ..ehh di rombak jadi njedot kening
Bukankah bisa saja tuhan Arab nyuruh sholat jam 12 malem.. ehh di rombak jadi subuh
Bukankah bisa saja tuhan Arab nyuruh sholat sambil minum jus ..ehh di rombak jadi nungging


Sedih loh .. hehehe
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby saya_cinta_damai » Mon May 02, 2011 4:03 pm

pencabut_nyawa wrote:Justru sy menjawab pertanyaan itu ..... perintah shalat itu ada sejak Nabi SAW ya yg aku sebutkan itu.

Klo ada yg tulis Nabi/Rasul yg terdahulu shalatnya seperti itu ya walahualambhisawab. Tp kalo ga ada dalilnya ya utk apa .....

Yg ada dalilnya boleh kita percayai kalo ga ada ya monggo saja to .....



1. Ada yang tau , hadis manakah yang menjadi dasar BUALAN diatas ??

kamu jawab : Klo ada yg tulis Nabi/Rasul yg terdahulu shalatnya seperti itu ya walahualambhisawab. Tp kalo ga ada dalilnya ya utk apa.

kalau bisa aku terjemahin : memang gak ada dalilnya. berarti cerita diatas itu semua bohong belaka.


2. Benarkah muhammad yang memberi " nama nama" sholat ??

yg ini belum dijawab. atau memang ga ada jawabannya? :-k


3. Siapakah yang menentukan jam sholat ( ada hadistnya ga ) ??

yg ini juga belum dijawab. atau memang ga ada jawabannya juga? :-k


pencabut_nyawa wrote:
Yg ada dalilnya boleh kita percayai kalo ga ada ya monggo saja to .....


berarti gak usah dipercayalah cerita diatas yg mengatakan nabi2 sebelum Muhammad melakukan sholat.
wong gak ada dalilnya.
saya_cinta_damai
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 235
Joined: Mon Feb 07, 2011 6:56 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby Metalizer » Mon May 02, 2011 4:34 pm

Suatu hari metalizer bertandang ke rumah duren, metalizer membawa oleh oleh kue tart yang enak...

Metalizer : ni ada oleh2

duren : apa oleh2nya ?

Metalizer : kue tart

duren : siapa yang buat ?

Metalizer : tulipputut yang caem

duren : dari apa bahan bahanya?

Metalizer : dari gula, tepung, telor dll.

duren : bagaimana SEJARAHNYA kok kue itu di namakan kue tart ?

Metalizer : kebanyakan nanya lo !! Plak !! (kue tart ditempelkan ke muka duren)

ha ha ha
ha ha ha ha
:rolling:
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby saya_cinta_damai » Mon May 02, 2011 4:51 pm

pencabut_nyawa wrote:
Bukan Muhammad tp Allah SWT .... dalilnya QS 4: 103 ... nama shalat sesuai waktu pelaksanaannya


pencabut_nyawa wrote:Seperti di atas dalilnya juga ....QS 4: 103 ....


gak ada tuh tertulis tentang jam-jam dan nama2 sholat seperti Maghrib, Asar atau Zohor.

[4:103] Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

anda mau bohong ya bung! [-X

ayat diatas gak jelas tuh menyebutkan atau menerangkan waktu2 atau jam2 yg ditentukan dalam sholat 5 waktu. mana dalilnya? kalau Quran kurang lengkap, minta bantuan Hadits saja deh, mana Hadits yg menceritakan asal usul nama2 sholat dan yg menentukan jam2 sholat yg dipakai sekarang. itu jawaban yg saya minta.

tolong diperhatikan lagi pertanyaannya si duren : Nama-nama dan Jam-jam sholat!



pencabut_nyawa wrote:
nabi terdahulu melaksanakan shalat ... ini dalilnya ....
Dan Kami telah memberikan kepadanya (Ibrahim) Ishaq dan Yakub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masing Kami jadikan orang-orang yang saleh. Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kami lah mereka selalu menyembah,(QS 21:72-73)


memangnya sholat dengan sembahyang itu sama ya??
bisa jadi sembahyang nabi Musa diatas adalah dengan geleng2 kepala, atau sembahyang nabi isa dengan tepuk tangan dan nyanyi2. wong ga ada dalil haditsnya koq mereka melakukan sembahyang(yg kamu samakan dgn sholat) dgn rakaat2 yg ditentukan. ah ini sih cuma karangan Muslim aja. ya kan!

sperti katamu ini

Code: Select all
Sy pertegas lg yah ... kalo tdk ditemukan dalilnya berarti tidak benar.
saya_cinta_damai
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 235
Joined: Mon Feb 07, 2011 6:56 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby duren » Mon May 02, 2011 5:01 pm

Kenapa muslim seperti si metal menyamakan otak ponpesnya yang pas pasan itu dengan otak muslim lain ? Jawab nya cuma satu , dia memang ga mampu menjawab ..maklumlah ilmunya terlalu lemah.

Kasihan sekali melihat diri mu jems , tak berdaya dan terpaksa MELATIH TERNAK MU dengan jurus mengada ada


TAPI .. Pertanyaan di trit ini menghantui muslim lain . Buktinya muslim pemilik LINK yang kuberi sampai minta minta info ke malaysia .

Jadi tolong jangan samakan otak ponpes mu dengan otak teman teman muslim mu yang lain .. bagi mereka ini adalah hal penting , dan itu artinya mereka lebih memilih mencari jawaban yang sebenarnya DIBANDING caramu yang memilih jalan menjadi PELATIH AWLLOH .

Iman mu ngarang ngarang sesuka suka gundul mu sendiri >> Terserah dan SILAHKAN

Tapi jutaan muslim lain yang berpendidikan jauh diatas mu , masih pengen beriman dengan cara mencari KEBENARAN .
FFI di buat untuk muslim jenis ini , dan biasanya mereka jadi netter pasif .
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby papierkorb » Tue May 03, 2011 12:26 am

=D> =D> =D> =D>
User avatar
papierkorb
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 552
Joined: Wed Mar 30, 2011 6:24 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby jj » Wed May 04, 2011 12:37 am

duren wrote:1. Ada yang tau , hadis manakah yang menjadi dasar BUALAN diatas ??

Lagi2 anda mau mempelajari Islam tapi bukan dari Kitab sucinya.

duren wrote:2. Benarkah muhammad yang memberi " nama nama" sholat ??

Tidak ada penjelasannya

duren wrote:3. Siapakah yang menentukan jam sholat ( ada hadistnya ga ) ??

menurut Quran:

11: 114 (2) Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua
tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian
permulaan daripada malam. Sesungguhnya
perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa)
perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi
orang-orang yang ingat.

17: 78 (2) Dirikanlah salat dari sesudah matahari
tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula
salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan
(oleh malaikat).

2: 238 (1)Peliharalah segala salat (mu), dan
(peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah
(dalam salatmu) dengan khusyuk.
jj
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1466
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby Rashidi » Wed May 04, 2011 9:05 am

jj wrote:2: 238 (1)Peliharalah segala salat (mu), dan
(peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah
(dalam salatmu) dengan khusyuk.
[/color]

waktu shalat khan: ISYAK, SUBUH, ZOHOR, ASAR, MAGHRIB
kok nga ada namanya shalat wusthaa?
wusthaa itu apaan?
User avatar
Rashidi
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1222
Joined: Wed Sep 14, 2005 10:15 pm

Re: Dari manakah Asal Usul "NAMA" Sholat ??

Postby rahmatan » Wed May 04, 2011 11:48 am

Metalizer wrote:Suatu hari metalizer bertandang ke rumah duren, metalizer membawa oleh oleh kue tart yang enak...

Metalizer : ni ada oleh2

duren : apa oleh2nya ?

Metalizer : kue tart

duren : siapa yang buat ?

Metalizer : tulipputut yang caem

duren : dari apa bahan bahanya?

Metalizer : dari gula, tepung, telor dll.

duren : bagaimana SEJARAHNYA kok kue itu di namakan kue tart ?

Metalizer : kebanyakan nanya lo !! Plak !! (kue tart ditempelkan ke muka duren)

ha ha ha
ha ha ha ha
:rolling:

:rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling:
weakakakakakakak....top bin markotop .. weakakakakakakakak ..
nanya : tartnya cuman 1 pcs apa satu truk???
:rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling:

trus bole tau tidak sejarahnya kok bisa bung metalizer berkunjung ke rumah bung duren ??
User avatar
rahmatan
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 442
Joined: Fri Apr 01, 2011 10:31 am

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users