. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 11, 2010 9:12 pm

10/10/2010 - 00:50
Alumni Trisakti Galang Petisi Tolak Timur
Irvan Ali Fauzi
Image
Timur Pradopo
(inilah.com)


INILAH.COM, Jakarta - Sejumlah alumni Universitas Trisakti menggalang petisi untuk menolak pencalonan Komjen Timur Pradopo sebagai calon Kapolri.

Dalam siaran pers yang diterima INILAH.COM, mereka yang menamakan dirinya Paguyuban Persaudaraan Trisakti (Paperti) mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengusut tuntas kasus tragedi penembakan 4 orang mahasiswa dan 517 lainnya luka-luka di depan Universitas Trisakti saat unjuk rasa damai 12 Mei 1998 silam.

"Kami sangat menyesalkan langkah Presiden yang mengangkat Timur Pradopo sebagai calon Kapolri," ujar pengurus Paperti Dedy Arianto , Minggu (10/10).


Menurutnya, pada saat tragedi Trisakti terjadi, Timur Pradopo yang waktu itu berpangkat letnan kolonel dan menjabat Kapolres Jakarta Barat, turut bertanggung jawab atas keamanan wilayahnya dalam operasi Mantap Brata III, termasuk pengamanan unjuk rasa mahasiswa Trisakti. "Timur Pradopo berada di lapangan pada saat terjadinya pembubaran secara paksa dan penembakan terhadap mahasiswa yang berunjuk rasa damai di depan kampus Trisakti," tuduhnya.

Lebih lanjut, Dedy menjabarkan bahwa saat itu bersama Kolonel (Pol) Arthur Damanik yang saat itu bertindak sebagai Kepala Pusat Pengendalian Operasi, Letkol Timur Pradopo adalah penanggung jawab keamanan wilayah Jakarta Barat yang melingkupi Jalan S. Parman, lokasi terjadinya tragedi itu.

"Kami para alumni Universitas Trisakti mendesak Presiden untuk menarik kembali Timur Pradopo sebagai calon Kapolri, sampai terdapat kejelasan hukum tentang tragedi Trisakti serta kejelasan peran Timur PRadopo di depan hukum," tandasnya.[iaf]

http://www.inilah.com/news/read/politik ... lak-timur/
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 11, 2010 9:27 pm

Kartun
10/10/2010 - 22:49

Timur Digugat Korban Tragedi Trisakti

Image

http://www.inilah.com/news/read/kartun/ ... -trisakti/
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 11, 2010 9:36 pm

CALON KAPOLRI
Datangi DPR, Korban Trisakti-Semanggi Beberkan Fakta Timur Bertanggung Jawab

Senin, 11 Oktober 2010 , 13:58:00 WIB
Laporan: Aldi Gultom

Image
KORBAN SEMANGGI II/IST


RMOL. Belasan keluarga korban tragedi Trisaksi dan Semanggi mendatangi gedung DPR untuk menuntut penolakan terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Timur Pradopo.

Di dampingi pihak Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), belasan keluarga korban tersebut tampak mengenakan kaos putih yang pada bagian belakang bertuliskan
"Pilih Kapolri: Ingat Trisaksi dan Semanggi".

Divisi Pemantauan Impunitas Kontras, Yati Andriyani kepada Rakyat Merdeka Online mengatakan, patut disayangkan keputusan Presiden SBY memilih Timur Pradopo sebagai calon tunggal Kapolri.

"Pilihan nama ini merupakan wujud tidak sensitifnya Presiden dengan agenda penuntasan pelanggaran berat HAM di Indonesia," ujar Yati saat ditemui Rakyat Merdeka Online, di lobi Gedung Nusantara II DPR, Senayan, siang ini (Senin, 11/10).


Dalam catatan memori para korban, Timur Pradopo merupakan salah seorang pimpinan Polri yang hadir dan memegang kendali salah satu komando pada peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti tahun 1998 dan Semanggi II tahun 1999.

Untuk diketahui pada tahun 1999, Timur menjabat Kapolres Jakarta Pusat. Setahun sebelumnya, dia adalah Kapolres Jakarta Barat. Selaku Kapolres Jakbar saat itu, Timur Pradopo bertugas sebagai Wakil Komandan Kolaops dalam struktur komando operasi Mantap Jaya III di bawah pimpinan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Safrie Syamsuddin. Dia juga berada dalam struktur komando operasi Mantap Brapa III dengan penanggung jawab Kapolri Jenderal Dibyo Widodo.

Timur Pradopo berada di lapangan saat terjadi penembakan terhadap mahasiswa Trisakti. Begitu pula dalam peristiwa Semanggi II. Dalam dua peristiwa berdarah tersebut, Timur Pradopo bertanggung jawab pada tingkat lapangan.

Para keluarga korban ini direncanakan bertemu Komisi III DPR pada pukul 13.00 WIB. Namun diundur menjadi pukul 16.00 WIB. Saat berita ini diturunkan, mereka tengah menuju ruang Fraksi PDI Perjuangan di gedung Nusantara I. [wid]

http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=6173
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 11, 2010 9:45 pm

06/10/2010 - 11:59
Fit & Proper Test Timur Senin Depan
Mevi Linawati
Image

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan kemungkinan jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal Kapolri Komjen Timur Pradopo akan dilaksanakan Senin, 11 Oktober 2010.

"Setelah Bamus hari Kamis (1/10), ancer-ancernya ya Senin (11/10) dilakukan. Kalau Senin, nanti Selasa diumumkan di paripurna apakah melalui (lulus) fit proper test, diterima atau lain lain," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/10).


Menurut dia, kalau jadwal ini bisa terselenggara baik dan kalau tidak ada aral melintang, rapat Selasa depan sudah diketuk palu mengenai Kapolri.

Sebagaimana diberitakan, Timur diajukan sebagai calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada DPR. Nama Timur sudah disetor Senin 4 Oktober 2010.

Sekarang, Timur masih menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) menggantikan Komjen Pol Imam Haryatna. [bar/nic]

http://www.inilah.com/news/read/politik ... nin-depan/
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 12, 2010 5:47 am

Calon Tunggal Kapolri
Pilih Kapolri, Ingat Trisakti-Semanggi

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
Senin, 11 Oktober 2010 | 14:12 WIB

Image
Inggried Dwi W
Para keluarga korban Tragedi Trisaksi dan Semanggi 1998-1999 aksi duduk di hall Gedung Nusantara II DPR, Senin (11/10/2010). Mereka akan menyampaikan aspirasi terkait rekam jejak calon Kapolri Timur Pradopo kepada Komisi III DPR.



JAKARTA, KOMPAS.com - Belasan orang keluarga korban tragedi Semanggi dan Trisakti 1998, mendatangi Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/10/2010) siang. Dengan kaos bertuliskan "Pilih Kapolri : Ingat Tragedi Trisakti dan Semanggi", para orangtua korban duduk di hall Gedung Nusantara III DPR.

Mereka ingin menyampaikan aspirasi kepada Komisi III terkait rekam jejak calon tunggal Kapolri Komjen Timur Pradopo. Menjelang uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Kamis (14/10/2010), Komisi III menampung segala masukan terkait calon yang bersangkutan.

"Kami meminta Pemerintah untuk tidak mengangkat orang yang terkait pelanggaran HAM berat. Kami akan menyampaikan rekam jejak Timur Pradopo dan meminta Komisi III untuk menjadikannya sebagai pertimbangan," kata Kepala Divisi Pemantauan Impunitas dan Pemulihan Hak Korban KontraS, Andriani, yang mendampingi keluarga korban.


Dalam rilis yang dibagikan, keluarga korban mencatat, Timur Pradopo sebagai salah satu Pimpinan Polri yang memegang kendali komando pada peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti tahun 1998 dan peristiwa Semanggi II 1999.

"Pada aksi Kamisan ke-179, kami sudah menyampaikan surat ke Presiden, Menkopolhukam, Mensesneg, dan Komnas HAM, kami menolak calon Kapolri pelanggar HAM," kata Sumarsih, ibunda korban Semanggi, Wawan.

Pada saat tragedi 1998, Timur menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat. Para keluarga korban berharap, Komisi III bisa mendengar masukan yang akan diberikan. Namun, saat ini mereka tengah diterima oleh kelompok fraksi PDI Perjuangan dan fraksi PPP yang ada di Komisi III.

Editor: Glori K. Wadrianto
Dibaca : 694

http://nasional.kompas.com/read/2010/10 ... tiSemanggi
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 12, 2010 10:57 am

Jabatan BHD Diperpanjang Sampai Kapolri Terpilih
Selasa, 12 Oktober 2010 - 09:23 wib
Dede Suryana - Okezone

Image
Komjen Pol Timur Pradopo (Foto: Koran SI)


JAKARTA - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri seharusnya pensiun sejak Minggu 10 Oktober lalu. Namun, karena alasan belum adanya Kapolri definitif, jabatan Bambang diperpanjang.

"Kan diperpanjang maksimal sampai 30 Oktober,” ujar Anggota Komisi III DPR Nasir Jamil kepada okezone, Selasa (12/10/2010).

Namun, menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, jika DPR sudah menyetujui calon Kapolri yang diajukan DPR Komjen Timur Pradopo sebelum 30 Oktober, maka secara otomatis Jenderal Bambang Hendarso akan purna tugas.

Sebagaimana diketahui, pencalonan Kapolri kali ini cukup menyedot perhatian publik. Mulai dari keterlambatan Presiden menyetorkan nama ke DPR, sampai munculnya nama Komjen Timur yang pangkatnya naik secara mendadak.

Waktu penyeleksian Kapolri juga sempat tersita dengan polemik antara Komisi III yang merasa kewenangannya dilangkahi saat pimpinan DPR tiba-tiba melakukan pertemuan tertutup dengan calon Kapolri beberapa waktu lalu.

(ded)

http://news.okezone.com/read/2010/10/12 ... i-terpilih
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 12, 2010 7:49 pm

Calon Kapolri
Inilah Sandungan Timur Untuk Jadi Kapolri

Tribunnews.com - Selasa, 12 Oktober 2010 17:29 WIB
Image
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Komjen Timur Pradopo, calon tunggal Kapolri usai jumpa pers bersama Menko Polhukam di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (5/20/2010)



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa sandungan yang akan menghalangi langkah Komjen Pol Timur Pradopo melenggang mulus menjadi Kapolri mulai diungkit-ungkit sejumlah LSM.

Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Reformasi memaparkan bila Timur Pradopo merupakan seorang yang harus bertanggungjawab dalalam beberapa kasus pelanggaran HAM pada saat reformasi.

Pada saat menjadi Kapolres Jakarta Barat! Timur diduga sebagai penanggungjawab kasus pelanggaran HAM Trisakti dan kerusuhan Mei 1998. Kemudian namanya pun disebut-sebut sebagai orang yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa Semanggi tahun 1999.

Dalam kasus tersebut Timur sempat mangkir sebanyak tiga kali dari panggilan Komnas HAM. "Itu artinya, Komitmen Timur Pradopo pantas untuk dipertanyakan dalam kaitannya dengan penghormatan atas penegakan hukum dan HAM karena kertidakhadirannya atas panggilan yang dilakukan Komnas HAM," kata Menejer Direektur Imparsial, Poengky Indarti di Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa (12/10/2010).

Selain itu, selama menduduki beberapa jabatan di institusi kepolisian, kinerja Timur tidak menunjukan hasil yang positif dan maksimal.


Pada saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, kegagalan Timur bisa terlihat seperti kasus Ampera, Penusukan Pendeta HKBP, Pemukulan aktivis ICW, Bom Molotov di Kantor Tempo, serta pembunuhan Eka Gunawan pemilik PT Metro Garmen di Bandung.

Selain itu, pernyataan Timur yang mengungkapkan bahwa FPI bisa diberdayakan membantu kemanan justru semakin memojokan Timur untuk melenggang menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri.


Penulis : Adi_suhendi
Editor : prawiramaulana

http://www.tribunnews.com/2010/10/12/in ... di-kapolri
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Wed Oct 13, 2010 6:41 am

Calon Kapolri
Jeritan Korban Semanggi atas Calon Kapolri

Tribunnews.com - Selasa, 12 Oktober 2010 22:20 WIB
Image
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Komjen Timur Pradopo, calon tunggal Kapolri usai jumpa pers bersama Menko Polhukam di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (5/20/2010)


Laporan wartawan tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keluarga korban Peristiwa Semanggi, Trisakti, dan Kerusuhan Mei 1998 terus mencari keadilan selama 12 tahun ini. Namun, apa jadinya bila orang yang diduga bertanggungjawab atas hilangnya nyawa anak mereka tiba-tiba dicalonkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Kapolri.

Sumarsih orang tua korban tragedi Semanggi I merasa tidak terima dengan dicalonkannya Komjen Pol Timur Pradopo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD). Orang tua dari Nurma Irmawan tersebut mempertanyakan kebijakan SBY memilih Timur untuk memimpin kepolisian.

“Saya tidak berhenti berjuang melangkahkan kaki untuk mencari kebenaran dan keadilan sejak 13 November 1998 silam supaya tidak terjadi lagi pelanggaran HAM berat,” kata Sumarsih di Gedung Nusantara II DPR RI , Jakarta , Selasa (12/10/2010).

“Kenapa Timur yang diduga seorang pelanggar HAM dicalonkan SBY menjadi Kapolri?,” tanyanya.


Ia menyesalkan bahwa janji SBY untuk mengusut pelanggaran HAM pada masa reformasi tidak kunjung terwujud. “Karena memang selama ini Pengadilan HAM ad hoc tidak pernah terealisasi, maka akan berkembang persepsi bahwa Timur Pradopo tidak pernah memiliki permasalahan hukum dan HAM,” ungkapnya.

Timur yang saat itu menjadi pemegang kendali di Lapangan saat menjadi Kapolres Jakarta Barat seakan melakukan pembiaran terhadap aksi penembakan para mahasiswa yang sedang berdemonstrasi yang akhirnya menimbulkan korban jiwa.


Begitu juga dengan orang tua korban lainnya, Ruhiyati Darwin harus rela kehilangan anak pertamanya dalam peristiwa serupa. Ia menuturkan saat itu anaknya sedang berjalan-jalan ke Yogya Plaza . Tanpa ada prasangka apa-apa, Ruhiyati tahu-tahu anaknya sudah menjadi abu terbakar di Yogya Palaza.

“Kemana petugas keamanan waktu itu? Kenapa pelanggar HAM dicalonkan menjadi Kapolri? Saya keluarga korba merasa kecewa dengan hal ini,” ungkapnya.

Ia menangkap seolah-olah peristiwa kerusuhan tersebut sudah terorganisir sehingga jiwa manusia tidak berdosa harus terbakar. “SBY harusnya menyaring terlebih dahulu dalam memilih calon Kapolri. Selama 12 tahun ini kami hanya menentut kebenaran dan keadilan. Korban pelanggaran HAM saat ini tidak pernah menemukan titik penyelesaiaan dan justru makin terkatung-katung,” ucapnya mengakhiri pembicaraan.

Penulis : Adi_suhendi
Editor : prawiramaulana

http://www.tribunnews.com/2010/10/12/je ... on-kapolri
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Thu Oct 14, 2010 7:14 pm

Kasus Trisakti dan Semanggi
Timur: Semua Perintah Institusi

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
Kamis, 14 Oktober 2010 | 17:03 WIB

Image
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Calon Kapolri Komjen Timur Pradopo berjalan di belakang Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri.



JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah anggota Komisi III DPR meminta klarifikasi dan penjelasan calon Kapolri Komjen Timur Pradopo terkait hasil penyelidikan Komnas HAM yang menyatakan bahwa dirinya diduga melakukan pelanggaran HAM berat dalam tragedi Trisakti dan Semanggi I-II.

Pertanyaan atas hal tersebut diajukan oleh anggota Komisi III, Bambang Soesatyo dan Panda Nababan, serta beberapa anggota lainnya. Atas pertanyaan itu, Timur menjelaskan, pada tahun 1998, saat peristiwa Trisakti terjadi, dirinya memang menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat.

"Situasi yang terjadi saat itu di seluruh Indonesia, bukan hanya satu kawasan. Tugas Kapolres adalah pengamanan wilayah, sedangkan taktik dan strategi pada tataran atas," kata Timur dalam uji kelayakan dan kepatutan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/10/2010).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan, untuk Trisakti, proses pengadilannya sudah dilaksanakan. Mengenai alasan ketidakhadirannya memenuhi panggilan Komnas HAM, Timur mengatakan, hal itu dilakukannya karena mengikuti perintah institusi.

Dikatakan Timur, semua petugas Polri bukan melakukan secara pribadi, melainkan institusi, berdasarkan perintah. "Saat itu surat panggilan disampaikan kepada pimpinan dan saya tidak boleh berangkat. Maka, saya tidak berangkat," ujarnya.

Ke depannya, Timur menjanjikan akan menjunjung tinggi HAM dalam proses penegakan hukum.

Editor: Hertanto Soebijoto
Dibaca : 2892

http://nasional.kompas.com/read/2010/10 ... .Institusi
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby freax » Fri Oct 15, 2010 11:47 am

udah lolos dia.
Kapolri baru.
pantesan FPI mulai bermunculan lagi di halaman-halaman berita

:rock: freax
User avatar
freax
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 300
Joined: Tue Apr 13, 2010 9:29 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Sun Oct 17, 2010 7:57 am

Catatan Komnas HAM untuk Timur
Komnas HAM Pilih Tidak Komentari Timur

Jumat, 15 Oktober 2010 | 12:36 WIB
Image
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Calon Kapolri Komjen Timur Pradopo mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/10/2010). Timur Pradopo menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri.



JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak bersedia mengomentari terpilihnya Komisaris Jenderal Timur Pradopo sebagai Kepala Kepolisian RI secara aklamasi seusai uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR kemarin. Namun, Komnas HAM memberikan catatan kepada Timur untuk menjalankan tugas ke depan.

"Kita sudah beri masukan sesuai fakta-fakta, track record yang ada. Pemilihan itu kewenangan dari Presiden dan DPR," ucap Rida Saleh, Wakil Ketua Komnas HAM ketika dihubungi Kompas.com, Jumat ( 15/10/2010 ). Rida dimintai tanggapan terpilihnya Timur. "Komnas HAM tidak berkompeten jawab itu,"

Rida mengatakan, Komnas HAM berharap agar Timur segera mereformasi total internal Polri baik kulture, independensi, disiplin. Selain itu, Polri harus memperbaiki akuntabilitas, responsibilitas, serta relasi antara aparat kepolisian dengan warga.

"Buat kami kedepan perlu ada kejelasan penempatan Brimob di perkebunan. Ini penting sekali supaya tidak terkesan polisi berpihak pada perusahaan. Karena selama ini banyak kasus didaerah-daerah di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera," kata dia.

Kemudian, tambahnya, Polri harus lebih profesional dalam menangani kasus-kasus. Jangan ada lagi penyiksaan maupun salah tangkap.

"Yang kami harapkan perlu ada kontrol yang betul-betul serius terhadap kinerja Polri ke depan. Jika tidak ada kontrol, bisa jadi beban moril dan politik buat DPR dan Presiden," kata dia.


Penulis: Sandro Gatra | Editor: Jimmy Hitipeuw
Dibaca : 1128

http://nasional.kompas.com/read/2010/10 ... tari.Timur
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 18, 2010 4:15 pm

FPI Punya Bukti Ba'asyir Tak Terlibat Latihan Aceh
Senin, 18 Oktober 2010 - 15:11 wib
K. Yudha Wirakusuma - Okezone

Image
Abu Bakar Ba'asyir

JAKARTA - Front Pembela Islam (FPI) mengklaim memiliki data yang dapat membuktikan Ketua Jamaah Ansharut Tauhid, Abu Bakar Ba’asyir, tidak terlibat kasus pelatihan perang di Aceh.

“Ba’asyir tidak bersalah karena FPI memiliki data mengenai tidak terlibatnya Ba’asyir dalam kasus pelatihan perang di Aceh. Sudah jelas kalau latihan perang itu didukung oleh diserter Brimob, Sofyan Zauri, yang melatih perang dan memasok senjata,” ucap Ketua FPI Habib Rizieq seusai menjenguk Ba’asyir di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo No 1, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2010).


Namun Riziq tak berani menuding secara terbuka bahwa pelatihan militer di Aceh adalah skenario dari Mabes Polri.

“Terlalu pagi itu,” singkatnya.

Seperti diketahui bahwa Ba’asyir ditangkap oleh Densus 88 di depan halaman Polresta Banjar Ciawi, Jawa Barat, Senin 9 Agustus lalu dan kemudian dibawa ke Mabes Polri.

Polisi menduga Ba'asyir menerima laporan rutin terkait latihan teroris di Aceh, guna menjadikan Aceh sebagai basis Qaidah Aminah.
(lsi)

http://news.okezone.com/read/2010/10/18 ... tihan-aceh
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 18, 2010 4:59 pm

Habib Rizieq: LBH Cemburu Pada FPI
Tribunnews.com - Senin, 18 Oktober 2010 13:18 WIB
Image
tribunnews.com/bian harnansa
Ketua Front Pembela Islam Habib Rizieq



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq geram dengan sikap Lembaga bantuan hukum (LBH) yang terus mempermasalahkan kedekatan calon Kapolri Komjen Pol Timur Pradopo dengan FPI. Menurut mereka, sikap LBH itu tak lebih sebagai bentuk kecemburuan LBH semata.

"Setahu saya Timur dekat dengan berbagai elemen organisasi dan memang sangat menyukai dialog dengan semua kalangan. Kalau kedekatan khusus, seperti yang dipahami semua orang di belakang itu tidak benar. Pernyataan LBH soal hubungan antara Timur dengan FPI adalah bentuk kecemburuan LBH saja," katanya di Mabes Polri Jakarta, Senin (18/10/2010).


Lebih lanjut Rizieq mengatakan, sikap LBH yang mempermasalahkan kedekatan FPI dengan Timur itu juga menunjukkan ketakutan LBH kehilangan sumber dana operasional mereka. Pasalnya, LBH mendapatkan dana untuk operasional mereka dari pemerintah. LBH takut, jika Timur menjadi Kapolri, maka mereka akan kehilangan proyek-proyek dari pemerintah sebagai sumber dana operasional mereka. "Pendaringannya (lumbung penghasilannya) kan dari pemerintah, jadi takut kehilangan pendaringan," tuturnya.

Sosok Timur sendiri, kata Habib, merupakan sosok yang supel dan mudah bergaul. "Dia juga low profile dan tegas," ungkapnya.

Penulis : vanroy_Pakpahan
Editor : prawiramaulana

http://www.tribunnews.com/2010/10/18/ha ... u-pada-fpi
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Mon Oct 18, 2010 5:24 pm

Wanto Mulyadi wrote:Timur emang pas jadi kapolri. Biar dia jadi telur diujung tanduk! Makan buah simalakama. O:)

Sebuah ungkapan dari serentetan analisis yang cukup mendalam. Trim's mas Wanto. O:)

Wanto Mulyadi wrote:Kita lihat dulu performance timur dalam 100 hari pertama. Jangan dihakimi dulu! Positive thinking dulu gicu!

Wow, sepertinya mas Wanto ini adalah seorang pria yang gentle, menjunjung tinggi nilai-nilai obyektifitas, dan sangat sensitif yaa....... :-k
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 19, 2010 2:04 pm

Hari Ini Nasib Timur Pradopo Ditentukan DPR
Selasa, 19 Oktober 2010 09:57 WIB
Image
ANTARA/Yudhi Mahatma/wt

JAKARTA--MICO: Hari ini Selasa (19/10) DPR akan menggelar rapat paripurna yang satu agenda utamanya adalah memutuskan nasib calon tunggal Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Timur Pradopo. Sebelumnya, oleh Komisi III DPR, Timur dinyatakan lulus uji kepatutan dan kelayakan.

Rencananya rapat dimulai pukul 10.00 WIB. Paripurna digelar hari ini sesuai keputusan rapat konsultasi pimpinan dewan dengan pimpinan fraksi pada Senin (18/10) sore kemarin. Diharapkan agar Kapolri baru dapat disahkan sebelum serah terima jabatan pada 31 Oktober nanti. Pasalnya Bambang Hendarso Danuri sudah memasuki masa pensiun sejak pertengahan bulan ini.

"Jadi dibawa ke paripurna besok (hari ini)," tegas Marzuki di Gedung DPR/MPR, Senin (17/10) kemarin.

Ditanya bagaimana kelanjutan protes Komisi III DPR yang melaporkan pimpinan dewan ke Badan Kehormatan (BK) DPR, Marzuki enggan menjawabnya. Ia meminta wartawan bertanya kepada pimpinan BK.

"Jangan tanya saya, tanya ke BK. Itu kan sudah proses. Pokoknya jangan saya ngomong itu," tandas dia.

Untuk diketahui, hasil uji kepatutan dan kelayakan pada Kamis (14/10) pekan lalu hampir semua fraksi di Komisi III DPR menerima Timur dengan catatan. Hanya Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Demokrat yang menerima Timur tanpa syarat apapun.(Metrotvnews/OL-9)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010 ... ntukan-DPR
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 19, 2010 2:25 pm

Ini Kata Habib Rizieq Soal Timur Pradopo
FPI mengaku dekat dengan Jenderal Timur Pradopo. Apakah ada hubungan khusus?

Senin, 18 Oktober 2010, 13:26 WIB
Elin Yunita Kristanti, Eko Huda S

Image
(Facebook Habib Rizieq)


VIVAnews - Kedekatan Komisaris Jenderal Timur Pradopo dengan sejumlah ormas jadi sorotan. Termasuk dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Apalagi diketahui, saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Timur hadir dalam milad Front Pembela Islam (FPI) bersama Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Benarkah Timur Pradopo dekat dengan FPI?

Ketua FPI, Habib Rizieq mengatakan kedekatan organisasinya dengan calon Kapolri itu adalah hal yang wajar.

"Beliau [Timur Pradopo] adalah orang yang supel, mudah bergaul," kata Rizieq usai menjenguk Abu Bakar Ba'asyir di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin 18 Oktober 2010.


Timur Pradopo juga dikenal Rizieq sebagai sosok yang mengutamakan dialog dengan semua elemen masyarakat.

"Beliau memang sangat menyukai dialog dengan semua kalangan."

Meski dekat, kata Rizieq, bukan berarti ada hubungan khusus antara FPI dan Timur.

"Yang dipahami semua orang, [pasti] ada sesuatu di belakangnya, itu tidak ada," kata dia.


Rizieq menuding, orang-orang yang mempermasalahkan kedekatan Timur dengan FPI, hanya cemburu.

Sebelumnya, Timur menjelaskan, sebagai seorang polisi ia memang melakukan pendekatan pada sejumlah elemen masyarakat.

Ormas, kata Timur, bisa diajak untuk membantu terciptanya keamanan. "Kalau dia tahu hukum dan tidak melanggar, sudah menciptakan situasi keamanan yang kondusif."(ywn)

• VIVAnews
http://nasional.vivanews.com/news/read/ ... ur-pradopo
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Fri Oct 22, 2010 4:40 pm

Jelang Pelantikan, Rumah Timur Pradopo Sepi
Abdul Rosyid
Image
Timur Pradopo

22/10/2010 11:08


Liputan6.com, Banten: Menjelang dilantik sebagai Kapolri, tidak ada penjagaan khusus di kediaman pribadi Komjen Polisi Timur Pradopo kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (22/10). Dari pemantauan SCTV, suasana rumah tampak sepi.

Timur lebih banyak tinggal di rumah dinasnya kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tinggal selangkah lagi Komisaris Jenderal Polisi Timur Pradopo menjabat sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Pembantu yang menempati rumah Timur mengataakan, keluarga majikannya itu jarang pulang ke rumah pribadi mereka.(IDS/SHA)

http://berita.liputan6.com/politik/2010 ... adopo.Sepi
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Fri Oct 22, 2010 5:47 pm

Kapolri Baru
Timur Pradopo Resmi Jadi Kapolri

Laporan wartawan KOMPAS.com Hindra Liu
Jumat, 22 Oktober 2010 | 15:49 WIB

Image
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Komjen Timur Pradopo


JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri Komjen Timur Pradopo resmi menduduki posisi Kepala Polri setelah dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10/2010) sore ini.

Acara pelantikan ini dihadiri Wakil Presiden Boediono, pejabat tinggi negara, dan anggota Kabinet Indonesia Bersatu Kedua, seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto dan istri; Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa; Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono; dan Menteri Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi.

Hadir pula pejabat teras Mabes Polri, seperti Komjen Nanan Sukarna dan Komjen Wahyono.


Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR, Selasa (19/10/2010), secara resmi menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Timur Pradopo sebagai Kapolri. Persetujuan ini ditandai dengan pengetukan palu oleh pimpinan rapat paripurna Priyo Budi Santoso. "Apakah dengan ini Paripurna DPR menyetujui Komjen Timur Pradopo sebagai Kapolri?" tanya Priyo. Pertanyaan itu langsung disambut dengan pernyataan serentak oleh hampir semua anggota Dewan, "Setujuuuuuuu."

Dengan demikian, DPR telah meluluskan Timur sebagai TB-1 atau Tribrata-1, sebutan untuk Kapolri. Sebelumnya, pimpinan Komisi III Tjatur Sapto Edy melaporkan hasil kerja Tim Kecil yang dipimpinnya serta hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III pekan lalu.

"Komisi III menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri yang memasuki masa pensiun dan setuju mengangkat Komjen Timur Pradopo sebagai Kapolri," ujar Tjatur.

Kemunculan Timur Pradopo sebagai calon tunggal Kapolri mengejutkan karena namanya baru disebut-sebut kurang dari 24 jam sebelum pengumuman pencalonannya. Pangkat komisaris jenderal juga baru diperoleh saat Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri mengangkatnya sebagai Kabaharkam.

Sebelumnya, Timur menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dan itu pun belum lama karena baru diangkat pada 22 Juni 2010. Sebelum ke Jakarta, Timur adalah Kapolda Jawa Barat.

Penggantian jabatan tersebut juga sangat cepat karena Timur Pradopo mengaku baru diberi tahu akan dimutasi pagi hari menjelang pengangkatannya sebagai Kabaharkam. Meski demikian, karier Timur Pradopo di Polri sudah dilakoni dari bawah sejak masuk Akademi Kepolisian tahun 1978. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat dan Kapolres Metro Jakarta Pusat pada awal reformasi.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Kapolda Jawa Barat, dan terakhir Kapolda Metro Jaya. Berikut biodata singkat Komjen Timur Pradopo:

Nama Lengkap: Timur Pradopo
Tempat dan tanggal lahir: Jombang, Jawa Timur, 10 Januari 1956
Agama: Islam
Jabatan terakhir: Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri

PENDIDIKAN:

- Akademi Kepolisian (1978)
- Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) (1989)

Pendidikan Khusus:

- Sekolah Staf dan Pimpinan Polisi (Sespimpol) (1996)
- Sekolah Staf Administrasi Tingkat Tinggi (Sespati Polri) (2001)

PERJALANAN KARIER DI POLRI:

- Perwira Samapta Poltabes Semarang
- Perwira Operasi Satuan Lalu Lintas Semarang
- Kepala Seksi Ops Poltabes Semarang
- Kapolsekta Semarang Timur
- Kabag Lantas Polwil Kedu
- Kasubag Ops Dit Lantas Polda Metro Jaya
- Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat
- Kapolsek Metro Sawah Besar
- Waka Polres Tangerang
- Kabag Jianma Dit Lantas Polda Metro Jaya
- Kapolres Metro Jakarta Barat (1997-1999)
- Kapolres Metro Jakarta Pusat (1999-2000)
- Kapuskodal Ops Polda Jawa Barat (2000)
- Kepala Polwiltabes Bandung (2001)
- Kakortarsis Dediklat Akpol (2002)
- Irwasda Polda Bali (2004)
- Kapolda Banten (2005)
- Kaselapa Lemdiklat Polri (2008)
- Staf Ahli Bidang Sosial Politik Kapolri (2008)
- Kapolda Jawa Barat (2008-2010)
- Kapolda Metro Jaya (2010)
- Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri (2010)

PENGHARGAAN: - Satya Lencana 16 Tahun

KELUARGA:

- Istri: Irianti Sari Andayani
- Anak: 1. Moh Bimo Aryo Seto 2. Dhea Istigfarina Miranti

Editor: Marcus Suprihadi
Dibaca : 4386

http://nasional.kompas.com/read/2010/10 ... di.Kapolri
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Re: Calon Kapolri Baru : Timur Pradopo Akui Dekat dengan FPI

Postby Sabilla » Tue Oct 26, 2010 12:41 pm

Sertijab Kapolri Berlangsung Tertutup
Senin, 25 Oktober 2010 | 08:55 WIB
Image
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Timur Pradopo


JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian RI akan melakukan serah terima jabatan Kepala Polri dari Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri kepada Jenderal (Pol) Timur Pradopo di ruang utama Mabes Polri, Senin (25/10/2010). Namun, sertijab kali ini berlangsung tertutup.

"Hanya untuk internal saja," kata AKBP Junaedi, salah satu staf Humas Polri sebelum acara. Rencananya, acara akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Dikatakan Junaedi, acara dihadiri oleh seluruh pejabat utama Mabes Polri, para perwira menengah, dan tamu undangan di antaranya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Salah satu acara, yakni amanat terakhir dari Bambang dilanjutkan amanat dari Timur.

Setelah itu, kata dia, Bambang dan Timur akan menggelar jumpa pers bersama Kepala Divisi Humas Polri Irjen Iskandar Hasan. "Rencananya jumpa pers pukul 11.00," katanya.


Seperti diberitakan, Timur resmi dilantik sebagai Kepala Polri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/10/2010). Timur terpilih secara aklamasi sebagai Kepala Polri saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

Timur adalah salah satu dari delapan nama yang diserahkan Bambang ke Kompolnas. Secara mengejutkan, Timur dipilih menyingkirkan tujuh kandidat lain, di antaranya Komjen Nanan Soekarna (Irwasum Polri), Komjen Imam Sudjarwo (Kalemdiklat Polri), dan Komjen Ito Sumardi (Kabareskrim Polri).

Penulis: Sandro Gatra | Editor: Glori K. Wadrianto
Dibaca : 2102

http://nasional.kompas.com/read/2010/10 ... g.Tertutup
Sabilla
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1311
Joined: Mon Jul 20, 2009 8:23 pm

Previous

Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users