. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Buktikan ISA bukan Tuhan

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Mon May 03, 2010 10:03 pm

saya pengen tau aja .. muslim kan sering banget dan paling hobi mengatakan dan berusaha membuktikan kepada nasrani bahwa Isa AS bukan TUHAN.

nah sekarang saya png tau nih sebenernya kenapa sih Isa AS itu bukan TUHAN... tapi sumber2nya dari sumber2 islam atau pendapat pribadi ya...

en saya juga gak bakalan koment dr alkitab ...

kalo gak sengaja sampe saya ada kutip alkitab .. silakan modie delete atau kasih peringatan...

ayo slim.. mari ...
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon May 03, 2010 10:32 pm

jgn disini bro, tar dipikir ini forum kresten....lbh baik datangin aja forum islam buat nanya yg beginian
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby habibruzaq » Mon May 03, 2010 10:49 pm

org muslim gk akan ngerti dah...
pikiran n hatinya pendek cuman janggot yang dipanjangin terus.... piss! :goodman:
habibruzaq
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 130
Joined: Sat May 01, 2010 8:17 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby HILLMAN » Mon May 03, 2010 11:01 pm

Mas Robint, saya ikut menunggu jawaban dari pertanyaan anda. :lol:

Wassalam.
User avatar
HILLMAN
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2870
Joined: Wed Aug 01, 2007 11:22 am
Location: Jakarta

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Tue May 04, 2010 10:08 pm

MaNuSiA_bLeGuGwrote:
jgn disini bro, tar dipikir ini forum kresten....lbh baik datangin aja forum islam buat nanya yg beginian


tenang aja bro , kalo yg bakalan OOT itu yg bertanya seperti ini :

apakah-benar-yesus-tuhan-t38522/

kalau trit saya ini , maunya mereka memandang dari stengah gelas yg kosong , bukan setengah gelas isi. Jadi saya pengen tahu menurut pandangan Islam dan quran, muslim sanggup membuktikan bahwa ISA as itu bukan Tuhan.

karena kalo pertanyaan spt ini :

apakah-benar-yesus-tuhan

kita bisa melihat bahwa Muslim itu sebenarnya agak2 percaya bahwa Yesus itu TUHAN, cuma dia masih ragu2 sehingga dalam keraguannya dia berusaha bertanya , bagaimana caranya supaya YESUS itu TUHAN.

tapi kalo pertanyaan saya itu akan memposisikan muslim sbg orang yg sudah tahu pasti , dan yakin , berdasarkan quran dan islam bahwa ISA AS itu bukan TUHAN... dan dng sendirinya dia harus mengambil sumber2 islam sendiri utk mendukung klaim tsb.

Semoga jelas juga ya buat semua.. beda antara trit saya , dan trit muslim lain...

ayo dong slim.. marilah kemari....kita diskusi yukkkk

HILLMAN » Mon May 03, 2010 11:01 pm

Mas Robint, saya ikut menunggu jawaban dari pertanyaan anda.


trims mas... saya lagi harap2 cemas.. kalo ada muslim yang mau berdiskusi dng saya.... 8-[
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby frans » Wed May 05, 2010 3:14 am

@MaNuSiA_bLeGuGwrote:
jgn disini bro, tar dipikir ini forum kresten....lbh baik datangin aja forum islam buat nanya yg beginian

@robintwrote:
tenang aja bro , kalo yg bakalan OOT itu yg bertanya seperti ini :

apakah-benar-yesus-tuhan-t38522/

kalau trit saya ini , maunya mereka memandang dari stengah gelas yg kosong , bukan setengah gelas isi. Jadi saya pengen tahu menurut pandangan Islam dan quran, muslim sanggup membuktikan bahwa ISA as itu bukan Tuhan.

karena kalo pertanyaan spt ini :

apakah-benar-yesus-tuhan

kita bisa melihat bahwa Muslim itu sebenarnya agak2 percaya bahwa Yesus itu TUHAN, cuma dia masih ragu2 sehingga dalam keraguannya dia berusaha bertanya , bagaimana caranya supaya YESUS itu TUHAN.

tapi kalo pertanyaan saya itu akan memposisikan muslim sbg orang yg sudah tahu pasti , dan yakin , berdasarkan quran dan islam bahwa ISA AS itu bukan TUHAN... dan dng sendirinya dia harus mengambil sumber2 islam sendiri utk mendukung klaim tsb.

Semoga jelas juga ya buat semua.. beda antara trit saya , dan trit muslim lain...

ayo dong slim.. marilah kemari....kita diskusi yukkkk



saya rasa arti ke TUHAN nan nya itu sendiri dulu yah, yg harus di bahas... apakah TUHAN yg di maksud islam itu TUHAN = ALLAH...
karena dari 2 kata itu udah beda makna yah.. tapi ini menurut saya sih...
frans
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1559
Joined: Wed Mar 03, 2010 1:37 am

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby bayu.prasetyo » Wed May 05, 2010 10:09 am

Silahkan anda buka mata hati anda, dan berpikirlah :
1. nabi Isa terlahir dari seorang manusia, yaitu Siti Mariam
apakah tuhan telah hilang kuasanya sehingga untuk muncul didunia saja harus dari rahim manusia? padahal dia yang berkuasa?

********** OOT Kristen dihapus. **************

Semoga pencerahan bagi orang-orang yang berpikir

PERINGATAN:
FFI bukan forum Kristen. Jangan debat/kuliah/khotbah kristen di sini karena FFI hanya untuk membahas Islam dan Islam saja. M.
bayu.prasetyo
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Sat May 01, 2010 11:34 am

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby frans » Wed May 05, 2010 5:38 pm

bayu.prasetyo wrote:Silahkan anda buka mata hati anda, dan berpikirlah :
1. nabi Isa terlahir dari seorang manusia, yaitu Siti Mariam
apakah tuhan telah hilang kuasanya sehingga untuk muncul didunia saja harus dari rahim manusia? padahal dia yang berkuasa?

2. Anda buka lagi alkitab Markus 15:34 (perjanjian baru)
(34) Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

saya ambil satu ayat ini saja untuk membuka mata hati anda, berpikirlah dengan jernih.
Berpikirlah apa satu ayat ini tidak menggugah hati anda akan kebenaran yang sesungguhnya. Jika Yesus itu tuhan mengapa dia berseru "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", maka siapa tuhan yang Yesus seru tersebut? Bagaimana mungkin Yesus adalah tuhan sedangkan dia berseru kepada tuhan yang lain ? ide trinitas tidak masuk di sini.

Semoga pencerahan bagi orang-orang yang berpikir


buat @bayu.prasetyo, sebelumnya boleh saya tanya mas, jika setiap jam 6 sore di TV di kumandangkan azan magrib, boleh saya tanya kalimat apa yg di umandangkan tsb. Maaf saya gak bermaksud apa2.. hanya ingin tau mas...
Thx...
Last edited by frans on Wed May 05, 2010 7:07 pm, edited 1 time in total.
frans
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1559
Joined: Wed Mar 03, 2010 1:37 am

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby Nyampah » Wed May 05, 2010 6:50 pm

bayu.prasetyo wrote:Silahkan anda buka mata hati anda, dan berpikirlah :
1. nabi Isa terlahir dari seorang manusia, yaitu Siti Mariam
apakah tuhan telah hilang kuasanya sehingga untuk muncul didunia saja harus dari rahim manusia? padahal dia yang berkuasa?

2. Anda buka lagi alkitab Markus 15:34 (perjanjian baru)
(34) Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

saya ambil satu ayat ini saja untuk membuka mata hati anda, berpikirlah dengan jernih.
Berpikirlah apa satu ayat ini tidak menggugah hati anda akan kebenaran yang sesungguhnya. Jika Yesus itu tuhan mengapa dia berseru "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", maka siapa tuhan yang Yesus seru tersebut? Bagaimana mungkin Yesus adalah tuhan sedangkan dia berseru kepada tuhan yang lain ? ide trinitas tidak masuk di sini.

Semoga pencerahan bagi orang-orang yang berpikir


1.menurut gw Tuhan dengan klaim kemahaan-nya justru bisa suka2, mau lahir dari manusia, mau netes dari telor kecoa, atau menjelma jadi ultraman gaia.. siapakah anda membatasi gelagat yang maha kuasa? tentunya tidak sulit buat Tuhan untuk melakukan apa saja.. apalagi cuma lahir dari rahim seorang wanita dan menjadi manusia..

2. lah bukannya udah dibilangin ya sama TS ya :
robint hood wrote:saya pengen tau aja .. muslim kan sering banget dan paling hobi mengatakan dan berusaha membuktikan kepada nasrani bahwa Isa AS bukan TUHAN.

nah sekarang saya png tau nih sebenernya kenapa sih Isa AS itu bukan TUHAN... tapi sumber2nya dari sumber2 islam atau pendapat pribadi ya...

en saya juga gak bakalan koment dr alkitab ...

kalo gak sengaja sampe saya ada kutip alkitab .. silakan modie delete atau kasih peringatan...

ayo slim.. mari ...


kalo untuk menjawab TS sendiri.. saya coba dengan ayat ini..

- Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nimat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani Israil. (QS. 43:59)

tapi gw bingung pada ayat yg ini :
- Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus. (QS. 43:61)
Aku disini siapa ya?? mungkin ahli2 bahasa arab disini bisa turun rembug
Nyampah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 180
Joined: Tue Feb 23, 2010 1:09 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Wed May 05, 2010 8:20 pm

bayu.prasetyo wrote:
Silahkan anda buka mata hati anda, dan berpikirlah :
1. nabi Isa terlahir dari seorang manusia, yaitu Siti Mariam
apakah tuhan telah hilang kuasanya sehingga untuk muncul didunia saja harus dari rahim manusia? padahal dia yang berkuasa?


Tuhan yg menjadi manusia, disebelah mana nya yah berkurangnya kekuasaan Tuhan? kalo Tuhannya melayang2 ntar pada lari ketakutan lagi manusianya...

Berpikirlah apa satu ayat ini tidak menggugah hati anda akan kebenaran yang sesungguhnya. Jika Yesus itu tuhan mengapa dia berseru "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?",


OOT sekali anda. tapi spt jawaban sebelumnya .. itu konsisten donk antara Isa dan Allah swt , yg juga bersumpah demi Tuhan


kalo untuk menjawab TS sendiri.. saya coba dengan ayat ini..

- Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nimat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani Israil. (QS. 43:59)


terbukti nih otak kapir lebih pinter drpd muslim jika bicara ttg TUhan dan agama :)

oke bro, gimana anda bisa yakin bahwa Isa disana itu adalah Isa yg dipertuhankan umat nasrani, bisa aja kan Isa disini adalah terjemahan dr ESAU, dan ISA putra MARYAM adalah ESAUI anak MARYAM yg entah mungkin kakaknya nabi MUSA dan HARUN, entah MARYAM yg sebelah mana.

karena selama ini memang Islam pernah membuktikan kesamaan nabi2 Israel dng nabi2 dalam Quran ?.

Maryam menurut Islam kan saudara Musa dan Harun \:D/

Isa bisa siapa saja bung dan mengingat betapa acak adutnya ayat2 quran, Isa diayat 59 tidak ada hubungannya dng ISA yg diayat 61:


tapi gw bingung pada ayat yg ini :
- Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus. (QS. 43:61)


jadi terjawab kan kebingungan anda ? :)
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby Seeker » Wed May 05, 2010 8:57 pm

habibruzaq wrote:org muslim gk akan ngerti dah...
pikiran n hatinya pendek cuman janggot yang dipanjangin terus.... piss! :goodman:


Pikiran memang bisa berkembang, hati/qolbu pun bisa berubah , jenggot kalao nggak dicukur2 ... yang jual pisau cukur / gunting siapa yang beli dong bro ?,
Yah asal dikit punya jenggot dech, yang punya jenggot itu hobby ajah bro dan kadang kelihatan keren juga sih.

Yang berjenggot banyak juga loh bro ... lihat tuch si Saia, panjang juga loh bro ?
Jangan ngehina yang berjenggot dong bro ... hehehe.

Masak sih muslim nggak ngerti bro.
Seeker
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 285
Joined: Mon Feb 22, 2010 8:10 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby Nyampah » Fri May 07, 2010 1:21 pm

@ Robint Hood

menurut gw si bro di QS 43:59 itu yg dimaksud ya nabi Isa yg menurut muslim yesus bro.. soalnya ada kalimat penjelas
- dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti untuk Bani Israil
kalo esau si kayanya gamungkin, kan pas jaman esau belum ada bani israil, lagipula juga sebagai tanda bukti apa si esau ini buat bani israil? kalo Isa kan diturunkan kitab tu bro (injil) buat bani israil.. jadi masih nyambung...

soal nyokapnya isa yang sejaman sama musa dan harun itu emang ngawur abis, lebih ngawur lagi, nyokapnya isa dibilang salah satu pribadi dalam trinitas... ](*,)

satu kesalahan saja sudah cukup buat membuktikan quran bukan kitab yang diklaim datang dari perkataan tuhan lngsg..
lha ini, kontradiksinya banyak banged, ngajarin bunuh orang pula...
kelaut aja lah lo islam.. :toimonster: Lautan Kakus..
Nyampah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 180
Joined: Tue Feb 23, 2010 1:09 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby pigsy » Fri May 07, 2010 2:09 pm

Nyampah wrote:menurut gw si bro di QS 43:59 itu yg dimaksud ya nabi Isa yg menurut muslim yesus bro.. soalnya ada kalimat penjelas
- dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti untuk Bani Israil
kalo esau si kayanya gak mungkin, kan pas jaman esau belum ada bani israil, lagipula juga sebagai tanda bukti apa si esau ini buat bani israil? kalo Isa kan diturunkan kitab tu bro (injil) buat bani israil.. jadi masih nyambung...

soal nyokapnya isa yang sejaman sama musa dan harun itu emang ngawur abis, lebih ngawur lagi, nyokapnya isa dibilang salah satu pribadi dalam trinitas... ](*,)

satu kesalahan saja sudah cukup buat membuktikan quran bukan kitab yang diklaim datang dari perkataan tuhan lngsg..


Aduh Bro Nyampah..... mbok yah kalo nyampah kira-kira donk, jaga dikit ahh perasaan yang punya kitab "sempurna" ntu. :green:

frans wrote:saya rasa arti ke TUHAN nan nya itu sendiri dulu yah, yg harus di bahas... apakah TUHAN yg di maksud islam itu TUHAN = ALLAH...
karena dari 2 kata itu udah beda makna yah.. tapi ini menurut saya sih...


Menurut saya pendapat Sdr. Frans ini patut dipertimbangkan Bro. Robint, karena agama sebelah khan membedakan antara Ke-Ilahi-an dengan Ke-Tuhan-an Almasih. Kalau Muslim Sejati seperti Mas Hillman saya yakin sudah paham ini.

Saya ikut nunggu jawabannya deh di belakang Hillman, tapi tolong Mas Hillman jangan ngalingin ya ... biar saya juga bisa pinter O:)

Salam.
User avatar
pigsy
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 212
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:48 am

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Fri May 07, 2010 9:43 pm

Nyampah wrote:

- dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti untuk Bani Israil
kalo esau si kayanya gamungkin, kan pas jaman esau belum ada bani israil, lagipula juga sebagai tanda bukti apa si esau ini buat bani israil? kalo Isa kan diturunkan kitab tu bro (injil) buat bani israil.. jadi masih nyambung...


OYA ??????????????????????????/ ah bro nyampah nih gimana seh ? lha wong nabi adam aja udah islam, emang gak bisa apa ESAU itu nabi Israil ? tanya aja sama muslim nabi ISA/ESAU itu berasal dari bangsa mana? pasti deh jawabannya Yahudi.. lah wong hampir semua nabi mereka orang israel /yahudi ..

Jadi saya uda on track kok.. melihat permasalahan ini dr sudut pandang muslim sendiri. :rolleyes:
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Fri May 07, 2010 9:53 pm

pigsy wrote:Menurut saya pendapat Sdr. Frans ini patut dipertimbangkan Bro. Robint, karena agama sebelah khan membedakan antara Ke-Ilahi-an dengan Ke-Tuhan-an Almasih. Kalau Muslim Sejati seperti Mas Hillman saya yakin sudah paham ini.



memang seperti apa persepsi tetangga sebelah dan persepsi muslim ttg TUHAN ? seharusnya sama sih.

Tapi supaya mudah bagi muslim, kita definisikan bahwa TUHAN disini adalah Kepenuhan ALLAH secara jasmaniah dlm pengertian seperti apakah ALLAH SWT Itu jika IA menjadi manusia dan diam diantara kita .
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby Seeker » Fri May 07, 2010 10:01 pm

robint wrote:memang seperti apa persepsi tetangga sebelah dan persepsi muslim ttg TUHAN ? seharusnya sama sih.

Tapi supaya mudah bagi muslim, kita definisikan bahwa TUHAN disini adalah Kepenuhan ALLAH secara jasmaniah dlm pengertian seperti apakah ALLAH SWT Itu jika IA menjadi manusia dan diam diantara kita .


Saya cuman nyampein saja loh ya : http://www.jamaat.net/bible/BibleIntro.html
Karena memang saya mencari dan mencari terus.

Silahkan.
Seeker
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 285
Joined: Mon Feb 22, 2010 8:10 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby robint » Fri May 07, 2010 10:13 pm

](*,)
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby Seeker » Fri May 07, 2010 10:37 pm

robint wrote:](*,)


Apaan tuch kawan. Sakit kepala entar loh ... hehehe.
Seeker
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 285
Joined: Mon Feb 22, 2010 8:10 pm

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby frans » Fri May 07, 2010 11:01 pm

@pigsy wrote:
Menurut saya pendapat Sdr. Frans ini patut dipertimbangkan Bro. Robint, karena agama sebelah khan membedakan antara Ke-Ilahi-an dengan Ke-Tuhan-an Almasih. Kalau Muslim Sejati seperti Mas Hillman saya yakin sudah paham ini.

@robint wrote:
memang seperti apa persepsi tetangga sebelah dan persepsi muslim ttg TUHAN ? seharusnya sama sih.

Tapi supaya mudah bagi muslim, kita definisikan bahwa TUHAN disini adalah Kepenuhan ALLAH secara jasmaniah dlm pengertian seperti apakah ALLAH SWT Itu jika IA menjadi manusia dan diam diantara kita .


maaf bro robint, menurut saya belum tentu sama...

simplenya begini :
God : Allah
Lord : Tuhan

apakah 2 kalimat diatas punya makna yg sama??
maaf sedikit OOT, jika anda pergi ke australia dan mungkin anda di sana berbicara dengan umat christian, yg anda katakan padanya adalah "Lord of Jesus, bukan God of Jesus..." nah hal inilah yg membuat saya pun bertanya-tanya.. apa maksudnya??

tetapi di islam pun mungkin bisa sama, satu hal yg harus di garis bawahi, kata2 Alquran itu memilki makna yg tinggi..
Banyak kemungkinan penafsiran yg berbeda-beda termasuk kata2 Tuhan dengan Illahi.. ini yg patut di cermati...
Tetapi saya sendiri pun masih berkutat sampai disini untuk masalah ini..

Saya masih belum menemukan jawaban / pengertian yg tepat untuk masalah ini..
dan kalau saya salah. mohon maaf karena kembali yg tadi saya pun belum mendapat kepastiaan pengertian buat masalah ini...

Makanya saya pernah bertanya di topic ini juga pada mas bayu (ada di atas)... jika azan maghrib di kumandangkan doa apa yg di serukan di sana..
mungkin ini masih mungkin loh (karena saya sendiri masih ragu untuk beri pernyataan) dari salah satu ayat itu bisa di gali kebenarannya...

Tetapi jika ada mas Hilman disini yg lebih mengerti soal ini, hal yg baru saja saya sampaikan sebaiknya di hapus atau gak perlu di hiraukan karena saya rasa apa yg di sampaikan beliau lebih mudah di pahami..

Monggo mas Hilman jika anda berkenan bisa tolong jelaskan...
frans
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1559
Joined: Wed Mar 03, 2010 1:37 am

Re: Buktikan ISA bukan Tuhan

Postby frans » Fri May 07, 2010 11:06 pm

robint wrote:](*,)


sabar.. sabar.. pasti ketemu koq jawabannya..
Dia ajaib.... Dia mengerti...
tenang aja... (dah jangan di jedot2 tin donk kepalanya tar benjol loh...)
hehehehe...
frans
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1559
Joined: Wed Mar 03, 2010 1:37 am

Next

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users