. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Buddha Vs Islam

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Re: Buddha Vs Islam

Postby a_man » Mon Aug 23, 2010 1:50 pm

Muslim mana mau peduli sama kerugian orang lain, terutama kapir, yg penting bisa ngeruk pahala.
Yg dikejar muslim tuh KENIKMATAN TANPA BATAS.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4319
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Buddha Vs Islam

Postby iamthewarlord » Wed Aug 25, 2010 9:37 am

Rendhy wrote:Iya benar, dan bukan konon lagi...sudah PASTI bukan Tuhan...

Bro, Kiblat cuman arah saja, logika saja ente pake, sholat di Indonesia 2 derajat saja melenceng, sudah pasti ga kena dengan Ka'bah.
Jadi yang pasti adalah arahnya bro. Arahnya sama ke Masjidil Haram.

Itulah satu-satunya agama yang walaupun berbeda aliran dan oraganisasi kepemudaannya, namu arahnya tetap satu....

KA"BAH di Masjidil Haram.....

Salam,


kalau memang cuma kiblat dan harus ssujud ke masjidil haram, maka kearah manakah para muslim bersujud saat BERADA DALAM MASJIIL HARAM?

jawabannya:
Image
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Buddha Vs Islam

Postby lemah_abang » Wed Sep 08, 2010 10:49 pm

Islam dan Buddha adalah dua tradisi agama yang berbeda yang memberikan tanggapan mereka sendiri bermakna terhadap pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang kehidupan. pandangan mereka tentang isu-isu yang berkaitan dengan kemungkinan Mahatinggi, tujuan hidup dan pemahaman mereka tentang siklus hidup dan mati semua sangat berbeda satu sama lain, tetapi pada saat yang sama, memiliki kesamaan tertentu. Semua Muslim mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Esa yang juga disebut sebagai "Allah". Mereka sangat percaya bahwa Allah adalah yang paling tinggi dan terhormat, pencipta dan penopang segala yang ada dan ia tidak memiliki koneksi fisik antara makhluk apapun dia telah menciptakan apakah itu makhluk atau manusia di bumi ini. Dia tidak memiliki awal dan akhir tidak ada. Allah tidak memiliki dimensi fisik seperti lapar, tidur atau istirahat karena ia adalah orang yang memberikan atribut tersebut kepada makhluk-Nya. Buddhisme di sisi lain, mengakui ada Tuhan pencipta yang awalnya membawa alam semesta menjadi ada dan terus mengontrolnya dengan cara yang Allah mengendalikan segala sesuatu yang sedang atau terjadi di alam semesta dari terkecil sampai peristiwa terbesar. Pendiri Buddhisme, yang dikenal sebagai Buddha, tidak mau disembah sebagai tuhan. Dia mengajarkan bahwa orang akan lebih bahagia jika mereka mengambil tanggung jawab untuk pikiran dan tindakan mereka sendiri. ajaran-ajaran-Nya hanyalah panduan untuk hidup. Muslim mungkin apa yang berhubungan dengan ini dalam cara mereka diajarkan untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan dosa-dosa. Kedua agama juga mirip dalam cara mereka berdua yakin dalam konsep dewa yang ada di akhirat.
lemah_abang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 142
Joined: Wed Sep 02, 2009 7:54 pm
Location: Namun sekali kamu melihat hakikat-sejati dirimu, seluruh Kitab Suci menjadi terlalu banyak uraian.

Re: Buddha Vs Islam

Postby Dhamma » Fri Sep 24, 2010 5:50 pm

wow .... pengertian anda dangkal...

org kristen memang menuhankan yesus.. atau sebagai anak tuhan oleh sebab itu yesus disembah.

budha TIDAK DIPERTUHANKAN spt konsep "tuhan" dlm pengertian tradisi yahudi/islam/kristen

budha disembah karena AJARAN-NYA dan sebagai sosok manusia yg telah mencapai KESUCIAN (ke-BUDHA-an).

Oleh sebab itu mereka PATUT DISEMBAH!


BTW- kalau kabah dan batu hajar aswad itu melambangkan apa? dan kenapa disembah?
Dhamma
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Wed Sep 22, 2010 12:12 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby Peaceandlove » Sun Sep 26, 2010 9:39 pm

@lemah_abang
Buddhisme di sisi lain, mengakui ada Tuhan pencipta yang awalnya membawa alam semesta menjadi ada dan terus mengontrolnya dengan cara yang Allah mengendalikan segala sesuatu yang sedang atau terjadi di alam semesta dari terkecil sampai peristiwa terbesar


Maaf, ada kesalahan yg perlu anda ketahui. Ajaran Buddha tidak pernah mengakui adanya Tuhan Pencipta. Tuhan dalam agama Buddha tidaklah berbentuk ataupun berkepribadian ataupun personal, melainkan yg Buddha katakan “Ketahuilah para Bhikkhu bahwa ada sesuatu Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak. Duhai para Bhikkhu, apabila Tidak ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Diciptakan, Yang Mutlak, maka tidak akan mungkin kita dapat bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu. Tetapi para Bhikkhu, karena ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak, maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu.” (maaf mungkin inilah alasannya kenapa agama Buddha menjadi minoritas, karna agama Buddha membutuhkan penalaran dan pemikiran yg kebanyakan orang awam malas untuk berpikir.) So tidak heran bila anda bertemu dengan Agama Buddha yg sebenarnya (bukan sekedar KTP) sangat bijaksana.


Dan memang benar, Buddhisme menyembah Buddha bukanlah semata2 seperti menyembah Tuhan, melainkan inilah sebagai tanda Hormat kepada sang Guru besar nan mulia yg patut di sembah. Patung Buddha yg disembah, bukan berarti agama Buddha menyembah patung, Patung disini sama halnya seperti patung Bunda Maria ataupun Yesus yg dihormati, hanya untuk objek penghormatan, setidaknya Islam yg justru menurut saya agak janggal, mengapa HARUS / WAJIB penyembahan ke arah kabah?? bolehkan mengganti arah? kalau tidak boleh berarti umat Islam penyembah batu.
User avatar
Peaceandlove
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby Dhamma » Mon Sep 27, 2010 1:44 am

Menyembah patung berkonotasi menyembah berhala ... menurut faham agama yahudi/kristen/islam ... maka dilarang.
Namun jika bicara sejujurnya... org yahudi menyembah tembok barat yerusalem, org kristen menyembah salib/ maria/ patung yesus dan para santo... org islam menyembah kabah dan batu. Itu faktanya.

Tapi menurut Budhisme, pemyembahan berhala adalah bukan penyembahan pada batu atau patung ! Melainkan penyembahan yg disertai doa2 permohonan. Tidak peduli apapun yg disembah, jika dijadikan tempat meminta-minta maka itu disebut penyembahan berhala.

Org Budha hanya mengucapkan :

Nammo Tassa Bagavato, Arahato, Samma Sambudhassa

artinya:

Terpujilah Sang Budha yang telah mencapai Penerangan yg Sempurna.

(Ini bukan doa permohonan, sbb bagaimana mungkin ajaran Budha yg sarat dgn empirisme meminta pada benda mati utk melakukan sesuatu???? misalnya memberikan rejeki, keselamatan, kesejahteraan, kesehatan, dll...)

Jadi kesimpulannya, siapa yg sebenarnya menyembah berhala?
Dhamma
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Wed Sep 22, 2010 12:12 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby loelebay » Thu Oct 07, 2010 1:26 pm

laiyalah wrote:@rendhy

setau gue, siddharta gotama memang ngak pernah ngaku tuhan. dia bilang manusia yang telah tercerahkan, yesus juga ngak ngaku tuhan. :rolling:

mangkanya baca dulu kitab agama lain sebelum komen, ketahuan dongonya cuy....

bandingin alquran ama kitab kitab mereka, dari situ aja lo bisa tau.. hanya kitab auoloh gitu loh doang yang ada kata "BUNUH!"

masa kitab suci banyak kata ngebunuhnya :rolling: bunuh kafir??? :shock: katanya auoloh gitu loh serba maha, ciptain aje 1 agama, ngapain sampe ada banyak agama??? maha apa tuh?? mahanya jangan sesumbar :lol:

mahanya punya nabi doyan pengentotan sich, teriak sana sini auoloh gitu loh sampe urat leher pada nonjol. kasiannnn deh luw.... dicuekkin yah sama auoloh gitu loh sendiri sampe harus teriak teriak pake toa :lol:

nanti pas lagi mahgrib, coba lu tenang dikit cuy..... lu dengerin tuh lolongan setan sahut bersahutan :rolling:

agama sempurna???? heh.... gue doain deh masuk surga islam biar bisa nge-we tuh ama 72 bidadari. kitab suci koq janjiinnya nge-we di surga :lol: :rolling: :lol:

agama damai???? diatas poto dah ngebuktiin damainya islam, agama damai koq gitu?! maksa bener tuh :lol:



sory sy tiba2 nyelak,,,
tolong sebelum ngoceh pahami dulu esensi a-gama yg ada, sy memang gak ber a-gama, tp sy ngerasa pemahaman sy ttg a-gama mungkin msh lebih baik dari kalian.

esensi dari sebuah a-gama sepanjang yg sy tau adalah kembali pada-NYA (TUHAN). budha gotama mungking memang gak pernah mengaku menyebut dirinya sebagai TUHAN, krn mungkin dlm ajaran budha konsep ke TUHAN an dlm budha tidak mengenal itu, atau berbeda dgn a-gama lain. dalam budha mengenal adanya Nibbana dan ini lah tujuan ahir yg dicari oleh para umat budha. tetapi dlm budha pun menolak apa bila Nibbana = TUHAN. tapi apa bila esensi dr budha adalah sama dgn a-gama lain maka dapat sy katakan Nibbana = Tuhan. tapi apabila bukan maka ajaran budha seharusnya tdk dimasukkan/kelompokkan dlm kelompok a-gama, maka dia masuk kelompok sy yg tdk ber a-gama.... :rofl: piiisssss...

sory sy mengatakan demikian mengenai ajaran budha, krn dasar sy adalah NKRI dimana landasannya adalah katanya Pancasila dimana sila 1 : Ke Tuhan an Yg Maha Esa.
artinya NKRI hanya mengenal a-gama ato pun kepercayaan dgn persaratan adanya Tuhan dlm tiap2 agama atopun kepercayaan yg diakui.

ato mungkin apa yg di katakan oleh @rendhy di kolom komentar yg lain, msh pd thread ini jg ada benarnya, bahwa tiap2 orang yg pertama kali mjd pembawa ajaran dari sebuah a-gama (sebut saja sbg Nabi) maka setelah kematiannya orang tsb (bisa disebut Nabi) diangkat oleh umatnya menjadi Tuhan. contoh a-gama budha, setelah budha gotama wafat beliau menjelma menjadi Tuhan. contoh lg Jesus pasca kematian dan cerita kebangkitannya jesus menjelma menjadi Tuhan ato Anak Tuhan.

@laiyalah: sebaiknya km jg baca ato pelajari kitab agama lain lebih dulu semisal budha ato pun kristen seblm km berbicara/komen, sudah tau kah km soal konsep ke Tuhan an sebut ajah yg ada di a-gama kristen? asal muasalnya konsep trinitas/tritunggal/ada yg sebut konsep segi 3 tahukah km?? jd jgn jg ikutan ketauan dongonya dong cuy... :rofl: Piisss :heart:

Note : di dalam caci maki itu ada batasannya, apabila mau menyalahkan suatu ajaran hrs dgn pembuktian, jgn-lah berdasarkan dr pewartaan yg blm di buktikan uji kebenarannya, berdebatlah dgn pemikiran2 yg baik jangan dilandasi oleh rasa kebencian yg sdh teramat mendalam, kalo membandingkan kebenaran suatu ajaran hrs jelas HEAD TO HEAD nya, jgnlah km bandingkan ajaran cinta kasih di satu ajaran a-gama tertentu di bandingkan dgn ajaran ketegasan prinsip berperang (di dlm ajaran islam yg biasa oleh teman2 netter IFF katakan dgn kata membunuh) jelas menurut sy ini tdk tepat.

krn sy pernah membaca kitab a-gama Islam, di dalam nya ada jg loh ajaran cinta kasih. sbg cth sederhana tiap2 permulaan kitab mrk di mulakan dgn kata BISMILLAHIRROHMANIRROHIM yg kalo tdk salah artinya Dengan menyebut nama "ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" dimana sy pernah menanyakan kpd salah 1 ulama besar mrk apa makna kata Bismillah itu seperti itu, jawabnya tidak hanya seperti itu lebih luas lg adalah katanya: "apabila kamu ingin mengetahui ke Maha an ALLAH yg Maha pengasih dan Penyayang itu, maka kamu berbuat kasih sayang lah terhadap sesama, krn ALLAH lebih dari apa yg telah kamu perbuat, DIA lebih Maha Pengasih dan Penyayang". berarti bro..ada jg tuh ajaran cinta kasih di a-gama islam....

kalo boleh sy sampaikan ini sama halnya km cb mencaci maki polisi, pst smua tau bagaimana person polisi NKRI, disaat km kesal bahkan benci sehabis di tilang padahal km merasa tdk bersalah, pasti lah km akan menghardik polisi/polisi2 itu mati2an begitu kasarnya tp apa pernah km menghardiknya ditujukan kepada badan kepolisian/POLRI tidak-kan?? pst hanya kpd pilisinya/oknum/oknum2, gak akan mungkin km akan mencaci maki keseluruhan polisi atau mensamaratakan smua oknum dgn polisi yg km benci td.

@rendhy km jgn geeeeee-eerrrr yah, sy tdk membela km, sy hanya mencoba fair,krn sy sk dan cinta damai... :partyman: :heart:

okeh lanjut deh gan...salam...Pisss
loelebay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 89
Joined: Mon Oct 04, 2010 10:48 am

Re: Buddha Vs Islam

Postby iamthewarlord » Thu Oct 07, 2010 1:36 pm

@atas,

Mau beragama apa saja sih, kita tidak peduli, bahkan tidak beragamapun masih kita hargai, asal ajaran agama tsb jangan mengajarkan membunuh dan menghina orang di dalam kitabnya (mengatakan orang bangsa babi dan kera), jangan teriak2 allahakbar sambil bawa golok dan bom kemana2, mengobrak-abrik dagangan orang dll.

Coba sebutkan agama mana yang umatnya seperti itu?
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Buddha Vs Islam

Postby oglikom » Thu Oct 07, 2010 2:53 pm

loelebay wrote:sory sy tiba2 nyelak,,,
tolong sebelum ngoceh pahami dulu esensi a-gama yg ada, sy memang gak ber a-gama, tp sy ngerasa pemahaman sy ttg a-gama mungkin msh lebih baik dari kalian.

Ane kagum dengan pemahaman ente
loelebay wrote:jgnlah km bandingkan ajaran cinta kasih di satu ajaran a-gama tertentu di bandingkan dgn ajaran ketegasan prinsip berperang (di dlm ajaran islam yg biasa oleh teman2 netter IFF katakan dgn kata membunuh) jelas menurut sy ini tdk tepat.
loelebay wrote:krn sy pernah membaca kitab a-gama Islam, di dalam nya ada jg loh ajaran cinta kasih. sbg cth sederhana tiap2 permulaan kitab mrk di mulakan dgn kata BISMILLAHIRROHMANIRROHIM yg kalo tdk salah artinya Dengan menyebut nama "ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" dimana sy pernah menanyakan kpd salah 1 ulama besar mrk apa makna kata Bismillah itu seperti itu, jawabnya tidak hanya seperti itu lebih luas lg adalah katanya: "apabila kamu ingin mengetahui ke Maha an ALLAH yg Maha pengasih dan Penyayang itu, maka kamu berbuat kasih sayang lah terhadap sesama, krn ALLAH lebih dari apa yg telah kamu perbuat, DIA lebih Maha Pengasih dan Penyayang". berarti bro..ada jg tuh ajaran cinta kasih di a-gama islam....

Ente mengaku tidak beragama tapi pernyataan ente seperti lebih Islam daripada yang Muslim.
Kalau begitu tolong kasih tau ayatnya??
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby loelebay » Thu Oct 07, 2010 2:55 pm

iamthewarlord wrote:@atas,

Mau beragama apa saja sih, kita tidak peduli, bahkan tidak beragamapun masih kita hargai, asal ajaran agama tsb jangan mengajarkan membunuh dan menghina orang di dalam kitabnya (mengatakan orang bangsa babi dan kera), jangan teriak2 allahakbar sambil bawa golok dan bom kemana2, mengobrak-abrik dagangan orang dll.

Coba sebutkan agama mana yang umatnya seperti itu?


lg2 km tdk memahami penjelasan sy sebelumnya, jgn lah campur adukkan antara ajaran dgn umat. apa bila km mau bahas mengenai suatu ajaran dr a-gama tertentu yg menurut kamu asereje, ya bahas lah ajarannya jgn langsung sekonyong-konyong km bahas umatnya, km hrs bs bahas ajarannya dulu dan buktikan kalo ajarannya itu asereje, tp dgn dasar pewartaan yg sdh di buktikan melalui uji kebenarannya barulah km dpt simpulkan dan br km boleh nyatakan pantas saja hasil umatnya seperti itu.

ingat bro kalo ada kekerasan bkn brarti slamanya hrs dibalas dgn kekerasan, kalo ada kesalahan jg jgn malah menambah kesalahan, jd kebenaran itu akan menjadi lama muncul kebenarannya. manusia disempurnakan dgn pemikiran dan hati maka dahulukanlah pemikirannya dan selaraskan dgn hati.

jd pertanyaan km tdk perlu sy jawabkan, krn kalo sy jawab mk sy jg akan sm halnya dgn km maen judge sepihak.... :-" :-({|= \:D/ pisss.....
loelebay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 89
Joined: Mon Oct 04, 2010 10:48 am

Re: Buddha Vs Islam

Postby marx_anti_stigma » Fri Oct 08, 2010 2:23 am

JR1 wrote:gw penasaran bagaimana jika Siddhartha Gautama berhadapan langsung dengan Muhammad SAW? O:)

tentu gak ada masalah ..... paling2 peace aj
User avatar
marx_anti_stigma
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 196
Joined: Tue Oct 05, 2010 7:10 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby Peaceandlove » Fri Oct 08, 2010 8:55 am

Maaf @loelebay, ada kesalahan pandangan anda tentang Agama Buddha,
esensi dari sebuah a-gama sepanjang yg sy tau adalah kembali pada-NYA (TUHAN). budha gotama mungking memang gak pernah mengaku menyebut dirinya sebagai TUHAN, krn mungkin dlm ajaran budha konsep ke TUHAN an dlm budha tidak mengenal itu, atau berbeda dgn a-gama lain. dalam budha mengenal adanya Nibbana dan ini lah tujuan ahir yg dicari oleh para umat budha. tetapi dlm budha pun menolak apa bila Nibbana = TUHAN. tapi apa bila esensi dr budha adalah sama dgn a-gama lain maka dapat sy katakan Nibbana = Tuhan. tapi apabila bukan maka ajaran budha seharusnya tdk dimasukkan/kelompokkan dlm kelompok a-gama, maka dia masuk kelompok sy yg tdk ber a-gama.... :rofl: piiisssss...

Memang benar, Agama Buddha tidak cocok bila dikatakan Agama, Namun ajaran Buddha lebih dari sekedar Agama, karna didalamnya lebih complex dari ajaran2 agama yang lainnya yg terbatas hanya di alam surga saja, sedangkan di buddhisme ada 31 alam yang dapat di tinggali.
saya mengatakan agama Buddha lebih tepatnya bukan sebuah agama, karna pada saat kehidupan Siddharta (kelak menjadi Buddha) di kehidupannya sudah ada paham Teologi, dan maka itu ajaran Buddha tidak menyarankan kita(orang2) untuk ikut dengan paham tentang "Tuhan" yang Teologi, karna disini masih terdapat penderitaan.
Memang benar Tujuan akhir buddhisme adalah Nibbana, sama seperti umat agama lain tujuannya adalah kembali kesisiNya (Sorga), Namun perbedaannya, Buddhisme tidak menyarankan untuk terlahir di sorga, karna disana masih terdapat penderitaan, dan Surga itu tidaklah kekal. (Loh, lamaan siapa ya umur agama Buddha ato, agama Kirsten & Islam ya? kok udah mengenal surga? kalo tidak percaya, silahkan pelajari kitab ajaran Buddha)
NB: Nibbana bukanlah alam, nibbana adalah sebuah kondisi kebahagiaan abadi yang tidak dapat di jelaskan oleh kata2. (karna keterbatasannya bahasa manusia)

maka setelah kematiannya orang tsb (bisa disebut Nabi) diangkat oleh umatnya menjadi Tuhan. contoh a-gama budha, setelah budha gotama wafat beliau menjelma menjadi Tuhan.

Umat Buddha tidak menjadikan Gotama sebagai Tuhan, melainkan umat Buddha menghormati beliau seperti layaknya kita menghormati Guru besar kita / orang tua. Berbeda dengan nabi2 di agama2 lainnya, yang terlalu krisis harga diri. Hingga menggunakan Toak untuk dipuja.
User avatar
Peaceandlove
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby marx_anti_stigma » Fri Oct 08, 2010 10:40 am

[quote="Peaceandlove"
Memang benar, Agama Buddha tidak cocok bila dikatakan Agama, Namun ajaran Buddha lebih dari sekedar Agama, karna didalamnya lebih complex dari ajaran2 agama yang lainnya yg terbatas hanya di alam surga saja, sedangkan di buddhisme ada 31 alam yang dapat di tinggali.
saya mengatakan agama Buddha lebih tepatnya bukan sebuah agama, karna pada saat kehidupan Siddharta (kelak menjadi Buddha) di kehidupannya sudah ada paham Teologi, dan maka itu ajaran Buddha tidak menyarankan kita(orang2) untuk ikut dengan paham tentang "Tuhan" yang Teologi, karna disini masih terdapat penderitaan.
Memang benar Tujuan akhir buddhisme adalah Nibbana, sama seperti umat agama lain tujuannya adalah kembali kesisiNya (Sorga), Namun perbedaannya, Buddhisme tidak menyarankan untuk terlahir di sorga, karna disana masih terdapat penderitaan, dan Surga itu tidaklah kekal. (Loh, lamaan siapa ya umur agama Buddha ato, agama Kirsten & Islam ya? kok udah mengenal surga? kalo tidak percaya, silahkan pelajari kitab ajaran Buddha)
NB: Nibbana bukanlah alam, nibbana adalah sebuah kondisi kebahagiaan abadi yang tidak dapat di jelaskan oleh kata2. (karna keterbatasannya bahasa manusia)


Umat Buddha tidak menjadikan Gotama sebagai Tuhan, melainkan umat Buddha menghormati beliau seperti layaknya kita menghormati Guru besar kita / orang tua. Berbeda dengan nabi2 di agama2 lainnya, yang terlalu krisis harga diri. Hingga menggunakan Toak untuk dipuja.[/quote]

i like ajaran buddhisme...
User avatar
marx_anti_stigma
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 196
Joined: Tue Oct 05, 2010 7:10 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby loelebay » Fri Oct 08, 2010 4:14 pm

Maaf @loelebay, ada kesalahan pandangan anda tentang Agama Buddha,
esensi dari sebuah a-gama sepanjang yg sy tau adalah kembali pada-NYA (TUHAN). budha gotama mungking memang gak pernah mengaku menyebut dirinya sebagai TUHAN, krn mungkin dlm ajaran budha konsep ke TUHAN an dlm budha tidak mengenal itu, atau berbeda dgn a-gama lain. dalam budha mengenal adanya Nibbana dan ini lah tujuan ahir yg dicari oleh para umat budha. tetapi dlm budha pun menolak apa bila Nibbana = TUHAN. tapi apa bila esensi dr budha adalah sama dgn a-gama lain maka dapat sy katakan Nibbana = Tuhan. tapi apabila bukan maka ajaran budha seharusnya tdk dimasukkan/kelompokkan dlm kelompok a-gama, maka dia masuk kelompok sy yg tdk ber a-gama.... piiisssss...


coba anda pahami lg ttg ajaran budha dan jg ttg komen sy, nanti sy kembali lg apa ada kesalahan pandang??

Umat Buddha tidak menjadikan Gotama sebagai Tuhan, melainkan umat Buddha menghormati beliau seperti layaknya kita menghormati Guru besar kita / orang tua. Berbeda dengan nabi2 di agama2 lainnya, yang terlalu krisis harga diri. Hingga menggunakan Toak untuk dipuja.


apa betul dialektikanya demikian??

thanks atas tanggapan baliknya....
loelebay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 89
Joined: Mon Oct 04, 2010 10:48 am

Re: Buddha Vs Islam

Postby Peaceandlove » Fri Oct 08, 2010 10:18 pm

coba anda pahami lg ttg ajaran budha dan jg ttg komen sy, nanti sy kembali lg apa ada kesalahan pandang??

Maaf @loelebay, ada kesalahan pandangan anda tentang Agama Buddha,
esensi dari sebuah a-gama sepanjang yg sy tau adalah kembali pada-NYA (TUHAN). budha gotama mungking memang gak pernah mengaku menyebut dirinya sebagai TUHAN, krn mungkin dlm ajaran budha konsep ke TUHAN an dlm budha tidak mengenal itu, atau berbeda dgn a-gama lain. dalam budha mengenal adanya Nibbana dan ini lah tujuan ahir yg dicari oleh para umat budha. tetapi dlm budha pun menolak apa bila Nibbana = TUHAN. tapi apa bila esensi dr budha adalah sama dgn a-gama lain maka dapat sy katakan Nibbana = Tuhan. tapi apabila bukan maka ajaran budha seharusnya tdk dimasukkan/kelompokkan dlm kelompok a-gama, maka dia masuk kelompok sy yg tdk ber a-gama.... piiisssss...

Kalau begitu anda tidak perlu bingung, karna di ajaran Buddha yang PASTINYA tidak mengenal Tuhan pencipta, maka tidak bisa disamakan dengan Agama yang mengenal adanya Tuhan Pencipta.
saya tidak tahu bila suatu agama tidak mengenal dengan Tuhan pencipta bisa dikatakan sebuah agama atau tidak.

apa betul dialektikanya demikian??
thanks atas tanggapan baliknya....

Mungkin karna anda pernah melihat umat buddha saat sedang menjalankan ritual mereka melakukan sujud terhadap rupang Buddha? Karna Buddha telah mencapai Nibbana (tujuan umat Buddha) maka anda lantas menyatakan pada saat ini Buddha = layaknya Tuhan bagi umat Buddha? itu salah besar kawan, Umat Buddha menjadikan Rupang Buddha hanya sebagai simbol untuk membantu visualisasi saja, dengan bersujud di depan rupang Buddha itu bermaksud menghormati jasa dari seorang Guru Besar para Dewa dan Manusia. karna dari awal kebaktian hingga akhirnya, paritta (seperti alquran/alkitab saat yang dibacakan saat beribadah) yang berisi tentang tekad diri untuk menghindari Pembunuhan, mencuri, asusila, berbohong, mabuk2an, Perenungan terhadap Buddha, Perenungan terhadap Dhamma, Perenungan terhadap Sangha, ajaran tentang cinta kasih, dan banyak lagi. Umat Buddha mengikuti jejak Sidharta Gotama (yang telah Ia ajarkan) yang sekarang ini telah mencapai Nibbana.
User avatar
Peaceandlove
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby Tuanku » Tue Oct 12, 2010 1:16 pm

ketahuilah,kalau hanya u/ moksa,sebenarnya manusia mati itu pasti moksa dari dunia fana ini,tak perlu bersusah payah bertapa,vegetarian segala,dijamin dlm Islam,tiap manusia mati pasti moksa.
User avatar
Tuanku
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1254
Joined: Wed Oct 06, 2010 12:58 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby Peaceandlove » Wed Oct 13, 2010 10:01 pm

Tuanku wrote:ketahuilah,kalau hanya u/ moksa,sebenarnya manusia mati itu pasti moksa dari dunia fana ini,tak perlu bersusah payah bertapa,vegetarian segala,dijamin dlm Islam,tiap manusia mati pasti moksa.

Hmm.. bagus juga ya, Saya kalo begitu.... bagaimana jika saya memenggal kepalamu dan saya masuk Islam? Suer! saya pasti masuk Islam setelah memenggal kepalamu dan juga mengmutilasi anda terlebih dahulu.
Bagaimana? anda berminat mati demi Islam?
User avatar
Peaceandlove
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby loelebay » Thu Oct 14, 2010 10:36 am

Tuanku wrote:ketahuilah,kalau hanya u/ moksa,sebenarnya manusia mati itu pasti moksa dari dunia fana ini,tak perlu bersusah payah bertapa,vegetarian segala,dijamin dlm Islam,tiap manusia mati pasti moksa.

Hmm.. bagus juga ya, Saya kalo begitu.... bagaimana jika saya memenggal kepalamu dan saya masuk Islam? Suer! saya pasti masuk Islam setelah memenggal kepalamu dan juga mengmutilasi anda terlebih dahulu.
Bagaimana? anda berminat mati demi Islam?


kacau...kacau...beginilah manusia yg pada mengaku ber a-gama, tp memilih a-gama dipertandingkan, setau gw katanya tiap2 a-gama mengajarkan cinta kasih... :rofl:

sptnya yg satu sudah terbakar, pikiran dan bathinnya sdh tak terkendali (mmm tnyt spt ini jalan menuju Nibbana... :green: ) dan mungkin yg satu nya jg bersedia mati (sahid spt dalam ajarannya [tp gw ga tau ajaran yg mn]) sepertinya cocok nih, yg satu mau menuju nibbana dgn cara menumpas penderitaan dan yg satu lg jg pgn cpt bertemu Tuhan dgn kesahidannya... :rofl:

monggo dilanjut perang tandingnya gan...pissssss :heart:
loelebay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 89
Joined: Mon Oct 04, 2010 10:48 am

Re: Buddha Vs Islam

Postby Peaceandlove » Thu Oct 14, 2010 2:37 pm

:rofl: :rofl: :rofl:
haizz...
ya tentu saya hanya mencoba mengetest keimanan si Tuan itu.
apakah ia sesuai dengan ia percayai??

Ini juga sebagai tehknik ilmu berkomunikasi. Dimana kita menyesuaikan terhadap si lawan pembicara agar terkonek.
User avatar
Peaceandlove
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Buddha Vs Islam

Postby loelebay » Thu Oct 14, 2010 3:20 pm

Peaceandlove wrote::rofl: :rofl: :rofl:
haizz...
ya tentu saya hanya mencoba mengetest keimanan si Tuan itu.
apakah ia sesuai dengan ia percayai??

Ini juga sebagai tehknik ilmu berkomunikasi. Dimana kita menyesuaikan terhadap si lawan pembicara agar terkonek.


:rofl: :rofl: :rofl:
lagu lama,,,saat tak mampu lg memaparkan ya begitu deh,,,yah smoga dgn melatih pemaparan pikiran mu bathin mu pun turut terasah shg kau mampu mengendalikannya shg Nibbana yg kau tuju tercapai, kabarkan saya bila pikiran mu tlah mampu membaca dan melihat kejernihan pikiranmu sendiri serta bathin mu sudah dapat mendengar dan merasakan ketengan bathin mu sendiri, shg kau yakin tak kau temui apa2 lg spt halnya org2 ber a-gama mendamaikan pikiran dan bathinnya dgn tujuan bertemu dgn Tuhannya.... :heart:
loelebay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 89
Joined: Mon Oct 04, 2010 10:48 am

PreviousNext

Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users