. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Orang-orang dari seluruh dunia yang murtad (termasuk dari FFInternasional). Siapa mereka dan mengapa mereka meninggalkan Islam ? Murtadin2 dari FFIndonesia silahkan masukkan pengakuan ke 'Mengapa Saya Murtad ?'

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby pigsy » Wed Aug 03, 2011 8:59 am

Setelah Surah Maryam ayat 33 ini tertulis :

dzaalika 'iisaa ibnu maryama qawla alhaqqi alladzii fiihi yamtaruuna

[QS 19:34] Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.


Kalimat surah Maryam ayat 34 ini, dengan jelas menuliskan "seseorang" yang mengutip pernyataan Nabi ISA AS kata per kata pada masa lalu.
Dengan demikian fi'il-fi'il (kata kerja) ucapan Nabi ISA AS yang belum terjadi pada masa hidupNYA, dan telah terjadi saat ayat dalam Surah Maryam ini dituliskan.

InsyaAllah dapat menjelaskan.


Terima kasih Daeng Hillman.
Akhirnya jelas bagi saya maksud ayat tersebut.
User avatar
pigsy
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 214
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:48 am

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby dulilah » Thu Aug 11, 2011 1:02 am

Akris wrote:saya ada modul kesaksiannya (mungkin ada yang ud punya) judulnya kisah pencari kebenaran, boleh saya sharekan disini? :-k :-k




________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jawaban Moderator

Silahkan di share di topik, namun moderator akan melakukan editing pada kisah tersebut sehingga tidak melanggar rule dan aturan FFI Forum Indonesia.

- M -


Silahkan dishare bung Akris, atau lebih bagus bila dapat di upload ke media penyimpanan di internet shg bisa di unduh oleh semuanya.

Salam.
User avatar
dulilah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 298
Joined: Fri Nov 23, 2007 8:50 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby Dudekh » Thu Aug 11, 2011 10:07 am

Akris wrote:saya ada modul kesaksiannya (mungkin ada yang ud punya) judulnya kisah pencari kebenaran, boleh saya sharekan disini? :-k :-k




________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jawaban Moderator

Silahkan di share di topik, namun moderator akan melakukan editing pada kisah tersebut sehingga tidak melanggar rule dan aturan FFI Forum Indonesia.

- M -

udah di acc mod tuh =D>
ayo di share :supz:
User avatar
Dudekh
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1022
Joined: Wed Jul 21, 2010 2:48 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby kimi07 » Thu Aug 11, 2011 11:17 am

wait for the complete story

:)

regards
User avatar
kimi07
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby Akris » Sat Aug 20, 2011 1:02 am

Maaf Mod, baru bisa OL.. ntar coba kuketik dulu ya.. waktu luangny susah banget..
User avatar
Akris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 241
Joined: Mon Aug 24, 2009 10:12 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby yusah » Sat Sep 03, 2011 8:30 am

singkong wrote:Dari cerita tentang SA diatas, sy bisa memahami bahwa, ternyata orang bisa NGOTOT jadi muslim, hanya karena KURANG Pengetahuan tentang ISLAM itu sendiri.
seandainya semua moeslem bisa mendapat revelation kaya SA maka agama islam akan musnah....

Jadi...moeslem..carilah wahyu dan hikmat tentang KEBENARAN sperti SA....

Ada moslem yg tertantang????

justru saya melihat keahlian SA yang perlu dipertanyakan....??? gimana sih anda memahami tulisan..!
User avatar
yusah
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2007
Joined: Thu May 29, 2008 12:39 pm
Location: Bumi Allah

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby gabrielnotjibril » Sat Sep 03, 2011 2:55 pm

Pendeta Masuk Ma'had NII Al-Zaytun, Ustadz pun Murtad Masuk Kristen
Ada Misi Kristen di Pesantren NII Al-Zaytun (2)

Hubungan Pesantren Az-Zaytun dengan para misionaris Kristen nampak terlalu berlebihan. Menyambut Natal tahun 2005, Al-Zaytun mengizinkan tamu dari Yayasan The Gideon International membagi-bagikan 1.400 Bibel secara cuma-cuma di pesantren.

Bermula dari hubungan dekat Al-Zaytun dengan pendeta dan misionaris Kristen inilah, berakibat murtadnya Saifuddin Ibrahim, salah seorang pengasuh ma'had.

Dalam testimoni 138 halaman yang ditulisnya, ustadz asal Bima NTB ini bercerita bahwa Al-Zaytun, dirinya mengajar Al-Qur'an, Hadits, Akidah, Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dan Jurnalistik selama enam tahun sejak 1999. Sebagai orang yang sangat dekat dengan syaikhul ma’had Panji Gumilang, Ibrahim dipercaya menjadi Editor Kepala Majalah Al-Zaytun yang bertiras 30.000 eksemplar.

Dalam testimoninya, Ibrahim menjelaskan kronologi mengapa ia murtad meninggalkan Islam dan beralih profesi dari dewan guru Ma'had Al-Zaytun Indramayu menjadi seorang evangelis Kristen.

Dalam sub judul "Nubuat Syaikh," Ibrahim menulis bahwa peristiwa kemurtadan dirinya bermula pada tanggal 16 Januari 2006, ketika Panji Gumilang menyebut dirinya dengan panggilan "Pendeta Abraham." Sejak saat itu, Ibrahim lebih suka dipanggil Abraham. "Syaikh telah bernubuat untuk saya. Sejak beliau mengatakan hal itu saya semakin kacau dan pikiran tidak tentang. Itu juga sebabnya kenapa saya lebih suka dipanggil Abraham," tulis Ibrahim pada halaman 8.

Usai peristiwa itu Ibrahim mulai mendekati para penginjil Yayasan The Gideon International yang dikenalnya ketika membagi-bagikan ribuan Bibel di pesantren pada Natal tahun 2005. Ibrahim pun mulai belajar ilmu perbandingan agama kepada para misionaris dan pendeta. Singkat cerita, setelah berliku-liku mencari pintu masuk Kristen, akhirnya Ibrahim dibaptis di Semarang tanggal 7 Maret 2006. Setelah meninggalkan Islam dan dibaptis di Semarang tanggal 7 Maret 2006, ia pun rela berpisah dengan istri dan ketiga anaknya di Jepara, Jawa Tengah.

Dalam tempo 3 bulan Ibrahim murtad dari Islam. Itulah salah satu buah kedekatan syaikhul ma'had NII Al-Zaytun Panji Gumilang dengan para pendeta dan misionaris Kristen.

Bila diteliti dari testimoni tertulisnya, wawasan agama Saifuddin Ibrahim masih perlu dipertanyakan. Misalnya, dalam sub judul "Percaya Kepada Yesus," Ibrahim mengutip nas: "Al-dinu huwal aqlu, laa diina liman laa aqqla lahu. Agama adalah akal, tidak ada agama tanpa akal," yang disebutnya sebagai hadits Nabi (hlm 60).

Pernyataan ini sangat aneh bila ditulis oleh seorang dosen hadits. Sebagai dosen hadits di pesantren terbesar se Asia Tenggara, seharusnya dia tahu bahwa nas tersebut bukan hadits, tapi kutipan yang tidak diketahui asal-usulnya.

Para ulama ahli hadits sepakat memvonis nas tersebut bukan sabda Nabi, melainkan hadits yang tidak ada asalnya (la ashla lahu). Imam An-Nasa'idan Syaikh Albani berkomentar bahwa hadits tersebut batil munkar. Dalam sanadnya terdapat nama Bisyir yang majhul (asing/tidak dikenal).

Ketika membuktikan ketuhanan Yesus, Saifuddin Ibrahim mengutip Al-Qur'an surat Maryam 33 sebagai pendukung. Menurutnya, ayat ini menegaskan ketuhanan Yesus karena memakai fi'il amar (kata kerja masa lampau/past tense).

"Ayat Al-Qur'an surat Maryam 33 meyakinkan saya memahami ketuhanan Yesus. Ayat ini menggenapi semua kisah Yesus yang telah berlaku. Ayat ini menggunakan Fi'il Madhi, kata kerja masa lampau, berarti kejadian kebangkitan Yesus dan hidup kembali telah terjadi lebih 2000 tahun yang lalu," (hlm. 87-88).

Dengan kutipan itu, patut dipertanyakan wawasan Ibrahim terhadap Ilmu bahasa Arab. Tidak benar kesimpulannya bahwa surat Maryam 33 menyatakan ketuhanan Yesus karena menggunakan fi'il madhi. Padahal dalam ayat ini terdapat tiga kata kerja (fi'il), yaitu: "wulidtu" (fi'il madhi majhul), "amuutu" (fi'il mudhari' majhul) dan "ub'atsu" (fi'il mudhari' majhul).

Ungkapan Nabi Isa pada ayat tersebut memakai kalimat "wulidtu" (telah dilahirkan) karena peristiwa kelahirannya sudah terjadi. Sedangkan kalimat "amuutu" (akan dimatikan) dan "ub'atsu" (akan dibangkitkan) memakai fi'il mudhari' karena peristiwa kematian dan kebangkitannya belum dan akan terjadi.

Ustadz Saifuddin Ibrahim yang sekarang berganti nama menjadi Ev Saifuddin Abraham, adalah salah satu contoh korban pemurtadan akibat kedekatan syaikhul ma'had NII Al-Zaitun Panji Gumilang dengan para pendeta dan penginjil Kristen. bersambung [ahmad hizbullah mag/suaraislam]

:rolling: :rolleyes: Iman islam ternyata sangat lemah. Tidak heran kalau muhamad aka allah swt mengancam umatnya dgn pembunuhan apabila mangkir dari islam. :drinkers: :finga:
gabrielnotjibril
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sat Jan 03, 2009 7:34 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby gabrielnotjibril » Sat Sep 03, 2011 3:01 pm

Sesuai ajaran muhamad aka allah swt

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
25 NOVEMBER 2010 NO COMMENT

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
KABUL (voa-islam.com): Seorang Kristen Afghanistan telah ditahan selama beberapa bulan karena diduga telah murtad dari Islam ke Kristen. Ia diperkirakan akan menghadapi sidang pada awal pekan depan dan kemungkinan bisa mendapat hukuman mati, kata para pejabat hari Ahad.
Pria murtad itu bernama Said Musa, ia ditangkap oleh pihak berwenang intelijen Departemen Dalam Negeri Afghanistan di dekat kedutaan Jerman di Kabul, kata Qamaruddin Shewari, direktur pengadilan Kabul zona utara. Tanggal pasti penangkapannya tidak diketahui.
Konstitusi di Afghanistan tidak menyebutkan konversi dari satu agama ke agama lain, sehingga hakim akan menggunakan hukum Islam dalam dakwaannya, kata para pejabat.
“Menurut konstitusi Afghanistan, jika tidak ada putusan yang jelas, apakah perbuatan tersebut masuk dalam pidana atau tidak dalam hukum pidana Konstitusi Afghanistan, maka akan digunakan hukum Syariah dimana hakim memiliki kewenangan dalam mencapai putusan,” kata Qomaruddin Shenwari.
Berdasarkan hukum Syariah, pindah agama dari Islam ke Kristen hukumannya adalah mati. (za/cnn)
Voaislam, Selasa, 23 Nov 2010
(nahimunkar.com)

SA sudah seharusnya menjadi sasaran mati buat para jihadis :lol: :finga:
gabrielnotjibril
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sat Jan 03, 2009 7:34 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby spaceman » Sat Sep 03, 2011 4:23 pm

gabrielnotjibril wrote:Sesuai ajaran muhamad aka allah swt

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
25 NOVEMBER 2010 NO COMMENT

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
KABUL (voa-islam.com): Seorang Kristen Afghanistan telah ditahan selama beberapa bulan karena diduga telah murtad dari Islam ke Kristen. Ia diperkirakan akan menghadapi sidang pada awal pekan depan dan kemungkinan bisa mendapat hukuman mati, kata para pejabat hari Ahad.
............................... “Menurut konstitusi Afghanistan, jika tidak ada putusan yang jelas, apakah perbuatan tersebut masuk dalam pidana atau tidak dalam hukum pidana Konstitusi Afghanistan, maka akan digunakan hukum Syariah dimana hakim memiliki kewenangan dalam mencapai putusan,” kata Qomaruddin Shenwari.
Berdasarkan hukum Syariah, pindah agama dari Islam ke Kristen hukumannya adalah mati. (za/cnn)
Voaislam, Selasa, 23 Nov 2010
(nahimunkar.com)

SA sudah seharusnya menjadi sasaran mati buat para jihadis :lol: :finga:


Masih ada muslim yg membantah soal kebebasan beragama dan bahwa murtad memang akan dihukum mati ????

Paling2 pura2 ga baca :vom:
User avatar
spaceman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2095
Joined: Thu Sep 18, 2008 12:23 pm
Location: Green Planet

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sat Sep 03, 2011 8:11 pm

gabrielnotjibril wrote:Sesuai ajaran muhamad aka allah swt

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
25 NOVEMBER 2010 NO COMMENT

Pria Afghan Murtad ke Kristen Hadapi Pengadilan
KABUL (voa-islam.com): Seorang Kristen Afghanistan telah ditahan selama beberapa bulan karena diduga telah murtad dari Islam ke Kristen. Ia diperkirakan akan menghadapi sidang pada awal pekan depan dan kemungkinan bisa mendapat hukuman mati, kata para pejabat hari Ahad.
Pria murtad itu bernama Said Musa, ia ditangkap oleh pihak berwenang intelijen Departemen Dalam Negeri Afghanistan di dekat kedutaan Jerman di Kabul, kata Qamaruddin Shewari, direktur pengadilan Kabul zona utara. Tanggal pasti penangkapannya tidak diketahui.
Konstitusi di Afghanistan tidak menyebutkan konversi dari satu agama ke agama lain, sehingga hakim akan menggunakan hukum Islam dalam dakwaannya, kata para pejabat.
“Menurut konstitusi Afghanistan, jika tidak ada putusan yang jelas, apakah perbuatan tersebut masuk dalam pidana atau tidak dalam hukum pidana Konstitusi Afghanistan, maka akan digunakan hukum Syariah dimana hakim memiliki kewenangan dalam mencapai putusan,” kata Qomaruddin Shenwari.
Berdasarkan hukum Syariah, pindah agama dari Islam ke Kristen hukumannya adalah mati. (za/cnn)
Voaislam, Selasa, 23 Nov 2010
(nahimunkar.com)

SA sudah seharusnya menjadi sasaran mati buat para jihadis :lol: :finga:


tolong link nya bro, biar sahih laporannya. :green:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby snipey » Thu Nov 03, 2011 10:30 am

Berita murtadnya Ustad pesentren Al-Zaytun ini sdh dikonfirm oleh media Islam yg spt biasa = ngoceh-ngoceh :heart:

Selain memberikan kesaksian di tabloid rohani Kristen, Saifuddin Abraham juga mengumbar alasan-alasan murtad dari Islam dan beralih menjadi penginjil Kristen dalam buku biografinya. Dalam buku testimoni 138 halaman yang ditulisnya, bekas ustadz Ma’had NII Al-Zaytun asal Bima NTB ini bercerita
http://www.voa-islam.com/counter/christ ... am-perang/


ustadz asal Bima NTB ini bercerita bahwa Al-Zaytun, dirinya mengajar Al-Qur'an, Hadits, Akidah, Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dan Jurnalistik selama enam tahun sejak 1999. Sebagai orang yang sangat dekat dengan syaikhul ma’had Panji Gumilang, Ibrahim dipercaya menjadi Editor Kepala Majalah Al-Zaytun yang bertiras 30.000 eksemplar.
http://www.voa-islam.com/counter/christ ... d-kristen/

bekas ustadz Ma’had NII Al-Zaytun asal Bima NTB ini bercerita bahwa salah satu alasan dia meninggalkan Islam dan beralih menjadi Kristen, karena menurutnya Islam mengajarkan perang dan radikalisme,
http://www.voa-islam.com/counter/christ ... am-perang/
http://islammurtad.blogspot.com/2011/06 ... aytun.html
User avatar
snipey
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1064
Images: 2
Joined: Mon Aug 30, 2010 8:32 am

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby goldshine » Thu Nov 03, 2011 4:30 pm

Ada juga seorang bernama Rachmat yang punya hubungan dengan Pesantren Al Zaitun murtad, menurut pengakuannya beliau Pimpinan KW IX sepertinya rekan2 juga pernah dengar istilah ini kan?
goldshine
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 65
Joined: Wed Nov 24, 2010 7:09 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby walet » Fri Nov 04, 2011 2:44 am

goldshine wrote:Ada juga seorang bernama Rachmat yang punya hubungan dengan Pesantren Al Zaitun murtad, menurut pengakuannya beliau Pimpinan KW IX sepertinya rekan2 juga pernah dengar istilah ini kan?


Posting disini dong data2nya
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby Akris » Thu Mar 08, 2012 12:55 am

bro n sist,sorry lama bru bisa ngabarin. udah kuketik sebagian. kesaksiannya nih isinya pengakuan pak saefuddin sendiri. susah banget ngringkasnya, krn pak Udin banyak ngmngin ayat2 Kristen n kaya kotbah gitu. harap bersabar ya.. seandainya kesaksiannya banyak menyebutkan nama kira2 gimana ya?ada saran g?terus ini kan aku ambil dari buku kesaksian dia, kalau saya bikin per bab gitu gapapa kan? atau mungkin terlalu panjang ya?
any way, tak usahain selesai bulan ini. ada saran silahkan dikoment atau message saya.trims :yawinkle:
User avatar
Akris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 241
Joined: Mon Aug 24, 2009 10:12 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby tukang ojek » Thu Mar 08, 2012 2:47 am

@atas:
Wow..mantap bang..
buat namanya di inisilakan saja gimana bang ?
Yang penting jangan ada yang trbengkalai bang...

Terima kasih..
User avatar
tukang ojek
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1507
Joined: Sun Sep 18, 2011 2:39 am
Location: Di hati kaum muslimin dan muslimah :)

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby kimi07 » Thu Mar 08, 2012 12:26 pm

Saifuddin Ibrahim menuliskan buku : KENAPA SAYA MEMILIH KRISTUS

ada yg punya ga ?
upload please
User avatar
kimi07
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby nadia ghazali » Thu Mar 08, 2012 2:07 pm

Bro manusia bleedug
Ttg cerita said musa..log in to webside Barnabas Funds utk cari beritanya yg lengkap
Ada dua yg tertangkap..berkat lobby dan tekanan dr oraganisasi dunia, satu ya berhasil dibebaskan and langsung dpt suaka politik di negara kafir. Saya agak lupa dgn namanya
Said musa masih ditahan..jg aasia bibi dr pakistan..Jg pastor dr iran..Yousef Nadaekhani.yg akan dijatuhi hukuman mati krn murtad dr ajaran iblis
nadia ghazali
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1141
Joined: Fri Nov 19, 2010 9:48 am

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby Akris » Thu Mar 08, 2012 10:34 pm

@ kimi Buku saya judulnya "Kisah pencari kebenaran" (ga ngejawab y? hehe)
@ tukang ojek Thx buat sarannya.
doakan saya ya..harap bersabar, saya susah cari koneksi internet. trims bt pengertiannya
User avatar
Akris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 241
Joined: Mon Aug 24, 2009 10:12 pm

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby snipey » Fri Mar 09, 2012 7:16 am

ok bang Akris, tks.
kita menanti dgn sabar di sini, take your time O:)
User avatar
snipey
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1064
Images: 2
Joined: Mon Aug 30, 2010 8:32 am

Re: Bro..ada yang tahu cerita murtadnya Syaifuddin Abraham?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Fri Mar 09, 2012 1:46 pm

Akris wrote:bro n sist,sorry lama bru bisa ngabarin. udah kuketik sebagian. kesaksiannya nih isinya pengakuan pak saefuddin sendiri. susah banget ngringkasnya, krn pak Udin banyak ngmngin ayat2 Kristen n kaya kotbah gitu. harap bersabar ya.. seandainya kesaksiannya banyak menyebutkan nama kira2 gimana ya?ada saran g?terus ini kan aku ambil dari buku kesaksian dia, kalau saya bikin per bab gitu gapapa kan? atau mungkin terlalu panjang ya?
any way, tak usahain selesai bulan ini. ada saran silahkan dikoment atau message saya.trims :yawinkle:


klo bisa sih nama2nya mungkin disamarin aja, jgn disebut. tapi klo emg buku ini udah beredar luas sih ya gpp ditulis dimari. toh udah beredar ini.

kalo emg berkenan menuliskan secara lengkap sih, gpp ditulis per bab. tapi ya diringkas aja yg penting2nya dari bab tsb.

atau klo terlalu banyak babnya, dibaca aja dulu sampe selese trus bru bro akris meringkas sendiri yg penting2nya dari 1 buku tsb.
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

PreviousNext

Return to Ruang Pengakuan dan Kesaksian



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users