. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Berapa jumlah hari dlm Satu th menurut calendar islam ??????

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

Re: Berapa jumlah hari dlm Satu th menurut calendar islam ??

Postby feodor fathon FF » Wed Mar 14, 2007 2:20 pm

anti islam wrote:miss ff, can you just answer my "stupid" questions" ??? or can you prove it that your islamic calendar so accurate ?
big stupid mouth without a brain... :roll: :roll: :roll:

ha ha ... what a funny boy !!
islamic calender uses lunar's revolution to earth and
gregorian calender uses earth's revolution to solar

now u try to compel peoples admit both are equal ??
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby anti islam » Wed Mar 14, 2007 2:23 pm

to miss fifi:

do you understand about my questios is ???

you never get it, do you ???

even non muslim kids can answer it. but can you answer it ?? don't play a word with ..you never win..
anti islam
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 706
Joined: Sat Nov 05, 2005 1:51 am

Postby murtad mama » Wed Mar 14, 2007 2:27 pm

jawablah mbak foedor jgn main plintir kata tidak baik itu jgn ikutin nasihat nabimu yg ber al taqiyya it tak baik menang dgn penipuan,mbok jgn celupar ria nya awk ni
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby feodor fathon FF » Wed Mar 14, 2007 4:21 pm

ah gak ngerti sebelah mananya ??
sekarang gini aja coba suruh ilmuwan itu hitung setahun berapa hari menggunakan system lunar .... apa hasilnya sama dgn hitungan hari bagi orang2 yg menggunakan sistem lunar ...


gitu aja kok repot !
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby mykus » Wed Mar 14, 2007 4:40 pm

mereka gak tau dong apa itu lunar apa itu solar hihihi
mykus
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 442
Joined: Fri Feb 16, 2007 7:55 pm

Re: Berapa jumlah hari dlm Satu th menurut calendar islam ??

Postby tongtong » Wed Mar 14, 2007 4:59 pm

feodor fathon FF wrote:ha ha ... what a funny boy !!
islamic calender uses lunar's revolution to earth and
gregorian calender uses earth's revolution to solar

now u try to compel peoples admit both are equal ??


kalender islam adalah jiplakan dari kalender tiongkok pada sisi peredaran bulan saja, sehingga mempunyai perhitungan yang sama persis, pertimbangan mohammad hanya mengambil pada sisi peredaran bulan saja (tidak pada peredaran bumi terhadap matahari) karena mohammad waktu itu mengidolakan dewa bulan segagai junjungannya, yang disebut dengan nama allah.

karena 12 kali peredaran bulan lebih pendek daripada satu kali peredaran bumi terhadap matahari, maka tahun baru muslim selalu lebih maju kira2 10 hari dibandingkan dengan kalender masehi.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby tongtong » Wed Mar 14, 2007 5:14 pm

mykus wrote:mereka gak tau dong apa itu lunar apa itu solar hihihi


pakai bahasa indonesia saja...

hargailah bahasa indonesia dengan baik dan benar.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby feodor fathon FF » Wed Mar 14, 2007 5:18 pm

ya atuh da gimana pun juga gak bisa dibanding-banding la wong patokannya beda ...
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby tongtong » Wed Mar 14, 2007 5:28 pm

feodor fathon FF wrote:ya atuh da gimana pun juga gak bisa dibanding-banding la wong patokannya beda ...


patokan apa yang beda?

udah jelas patokannya peredaran bulan, lagian isinya sama, kalau bukan buat gaya2an ngapain juga mohammad bikin kalender baru yang namanya kalender hijriah.

isinya betul2 sama persis plek.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby feodor fathon FF » Wed Mar 14, 2007 5:39 pm

ha ha ha ha .................... ya ampun segitu lugunya kau memahami itu semua ...

kalender HIjriah itu bukan system penanggalan baru ...duuuh .... itu mah penciptaan awal TAHUN PERTAMA ISLAM ....

misalkan pake kalender masehi nih... awal penanggalan adalah 1 Januari ..... gue cuman bikin JULI sbg awal penanggalan dan saya sebut HIJRIAH.... gitu doang ..!!
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby tongtong » Wed Mar 14, 2007 6:05 pm

feodor fathon FF wrote:ha ha ha ha .................... ya ampun segitu lugunya kau memahami itu semua ...

kalender HIjriah itu bukan system penanggalan baru ...duuuh .... itu mah penciptaan awal TAHUN PERTAMA ISLAM ....

misalkan pake kalender masehi nih... awal penanggalan adalah 1 Januari ..... gue cuman bikin JULI sbg awal penanggalan dan saya sebut HIJRIAH.... gitu doang ..!!


masalahnya sistem penanggalannya sama persis dengan kalender tiongkok... bahkan setiap terang bulan pasti jatuh tanggal 15.

jika ada 2 hal yang sama persis, yang lahir pada jaman yang berbeda, tidak pantaskah yang nongol belakangan disebut ngejiplak?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby tongtong » Wed Mar 14, 2007 6:07 pm

eh, kalender islam = kalender hijriah gak sih?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby feodor fathon FF » Wed Mar 14, 2007 6:10 pm

heh tong ...LO KAWIN kayak kakek buyut lo kawin .... BERARTI LO NGEJIPLAK KAKEK LO DONK !!...ha ha
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby tongtong » Thu Mar 15, 2007 10:11 am

feodor fathon FF wrote:heh tong ...LO KAWIN kayak kakek buyut lo kawin .... BERARTI LO NGEJIPLAK KAKEK LO DONK !!...ha ha


1100 tahun sebelum islam menetapkan kalendernya, orang tiongkok udah bikin kalender yang sama persis, kenapa misalnya ga sebutin aja hijrahnya mohammad adalah pada tanggal sekian, bulan sekian tahun 1100 kalender tiongkok? kenapa mesti tanggal 1 bulan 1 tahun 001 kalender islam?

misalnya aja kamu punya sebuah ciptaan yang sangat bersejarah, yang kamu temukan pada tanggal 15 maret 2007, jika kamu menggunakan tahun masehi (tahun tuhan/a d), maka kamu akan mengatakan :"saya menemukan sebuah ajaran baru yang begini dan begitu pada tanggal 15 maret 2007", kamu tak akan mengatakan :"saya menemukan ajaran baru yang begini dan begitu pada tanggal 1 bulan 1 tahun 001 kalender bodor", karena buat apa mesti membuat sebuah istilah untuk sesuatu yang sudah ada, dalam hal ini kenapa mesti menggunakan istilah kalender islam, padahal itu adalah kalender tiongkok, lagi pula ngejiplaknya khas mohammad, cuma sebagian2 aja, tidak seluruh kalender tiongkok dijiplak, dengan tujuan agar orang berpikir itu penemuan baru.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby feodor fathon FF » Thu Mar 15, 2007 10:33 am

BACA AJA INI YAH TONG !!

http://www.icc-jakarta.com/new/index.ph ... &Itemid=56

Tahun Hijrah

Periode kehidupan Nabi SAW yang berlangsung di Makkah seakan-akan merupakan periode yang statis, tak ada denyut sejarah kehidupan masyarakat. Kehidupan masyarakat waktu itu berlangsung bagaikan tanpa perubahan, mungkin hal ini disebabkan interaksi yang minim dengan dunia luar.

Ketika kebutuhan untuk menguatkan sistem administrasi kekhalifahan pada masa Umar bin Khatab dan kebutuhan untuk mempunyai kalender untuk menentukan tanggal yang pasti dipandang perlu, kemudian Khalifah Umar memerintahkan untuk menetapkan Hijrah sebagai dasar untuk penanggalan Islam. Shams al-Din Muhammad ibn ‘Abd al-Rahman al-Sakhawi (w.902) dalam I’lan bi’l-Tawbikh li-man dhamma ahl al-tawrikh meriwayatkan dengan detail asal-usul kalender Islam ini.

Sebuah laporan yang diotoriraskan kepada Ibn ‘Abbas menyatakan bahwa ketika Nabi SAW tiba di sana (Madinah) memang belum ada sistem kalender. Orang-orang baru menggunakan kalender sebulan satu atau dua bulan sesudah kedatangannya. Ini diteruskan sampai Nabi Muhammad meninggal. Kemudian penggunaan kalender berhenti pada masa Abu Bakar menjadi khalifah dan empat tahun pertama Khalifah Umar. Setelah itu, sistem kalender Islam diadakan lagi.

Khalifah Umar berkata, “Apa yang selama ini kita jalankan tanpa hari-hari yang pasti. bagaimana kita dapat memperbaiki ini?” Salah seorang dari al-Hurmuzan menjawab. Dia adalah seorang raja al-Ahwaz. Sesudah penangkapannya selama penaklukkan Persia, dia telah dibawa Umar manjadi Muslim. Dia berkata, “Orang Persia mempunyai metode perhitungan yang mereka sebut mahroz dan mereka menganggap berasal dari penguasa Sassanid. Kata mahroz dalam bahasa Arab menjadi mu’arrakh, yang berasal dari kata dasar ta’rikh. Dalam suatu kesempatan Umar bin Khatab berkata, “Berikan masyarakat sebuah penanggalan yang mereka dapat menggunakan dalam bisnis dan mereka mempunyai tanda-tanda yang pasti dalam menjalin kerjasama”. Seorang Yahudi yang baru masuk Islam yang hadir berkata, “Kami (orang Yahudi) mempunyai perhitungan penanggalan yang berasal dari masa Alexander.” Beberapa yang hadir menolak ide tersebut, karena itu terlalu jauh ke belakang. Dan beberapa orang yang lain mengusulkan untuk mengadopsi penanggalan Persia. Namun ide inipun ditolak karena penanggalan Persia tidak mempunyai ketentuan masa periode tahun yang pasti dan selalu berhubungan dengan tiap-tiap kenaikan seorang raja baru.

Akhirnya sebuah kesepakatan dicapai dengan menghitung kalender Islam yang dimulai dari hijrah Nabi SAW dari Makkah ke Madinah. Dalam hal ini tidak ada perbedaan pendapat mengenai tanggal Nabi SAW hijrah dan ini berbeda dengan tanggal kelahiran Nabi SAW yang mereka berbeda pendapat. Khalifah Umar memang tidak menetapkan standar kalender Islam dari kelahiran nabi Muhammad dan kematian Nabi SAW. Meskipun tanggal kematian Nabi SAW mempunyai ketentuan yang pasti, namun alangkah tidak etis jika peristiwa yang menyedihkan itu menjadi awalnya suatu era Islam.

Al-Suyuti dalam kitabnya, Ta’rikh al-Khulafa menuliskan satu riwayat yang berasal dari al-Musayyab bahwa Khalifah Umar telah menetapkan kalender Hijrah dalam administrasi sesudah dua setengah tahun menjadi khalifah atas nasehat Imam Ali dan ini menjadi praktis dilaksanakan mulai 16 H.

Hijrah itu sendiri juga berhubungan dengan keberhasilan agama Islam, datangnya utusan-utusan dari luar kota Makkah, dan bertambahnya kekuatan umat Islam. Hijrah juga merupakan peristiwa yang amat terkesan dalam peristiwa sejarah.

Kita sekarang mempertimbangkan apa yang Al-Quran katakan tentang perhitungan bulan dan tahun.

    “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).” (QS. 10:5)

    Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi,...” (QS. 9:36)


Dalam khutbah di hari Arafah Nabi berkata: ...”Wahai Manusia! Dan sesungguhnya zaman telah beredar dari hari Allah menciptakan seluruh langit dan bumi.”

Maksud ayat-ayat Al-Quran dan hadits ini adalah kita harus mengambil bulan untuk menjadi sumber kalender. Dan selanjutnya sistem kalender Islam adalah berdasarkan peredaran bulan (lunar). Sistem penanggalan ini dimulai pada masa Nabi, namun sebagai sistem yang teratur dimulai pada masa Khalifah Umar Ibn Khatab.

Kalender hijrah bukanlah sebuah sistem yang sentimental, tetapi merupakan sistem yang mempunyai kedalaman agama dan peristiwa sejarah yang penting. Hijrah merupakan pengorbanan untuk sebuah kebenaran atas wahyu. Hijrah merupakan perintah Ilahiah. Allah menginginkan manusia untuk memperjuangkan kebenaran. Dan tahun Islam mengingatkan kaum muslim bahwa pada setiap tahun bukan terhadap kemenangannya, tetapi akan banyaknya pengorbanan yang sama seperti yang telah dilakukan kaum Muhajirin dan Anshar itu.

Sitem kalender Islam mempunyai 12 bulan. Tahun kalender Islam adalah singkat hanya mempunyai 354 atau 355 hari, dan kalender berjalan cepat. Perjalanan dalan bahasa Arab adalah Hijrah, jadi sistem penanggalan Islam disebut Hijrah, atau dalam bahasa Inggris adalah Hegera – “AH” yakni Anno Hegirae. Sistem kalender ini merujuk pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad, yang tiba di Madinah tanggal 8 Rabiul Awal atau 20 September 622 M. Sedangkan hari pertama pada bulan Muharram tahun 1 hijrah, bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 M.

Bulan-bulan pada Kalender Islam:

Muharram (30)
Safar (29)
Rabiul Awal (30)
Rabiul Tsani (29)
Jumadil Ula (30)
Jumadil Tsaniyah (29)
Rajab (30)
Sya’ban (29)
Ramadhan (30)
Syawal (29)
Dzulqa’dah
Dzulhijjah (29/30)

Perhitungan kalender Islam adalah sederhana yakni dengan menambahkan beberapa hari agar sama dengan peredaran bulan. Ini dicapai dengan menambahkan 11 hari setiap 30 tahun –yakni pada tahun ke 2, 5, 7, 10, 13, 16, 18, 21, 24, 26 dan 29. Penambahan hari pada akhir tahun kalender, yakni pada bulan Dzulhijjah menjadi 30 hari. Pada tahun biasa ada 354 hari dalam setahun. Jadi selama 30 tahun ada 10620 + 11 = 10631 hari untuk satu periodik (30 tahun), atau rata-rata 29,53055556 hari untuk satu bulan. Sedangkan konsep minggu dalam penanggalan Islam diturunkan dari metode penyucian spiritual dan perubahan diri, yang nama hari terakhirnya adalah al-Jum’ah adalah dari Al-Quran. Hari-harinya merupakan serial yang dinamakan hari al-Sabt, hari al-Ahad, hari al-Itsnain, hari al-Tsulatsa, hari al-Arbi’ah, hari al-Khamis, dan hari al-Jum’ah. Sehingga ketika tiba hari Jumat umat Islam sudah dalam keadaan suci untuk merayakan shalat Jum’ah.

(Majalah Syi’ar Edisi Risalah Muharram 1423 H )
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby cristiano_ronaldo » Thu Mar 15, 2007 11:00 am

Sapa yg ngejiplak enak aja..
Katanya Al-quran menyempurnakan Alkitab..
Bukannya Alkitab dl yg nulis itu..

Gunakan otakmu dgn baik dan selalu gunakan logika untuk berpikir...
User avatar
cristiano_ronaldo
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 46
Joined: Tue Feb 27, 2007 11:23 am
Location: old trafford

Postby adheel » Thu Mar 15, 2007 11:03 am

tongtong wrote:
mykus wrote:mereka gak tau dong apa itu lunar apa itu solar hihihi


pakai bahasa indonesia saja...

hargailah bahasa indonesia dengan baik dan benar.


hahaha.. coba lu bilang tuh sama Rebeca, elu pasti ditabok.. :roll: :roll:

Image

:lol: :lol: :lol:
Rebeca wrote:loh, otak local elo!...bhs inggris itu pergaulan internasional!...di pesantren kumuh nggak diajarin yah?...KUPER elo!
User avatar
adheel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby tongtong » Thu Mar 15, 2007 11:42 am

ditabok rebecca?

emangnya rebecca islam gitu?

yang suka main tabok, main bakar kan muslim, bukan non muslim.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby adheel » Thu Mar 15, 2007 11:45 am

@ atas gue :
hahaha : Rasis banget..!!
User avatar
adheel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby tongtong » Thu Mar 15, 2007 11:45 am

feodor fathon FF wrote:
Perhitungan kalender Islam adalah sederhana yakni ....


ngapain pusing2 dengan hitungan kalender islam? saya sudah hafal dengan kalender tiongkok...

wong dalam hal tertentu itungan kalender islam sama persis dengan itungan kalender tiongkok kok, namanya juga jiplak.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

PreviousNext

Return to Pembelaan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users