. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Benarkah cobaan berasal dari Allah ?

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Benarkah cobaan berasal dari Allah ?

Postby ndramus » Wed Feb 21, 2007 1:42 pm

Sesungguhnya cobaan itu berasal dari mana ?

Al-Baqarah:155
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Benarkah Tuhan yang sesungguhnya mampu melihat kita sengsara, menderita dengan bebagai macam percobaan ?
apakah benar tugas Tuhan ( juga ) mencobai umat NYA ?

sesungguhnya, Lucifer malaikat yang sangat indah, bahkan dikatakan dia tinggal di Eden dan dia diciptakan dengan sangat indah, Malaikat yang diberikan posisi yang sangat dekat dengan Allah, pemuji dan penyembah Allah di gunung Allah yang kudus, bebas bergerak kemana-mana karena mendapatkan otoritas Allah yang tinggi, bahkan dikatakan sangat elok tingkah lakunya. Hal ini semua merupakan atribut dari Lucifer/setan. Tetapi begitu dia sombong, dia dijatuhkan oleh Allah dan dibuang ke dalam bumi ini, dan disimpan untuk dibinasakan dalam neraka nanti. Oleh karena itu, Iblis menjadi semakin iri kepada manusia yang dijadikan Allah sebagai ciptaan yang paling Agung, dan dia berusaha merusak manusia sebagai ujud protes dan membangkang pada Allah.

Karena kebenciannya kepada manusia yang notabenenya adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling disayangi sehingga membuat Lucifer menjadi geram
Al-Kahfi:050
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam [884], maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.

Maka tidak heran bila iblis/lucifer berupaya mencobai terus menerus kepada manusia supaya jatuh ke dalam genggamannya dan iblis akan terus berusaha mencari celah untuk masuk dan melumat kita.
artinya sekecil apapun iblis mendapatkan tempat dalam kehidupan kita, maka kita akan dihantam habis-habisan dan dibuat jauh dari Allah.
dan tugas iblis lah yang dapat berbuat seperti itu yaitu dengan memberikan cobaan kepada kita
akhir kata, cobaan bukan berasal dari Allah melainkan datang dari lucifer.

EFESUS 4 : 27
Eph 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.(Eph 4:27 Neither give place to the devil.)
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby sapujagad » Wed Feb 21, 2007 1:51 pm

menurut Islam, cobaan itu dari Auloh, bencana juga Auloh yang buat, bahkan Auloh juga menyesatkan manusia loh.... (silakan lihat topik Allah menyesatkan manusia?)

beda dengan konsep kristen
cobaan/penderitaan/kesengsaraan didunia ini dibuat oleh SETAN (karena SETAN memang sudah BERKUASA di bumi, bahkan sebelum Adam dan Hawa...) atas ijin Tuhan (ingat cerita tentang AYUB di Bible)
User avatar
sapujagad
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby ndramus » Wed Feb 21, 2007 2:01 pm

bisa diambil kesimpulan bahwa 100% auloh bukan Tuhan melainkan lucifer yang memang tugasnya menyesatkan dengan kemampuannya mencobai manusia
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby ferdyrkg » Wed Feb 21, 2007 2:53 pm

Apakah benar bahwa Auloh itu seneng nya coba-cobain umatnya... contohnya mungkin kesengsaraan, kemiskinan, kebodohan, yang notabene adalah bisa di hindari dengan belajar yang rajin/giat, berusaha sebaik mungkin tanpa menyakiti sesama, fisik atau pun perasaan, menunjukan kemampuan yang dapat di akui oleh orang di sekitarnya, lingkungan, atau yang lebih luas lagi. saya hanya percaya kalo kita melakukan semua itu dengan niat yang baik pasti hasilnya juga akan baik. Dan kalo nurutin kepuasan tidak akan ada habisnya baik dari sisi jahat maupun sisi baiknya. jadi manusia itu sendiri yang mengukurnya. Saya muslim yang tidak pernah tau apa yang saya yakini.. saya hanya menrima warisan dari orang tua saya... :shock: :P
ferdyrkg
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 75
Joined: Thu Feb 15, 2007 8:33 pm
Location: Indonesia

Postby Andromeda » Thu Feb 22, 2007 12:30 am

gimana gw bisa tau kalo elo mencintai gw kalo ga di tes dulu. apa gw harus percaya gitu aja dg rayuan gombal elo?
nah kasarnya seperti itu lah cobaan tuhan utk manusia.

sama aja seperti masuk PTN. elo perlu di tes dulu utk memastikan elo kualified utk PTN tsb. bukan cuma ngomong gw cukup jenius utk kuliah disana.
Andromeda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 117
Joined: Mon Mar 27, 2006 1:44 am

Postby yabedabedoo » Thu Feb 22, 2007 1:10 am

Andromeda wrote:gimana gw bisa tau kalo elo mencintai gw kalo ga di tes dulu. apa gw harus percaya gitu aja dg rayuan gombal elo?
nah kasarnya seperti itu lah cobaan tuhan utk manusia.

sama aja seperti masuk PTN. elo perlu di tes dulu utk memastikan elo kualified utk PTN tsb. bukan cuma ngomong gw cukup jenius utk kuliah disana.


sebenarnya .. bagi gue .. Tuhan mengetest .. supaya iman seseorang itu makin kental ... kalo tidak dingetest .. manusia selalu jadi lalai dan leka .. hehehehe
User avatar
yabedabedoo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 586
Joined: Fri Dec 22, 2006 1:11 pm

Postby curious » Thu Feb 22, 2007 4:08 am

berarti auloh tidak maha tahu. kalau memang maha tahu, pasti auloh sudah tahu seberapa besar iman ciptaannya, nggak usah ditest-test segala.

____________________
ISLAMIC PEARLS OF WISDOM
mungkin diubah, dipotong atau tidak diapa apain sama sekalicuma yang menyampaikan kan non muslim yang anti Islam jadi untuk amannya ya aku bilang palsu (Mualaf, 2006)
Bagi saya lebih baik berbohong untuk menegakkan Islam daripada membuat Muslim jadi Murtadz.... (warded, 2006)

Contoh ketauhidan dalam Islam: GOSOK GIGI. (Mualaf, 2006)
Muslim masih setia terus sama allahnya biar DITIPUIN juga.(SiBodoh,2006)
Membagi istri kepada sahabat menunjukkan akhlak mulia, kemurnian solidaritas yang tinggi, kemuliaan budi pekerti (kong na'if, 2006)
User avatar
curious
Translator
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby hunter » Thu Feb 22, 2007 4:43 am

cobaan bukan berasal dari ALLAH tapi berasal dari AULOH. Iblis itu hitam, ALLAH itu PUTIH sementara AULOH itu ABU - ABU. Kalau lagi mepet jadi PUTIH, tapi kalau lagi berjaya jadi hitam. Kalau lagi kejepit, AULOH berfirman : bertemanlah dengan orang lain, tapi kalau lagi berjaya : bertemanlah dengan sesamamu sendiri.

Atau logika sederhananya :

ALLAH = MEMBERI SUKA CITA
AULOH = MEMBERI COBAAN
IBLIS = MEMBERI DUKA CITA

Condong kemanakah AULOH ini?
Kalau memberi cobaan itu condong kearah duka cita, ya berarti AULOH condong kepada ...?
User avatar
hunter
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby Athan » Thu Feb 22, 2007 8:18 am

Sudah jelas tertulis:

Surat Santo Yakobus:

1:13 Apabila ada orang yang dicobai, janganlah ia berkata, "Aku dicobai Allah." Kejahatan tidak dapat mencobai Allah. Dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.

1:14 Setiap orang dicobai oleh keinginan jahat dari dia sendiri. Keinginan jahat seperti itulah yang menariknya dan memegangnya.

1:15 Keinginan itu menimbulkan dosa. Dosa itu makin lama makin besar lalu menyebabkan kematian.


1:17 Semua yang baik datang dari Allah. Dan setiap pemberian yang sempurna datang dari Dia. Pemberian yang baik itu turun dari Bapa yang menciptakan semua terang di langit, tetapi Ia tidak pernah berubah seperti terang itu. Ia tetap sama

Dalam iman saya diajarkan:

"The highest good, than which there is no higher, is God, and consequently He is unchangeable good, hence truly eternal and truly immortal. All other good things are only from Him, not of Him. For what is of Him, is Himself. And consequently if He alone is unchangeable, all things that He has made, because He has made them out of nothing, are changeable. For He is so omnipotent, that even out of nothing, that is out of what is absolutely non-existent, He is able to make good things both great and small, both celestial and terrestrial, both spiritual and corporeal. But because He is also just, He has not put those things that He has made out of nothing on an equality with that which He begat out of Himself. Because, therefore, no good things whether great or small, through whatever gradations of things, can exist except from God; but since every nature, so far as it is nature, is good, it follows that no nature can exist save from the most high and true God: because all things even not in the highest degree good, but related to the highest good, and again, because all good things, even those of most recent origin, which are far from the highest good, can have their existence only from the highest good. Therefore every spirit, though subject to change, and every corporeal entity, is from God, and all this, having been made, is nature. For every nature is either spirit or body. Unchangeable spirit is God, changeable spirit, having been made, is nature, but is better than body; but body is not spirit, unless when the wind, because it is invisible to us and yet its power is felt as something not inconsiderable, is in a certain sense called spirit"

Semoga bisa membantu..............

Salam,
Athan
Athan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1061
Joined: Mon Jul 03, 2006 10:40 am

Postby luv_nice » Thu Feb 22, 2007 10:22 am

Kembali pada pemahaman muslim:
Allah itu Maha Baik sekaligus Maha Jahat..positip ketemu negatif, hasilnya NOL BESAR
luv_nice
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 695
Joined: Tue Aug 15, 2006 11:08 am

Postby yabedabedoo » Thu Feb 22, 2007 10:37 am

curious wrote:berarti auloh tidak maha tahu. kalau memang maha tahu, pasti auloh sudah tahu seberapa besar iman ciptaannya, nggak usah ditest-test segala.


aduh .. susah betul ni non-muslim mengerti!
yg dingetest manusia .. supaya imannya jadi kental .. kalo tidak dingetest
manusia menjadi lalai dan leka ... so ngetest tu cuma mau manusia kembali sadar!
User avatar
yabedabedoo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 586
Joined: Fri Dec 22, 2006 1:11 pm

Postby luv_nice » Thu Feb 22, 2007 12:00 pm

Muter-muter ke topik lain yang relevan deh.
luv_nice
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 695
Joined: Tue Aug 15, 2006 11:08 am

Postby cahkangkung » Thu Feb 22, 2007 12:08 pm

yabedabedoo wrote:
curious wrote:berarti auloh tidak maha tahu. kalau memang maha tahu, pasti auloh sudah tahu seberapa besar iman ciptaannya, nggak usah ditest-test segala.


aduh .. susah betul ni non-muslim mengerti!
yg dingetest manusia .. supaya imannya jadi kental .. kalo tidak dingetest
manusia menjadi lalai dan leka ... so ngetest tu cuma mau manusia kembali sadar!


Kasian amir muslim2 di dunia ini,karena selama ini ampir ga ada yang naek kelas, kerjaannya ditest..test..test..test melulu tapi kagak lulus lulus (abis cobaan/test-nya yang berenti2 ampe mokatnya menderita).
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Postby tongtong » Thu Feb 22, 2007 12:45 pm

pantas orang indonesia dicobai terus.

kapan ga sengsaranya ya?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby ferdyrkg » Thu Feb 22, 2007 12:59 pm

Nyoba2...kayak mau beli sandal aja... kalo bali sandal pantes karena kita ngga tau pas apa ngga ama kaki kita. Tapi kalo Alloh kan ngga perlu ngerasain "pas apa ngga nih manuasia buat gua..... Muslim2 banyak terlena dgn kata "takdir" kalo sudah mengalami bencana baik bagi dirinya maupun orang lain... jadi yah..... tau sendiri..toh..
ferdyrkg
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 75
Joined: Thu Feb 15, 2007 8:33 pm
Location: Indonesia

Postby luv_nice » Thu Feb 22, 2007 2:47 pm

Kalau kita muetr2 di threat lain bakal sampai pada kesimpulan bahwa ajaran muslim (stidaknya yang diyakini oleh netter muslim ) :
Allah itu Maha Baik sekaligus Maha Jahat..
Dalam matematika - fisika , positip ketemu negatif, hasilnya NOL BESAR
luv_nice
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 695
Joined: Tue Aug 15, 2006 11:08 am

Postby ndramus » Thu Feb 22, 2007 3:57 pm

aduh .. susah betul ni non-muslim mengerti!
yg dingetest manusia .. supaya imannya jadi kental .. kalo tidak dingetest
manusia menjadi lalai dan leka ... so ngetest tu cuma mau manusia kembali sadar![/quote]

jgn kebanyakan liat sinetron hidayah deh

kita liat proposal pencobaan yang dilakukan iblis

Latar Belakang Iblis:
Karena Iblis iri dan tidak mau tunduk lagi kpd Allah

Tujuan utama Iblis :
-mencobai manusia supaya jatuh ke dalam dosa dan menjadi sekutu setan
-memacu manusia untuk pasrah dan berbuat dosa

Deskripsi umum
sasaran : seluruh umat manusia
periode pelaksanaan : dari awal sampai akhir jaman

Benefit
menjadi teman penghuni neraka
----------------------------------------------
Jadi teman2 sekalian, biarlah kita benar-benar tunduk, taat dan setia kepada Allah. Terus mendekat kepada Allah dengan cara menjaga hati kita agar terus beriman kepada Allah, tidak goyah, yakin sepenuhnya kepada kuasa Allah dan menjaga segala perbuatan kita untuk hanya melakukan semua kekudusan dan bukan kenajisan

dan jangan lagi menghitamkan kambing dengan bilang bahwa cobaan dari allah, bencana dari allah, allah murka dsb
allah memang maha kuasa, dia mampu memutar dunia, dia sanggup menghentikan peredaran bumi tapi dia TIDAK JAHAT
mana ada allah yang menginginkan ciptaannya terbunuh ?

dan unutk menjaga hati kita supaya kita tidak dicobai iblis, serahkan dirimu pada NYA. Biar dia menggenapi rencana2NYA dengan caranya sendiri. Jika kita tetap berteguh manakala iblis mencobai kita, maka yakinlah iblis pun akan jera. bentengi dirimu dari awal dengan iman
amien ?
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby yabedabedoo » Thu Feb 22, 2007 4:12 pm

luv_nice wrote:Allah itu Maha Baik sekaligus Maha Jahat..
Dalam matematika - fisika , positip ketemu negatif, hasilnya NOL BESAR


begitulah ajaran biblemu! tuhan memberi kutukan ke atas dosa (Maha Jahat)
kemudian dia bersandiwara pula mau menebus kutukan dosa itu (Maha Baik).
User avatar
yabedabedoo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 586
Joined: Fri Dec 22, 2006 1:11 pm

Postby yabedabedoo » Thu Feb 22, 2007 4:17 pm

ndramus wrote:jgn kebanyakan liat sinetron hidayah deh

kita liat proposal pencobaan yang dilakukan iblis

Latar Belakang Iblis:
Karena Iblis iri dan tidak mau tunduk lagi kpd Allah

Tujuan utama Iblis :
-mencobai manusia supaya jatuh ke dalam dosa dan menjadi sekutu setan
-memacu manusia untuk pasrah dan berbuat dosa

Deskripsi umum
sasaran : seluruh umat manusia
periode pelaksanaan : dari awal sampai akhir jaman

Benefit
menjadi teman penghuni neraka
----------------------------------------------
Jadi teman2 sekalian, biarlah kita benar-benar tunduk, taat dan setia kepada Allah. Terus mendekat kepada Allah dengan cara menjaga hati kita agar terus beriman kepada Allah, tidak goyah, yakin sepenuhnya kepada kuasa Allah dan menjaga segala perbuatan kita untuk hanya melakukan semua kekudusan dan bukan kenajisan

dan jangan lagi menghitamkan kambing dengan bilang bahwa cobaan dari allah, bencana dari allah, allah murka dsb
allah memang maha kuasa, dia mampu memutar dunia, dia sanggup menghentikan peredaran bumi tapi dia TIDAK JAHAT
mana ada allah yang menginginkan ciptaannya terbunuh ?

dan unutk menjaga hati kita supaya kita tidak dicobai iblis, serahkan dirimu pada NYA. Biar dia menggenapi rencana2NYA dengan caranya sendiri. Jika kita tetap berteguh manakala iblis mencobai kita, maka yakinlah iblis pun akan jera. bentengi dirimu dari awal dengan iman
amien ?



iblis, syaitan spt juga manusia ... senantiasa diberi kesempatan kembali ke jalan Allah ... tetapi bila mereka memilih utk engkar ... maka mereka menimpakan binasa ke atas diri masing2 ...

pahamkan betul2 ya ... Tuhan tidak berat sebelah dgn hanya menebus dosa manusia dan membiarkan iblis dan naga2 terus2an dlm kesesatan!
User avatar
yabedabedoo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 586
Joined: Fri Dec 22, 2006 1:11 pm

Postby ndramus » Thu Feb 22, 2007 4:32 pm

jadi menurut anda, iblis/setan dan sebangsanya layak juga masuk dalam surga ??
bila ada setan yang tidak lagi tersesat ( bertobat ), apakah km mau disejajarkan dgn nya ?

iblis dan sebangsanya adalah mahkluk terkutuk yang dibuang dan tidak mendapat tempat di bumi maupun disurga
hanya di neraka jahanam lah tempatnya
dan saya tidak mau 1 tempat dengannya karena saya bkn dari golongannya

2Ptr. 2:4
Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;

Mat 25:41
Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya

sdh jelas bhwa iblis tidak pernah mendapat tempat di surga.
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Next

Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users