. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Bantuan Internasional untuk Gempa Sumatra

Bantuan Internasional untuk Gempa Sumatra

Postby atheis_asli » Sat Oct 03, 2009 5:39 pm

Indonesia kembali berduka,gempa dahsyat melumat Sumatra Barat dan Jambi,ribuan korban berjatuhan dan membutuhkan uluran tangan dari sesama.

Kita bersyukur bahwa:Dunia Internasional tidak menutup mata atas penderitaan Indonesia dan berbondong-bondong memberikan bantuan...

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/ ... 76,id.html:

TEMPO Interaktif, Padang - Jumlah bantuan internasional dari sejumlah negara sudah mulai masuk untuk penangan bencana di Sumatera Barat.Jerman, Singapura dan Australia sudah menyatakan siap membantu penanganan tanggap darurat bencana.

"Tadi sore Kanselir Jerman Angela Merkel menelpon Presiden SBY untuk menyatakan turut bela sungkawa dan menawarkan bantuan dari Jerman," kata Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangen pada wartawan usai mendampingi presiden Kamis (1/9) malam.

Menanggapi tawaran dari Jerman itu, kata Andi, presiden menyampaikan ucapan terima kasih. Disepakati bahwa bantuan itu untuk bidang kesehatan dan akan dibicarakan lebih teknis antara Departemen Luar Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kedutaan Jerman di Jakarta. "Kalau ada bencana cukup besar maka pemerintah membuka kesempatan bantuan internaional," lanjut Andi

Selain Jerman, negara lain yang menyatakan siap membantu adalah Singapura dan Australia. Namun Andi menolak menyebutkan detail soal jumlah bantuan. "Detailnya bukan pada tingkat presiden. Nanti akan dibicarakan lebih lanjut,"

Terkait bantuan internasioal ini, presiden telah menginstruksikan instansi terkait untuk berkoordinasi. Contohnya seperti Departemen Luar Negeri dan Dirjen Imigrasi.

Panglima TNI Joko Santoso juga telah menunjuk Kepala Staf Operasional TNI untuk menangani bantuan kemanusiaan, termasuk dari dunia internasional. "Pejabat terkait diinstruksikan untuk langsung menuju ke Padang untuk penangan bencana," kata Andi.

Rencananya, presiden akan mengunjungi sejumlah lokasi bencana Jumat besok. Lokasi itu antara lain ke salah satu RS yang mengalami rusak parah, yaitu RSUD Jamil. Setelah itu presiden akan meninjau kabupaten Padang Pariaman.

Hinga berita ini dirurunkan, kota Padang masih gelap gulita. Jaringan listrik dan komunikasi belum berfungsi normal.



http://internasional.kompas.com/read/xm ... a.Sumatera:


Obama Berduka Cita, AS Bantu Korban Gempa

Jumat, 2 Oktober 2009 | 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah AS telah menyalurkan bantuan dana sebesar 300.000 dollar AS kepada Indonesia untuk mendukung proses penanggulangan bencana menyusul terjadinya gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter yang menimpa Provinsi Sumatera Barat pada Rabu (30/9).

Dana bantuan awal itu, menurut siaran pers Kedubes AS, di Jakarta, Jumat (2/10), akan digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan darurat yang paling mendesak, terutama dalam mendistribusikan bahan-bahan bantuan nonpangan.

Selanjutnya, dana sebesar 3 juta dollar AS juga telah dipersiapkan untuk kegiatan bantuan lanjutan, setelah seluruh kebutuhan bantuan dipastikan.

Sementara itu, Pemerintah AS juga mengirimkan Tim Bantuan Tanggap Darurat atau Disaster Assistance Response Team (DART) untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia. Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha Pemerintah Indonesia dan merupakan tanggapan terhadap pernyataan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono bahwa Indonesia akan menerima bantuan dari negara-negara sahabat dalam penanggulangan bencana ini.

Kedutaan Besar AS telah mengirimkan sebuah tim pendahulu dari Jakarta untuk memantau tingkat kerusakan dan kondisi warga AS yang berada di wilayah Padang.

Presiden AS Barack Obama, saat menyampaikan ungkapan belasungkawa atas korban di Sumatera Barat, di Washington, juga mengatakan bahwa, "Amerika Serikat selalu siap untuk membantu Indonesia pada masa sulit seperti ini.
"




http://www.detiknews.com/read/2009/10/0 ... tera-rp7-m:

Belanda Bantu Korban Gempa Sumatera Rp7 M
Eddi Santosa - detikNews

Den Haag - Pemerintah Belanda memberi bantuan EUR 0,5 juta atau Rp 7 miliar untuk korban gempa bumi di Sumatera Barat. Menteri Kerjasama Pembangunan Bert Koenders mengumumkan, Jumat.

Bantuan akan disalurkan melalui organisasi Palang Merah Indonesia (PMI). Dana sebesar itu diprioritaskan untuk kebutuhan darurat seperti tenda, selimut, sabun, perlengkapan memasak, sampai pembalut wanita.

Saat ini para ahli Belanda telah diterjunkan di lokasi bencana dalam tim PBB dan Uni Eropa (UE), yang selanjutnya bersama pemerintah setempat akan memetakan kebutuhan mendesak dan mengoordinasikan bantuan internasional.

Belanda sendiri saat ini sedang menghadapi resesi ekonomi berat dan pemerintahnya mendapat tekanan kuat agar memangkas bantuan ke negara-negara berkembang melalui kerjasama pembangunan
. (es/es)



http://www.sumeks.co.id/index.php?optio ... 6&Itemid=3:

Tim dan Swiss dan Jepang , PBB-Obama Kirim Bantuan

Hingga kini, kata Menkes, pihaknya masih menerima bantuan dari dalam maupun luar negeri. Contohnya, bantuan dari Jepang soal evakuasi korban. Disamping itu, pihak rumah sakit juga membutuhkan banyak antibiotik, anti tetanus, maupun gips untuk patah tulang terbuka. Menurutnya, saat ini cukup banyak korban yang masih terjebak. Karena itu, Depkes akan mengupayakan agar tim medis selalu siap.
Kepala Krisis Bencana Depkes Rustam S Pakaya menambahkan, ada 1.000 petugas medis yang dikerahkan untuk menangani korban. Terdiri dari spesialis orthopaedi, jantung, maupun penyakit dalam. Saat ini, pihak rumah sakit sudah mengoperasi 60 pasien.


Obama Janjikan Rp33 Miliar
Sejumlah negara telah mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Sumatera Barat. Misalnya,
Rusia mengirimkan dua pesawat berisi berbagai kebutuhan beserta dokter dan perawat untuk merawat korban.
Bantuan lain juga datang dari Australia, Inggris, Tiongkok, Jerman, Jepang, Uni Eropa, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Swiss, Denmark, dan AS. Selain membawa tim kesehatan dan penyelamat ke lokasi, negara-negara itu memberikan bantuan finansial. Meski belum menyebut angka secara persis, pejabat Indonesia menyatakan bahwa sumbangan tersebut mencapai jutaan dolar AS.
Sebanyak 20 petugas medis dan pakar logistik dari Estonia juga terbang ke Indonesia kemarin (2/10). Mereka akan bergabung dengan misi kemanusiaan lain untuk membantu para korban gempa. Tim dari negara bekas pecahan Uni Soviet tersebut terdiri atas perawat, ahli bedah, dan pakar anestesi. Fokus pada operasi pascatrauma, tim itu akan berada di Padang selama tiga pekan.
Itu tim medis kedua dari Estonia yang membantu korban bencana di Indonesia. Sebelumnya, Estonia mengirimkan tim penyelamat ke Aceh saat musibah gempa dan tsunami pada akhir 2004.
Presiden AS Barack Obama, yang menghabiskan masa kecilnya di Indonesia (Jakarta, red), juga telah menjanjikan bantuan untuk membantu recovery. AS menyiapkan bantuan US$3,3 juta (sekitar Rp33 miliar) untuk korban gempa di Sumatera Barat.
Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani menyatakan, pemerintah menyiapkan dana tanggap darurat bagi korban gempa Rp250 miliar. Dari jumlah itu, Rp100 miliar di antaranya telah dicairkan. Lantas, Rp150 miliar lainnya disiapkan sebagai cadangan.



http://www.pro3rri.com/index.php?option ... Itemid=110:

Simpati Internasional Untuk Bencana Gempa Sumbar Terus Berdatangan
Jumat, 02 Oktober 2009 06:34
fema-14Jakarta, Berbagai ucapan belasungkawa dan kiriman bala bantuan dunia internasional terus berdatangan ke Padang Sumatera Barat dan juga ke sejumlah negara pasifik selatan sebagai bentuk empati dunia internasional pasca gempa dan tsunami.

Pasca gempa berkekuatan 7.6 SR yang meluluhlantakkaan kota Padang Sumatera Barat hingga menelan ratusan korban jiwa telah mengundang keprihatinan mendalam dari kalangan dunia internasional.

Kemarin malam sebanyak 16 petugas pemadam kebakaran yang tergabung dalam Tim Bala Bantuan Jepang telah dikirim ke Padang untuk membantu tim sar Indonesia. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Kabinet Hirofumi Hirano kepada Japan Broadcasting World kemarin malam. Bala bantuan ini dikirim untuk memenuhi permintaan bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia. Rencananya 60 aparat kepolisian dan pemadam kebakaran juga akan dikirim pada Kamis mendatang beserta 23 dokter.


Selain itu pemerintah Kanada melalui Menteri Luar Negeri Kanada Lawrence Cannon menyatakan, belasungkawa dan keprihatinannya kepada seluruh korban gempa di Padang. Cannon menginformasikan para pejabat Kanada di Ottawa dan di Kedutaan Besar Kanada di Jakarta akan terus memonitor dampak gempa di Indonesia serta terus menjalin komunikasi dengan Indonesia.

Kemudian Lima pejabat Australia menurut Menlu Australia Stephen Smith akan bertolak ke Padang guna memberikan bantuan kepada 14 warga australia yang sedang berada di Padang serta membuka akses bantuan untuk Indonesia.

Selain Indonesia Bala bantuan internasional juga datang untuk para korban tsunami di Samoa pasifik selatan Dari laporan Voanews Badan Federal Penanganan Darurat AS (FEMA) telah mengirimkan tim Bala bantuan kemarin. Hal itu disampaikan juru bicara FEMA Veronica Verde di California.

"Kami juga sangat berusaha untuk membantu para korban yang selamat untuk mempertahankan mereka agar tetap hidup. Jadi salah satu hal yang sedang kita upayakan adalah memastikan bahwa kita harus mendapatkan sumber kehidupan, makanan, air, dipan, tenda, tenda kit, kompor, lentera dan terpal untuk atap", kata Veronica.


Semoga bantuan yang datang dapat meringankan penderitaan para korban gempa...
Kita harap juga supaya Pemerintah RI TIDAK MENOLAK bantuan dari arab/Timur-Tengah,sebab sejauh ini banyak yang berprasangka buruk bahwa jangan2 Pemerintah RI menolak bantuan dari negara2 kaya petro-dollar :arab dan dunia islam nya.
atheis_asli
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 70
Joined: Fri Oct 02, 2009 11:25 pm

Re: Bantuan Internasional untuk Gempa Sumatra

Postby DHS » Sat Oct 03, 2009 6:23 pm

atheis_asli wrote:Semoga bantuan yang datang dapat meringankan penderitaan para korban gempa...
Kita harap juga supaya Pemerintah RI TIDAK MENOLAK bantuan dari arab/Timur-Tengah,sebab sejauh ini banyak yang berprasangka buruk bahwa jangan2 Pemerintah RI menolak bantuan dari negara2 kaya petro-dollar :arab dan dunia islam nya.

Yang ini gw pengen ngakak..... sindiran getir!

Mana nih Saudi Arabia yang tiap taon kebanjiran duit naik-turun haji Indonesia?
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4377
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Postby up1234go » Sun Oct 04, 2009 1:51 pm

Belanda sendiri saat ini sedang menghadapi resesi ekonomi berat dan pemerintahnya mendapat tekanan kuat agar memangkas bantuan ke negara-negara berkembang melalui kerjasama pembangunan. (es/es)


Waduh! organisasi kalian sebaiknya untuk negara kafir saja!

hi...hi...hi

Buang-buang duit tauk!

Muslim disini lagi nunggu bantuan dari saudara se "ukhuwah islamiyah" mereka lho! Kalaupun mereka menerima bantuan kalian, itupun dianggap jizyah dari kaum dhimmi.

Pikir-pikir dulu deh!

Malah yang paling parah lagi... bantuan kalian itu dimonitoring terus oleh LSM2 islam seperti "KOALISI ANTI HUTANG"...

Apakah kalian nantinya tepat janji memberikan bantuan 100%? Kalau nggak tepat janji, kalian nanti diolok-olok sebagai bangsa yang tidak "islami".
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: Bantuan Internasional untuk Gempa Sumatra

Postby walet » Sun Oct 04, 2009 3:52 pm

Dari awal sampai sekarang saya kok gak melihat orang Arab korek2 gedung untuk menolong orang yang terkubur ya?
Adanya orang2 kulit putih yang pasti jijai sama Islam.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5952
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am


Return to Lain-Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users