. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby kurangkerjaan » Tue Sep 29, 2009 2:12 pm

Thomas Felix wrote:you are what you're eat

BABI tuh binatang yg diciptakan untuk membedakan mana orang yg berpikir dengan orang yang **** alias bebal..........


Ini adalah penyalahgunaan istilah "you are what you eat". Banyak org menggunakan istilah ini ketika membicarakan metode2 diet yang sehat karena memang skrg ini banyak org2 yg banyak makan 'makanan sampah' yg tidak sehat, bukan soal daging babi itu haram/tidak. Hanya orang **** yang tidak bisa berpikirlah yg parno sama babi krn mereka tidak mampu menemukan cara mengolah daging babi dgn benar & sehat #-o ,
kurangkerjaan
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 350
Joined: Wed Apr 02, 2008 3:55 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby Yehuda » Tue Sep 29, 2009 2:26 pm

Mari mengolah babi dengan baik...

Peace...

=D>
User avatar
Yehuda
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3047
Joined: Fri Jan 18, 2008 8:07 pm
Location: Depok

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby Sangut » Sun Oct 04, 2009 8:35 am

Thomas Felix wrote:you are what you're eat
BABI tuh binatang yg diciptakan untuk membedakan mana orang yg berpikir dengan orang yang **** alias bebal...........


Sampe saat ini ak sendiri masih tetap bingung, haram it buatan manusia ato apa. Secara gt kita sebagai mahluk tertinggi di bumi yang di lahirkan memiliki budi pekerti yang tinggi. Tuhan juga sudah menggariskan ato memberikan apa yang nantinya tahu dari manusia it sendiri, apakah pantas atau tidak dimakan. Masalah babi membawa penyakit sekarang tergantung kita memandang dari sudut mana. Skrg kebetulan daging babi yang memang terdapat penyakit lantas di katakan kalau babi sumber penyakit. Setuju ama nyang diatas, seperti lele yang makan kotoran apakah tidak dikatakan haram. Haram sendiri yang ada kebanyakan hanya pendapat dari segelintir orang yang mengatasnamakan agama. It semua dijadikan kedok untuk meng-halalkan segala cara. Saya inget pada teman kristiani yang sependapat dengan saya. Tuhan it hanya mengharamkan orang yang membunuh binatang untuk hal yang tidak berguna. Asalkan it memang berguna semisal untuk dimakan, tidak masalah kalaupun anjing di bunuh untuk dimakan. Dari beberapa sumber, secara binatang tersebut dimakan dan memberikan manfaat kepada manusia, maka hewan tersebut malah berterima kasih, dan mereka merasa bangga dan kelak dapat menaikkan derajat reinkarnasinya karena telah membantu manusia.

Sebuah tambahan pertanyaan jika makan:????
Babi = sifat babi adalah pemalas oke... fine
Anjing = suka berkelahi, pemarah... lantas ????

Kita makan ayam.. apakah ada yang tahu sifat ayam????
Ayam = memiliki sifat rakus, tamak. Boleh di lihat jika segerombolan ayam kita beri makan, mereka akan saling berebutan untuk menyantap. Apakah kalian ingin umat kalian rakus seperti ayam???
Kambing = tau sendiri kenapa ada istilah "dikambing hitamkan" [-X [-X belum ada kan istilah di "babi hitamkan", maukah kalian di kambing hitamkan =D>

Jika seperti itu tidak ada yang akan menjadi pemenang dalam kasus ini, kembali ke ahlak seseorang, janganlah mendeskritkan sebuah minoritas diatas mayoritas.


:-({|= :-({|=
Sangut
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Sun Oct 04, 2009 7:32 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sun Oct 04, 2009 9:05 am

gw yakin muslim2 ini kalo di sodorin pecel lele ga ada yg nolak, padahal lele doyan makan tahi... :rofl:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4405
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby ag8882 » Thu Oct 08, 2009 10:32 pm

babi banyak manfaatnya, seperti halnya semua ciptaan Tuhan adalah bermanfaat.

saya seorang muslim dan saya akan mengunakan sedikit dari kitab umat muslim yaitu Al-Quran
berkenaan dengan Babi/ makanan yang diharamkan lainnya disamping menyajikan sebuah tulisan ilmiah berikut.

Selama ini masalah makanan yang jadi sumber penelitian para ahli gizi maupun para dokter, yang diperhatikan hanya masalah jumlah, jenis kandungan nutrien, vitamin, mineral dan kalorinya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang jasmani, khususnya tumbuh kembang otak, sebagai pusat kecerdasan analitik. Padahal tidak kalah pentingnya masalah energi dan rasa makanan yang dimakan oleh seseorang.
Membicarakan rasa makanan tidak hanya menyangkut selera tetapi yang terpenting adalah kandungan "energi biologis" dan "energi psikis" yang terkandung di dalam makanan tersebut yang berhubungan dengan halal atau haramnya makanan.

dimana ada rasa, disitu ada hawa (energi)

"makanlah makanan yang baik-baik dan halal (QS;16:144)"

Makanan yang baik menyangkut hawa biologis yang baik sehingga menimbulkan perilaku yang baik, makanan yang halal menyangkut hawa psikis yang benar sehingga timbul amal yang benar.

Contoh yang agak dalam pengertiannya mengapa daging babi dan darah, haram (mutlak tidak bisa ditawar), berbagai argumentasi telah dikemukakan para ulama dan cendekiawan muslim namun belum ada yang memuaskan.

"diharamkan bagimu memakan bangkai, darah, daging babi, daging hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah,...(QS;5:3)"

Kita amati sifat babi, kita lihat satu sifatnya saja, kalau lari segala macam ditabrak, segala cara dihalalkan yang penting sampai tujuan (machiavelis). Sifat babi tersebut akan terpolakan didalam gen ditingkat selularnya, yang akan ditranskripsi dan ditranslasikan didalam metabolisme lemaknya, yang terkandung didalam dagingnya dan dimakan oleh manusia.

Daging akan diolah (dimasak), sehingga kalau alasan telur atau cacing pita yang selama ini dianut sudah kurang tepat, sebab kalau dimasak cacing akan mati. Yang menjadi masalah adalah kandungan lemak yang termakan melalui hidangan. Kalau hanya melihat lemak dari rumus kimianya terdiri dari atom C, H dan O, tidak ada masalah, tetapi dari energi dan rasa yang terkandung di dalam lemak daging babi, bagaimanapun cara memasaknya tetap akan termakan.
Sekarang kita lihat hakikat energi dan rasa yang terkandung dalam daging babi yang dimakan oleh manusia. Energi dan rasa adalah utusan dari nyawa (babi), dalam lemak babi terkandung energi (hawa) biologis (babi) dengan kadar yang tinggi (9 kalori/mg), sehingga sifat dan energi biologis babi yang dimakan.
Hawa (babi) ini akan mentransduksi "nafsu" (Kita) sehingga akan menimbulkan "hawa nafsu" (babi), selanjutnya akan ditransduksikan ke otak sehingga menimbulkan tingkah laku (babi) tadi. Kalau makan daging babi terus berulang, berarti tingkah laku (babi) akan berulang terus, lama2 akan menjadi kebiasaan yang pada gilirannya akan membudaya dan akan terpolakan pada gen karma (fenotipe).
Kalau seorang ibu makan makanan yang haram, maka "hawa"nya akan masuk ketubuh janin melalui peredaran darah, akan menembus barier dari plasenta selanjutnya akan masuk peredaran darah janin dan akan dimetabolisme, akan disimpan di kalbu sebagai cadangan yang akan mentranduksi perilaku janin kelak kalau lahir dan akan mempengaruhi amal dan tingkah lakunya (amal dantingkah laku babi). Demikian juga halnya sifat orang yang kebiasaan makan daging anjing.

Selanjutnya kita lihat transportasi (metabolisme) dari makanan yang dimakan oleh binatang, yang dagingnya kita makan. Makan setelah melalui proses pencernaan di usus akan diserap oleh vili usus untuk masuk ke peredaran darah, sari2 makanan yang terdapat di dalam darah berupa zat dasarnya yaitu karbohidrat berupa disacharida atau monosacharida, protein dalam bentuk asam amino dan lemak dalam bentuk emulsi dan asam-asam lemak dengan rantai pendek atau panjang. semua nurien ini mengandung hawa, yang dibutuhkan oleh nafsunya binatang. jadi hakikatnya di dalam darah binatang terkandung "hawa-hawa" yang pada gilirannya kalau darah ini dimakan oleh manusia akan ikut termakan hawa-hawa binatang atau sifat-sifat dari binatang (hawa binatang). Maka jelaslah mengapa darah juga diharamkan.

Disamping pengaruh hawa-biologis, diharamkanNya daging babi dan darah, merupakan beban laranganNya yang harus dipatuhi karena menyangkut masalah energi psikis yang akan menentukan amal yang akan manifes pada masa pubertas, demikian pula cara menyembelih binatang harus atas namaNya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
:turban:
ag8882
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Fri Oct 02, 2009 11:50 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby ag8882 » Thu Oct 08, 2009 10:47 pm

Sangut wrote:
Kita makan ayam.. apakah ada yang tahu sifat ayam????
Ayam = memiliki sifat rakus, tamak. Boleh di lihat jika segerombolan ayam kita beri makan, mereka akan saling berebutan untuk menyantap. Apakah kalian ingin umat kalian rakus seperti ayam???
Kambing = tau sendiri kenapa ada istilah "dikambing hitamkan" [-X [-X belum ada kan istilah di "babi hitamkan", maukah kalian di kambing hitamkan =D>

:-({|= :-({|=


sepertinya semua binatang sama perilakunya bila diberi makan, semuanya akan saling berebutan/ kompetitif, begitu pula manusia dan makhluk lainnya, sudah ada sifat dasar kompetitif pada makhluk hidup yang memiliki "nafs".
lalu istilah dikambing hitamkan, memang kenapa istilah itu bisa muncul?
:-k
ag8882
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Fri Oct 02, 2009 11:50 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby duren » Thu Oct 08, 2009 11:32 pm

ag8882 wrote:Selanjutnya kita lihat transportasi (metabolisme) dari makanan yang dimakan oleh binatang, yang dagingnya kita makan. Makan setelah melalui proses pencernaan di usus akan diserap oleh vili usus untuk masuk ke peredaran darah, sari2 makanan yang terdapat di dalam darah berupa zat dasarnya yaitu karbohidrat berupa disacharida atau monosacharida, protein dalam bentuk asam amino dan lemak dalam bentuk emulsi dan asam-asam lemak dengan rantai pendek atau panjang. semua nurien ini mengandung hawa, yang dibutuhkan oleh nafsunya binatang. jadi hakikatnya di dalam darah binatang terkandung "hawa-hawa" yang pada gilirannya kalau darah ini dimakan oleh manusia akan ikut termakan hawa-hawa binatang atau sifat-sifat dari binatang (hawa binatang). Maka jelaslah mengapa darah juga diharamkan.
:turban:

Muhammad gak makan darah kambing bandot , cuma daging nya doang
lha kenapa sifat-sifat jadi bandot ?
Sifat binatang (hawa binatang) kambing bandot ikut nurun sama umatnya yg juga gak makan darah bandot
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10807
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby Prophet_alexa » Wed Oct 21, 2009 10:56 am

Sampai sekarang masih gak habis fikir kok BABI diharamkan .... Ada apa dengan BABI ????

Makan ****? Lele juga ...
Mengandung cacing? Sapi juga ...
Kolesterol tinggi? Kepiting juga ...
Gak punya leher? Kerang juga ...
Sifatnya jorok? Kerbau juga ...

Jadi .. apa sih alasannya???
Prophet_alexa
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 51
Joined: Wed Aug 12, 2009 11:35 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Wed Oct 21, 2009 11:23 am

http://news.okezone.com/read/20[list=]09/07/24/1/241536/vaksin-maningitis-hanya-untuk-jamah-haji-wajib[/list]
News

Vaksin Maningitis Hanya untuk Jamah Haji Wajib
Jum'at, 24 Juli 2009 - 07:23 wib
text TEXT SIZE :
Share
K. Yudha Wirakusuma - Okezone

JAKARTA - Dengan alasan darurat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya membolehkan penggunaan vaksin maningitis yang mengandung unsur babi untuk jamaah haji Indonesia. Pembolehan ini pun hanya diberikan kepada jamaah haji wajib, yakni jamaah yang baru pertama kali menunaikan haji.

"Karena darurat tidak ada pilihan lagi, ya kita harus menggunakan vaksin," ujar Ketua majelis Fatwa MUI, KH Ma'ruf Amin saat berbincang dengan okezone telepon, Jumat (24/7/2009).

Langkah itu diambil, lanjut Ma'ruf, karena pihak pemerinta Arab Saudi enggan menampung jemaah haji asal Indonesia yang tidak menggunakan vaksin ini. "Hanya untuk jemaah haji yang baru kali pertama malakukan ibadah haji yang disuntikan," jelasnya.

Alhasil bagi jemaah haji yang sudah dua atau tiga kali melalukan ziarah ke tanah suci, harus menunda perjalanan ibadah mereka. "Kalau yang haji lebih dari satu kali, atau pertama kali tapi tidak mau disuntik yang mending tidak usah berangkat karena berisiko," jelasnya.

Ma'ruf mengaku, penggunakan vaksin ini sudah berlangsung sejak 2006 lalu dan MUI baru mengetahui keharaman ini sebelum musim haji 2009. "Dan sekarang kita telah menyepakati ini bersama dengan pemerintah," pungkasnya.

(ded)

:rofl: :rolling: :rolling:

dah buka mata loe slim? sadar ga klo owohmu tuh buat aturan yang gak nalar and terbelakang? dah tau banyak gunanya diharamkan \:D/

tuh sono pergi haji sambil disuntikin barang haram niscahya sholat anda selama haji tidak diterima owoh Swt sang pembenci babi dan anjeng :turban:
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Wed Oct 21, 2009 11:34 am

@ag882

energy rasa energy rasa ngomong apa sih? tulisanloe tuh gak ada ilmiahnya sama skali mana hasil risetnya? mana data pendukung? mana link referensi atas dasar ilmu yang kamu koarkan disini? tong kosong nyaring bunyinya ah loe \:D/

sudah siapkah anda naek haji dengan vaksin babi?
:finga:
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby GeekyLady » Wed Oct 21, 2009 9:57 pm

Satu lagi bukti momed nabi palsu... Darah ular bisa sebagai obat asma, tuh? Diharamin, yak???
GeekyLady
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 101
Joined: Sun Oct 11, 2009 8:29 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby ag8882 » Thu Oct 22, 2009 8:19 pm

AkalSehat wrote:@ag882

energy rasa energy rasa ngomong apa sih? tulisanloe tuh gak ada ilmiahnya sama skali mana hasil risetnya? mana data pendukung? mana link referensi atas dasar ilmu yang kamu koarkan disini? tong kosong nyaring bunyinya ah loe \:D/

sudah siapkah anda naek haji dengan vaksin babi?
:finga:


reff: Energy Sensoric Psycho Integration, "Tenaga Dalam"
Penulisnya seorang dokter

silakan cari sendiri

saya beri juga percuma, orang seperti anda mah gakan ngerti, udah kebanyakan makan babi sih [-X
ag8882
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Fri Oct 02, 2009 11:50 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Fri Oct 23, 2009 2:50 am

ag8882 wrote:
reff: Energy Sensoric Psycho Integration, "Tenaga Dalam"
Penulisnya seorang dokter

silakan cari sendiri

saya beri juga percuma, orang seperti anda mah gakan ngerti, udah kebanyakan makan babi sih [-X



ah ciri khas muslim ilmu abal" diandalin mana???? ilmiah ga??? diakuin dunia ga??? omong doank lo tong

TUH BACA SIAPKAH ANDA NAEK HAJI DENGAN DISUNTIK BARANG HARAM? BUKA MATAMU!!!!

memang islam sudah menggerogoti otakmu :rolling:
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Mon Oct 26, 2009 5:29 am

kloter berangkat haji sudah dimulai dan sudah disuntik enzym babi semua apakah sholatnya masih diterima di mekkah sono? \:D/
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Mon Oct 26, 2009 3:21 pm

mana ini slimer"? udah sadarkah anda bahwa owoh anda begitu tidak rasional :-"
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Tue Oct 27, 2009 3:16 am

kok gada muslim yang naggapi lagi? tanya kenapa.... :-k
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby Rashidi » Sun Nov 01, 2009 8:40 pm

ini artikel dari dunia kesehatan yg mengatakan bahwa mengkonsumsi lemak babi, lebih baik dari pada yg diperikirakan selama ini.

link: http://www.thehealthierlife.co.uk/natur ... 00298.html


yg ini dari temen gw, dia bilang dulu dia pernah menderita borok / luka yg tidak sembuh-sembuh,
sampai akhirnya dia ketemu seorang dokter, dan dokter tersebut tanya: apa dia (temen gw tsb) muslim?
kalo bukan, kata dokter itu, coba gunakan lemak babi, di oleskan di bagian borok-borok tersebut.
temen gw ikutin nasehat itu, dan akhirnya bisa sembuh.

gw mau cari refensinya soal yg satu ini.
User avatar
Rashidi
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1222
Joined: Wed Sep 14, 2005 10:15 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby AkalSehat » Sun Nov 01, 2009 9:28 pm

hajar_memeq_aswad wrote:lagi pada diem-diem nyobain babi \:D/

gue denger babi kalo ngak salah ada kolagen, kolagen adalah salah satu membuat awet muda. CMIIW

memang para muslim gak suka awet muda sukanya awet gila :rolling:

btw avatarmu hardcore sekali bro...
AkalSehat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 805
Joined: Wed Sep 02, 2009 1:09 am

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby duren » Sun Nov 01, 2009 10:16 pm

Kalau dah pernah menikmati daging babi ...Hmm gak bakal lupa seumur hidup
Entah kenapa lezatnya itu nempel dalam ingatan
Bohong kalau ada mualaf gak ingat dengan gurihnya daging babi
Setidaknya ada 4 orang mualaf yang qw kenal satu chinese dan tiga suku tapanuli
Mereka selalu setia menikmati makanan lezat ini, malah gw baru makan sepotong dia dah tiga potong :lol:
Selesai makan biasanya wajahnya kelihatan lega seolah olah dendamnya terlampiaskan huaahhhh ...

Mualaf yang gak makan babi biasanya terbentur masalah sikon , banyak spy di kanan kiri yang siap mengganyang
Dalam jangka panjang hal ini berakibat fatal , biasanya mualaf yang mengalami hal ini akan berkurang daya fikir dan kecerdasannya anjok , bawaanyapun oneng mulu :vom:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10807
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Babi Haram..., Kenapa Sih?? Babi Tuh Banyak Gunanya

Postby oscar wibawa » Fri Nov 06, 2009 1:19 pm

rame juga ya orang2 yang NGRASANI babi, padahal babinya aja nyante...

begini, pada intinya Tuhan itu maha pengasih, tentu semua sepakat.
tentunya semua perintah dan larangan dari Tuhan bertujuan baik untuk makhlukNya.
kalo bicara haram, segala yang diharamkan pasti ada unsur yang sangat berbahaya bagi manusia.
manusia kan sudah dikaruniai akal pikiran untuk mencari jawabannya sendiri.
toh sudah ada yang membahas mengenai babi sebelum ini. ya benar seperti itulah babi kalo dikaji secara ilmiah.

tapi, yang namanya ciptaan Tuhan mesti ya ada manfaatnya. artinya bukan berarti babi diharamkan lalu berarti tidak berguna sama sekali. ya manfaatnya banyak banget cuma tidak untuk dikonsumsi. seperti halnya berbagai jenis jamur, kan ada yang boleh dimakan ada yang tidak, karena mengandung racun. tapi jamur yang beracun bukan berarti harus diberantas, biarkan saja tumbuh, karena ada manfatnya bagi alam. begitu juga babi.

kalo dalam konteks ajaran, dalam qur'an memang disebutkan seperti itu. kalo dalam kitabnya saudara kita yang menganut kristen, dalam perjanjian lama ada ayat yang melarang memakan babi, kalo ga salah dalam kitab ulangan, kalo salah ya maaf saya ga hafal.

dari ini semua, marilah kita berterima kasih kepada Tuhan yang menciptakan kita, bahwa kita diberi kesempatan yang sangat luas untuk menggunakan akal pikiran kita. Tuhan tidak pernah mendominasi pikiran kita dengan menjelaskan segala sesuatu dengan detail, tapi cukup garis besarnya saja
oscar wibawa
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Mon Aug 20, 2007 12:02 pm

PreviousNext

Return to KOLOM BABI, hewan dll tata cara makan dan pantangan Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users