. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

ask : tentang ayat alquran dan hadist

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby abdulraharja » Wed Mar 10, 2010 4:43 pm

pertama2 maaf kalau pernah dibahas


1. Hadits Shahih Muslim 127 dan Shahih Bukhari 1090

"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).



dan hubungannya dengan ayat ini :

Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)


apa maksd hadist dan ayat alquran tersebut ?
bukankah seorang hakim yang memberi keputusan ?

klo menurut hadist tersebut : yang akan menjadi hakim adalah ibnu maryam (Isa Almasih)
tapi menurut ayat alquran tersebut : Tuhanlah yg akam memberi keputusan antara kita dengan benar (pemberi keputusan = hakim, bukan ?)
pertanyaanya :
1. yang bener isi hadist apa isi alquran tersebut ?
2. apa keduanya benar ?

bikin bingung dah, sebenernya yg mau jadi hakim/yg memberi keputusan itu Isa Almasih atau Tuhan ?
atau apakah isa almasih itu Tuhan ?
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby umpu kakah » Wed Mar 10, 2010 6:20 pm

ikut bingung ah... :rolleyes:
User avatar
umpu kakah
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1174
Joined: Sun Apr 12, 2009 11:58 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby ekasaputra » Wed Mar 10, 2010 6:58 pm

umpu kakah wrote:ikut bingung ah... :rolleyes:




NAMANYA JOEGA....ALQURAN.KITAB YANG DITOEROENKAN DARI LANGIT............SOEDAH PASTI SEMPOERNA..DONK....
AKOE MEMANG BINGOENK JOEGA...TAPI AKOE BEROESAHA OENTOEK MENGHIBOER DIRI SOEPAYA TIDAK TERLALOE BINGOENK..DEH... :rock:
ekasaputra
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 38
Joined: Mon Nov 30, 2009 5:26 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby kebenaran_kekal » Thu Mar 11, 2010 10:35 pm

abdulraharja wrote:pertama2 maaf kalau pernah dibahas


1. Hadits Shahih Muslim 127 dan Shahih Bukhari 1090

"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).



dan hubungannya dengan ayat ini :

Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)


apa maksd hadist dan ayat alquran tersebut ?
bukankah seorang hakim yang memberi keputusan ?

klo menurut hadist tersebut : yang akan menjadi hakim adalah ibnu maryam (Isa Almasih)
tapi menurut ayat alquran tersebut : Tuhanlah yg akam memberi keputusan antara kita dengan benar (pemberi keputusan = hakim, bukan ?)
pertanyaanya :
1. yang bener isi hadist apa isi alquran tersebut ?
2. apa keduanya benar ?

bikin bingung dah, sebenernya yg mau jadi hakim/yg memberi keputusan itu Isa Almasih atau Tuhan ?
atau apakah isa almasih itu Tuhan ?


An-Nisa : 82

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. :turban:
kebenaran_kekal
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Mon Nov 23, 2009 9:10 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby MasTom » Sat Mar 13, 2010 11:05 am

abdulraharja wrote:...

klo menurut hadist tersebut : yang akan menjadi hakim adalah ibnu maryam (Isa Almasih)
tapi menurut ayat alquran tersebut : Tuhanlah yg akam memberi keputusan antara kita dengan benar (pemberi keputusan = hakim, bukan ?)
pertanyaanya :
1. yang bener isi hadist apa isi alquran tersebut ?
2. apa keduanya benar ?

bikin bingung dah, sebenernya yg mau jadi hakim/yg memberi keputusan itu Isa Almasih atau Tuhan ?
atau apakah isa almasih itu Tuhan ?


kebenaran_kekal wrote:An-Nisa : 82

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. :turban:



mmmmm .....apa maksud sampiyan
qur'an pasti bukan dari sisi Allah
:green: :green: :green:
MasTom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2551
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby abdulraharja » Sun Mar 14, 2010 4:02 am

kebenaran_kekal wrote:
An-Nisa : 82

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. :turban:


mksdnya ?
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby umpu kakah » Sun Mar 14, 2010 11:31 am

kebenaran_kekal wrote:
An-Nisa : 82

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. :turban:


abdulraharja wrote:mksdnya ?

maksudnya, kalau koran asalnya bukan dr awloh sdh pasti kita bisa menemukan banyak sekali pertentangan di koran itu!sehingga bila kita menemukan banyak sekali kesalahan atau pertentangan antar ayat didalam kuran itu, maka koran tentulah bukan dr Tuhan!
:green:
User avatar
umpu kakah
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1174
Joined: Sun Apr 12, 2009 11:58 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby aeromods » Tue Mar 23, 2010 9:44 am

@abdulraharja:
pertama2 maaf kalau pernah dibahas


1. Hadits Shahih Muslim 127 dan Shahih Bukhari 1090

"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).



dan hubungannya dengan ayat ini :

Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)


apa maksd hadist dan ayat alquran tersebut ?
bukankah seorang hakim yang memberi keputusan ?

klo menurut hadist tersebut : yang akan menjadi hakim adalah ibnu maryam (Isa Almasih)
tapi menurut ayat alquran tersebut : Tuhanlah yg akam memberi keputusan antara kita dengan benar (pemberi keputusan = hakim, bukan ?)
pertanyaanya :
1. yang bener isi hadist apa isi alquran tersebut ?
2. apa keduanya benar ?

bikin bingung dah, sebenernya yg mau jadi hakim/yg memberi keputusan itu Isa Almasih atau Tuhan ?
atau apakah isa almasih itu Tuhan ?

Hadits di atas menceritakan peristiwa di dunia sebelum terjadi kiamat, di mana Nabi Isa akan diturunkan kembali untuk menjadi hakim yg adil di tengah-tengah manusia.
Sedangkan Quran 34:26 menceritakan kejadian setelah kiamat dan seluruh manusia dibangkitkan ke hadapan Tuhan.

Sifat adil Isa terbatas di dunia sebagaimana juga kita dapati di dunia ini masih ada Hakim-hakim / aparat pengadilan yang masih menerapkan keadilan dalam mengambil keputusan dan tidak berat sebelah.
Namun sifat adil Tuhan adalah di atas segalanya, sebagaimana disebut di Quran 34:26 "Dialah MAHA Pemberi Keputusan / He is The Just Judge".

Jadi keduanya (hadits dan ayat Quran) membicarakan peristiwa yg berbeda dan keduanya benar.

Sedangkan Isa bukanlah Tuhan. Sebagaimana pengakuan Isa sendiri:
Quran Surat Maryan 19:30
"Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi"
User avatar
aeromods
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Tue Jul 21, 2009 9:24 am

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby abdulraharja » Tue Mar 23, 2010 11:55 am

aeromods wrote:Hadits di atas menceritakan peristiwa di dunia sebelum terjadi kiamat, di mana Nabi Isa akan diturunkan kembali untuk menjadi hakim yg adil di tengah-tengah manusia.
Sedangkan Quran 34:26 menceritakan kejadian setelah kiamat dan seluruh manusia dibangkitkan ke hadapan Tuhan.

Sifat adil Isa terbatas di dunia sebagaimana juga kita dapati di dunia ini masih ada Hakim-hakim / aparat pengadilan yang masih menerapkan keadilan dalam mengambil keputusan dan tidak berat sebelah.

taqqiyah model apa lagi ini...

1. sebelum terjadi kiamat ? isa akan diturunkan kembali menjadi hakim yang adil.
hakim yang model apa ? hakim yang bagaimana ? hakim2/aparat pengadilan? apa terdakwa dihukum saat itu juga ?

2. setelah kiamat ? sekrang giliran Allah yang menghakimi lagi ?
(Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui")

jadi menurut anda, kita 2 (dua) kali diadili ? lalu pengadilan pertama untuk apa ? pengadilian ke dua untuk apa ?
apa klo gitu gunanya hakim yang pertama ? mubhazir !

kata anda :
Sifat adil Isa terbatas di dunia sebagaimana juga kita dapati di dunia ini masih ada Hakim-hakim / aparat pengadilan yang masih menerapkan keadilan dalam mengambil keputusan dan tidak berat sebelah.

anda sama-kan penghakiman isa dengan hakim2/aparat pengadilan didunia. WTF.

lalu pertanyaan nya terakhir adalah : apa yang mendasari anda mengeluarkan statment diatas ? apakah bisa dipertanggungjawabkan ? apa ada bukti dr alquran klo ada 2 kali pengadilan ? sedangkan hadist dan ayat alquran diatas sama sekali tidak menjelaskan sesudah atau sebelum kiamat.
penafsiran anda sendirikah ????????

mohon dijawab dengan terperinci. dan masuk akal.
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby aeromods » Tue Mar 23, 2010 2:00 pm

@abdulraharja:
taqqiyah model apa lagi ini...

Bukan taqiyyah. Tapi mencoba menjawab pertanyaan anda. Sebelumnya anda bertanya kan?

1. sebelum terjadi kiamat ? isa akan diturunkan kembali menjadi hakim yang adil.
hakim yang model apa ? hakim yang bagaimana ? hakim2/aparat pengadilan? apa terdakwa dihukum saat itu juga ?

anda juga berkata:
kata anda :
Sifat adil Isa terbatas di dunia sebagaimana juga kita dapati di dunia ini masih ada Hakim-hakim / aparat pengadilan yang masih menerapkan keadilan dalam mengambil keputusan dan tidak berat sebelah.

anda sama-kan penghakiman isa dengan hakim2/aparat pengadilan didunia. WTF.

Saya tidak bermaksud menyamakan penghakiman Isa dengan hakim2 lain di dunia. Yang ingin saya tekankan di sini adalah bahwa sifat "hakim yang adil" yang tertinggi adalah milik Tuhan / Allah saja. Sifat Adil bagi Allah ini mencakup di dunia dan akhirat. Sedangkan penghakiman Isa hanyalah di dunia, di akhirat Isa tidak berhak mengadili manusia.
Sedangkan penyebutan Isa akan diturunkan ke dunia dan menjadi hakim yang adil, maksudnya adalah Isa akan menampakkan yg benar adalah benar dan yg salah adalah salah (termasuk kesalahan persepsi orang Nasrani yg mengatakan Isa anak Tuhan).
Berdasarkan dalil-dalil berikut:
Al Quran 4:157-158
dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah [378]", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.
Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat 'Isa kepada- Nya [*]. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
[*]Ayat ini adalah sebagai bantahan terhadap anggapan orang- orang Yahudi, bahwa mereka telah membunuh Nabi 'Isa

Dan juga hadits yg telah anda muat:
"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

2. setelah kiamat ? sekrang giliran Allah yang menghakimi lagi ?
(Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui")

jadi menurut anda, kita 2 (dua) kali diadili ? lalu pengadilan pertama untuk apa ? pengadilian ke dua untuk apa ?
apa klo gitu gunanya hakim yang pertama ? mubhazir !

Seperti yg telah saya sebutkan di atas, bahwa Isa akan menampakkan yg benar adalah benar dan yg salah adalah salah. Beliau akan meluruskan kesalahan ajaran umat Yahudi dan Nasrani. Sehingga tidak tersisa orang Yahudi dan Nasrani kecuali akan mengimani Isa sebagai Rasul, bukan anak Tuhan. Sebagaimana disebutkan:
Al Quran 4:159
Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya ('Isa) sebelum kematiannya . Dan di hari kiamat nanti 'Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

Jadi turunnya Isa di dunia menjadi hakim yg adil adalah untuk menunjukkan kebenaran. Sedangkan pembalasan sesungguhnya atas setiap dosa manusia di akhirat adalah hak Allah semata, dan setiap dosa akan dibalas kecuali bagi siapa saja yg diampuni-Nya. Jadi tidak ada yg mubadzir.


NB: oiya, saya kurang suka dengan penyebutan 3 huruf makian anda. Ini justru menunjukkan kekurangan anda dalam beretika.
User avatar
aeromods
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Tue Jul 21, 2009 9:24 am

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby JANGAN GITU AH » Tue Mar 23, 2010 6:32 pm

#-o #-o #-o

Oooalaaahhhh gustiiiii....! kok ffi berubah jadi ajang membahas isa sih?????
Ntar kalo Isa datang (katanya sih?) momed pasti lari terbirit-birit, kencing dicelana....oh iya, katanya orang arab ntu pake jubah doang tanpa cd ya? :green: berarti salah dong, kalo momed kencing celana, wah...iya kalo gitu kencing jubah dong??/ :lol:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5193
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby abdulraharja » Tue Mar 23, 2010 8:11 pm

aeromods wrote:Saya tidak bermaksud menyamakan penghakiman Isa dengan hakim2 lain di dunia. Yang ingin saya tekankan di sini adalah bahwa sifat "hakim yang adil" yang tertinggi adalah milik Tuhan / Allah saja. Sifat Adil bagi Allah ini mencakup di dunia dan akhirat. Sedangkan penghakiman Isa hanyalah di dunia, di akhirat Isa tidak berhak mengadili manusia.
Sedangkan penyebutan Isa akan diturunkan ke dunia dan menjadi hakim yang adil, maksudnya adalah Isa akan menampakkan yg benar adalah benar dan yg salah adalah salah (termasuk kesalahan persepsi orang Nasrani yg mengatakan Isa anak Tuhan).


pertama tau definisi hakim itu apa ?
coba jelaskan definisi hakim menurut anda.
sebenernya dr yg saya bold diatas fungsi Isa itu hakim apa saksi saja ?
sedangkan dalam hadist itu sang nabi bilang klo isa itu hakim.
apakah nabimu tidak tau fungsi hakim itu apa ?
dibold pertama anda bilang isa itu hakim (walopun didunia)
tp yg bold dibawah fungsi isa beda lagi. (hanya menampakkan yg benar dan salah)
tau definisi hakim kan om ?

apa beliau kurang mengerti kitab sebelumnya ? (beliau pernah baca gk yah ? oo iy denger2 buta huruf)
dikitab yg sebelumnya sangat jelas : menghakimi orang hidup dan mati.
apa beliau kurang mengerti apa itu trinitas jadi absurb antara isa dan allah ?
jadi absurb pula arti penghakiman akhir zaman itu.
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby aeromods » Mon Mar 29, 2010 4:35 pm

qqqq...
baiklah,untuk menjelaskan kpd anda tampaknya harus butuh kesabaran nih.

Pertama,alQuran dan hadits menggunakan redaksi bahasa Arab, maka kita pahami kata ini dalam bahasa arab yaitu hakam/hakim.
Kata ini bisa bermakna 2 :
1. Secara bahasa bermakna "yang bijaksana". Ini makna yg bersifat umum.
2. Secara istilah bermakna "yang memutuskan perkara". Ini makna yg bersifat khusus.
(jika anda kurang yakin anda dapat menanyakan pada orang yg menguasai bhs. arab)

Dalam hadits ini kemungkinan makna hakim adalah yg memutuskan perkara, karena toh sejak dahulu Isa memang sudah bersifat bijaksana. Dan sifat hakim yg adil adalah menampakkan yg benar adl benar dan yg salah adl salah.

apa beliau kurang mengerti kitab sebelumnya ? (beliau pernah baca gk yah ? oo iy denger2 buta huruf)


jadi absurb pula arti penghakiman akhir zaman itu.
Ya, memang Rasul terakhir Muhammad tidak bisa baca dan tulis.
dikitab yg sebelumnya sangat jelas : menghakimi orang hidup dan mati.
apa beliau kurang mengerti apa itu trinitas jadi absurb antara isa dan allah ?

Itu kan kata kitab sebelumnya yg mayoritas adalah karangan manusia. Cukuplah kontradiksi di banyak tempat sebagai bukti.
User avatar
aeromods
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Tue Jul 21, 2009 9:24 am

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby abdulraharja » Tue Mar 30, 2010 1:07 am

pertama makasih untuk kesabarannya

aeromods wrote:qqqq...
baiklah,untuk menjelaskan kpd anda tampaknya harus butuh kesabaran nih.

Pertama,alQuran dan hadits menggunakan redaksi bahasa Arab, maka kita pahami kata ini dalam bahasa arab yaitu hakam/hakim.
Kata ini bisa bermakna 2 :
1. Secara bahasa bermakna "yang bijaksana". Ini makna yg bersifat umum.
2. Secara istilah bermakna "yang memutuskan perkara". Ini makna yg bersifat khusus.
(jika anda kurang yakin anda dapat menanyakan pada orang yg menguasai bhs. arab)

Dalam hadits ini kemungkinan makna hakim adalah yg memutuskan perkara, karena toh sejak dahulu Isa memang sudah bersifat bijaksana. Dan sifat hakim yg adil adalah menampakkan yg benar adl benar dan yg salah adl salah.


"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).

sip, jadi makna hakim di hadist diatas adalah memutuskan perkara. karna yg memutuskan perkara memang harus bijaksana dan adil, yg benar dibilang benar yang salah dibilang salah.

lalu...

Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian [b]Dia memberi keputusan antara kita dengan benar[/b].Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)

lalu fungsi Tuhan yang memberikan keputusan disitu apa ?
klo makna hadist yg diatas = memutuskan perkara. seperti kata anda
lalu di ayat diatas Tuhan jg memberi keputusan. memberi keputusan sama atau beda dengan memutuskan ?
ayat diatas tidak menggunakan kata hakim tp langsung makna yg bersifat khusus (memberi keputusan)

jadi.....




aeromods wrote:Itu kan kata kitab sebelumnya yg mayoritas adalah karangan manusia.

alquran datang langsung berbentuk buku/kitab ?
atau nabi ketika datang wahyu langsung menulis dalam bentuk buku ?
apa seperti injil orang nasrani yg ditulis/karang oleh murid2?
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby aeromods » Tue Mar 30, 2010 5:05 pm

"Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang pun lagi bersedia menerima pemberian." (HR. Muslim No. 127).

"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).

sip, jadi makna hakim di hadist diatas adalah memutuskan perkara. karna yg memutuskan perkara memang harus bijaksana dan adil, yg benar dibilang benar yang salah dibilang salah.

lalu...

Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)

lalu fungsi Tuhan yang memberikan keputusan disitu apa ?
klo makna hadist yg diatas = memutuskan perkara. seperti kata anda
lalu di ayat diatas Tuhan jg memberi keputusan. memberi keputusan sama atau beda dengan memutuskan ?
ayat diatas tidak menggunakan kata hakim tp langsung makna yg bersifat khusus (memberi keputusan)

Tuhan akan memberi keputusan di 34:26 maksudnya adalah keputusan di akhirat, yaitu saat semua manusia telah mati dan dibangkitkan. Di situ disebutkan "Tuhan kita mengumpulkan kita semua". Dan hanya Tuhan-lah satu-satunya yg berhak memberi keputusan di akhirat nanti. Siapa yg berhak masuk surga dan siapa yg masuk neraka.

Sedangkan Isa sebagai "hakim yg adil" hanya terbatas kelak ketika dia diturunkan lagi ke dunia hingga kematiannya.

Jadi dua hal tersebut sangat berbeda dari segi waktu (Isa : hanya sesaat di dunia - Allah : sebagai pemberi keputusan di alam akhirat, atas perbuatan semua manusia dari Adam hingga manusia terakhir) dan dari segi kekuasaan (Isa : hanya memutuskan perkara2 tertentu di kala itu terutama berkaitan kesalahan anggapan manusia atas dirinya yg dianggap anak Tuhan - Allah : memutuskan semua perkara dari yg besar hingga yg kecil).

alquran datang langsung berbentuk buku/kitab ?
atau nabi ketika datang wahyu langsung menulis dalam bentuk buku ?
apa seperti injil orang nasrani yg ditulis/karang oleh murid2?

AlQuran tidak langsung berbentuk buku seperti saat ini. Namun melalui proses sampai dikumpulkan menjadi satu buku.
AlQuran diturunkan per bagian-bagian (beberapa ayat). Lalu ayat-ayat ini setelah dihafal Rasulullah Muhammad, diajarkan kepada sahabat2 dan keluarganya dan untuk dihafal dan dituliskan pada kulit binatang/batu/tulang/kulit kayu/lembaran lain (ingat, Muhammad tidak bisa baca dan tulis). Lalu turun bagian/ayat2 lain dan prosesnya seperti itu juga dan di antara mereka juga mengajarkan satu sama lain. Hingga turun ayat terakhir dan selang kemudian Rasulullah meninggal.
Penyatuan ayat2 Quran hingga satu buku baru dilaksanakan pada masa pengganti Rasulullah yaitu khalifah Abu Bakr.

Jadi berbeda dengan proses penyusunan Injil.
User avatar
aeromods
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Tue Jul 21, 2009 9:24 am

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby CRESCENT-STAR » Tue Mar 30, 2010 5:07 pm

raja wrote:"Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah saw. bersabda: "Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya. Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam (Isa Almasih) menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang menerima." (HR. Bukhari No. 1090).

dari haditsnya saja sudah jelas ini di dunia,
1. turun kepada kamu (kita semua manusia di bumi)
2. ada salib (masa di akhirat ada salib yg dipatahkan ?)
3. ada babi (masa di akhirat ada babi ?)
4. ada pajak (pajak apa di akhirat ?)


sedangkan ayat Quran bicara hari kebangkitan di akhirat dimana manusia dikumpulkan,
Katakanlah:"Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar.Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (QS. 34:26)
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby JANGAN GITU AH » Wed Mar 31, 2010 1:46 pm

CS wrote:dari haditsnya saja sudah jelas ini di dunia,
1. turun kepada kamu (kita semua manusia di bumi)
2. ada salib (masa di akhirat ada salib yg dipatahkan ?)
3. ada babi (masa di akhirat ada babi ?)
4. ada pajak (pajak apa di akhirat ?)

Ya, ya, ya...apa sih yang gak dikatakan Muhammad?

Pertanyaannya, bilakah itu terjadi ? 2000 thn lagi, 5000 thn lagi, 100,000 thn lagi, atau pada hari kiamat? kok tak ada penjelasannya?

Pertanyaan kedua, bagaimana posisi dan fungsi Muhammad ketika itu terjadi? sebagai Raja, atau apa? kok gak ada penjelasannya?
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5193
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby CRESCENT-STAR » Wed Mar 31, 2010 3:42 pm

saya kira bahasan kita terbatas bung JGA. ini pendekatannya BAHASA atau penelitian tekstual.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: ask : tentang ayat alquran dan hadist

Postby JANGAN GITU AH » Fri Apr 02, 2010 11:58 am

CRESCENT-STAR wrote:saya kira bahasan kita terbatas bung JGA. ini pendekatannya BAHASA atau penelitian tekstual.


lho...kok tak jelas begini ? maksud anda apa sih ? :-k
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5193
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan


Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users