. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Arti Kata ISLAM = Salam = damai ?

Download Tulisan2 Penting tentang Islam; Website, referensi buku, artikel, latar belakang dll yang menyangkut Islam (Sunni) & Syariah.

Arti Kata ISLAM = Salam = damai ?

Postby ali5196 » Mon Apr 03, 2006 5:02 am

http://www.annaqed.com/english/is/islam ... _word.html

"Islam", the Meaning of the Name.
Bassam Darwich - Oct. 1994

Cara Muslim memperkenalkan Islam pada orang2 yang mudah dikelabui adalah dgn mengatakan bahwa arti nama Islam adalah “damai”. Ini karena kata Islam hampir sama dgn kata “Salam”.

Mereka yg tidak mengerti bahasa Arab lalu mempercayainya. Tapi mereka yg mengerti bahasa Arab dan mengerti inti ajaran Islam sebenarnya tidak semudah itu dikelabui. Islam dan Salam adalah dua kata yang tidak memiliki persamaan apapun, baik dalam nama maupun substansi.

Kata “Islam”, yg berarti `tunduk', berasal dari kata infinitif Salama. Kata "Salam", yg berarti `damai', berasal dari kata kerja Salima yg berarti ‘diselamatkan atau selamat dari bahaya'. Salah satu arti kata infinitif Salama juga berarti `gigitan ular' atau `pembersihan kulit binatang/the tanning of the leather'. Jadi kalau kata “Islam” memang ada hubungannya dgn kata “Salam”, yi ‘ Damai', apakah ini juga berarti bahwa “Islam” juga berhubungan dgn `gigitan ular' atau `pembersihan kulit'?

Muhamad sering mengirimkan surat kepada raja2 dan para pemimpin negara2 dan suku tetangga, mengundang mereka agar menyerahkan diri pada kekuasaannya dan percaya bahwa ia rasul Allah. Ia selalu mengakhirir surat2nya dgn kata2: "Aslem, Taslam!" Walaupun kedua kata ini berasal dari kata infinitive yg sama, yi Salama, akar kata Salam yi. `Damai', keduanya tidak mengandung arti `damai' tetapi `menyerah dan kau akan selamat', dgn kata lain, `menyerah atau hadapi kematian'. Jadi, dimana arti kata `Damai' dari sebuah agama yg mengancam akan membunuh siapapun yg menolak menyerahkan diri padanya ?

Dilain pihak, Qur'an,Hadith dan Sirat Rasulullah, penuh dgn bukti bahwa kalau bukan karena kekerasan, Islam tidak mungkin eksis dan selamat sampai sekarang. Contoh bagus adalah Peperangan Al-Riddah, i.e. `perang melawan para murtad', yg dimulai segera setelah kematian Muhamad. Suku2 yg dipaksa memeluk Islam dan lega dgn kematian sang pemimpin yg ditakuti itu, kemudian mulai memberontak dan satu per satu mulai menolak membayar jizyah yg dipaksakan para pengikut Muhamad.
Menanggapi revolusi ini, kalif pertama, Abu-Bakr, memerintahkan tentaranya utk melawan para murtad itu. Perang ini sampai memakan waktu 2 thn utk memaksakan suku2 ini kembali masuk Islam. Peperangan ini tidak hanya diperintahkan oleh kalif pertama, tetapi juga oleh Allah dan "rasulNya" Muhamad. Qur'an jelas mengatakan bahwa mereka yg meninggalkan Islam harus dihukum mati: But if they turn renegades seize them and slay them wherever ye find them and (in any case) take no friends or helpers from their ranks. (Al-Nisaa 4:89)." (tetapi jika mereka menolak, tangkap mereka dan BUNUH mereka dimanapun kalian menemukan mereka dan jangan mengambil teman atau pembantu dari golongan mereka.)

Muhamad juga mengatakan, spt diriwayahkan oleh Al-Bukhari, "If somebody - a Muslim - discards his religion, kill him." (Jika seseorang –Muslim- meninggalkan agamanya, BUNUH IA.)

Qur'an tidak hanya memerintahkan pembunuhan terhdp mereka yg murtad, tetapi terhdp semua bangsa yg menolak Islam, kecuali mereka setuju utk membayar pajak Jizya. Kalau tidak, mereka akan diancam mati :
"Fight those who believe not in Allah nor the last day, nor hold that forbidden which hath been forbidden by Allah and his apostle nor acknowledge the religion of truth of the people of the Book (the Jews and the Christians) until they pay the Jizya with willing submission and feel themselves subdued." (At-Tauba 9:29) And in the same Sura, verse 5, the Qur'an also states: "Fight and slay the pagans wherever ye find them and seize them, beleaguer them, and lie in wait for them in every stratagem ..."

Nah, sulit dipercaya bahwa agama macam ini adalah agama damai, bukan ?//

Image
Lihatlah kedamaian yg terpancar dari wajah seorang pemeluk agama damai ! :lol: :lol:
Last edited by ali5196 on Fri Nov 17, 2006 7:54 pm, edited 3 times in total.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Wed Nov 08, 2006 12:00 am

ISLAM AGAMA DAMAI ?

http://capmag.com/article.asp?id=1237

Dlm bukunya "Metodology Hukum Islam", pakar Islam, Muhammad al-Amin, menjelaskan bahwa "TUHAN SUDAH MENJELASKAN KDP KAMI BAHWA TERLEBIH DAHULU KAMI HARUS MENYERUKAN BAGI DITERIMANYA ISLAM, SETELAH ITU BARU MENYATAKAN PERANG."

Menurut tradisi Islam yg dijelaskan oleh pakar Arab di al-Azhar, majalah yg sangat populer di dunia Muslim, "JIHAD adalah nilai2 Arab, kewajiban suci."

"Buku Negara Islam," yg ditulis th 1953 oleh pakar Muslim, Taqiy al-Din al-Nabahan, juga sangat jelas akan tuntutan Islam bagi agresi dan penjajahan: "Kebijkakan luar negeri negara2 Islam haruslah membawa missi Islam kpd dunia dgn cara perang suci. Prose ini telah dibentuk selama berabad2 dari jamannya nabi ... Proses ini belum pernah dirubah sama sekali."

Dlm "Yurisprudensi Biografi Muhamad," yg ditulis Muhammad Sa'id al-Buti, salah seorang pakar paling terkemuka dlm dunia Islam, "... memerangi mereka yg mendengar pesan itu tetapi dgn sombong menolaknya ... sudah menjadi keputusan hukum, menurut Muslim dijaman manapun sampai hari Kiamat !" Ia juga mengatakan bahwa "Tujuan Perang Suci adalah pemujaan perintah2 Allah, konstruksi masyarakat Islam dan pembentukan umat Allah di Bumi ini TERLEPAS DARI CARANYA."

Kehidupan Muhammad dan sejarah Islam menaruh Quran pada konteksnya dan menegaskan kembali pandangan2 pakar2 diatas tsb.

Muhamad sendiri memerintahkan kpd pengikutnya: "Undangan (utk memeluk Islam) dulu. Setelah mereka menolak, baru perang."

Bagi mereka yg baru masuk Islam, Muhammad menjelaskan: "Kalau kalian tidak menerima Islam, saya akan memenggal kepala kalian
dan melemparkannya ke kaki kalian !"

Rakyat pertama yg menderita pemaksaan Islam ini adalah rakyat Arab sendiri. Ketika merkea berontak melawan Islam setelah matinya Muhamad, Abu Bakar dgn kejamnya memaksakan mereka kembali kedalam Islam.

Al-Ghazali, pakar Muslim abad 12 dan mendapat julukan "hoggat al-Islam" (rock of Islam), menjelaskan alasan penggunaan kekerasan: "Spt juga teologi skolastik terbiasa dgn orang2 yg berpikir ttg kebenaran, pedang digunakan terhdp kafir setelah menjelaskan mereka ttg kebenaran ..."

Faktanya adalah bahwa "Islam" tidak berarti damai. Secara leterlek, "Islam" berarti menyerah. Menyerah kpd Allah--lewat undangan atau dgn pedang.
Last edited by ali5196 on Sat Nov 25, 2006 7:15 am, edited 2 times in total.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Sat Nov 25, 2006 6:57 am

Apa kata Muslim sendiri ?
http://www.jihadwatch.org/

Discover Islam ( http://revuse.wetpaint.com/page/Discover%20Islam ) adalah situs Muslim yg menunjukkan salah faham Muslim ttg Islam.
Contoh, banyak yg mengira bahwa kata 'Islam' berarti 'DAMAI' atau
"Upaya mencapai kedamaian." Islam berarti "submisi" atau "menyerah."

Menurut the Muslim Student Association di USC dlm daftar "10 KesalahPahaman ttg Islam":

Salah Paham 1: Islam adalah 'agama damai' karena : kata Islam dlm bhs Arab berasal dari kata "Al-Sallam" yg berarti damai.

Penjelasan:
Akar kata Islam adalah "al-silm" yg berarti "submisi" atau "menyerah." Artinya "menyerah kpd Allah." Apapun maksud mulia Muslimin, mereka salah dlm mengartikan kata Islam. Kata Islam bukan berasal dari kata yg berarti damai ...

Akar kata kedua dari Islam bisa saja "Al-Salaam" (damai), namun teks
Qur'an sendiri menjelaskan bahwa Allah jelas menginginkan fokus dari cara hidup ini sbg penyerahan diri terhadapNya.

Ketiga penerjemah Qur'an dlm bahasa Inggris (yg bisa dilihat dlm situs the USC Muslim Student Association), Abdullah Yusuf Ali, Marmaduke Mohammad Pickthall, and M. H. Shakir, kesemuanya adalah Muslim.

Dlm situs USC ini, mudah saja meriset semua ayat yg mengandung kata "Islam." Hasil riset itu akan menunjukkan bahwa kadang penerjemah memilih utk tidak menerjemahkan kata 'Islam' kedlm bahasa INggris, tapi sering juga mereka melakukannya. Dan mereka menerjemahkan kata Islam bukan sbg 'damai', tetapi sbg "submisi" atau "menyerah."

Contoh, dlm ayat 3.85, Shakir menulis, "Dan barang siapa yg menginginkan agama lain selain Islam, ini tidak akan diterima darinya ..."

Tapi Pickthall tidak menggunakan kata Islam melainkan "Menyerah (kpd Allah)."

Yusuf Ali menulis "Islam (menyerah kpd Allah)." Contoh2 lain bisa ditemukan dlm ayat2 43.69, 46.15, and 2.132.
Last edited by ali5196 on Sat Nov 25, 2006 7:03 pm, edited 1 time in total.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Tue May 20, 2008 6:15 pm

ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm


Return to Resource Center: Hal2 PENTING ttg Islam (Sunni)



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users