. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Seluk beluk ttg hak/kewajiban wanita, pernikahan, waris, bentuk2 pelecehan hak2 wanita dlm Islam dll.

Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby Duladi » Thu Jul 16, 2009 11:10 am

Dari Sdr Dulilah
di: http://indonesia.faithfreedom.org/forum/adrianus-duladi-islam-itu-benar-t33118/page260.html#p502092

QS 4:20
Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain, sedang kamu telah memberikan kepada seseorang di antara mereka harta yang banyak, maka janganlah kamu mengambil kembali dari padanya barang sedikitpun. Apakah kamu akan mengambilnya kembali dengan jalan tuduhan yang dusta dan dengan (menanggung) dosa yang nyata ?


Penjelasan dari Tafsir Ibn Kathir (Juz 4 hal. 262):
Image

Perhatikan yg digaris-bawahi warna merah diatas. Ayat diatas turun ketika Ibnu 'Abbas bertanya kpd sang nabi ttg keinginannya mengambil perempuan lain dan berniat meminta maharnya yg dulu.

Seandainya pihak laki2 yg benar dan perempuan istrinya di pihak yg minggat atau berkhianatpun, tidak mengurangi makna bahwa SUBYEKnya selalu laki2 dan OBYEKnya perempuan. Sang lelaki yg leluasa berkehendak mencari perempuan lain dan oyeknya adalah KEMALUAN perempuan dgn mengorbankan isterinya sendiri!
Apalagi kalau sang isteri tidak punya salah apapun (tidak mandul, tidak berkhianat, tidak minggat, belum mati, whatever), si suami tetap DIBENARKAN mengambil perempuan lain asal tidak menarik kembali maharnya.

Ayat ini sangat jelas menegakkan Nafsu syahwat laki2 dan menafikkan ikatan perkawinan antar 1 laki2 dan 1 perempuan sebagaimana manusia dulu pertama diciptakan.

Dan satu lagi, melalui ayat ini pula Ibn Kathir dgn lugas mendifinisikan bahwa MAHAR memang dibayar untuk sebuah harga kemaluan perempuan! Sang nabi sendiri bersabda demikian.
Ayat ini lalu sangat berkaitan dgn ayat2 lanjutannya, yg berujung pada QS 4:24, dimana MAHAR dijadikan kwitansi pembayaran kemaluan perempuan dalam kawin Mu'tah dan tidak boleh diminta kembali.

Meskipun terdapat hadith yg sudah melarang nikah Mut'ah , namun rekonstruksi ttg MAHAR melalui ayat2 diatas tidak dapat menyembunyikan maksud sebenarnya dari Sang Obyek, yakni KEMALUAN perempuan!

Mari mulai sekarang kita pikirkan kembali arti dari suatu MAS KAWIN dalam hati kita masing2.

Wassalam,

DULILAH.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby walet » Fri Jul 17, 2009 2:09 am

Hore ada kuliah baru dari Professor Duladi,
Saya janji gak akan bobo prof, saya akan baca baik.
Muslim jangan berisik, kuliah sedang dimulai.

Hehehee.... pertama....
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby al amin » Fri Jul 17, 2009 3:35 am

Saya kataken, saya jg termasuk salah satu fans dari pak Dul....
Yg senantiasa ada sudut pandang prinsip yg mengakar, serta beralasan dari pemaparan² beliau.
Saya berharap, pak Dul senantiasa sehat dan diberkati di dlm rachmat-Nya.
User avatar
al amin
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 27
Joined: Sat Jul 12, 2008 3:05 pm

Re: Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby Duladi » Fri Jul 17, 2009 10:19 am

Yang di atas itu bukan tulisan saya. Saya cuma memposting ulang tulisan Sdr Dulilah.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby kapirun » Fri Jul 17, 2009 10:36 am

yah setidaknya Dulilah bisa dipanggil Pak Dul juga kan?
jadi ada Duo Dul di FFI ini :supz:

Mas Kawin dimaksudkan untuk membeli sebuah kemaluan perempuan kah? kenapa gue ngga kaget ya :lol:
kapirun
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 653
Joined: Mon Aug 27, 2007 9:05 pm
Location: Surga tanpa bidadari

Re: Arti dari sebuah mahar dalam perkawinan Islam

Postby flubabi » Fri Jul 17, 2009 12:40 pm

Bagus tuh ayatnya...
membuat mohmed mohmed generasi kini makin beraksi...
dengan dalih kan ada di ayatnya si Mohmed and Aloh WTS :partyman: :partyman: :finga: :finga:

Momed memang Top Markotop ya kalau bikin ayat, mentingin nafsunya doang :rofl: :rofl: :rofl:
flubabi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 51
Joined: Sat Jul 04, 2009 10:15 pm


Return to Hak WANITA dlm Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users