. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Artikel2, ajaran Islam, diskusi yang membahas konflik Islam vs. Zionisme secara umum dan masalah Palestina secara khusus.

APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Thu Mar 19, 2009 7:32 pm

Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk mengikuti agama Ibrahim.

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif." Dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. An Nahl:123
___

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.
Maryam: 58-59

Quran menyatakan bahwa salat disia-siakan setelah beberapa generasi dari ahli kitab. Disia-siakan disini termasuk mengubahnya dalam berbagai segi. Tata cara berdoa (salat) sebagaimana yang dilakukan saat ini oleh kebanyakan Yahudi dan Kristen berbeda dengan yang disampaikan oleh nabi yang diutus untuk mereka.Hanya sedikit dari Yahudi dan Kristen yang tetap menjaga tata catra berdoa tersebut sesuai yang diperintahkan untuk mereka.

Dalam buku yang berjudul To Pray as a Jew oleh Hayim Halevy Donin, terdapat penjelasan yang cukup panjang mengenai tata cara berdoa sebagaimana yang dilakukan oleh bangsa Yahudi kuno dan sebagian kecil Yahudi saat ini. Di buku ini, penulis memberikan gambar yang mendeskripsikan gerakan dan posisi ketika berdoa. Dan sangatlah jelas bahwa gambar tersebut sangat sesuai dengan yang dilakukan Muslim ketika salat.

ImageImage

Berdasarkan posisi ini, Hayim mengatakan Hanya sedikit pengikut dari kebanyakan jemaah saat ini yang tetap menjaga tradisi bersungkur. Kadang hal ini hanya dilakukan oleh pemimpin doa dan rabi. Namun pada beberapa jemaah tradisional, pria dan wanita yang mengikuti doa juga bersungkur, sebagaimana yang dilakukan oleh pemimpin doa dan rabi. Di sinagog-sinagog Israel, tradisi bersungkur ini lebih asing dibandingkan di sinagog manapun. Karena bersungkur merupakan posisi yang tidak biasa bagi mereka, mereka akan keberatan untuk melakukannya. Sekali melakukannya, menaikkan pengalaman spritual sehingga yang membuat seseorang melakukannya lagi. Bagi yang hendak melakukan ritual yang jarang dialkukan ini sebaiknya melakukannya dengan aturan yang benar seperti gambar.

Hal yang juga menarik diketahui dari buku ini adalah bahwa Yahudi juga bersuci sebelum berdoa (sebagaimana Wudhu) serta melakukan panggilan untuk berdoa (sebagaimana Adzan) .
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby d'bLax » Thu Mar 19, 2009 11:32 pm

Kapir akan berada dalam dilema ketika membaca artikel ini.
d'bLax
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1438
Joined: Tue May 20, 2008 10:46 pm
Location: Makassar

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Fri Mar 20, 2009 12:12 am

Sabbatai Zevi wrote:Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk mengikuti agama Ibrahim.

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif." Dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. An Nahl:123
___

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.
Maryam: 58-59

Quran menyatakan bahwa salat disia-siakan setelah beberapa generasi dari ahli kitab. Disia-siakan disini termasuk mengubahnya dalam berbagai segi. Tata cara berdoa (salat) sebagaimana yang dilakukan saat ini oleh kebanyakan Yahudi dan Kristen berbeda dengan yang disampaikan oleh nabi yang diutus untuk mereka.Hanya sedikit dari Yahudi dan Kristen yang tetap menjaga tata catra berdoa tersebut sesuai yang diperintahkan untuk mereka.

Dalam buku yang berjudul To Pray as a Jew oleh Hayim Halevy Donin, terdapat penjelasan yang cukup panjang mengenai tata cara berdoa sebagaimana yang dilakukan oleh bangsa Yahudi kuno dan sebagian kecil Yahudi saat ini. Di buku ini, penulis memberikan gambar yang mendeskripsikan gerakan dan posisi ketika berdoa. Dan sangatlah jelas bahwa gambar tersebut sangat sesuai dengan yang dilakukan Muslim ketika salat.

ImageImage

Berdasarkan posisi ini, Hayim mengatakan Hanya sedikit pengikut dari kebanyakan jemaah saat ini yang tetap menjaga tradisi bersungkur. Kadang hal ini hanya dilakukan oleh pemimpin doa dan rabi. Namun pada beberapa jemaah tradisional, pria dan wanita yang mengikuti doa juga bersungkur, sebagaimana yang dilakukan oleh pemimpin doa dan rabi. Di sinagog-sinagog Israel, tradisi bersungkur ini lebih asing dibandingkan di sinagog manapun. Karena bersungkur merupakan posisi yang tidak biasa bagi mereka, mereka akan keberatan untuk melakukannya. Sekali melakukannya, menaikkan pengalaman spritual sehingga yang membuat seseorang melakukannya lagi. Bagi yang hendak melakukan ritual yang jarang dialkukan ini sebaiknya melakukannya dengan aturan yang benar seperti gambar.

Hal yang juga menarik diketahui dari buku ini adalah bahwa Yahudi juga bersuci sebelum berdoa (sebagaimana Wudhu) serta melakukan panggilan untuk berdoa (sebagaimana Adzan) .


Oh, ternyata hanya hasil translate dari situs Islam. Kamu ambil dari sini >>> http://www.jews-for-allah.org/Jews-and-Muslims-Agree/Jews-prayed-like-Muslims.htm kan? Setelah saya googling sana-sini, informasi seperti ini hanya didapat di situs maupun blog-blog Islam.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby kucinggarong » Fri Mar 20, 2009 8:13 am

Sabbatai Zevi wrote:
Dalam buku yang berjudul To Pray as a Jew oleh Hayim Halevy Donin, terdapat penjelasan yang cukup panjang mengenai tata cara berdoa sebagaimana yang dilakukan oleh bangsa Yahudi dan sebagian kecil Yahudi saat ini. Di buku ini, penulis memberikan gambar yang mendeskripsikan gerakan dan posisi ketika berdoa. Dan sangatlah jelas bahwa gambar tersebut sangat sesuai dengan yang dilakukan Muslim ketika salat.



Maksud Lo orang Yahudi beribadah kayak orang nyusruk masuk ke dalam selokan gitu ?

Walau gue bukan Yahudi, tapi gue pengagum Jews tahu. Jangan bohong soal Ibadah Yahudi. Elu bisa googling keyword Jews Prayer dan akan elu temukan kebenaran yang disembunyikan situs-situs Muslim. Tahu gak bahwa orang Yahudi sangat anti dengan sujud ? Alias bersujud seperti tersungkur ? Dalam kisah-kisah Nabi Yahudi, bersujud dilakukan hanya ketika mereka bertemu dengan TUHAN mereka yang menamakan diriNya sebagai YAHWEH.

Bersujud di depan bangunan, batu atau lainnya sangat dilarang, dan merupakan hukum paling utama dalam Taurat.

Baca ini tentang ibadah yang umum, yang disebut Berakhah (blessing). Ini cuma menekukkan lutut, tidak sampai sujud. Dan ini punya arti pujian/penyembahan.

http://www.jewfaq.org/prayer.htm

Image

Coba deh sekali-kali ambil referensi yang bukan ditulis oleh orang Islam gitu, terlalu banyak taqiyya-nya.
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 978
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Fri Mar 20, 2009 10:17 am

kucinggarong wrote:Baca ini tentang ibadah yang umum, yang disebut Berakhah (blessing). Ini cuma menekukkan lutut, tidak sampai sujud. Dan ini punya arti pujian/penyembahan.

http://www.jewfaq.org/prayer.htm

Image

Coba deh sekali-kali ambil referensi yang bukan ditulis oleh orang Islam gitu, terlalu banyak taqiyya-nya.


Waduh, tadinya pengen tunggu komentar balasan dari muslim mengenai masalah ini, baru kemudian bahas masalah Berakhah. Tapi udah di duluin elo sih, cing.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby kucinggarong » Fri Mar 20, 2009 11:36 am

Tanpa Nama wrote:Waduh, tadinya pengen tunggu komentar balasan dari muslim mengenai masalah ini, baru kemudian bahas masalah Berakhah. Tapi udah di duluin elo sih, cing.

Best regards,

Tanpa Nama



Aduh maap...maap. Habis ini thread sepi banget. Kirain kurang peminat.

Silakan bro "Tanpa Nama" untuk menggelar Berakhah supaya Muslim matanya melek. Disangkanya Yahudi yang sudah punya ibadah ribuan tahun lalu meniru senam-paginya Muhammed yang baru muncul di abad ke 7.

:green:
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 978
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Fri Mar 20, 2009 1:12 pm

kucinggarong wrote:Aduh maap...maap. Habis ini thread sepi banget. Kirain kurang peminat.

Silakan bro "Tanpa Nama" untuk menggelar Berakhah supaya Muslim matanya melek. Disangkanya Yahudi yang sudah punya ibadah ribuan tahun lalu meniru senam-paginya Muhammed yang baru muncul di abad ke 7.

:green:


Slow aja bro, emang tadinya mau tunggu tanggapan muslim dulu, baru bahas masalah Berakhah ini. Gw pikir, TS juga gak tahu apa itu Berakhah (yang diputar balikkan dari sumber TS). Padahal, setahu saya, Hayim Halevy Donin dalam bukunya tidak pernah menulis bahwa Berakhah itu harus sujud seperti muslim shalat. :lol: Sumber yang kamu berikan itu pun >>> http://www.jewfaq.org/prayer.htm, hampir semuanya berasal dari buku Hayim Halevy Donin, To Pray as a Jew. Tapi koq bisa berbeda dengan sumber yang diberikan TS yah? :lol:


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby osho » Fri Mar 20, 2009 1:24 pm

d'bLax wrote:Kapir akan berada dalam dilema ketika membaca artikel ini.
betul sekali......
sangat heran manusia kok mo pake segala tetek bengek cara , sujud jongkok, berdiri, nungging.....
sebenernya semua hanya obsesi, kepercayaan aja.
Tuhan tidak dimana-mana.. kata sufi... juga tidak di mekah... tapi di hati kita....
Jadi tak perlu pake segala cara yang tak ada manfaatnya seperti shalat....
tak perlu pake aturan jam berapa.... tak perlu pake aturan 5 kali sehari.....
Anda bisa selalu dihati.... dengan Tuhan... setiap saat dimana aja..... tanpa aturan-aturan yang udah kadal-luar-sa..... tanpa perlu jongkok ,sujud, berdiri..keliling-keliling bangunan hitam yang semuanya adalah penyembah kebodohan.

was-pa-da-lah
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Fri Mar 20, 2009 7:28 pm

Shalom,

Tanpa Nama wrote:Oh, ternyata hanya hasil translate dari situs Islam. Kamu ambil dari sini >>> http://www.jews-for-allah.org/Jews-and-Muslims-Agree/Jews-prayed-like-Muslims.htm kan? Setelah saya googling sana-sini, informasi seperti ini hanya didapat di situs maupun blog-blog Islam.


Benar. Soalnya masih banyak kapir dan muslim yang kurang lancar dalam berbahasa Inggris.

kucinggarong wrote:Maksud Lo orang Yahudi beribadah kayak orang nyusruk masuk ke dalam selokan gitu ?

Walau gue bukan Yahudi, tapi gue pengagum Jews tahu. Jangan bohong soal Ibadah Yahudi. Elu bisa googling keyword Jews Prayer dan akan elu temukan kebenaran yang disembunyikan situs-situs Muslim. Tahu gak bahwa orang Yahudi sangat anti dengan sujud ? Alias bersujud seperti tersungkur ? Dalam kisah-kisah Nabi Yahudi, bersujud dilakukan hanya ketika mereka bertemu dengan TUHAN mereka yang menamakan diriNya sebagai YAHWEH.

Bersujud di depan bangunan, batu atau lainnya sangat dilarang, dan merupakan hukum paling utama dalam Taurat.

Baca ini tentang ibadah yang umum, yang disebut Berakhah (blessing). Ini cuma menekukkan lutut, tidak sampai sujud. Dan ini punya arti pujian/penyembahan.

Coba deh sekali-kali ambil referensi yang bukan ditulis oleh orang Islam gitu, terlalu banyak taqiyya-nya


Apakah saya harus menganggap bahwa kutipan dari buku yang ditulis oleh Hayim salah?
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Fri Mar 20, 2009 7:46 pm

Shalom,

kucinggarong wrote:Aduh maap...maap. Habis ini thread sepi banget. Kirain kurang peminat.

Silakan bro "Tanpa Nama" untuk menggelar Berakhah supaya Muslim matanya melek. Disangkanya Yahudi yang sudah punya ibadah ribuan tahun lalu meniru senam-paginya Muhammed yang baru muncul di abad ke 7.


Saya bukan hendak menjudge kalau Yahudi yang meniru. Tulisan tersebut malah mendukung bahwa tata cara berdoa yang diajarkan oleh Tuhan adalah identik antara satu dengan yang lainnya.

Tanpa Nama wrote:Slow aja bro, emang tadinya mau tunggu tanggapan muslim dulu, baru bahas masalah Berakhah ini. Gw pikir, TS juga gak tahu apa itu Berakhah (yang diputar balikkan dari sumber TS). Padahal, setahu saya, Hayim Halevy Donin dalam bukunya tidak pernah menulis bahwa Berakhah itu harus sujud seperti muslim shalat. Sumber yang kamu berikan itu pun >>> http://www.jewfaq.org/prayer.htm, hampir semuanya berasal dari buku Hayim Halevy Donin, To Pray as a Jew. Tapi koq bisa berbeda dengan sumber yang diberikan TS yah?


Wah, terima kasih atas situsnya, saya makin melihat kesamaan antara Yahudi dengan Islam. Saya agak teekejut ketika membacanya, poin-poin yang disampaikan penulis itu hampir sama dengan ajaran Islam. Seperti tujuan tefilah (salat), kavanah (niah), penggunaan bahasa Hebrew untuk tefilah (bahasa Arab untuk salat), minyan (jamaah), berakhot (syukur, barokah). Khusus doa-doa untuk berakhot, saya menemukan banyak kesamaan dalam Islam, seperti pada doa-doa akan makan, menggunakan pakaian baru, melihat pelangi atau berada dalam situasi buruk.
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby d'bLax » Fri Mar 20, 2009 7:47 pm

osho wrote:betul sekali......
sangat heran manusia kok mo pake segala tetek bengek cara , sujud jongkok, berdiri, nungging.....
sebenernya semua hanya obsesi, kepercayaan aja.
Tuhan tidak dimana-mana.. kata sufi... juga tidak di mekah... tapi di hati kita....
Jadi tak perlu pake segala cara yang tak ada manfaatnya seperti shalat....
tak perlu pake aturan jam berapa.... tak perlu pake aturan 5 kali sehari.....
Anda bisa selalu dihati.... dengan Tuhan... setiap saat dimana aja..... tanpa aturan-aturan yang udah kadal-luar-sa..... tanpa perlu jongkok ,sujud, berdiri..keliling-keliling bangunan hitam yang semuanya adalah penyembah kebodohan.

was-pa-da-lah


Agnostic bukanlah sufi.
d'bLax
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1438
Joined: Tue May 20, 2008 10:46 pm
Location: Makassar

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby osho » Fri Mar 20, 2009 7:49 pm

d'bLax wrote:Agnostic bukanlah sufi.
tak apa.....
mereka lebih bener... memandang Allah swt..... daripada...

hahahaha.....
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Fri Mar 20, 2009 10:22 pm

Sabbatai Zevi wrote:Saya bukan hendak menjudge kalau Yahudi yang meniru. Tulisan tersebut malah mendukung bahwa tata cara berdoa yang diajarkan oleh Tuhan adalah identik antara satu dengan yang lainnya.


Berakhah itu bukan tata cara ibadah dari TUHAN, tetapi merupakan sebuah tradisi dari bangsa Yahudi. Dan gerakannya pun TIDAK SAMA dengan situs yang kamu jadikan sumber.

Sabbatai Zevi wrote:Wah, terima kasih atas situsnya, saya makin melihat kesamaan antara Yahudi dengan Islam. Saya agak teekejut ketika membacanya, poin-poin yang disampaikan penulis itu hampir sama dengan ajaran Islam. Seperti tujuan tefilah (salat), kavanah (niah), penggunaan bahasa Hebrew untuk tefilah (bahasa Arab untuk salat), minyan (jamaah), berakhot (syukur, barokah). Khusus doa-doa untuk berakhot, saya menemukan banyak kesamaan dalam Islam, seperti pada doa-doa akan makan, menggunakan pakaian baru, melihat pelangi atau berada dalam situasi buruk.


Tetapi, apa yang dikatakan sumbermu itu merupakan hasil taqqiya khas situs-situs Islam, karena dalam Berakhah tidak ada gaya yang mengharuskan seseorang untuk sujud seperti muslim melakukan shalat. Dan kamu tidak idak perlu terkejut, karena Muhammad memang mencontek sebagian dari tata cara ibadah Yahudi. Untuk apa? Untuk meyakinkan orang-orang bahwa dia memang utusan TUHAN. Dan hal ini justru semakin menguatkan pernyataan kafir-kafir disini, bahwa Alquran hanyalah hasil karangan Muhammad. Btw, saya baru tahu lho, dalam Islam ada doa menggunakan pakaian baru dan melihat pelangi.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby moehnyetttz » Fri Mar 20, 2009 10:40 pm

Kasihan, ya, Islam... mengemis-ngemis minta legitimasi Yahudi yang dibenci dan dikutukinya (dasar munafik!) agar dianggap benar dan berharap non-muslim diyakinkan bahwa sholat Islam bukanlah penyembahan berhala Hajar Aswad ...

Ibadah Islam memang cuma sebatas hal-hal yang lahiriah, sebatas kulit luar, sebatas tata cara dan aturan-aturan lahiriah yang membebani...

Mereka berusaha mencari-cari "persamaan" dengan Yahudi dalam hal-hal yang lahiriahnya saja, hanya apa yang kelihatan diluar, tapi nilai-nilai spritual dan moralitas yang esensial DALAM KITAB SUCINYA justru mereka tidak miliki malahan MINUS!

Cuma karena beberapa gerakan yang kelihatannya mirip lantas muslim mengaku-ngaku bahwa Islam adalah agama Abraham???!!!


Coba muslim bantah ini dulu...

Islam adalah bidat dari Yudaisme (klik disini)


BTW, emang jaman Abraham Islam udah ada ya? Baru tahu gw kalo Abraham memeluk suatu agama...
User avatar
moehnyetttz
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1402
Joined: Thu Apr 24, 2008 4:00 pm
Location: Diatas pohon pisang lagi browsing ffi (Sumpah, deh!).

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Sat Mar 21, 2009 1:05 pm

Tanpa Nama wrote:Berakhah itu bukan tata cara ibadah dari TUHAN, tetapi merupakan sebuah tradisi dari bangsa Yahudi. Dan gerakannya pun TIDAK SAMA dengan situs yang kamu jadikan sumber.

Tetapi, apa yang dikatakan sumbermu itu merupakan hasil taqqiya khas situs-situs Islam, karena dalam Berakhah tidak ada gaya yang mengharuskan seseorang untuk sujud seperti muslim melakukan shalat. Dan kamu tidak idak perlu terkejut, karena Muhammad memang mencontek sebagian dari tata cara ibadah Yahudi. Untuk apa? Untuk meyakinkan orang-orang bahwa dia memang utusan TUHAN. Dan hal ini justru semakin menguatkan pernyataan kafir-kafir disini, bahwa Alquran hanyalah hasil karangan Muhammad. Btw, saya baru tahu lho, dalam Islam ada doa menggunakan pakaian baru dan melihat pelangi.


Situs yang saya jadikan sumber memang tidak menyebutkan bahwa gerakan tersebut adalah berakhah. Saya juga telah mendapatkan gambaran jelas mengenai cara seorang Yahudi berdoa yang sangat mirip dengan yang dipraktekkan oleh Islam saat ini. Termasuk di dalamnya adalah sujud, salam serta berdoa setelah tefilah.

Opini tanpa fakta bisa menjadi fitnah. Kesamaan ini justru menguatkan saya bahwa salat adalah tata cara peribadatan yang diajarkan oleh Tuhan kepada umat manusia sebagaimana Dia mengajarkannya kepada Yahudi.

Doa menggunakan pakaian baru adalah ucapan syukur atas berkah rezeki yang diberikan dan sebelum memakainya harus mengucapkan nama Allah. Alhamdulillah. Bismillahirrahmanirrahim. Adapun doa ketika melihat pelangi adalah rasa takjub atas ciptaan Allah. Masyaallah
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Sat Mar 21, 2009 1:20 pm

moehnyetttz wrote:Kasihan, ya, Islam... mengemis-ngemis minta legitimasi Yahudi yang dibenci dan dikutukinya (dasar munafik!) agar dianggap benar dan berharap non-muslim diyakinkan bahwa sholat Islam bukanlah penyembahan berhala Hajar Aswad ...
Ibadah Islam memang cuma sebatas hal-hal yang lahiriah, sebatas kulit luar, sebatas tata cara dan aturan-aturan lahiriah yang membebani...
Mereka berusaha mencari-cari "persamaan" dengan Yahudi dalam hal-hal yang lahiriahnya saja, hanya apa yang kelihatan diluar, tapi nilai-nilai spritual dan moralitas yang esensial DALAM KITAB SUCINYA justru mereka tidak miliki malahan MINUS!
Cuma karena beberapa gerakan yang kelihatannya mirip lantas muslim mengaku-ngaku bahwa Islam adalah agama Abraham???!!!
BTW, emang jaman Abraham Islam udah ada ya? Baru tahu gw kalo Abraham memeluk suatu agama...


Anda sepertinya belum mengenal Islam. Bagaimana bisa mengoreksi Islam? Muslim yang mengerjakan ibadah (seperti shalat) dikatakan baru melakukannya sebatas lahiriah. Padahal kami diajarkan untuk menegakkan ibadah tersebut, artinya selain mengerjakan, kami juga diajarkan untuk memahami nilai-nilai dalam ibadah tersebut seperti penyerahan diri, kesabaran, dll.

Saat ini definisi ISLAM mengalami penyempitan hanya sebagai istilah agama. ISLAM adalah kata yang diturunkan dari tiga huruf konsonan S-L-M yang dikenal dalam bahasa semitik. S-L-M sendiri berarti penyerahan diri. Jadi, Islam tidak hanya berarti sebagai istilah agama tetapi juga berarti kondisi. Makanya, dengan yakin saya mengatakan bahwa Abraham adalah seorang Islam, seorang yang menyerahkan dirinya kepada Tuhan.
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Sat Mar 21, 2009 3:06 pm

Sabbatai Zevi wrote:Situs yang saya jadikan sumber memang tidak menyebutkan bahwa gerakan tersebut adalah berakhah. Saya juga telah mendapatkan gambaran jelas mengenai cara seorang Yahudi berdoa yang sangat mirip dengan yang dipraktekkan oleh Islam saat ini. Termasuk di dalamnya adalah sujud, salam serta berdoa setelah tefilah.


O, lantas apa yang kamu maksudkan? Tefilah sendiri artinya adalah doa, koq bisa kamu katakan sujud, salam serta berdoa setelah tefilah (berdoa)? Dan semua tata cara tersebut bukanlah perintah dari TUHAN, karena semuanya terdapat di dalam Talmud, yang merupakan tradisi orang-orang Yahudi.

Sabbatai Zevi wrote:Opini tanpa fakta bisa menjadi fitnah. Kesamaan ini justru menguatkan saya bahwa salat adalah tata cara peribadatan yang diajarkan oleh Tuhan kepada umat manusia sebagaimana Dia mengajarkannya kepada Yahudi.


Opini tanpa fakta yang mana yang kamu maksudkan? Jika yang kamu maksud adalah perkataan saya mengenai Alquran adalah karangan Muhammad, silahkan keliling dulu, bantah thread-thread yang ada disini. Bukan hanya tata cara ibadah Yahudi saja yang dicomot oleh Muhammad, tetapi tata cara ibadah Hindu dan Zoroastrian juga ikut dicomot. TUHAN tidak pernah memerintahkan Yahudi untuk berdoa seperti ini dan itu, tata cara ibadah tersebut terdapat di dalam Talmud. Dan hal tersebut dilakukan berdasarkan hukum yang ada di dalam Talmud.

Sabbatai Zevi wrote:Doa menggunakan pakaian baru adalah ucapan syukur atas berkah rezeki yang diberikan dan sebelum memakainya harus mengucapkan nama Allah. Alhamdulillah. Bismillahirrahmanirrahim. Adapun doa ketika melihat pelangi adalah rasa takjub atas ciptaan Allah. Masyaallah


Bisa diberikan ayat Alqurannya! Atau ini hanya hasil tafsiran muslim terhadap ajaran busuk Alquran?


Best regards,


Tanpa Nama
Last edited by Tanpa Nama on Sat Mar 21, 2009 3:33 pm, edited 2 times in total.
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Tanpa Nama » Sat Mar 21, 2009 3:12 pm

Sabbatai Zevi wrote:Saat ini definisi ISLAM mengalami penyempitan hanya sebagai istilah agama. ISLAM adalah kata yang diturunkan dari tiga huruf konsonan S-L-M yang dikenal dalam bahasa semitik. S-L-M sendiri berarti penyerahan diri. Jadi, Islam tidak hanya berarti sebagai istilah agama tetapi juga berarti kondisi. Makanya, dengan yakin saya mengatakan bahwa Abraham adalah seorang Islam, seorang yang menyerahkan dirinya kepada Tuhan.


Penyempitan makna? Islam adalah sebuah agama! Alquran sendiri yang mengatakan seperti itu.

QS 3:19
Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Jadi, jelas sekali dari ayat tersebut, bahwa Islam memang merupakan sebuah agama dan tidak mengalami penyempitan makna seperti yang kamu katakan.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby kimi07 » Sat Mar 21, 2009 3:14 pm

tapi mengapa ya, Muhammad n Muslim benci banget sama Yahudi? padahal Yahudi itu bangsa kesayangan Tuhan.

ataukah Tuhan jadi plin plan? menjadi ikut2an benci?

2. mengapa arahnya di rubah? dari Jerusalem ke Mekah? Tuhan plinplan lagi kah? knapa ga dari awal ke Mekah aja?

3. mengapa Menghormati hari sabat di ganti jadi hari Jumat?
User avatar
kimi07
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Re: APAKAH YAHUDI BERDOA SEBAGAIMANA MUSLIM?!

Postby Sabbatai Zevi » Sat Mar 21, 2009 8:32 pm

Tanpa Nama wrote:O, lantas apa yang kamu maksudkan? Tefilah sendiri artinya adalah doa, koq bisa kamu katakan sujud, salam serta berdoa setelah tefilah (berdoa)? Dan semua tata cara tersebut bukanlah perintah dari TUHAN, karena semuanya terdapat di dalam Talmud, yang merupakan tradisi orang-orang Yahudi.

Opini tanpa fakta yang mana yang kamu maksudkan? Jika yang kamu maksud adalah perkataan saya mengenai Alquran adalah karangan Muhammad, silahkan keliling dulu, bantah thread-thread yang ada disini. Bukan hanya tata cara ibadah Yahudi saja yang dicomot oleh Muhammad, tetapi tata cara ibadah Hindu dan Zoroastrian juga ikut dicomot. TUHAN tidak pernah memerintahkan Yahudi untuk berdoa seperti ini dan itu, tata cara ibadah tersebut terdapat di dalam Talmud. Dan hal tersebut dilakukan berdasarkan hukum yang ada di dalam Talmud.

Bisa diberikan ayat Alqurannya! Atau ini hanya hasil tafsiran muslim terhadap ajaran busuk Alquran?
Penyempitan makna? Islam adalah sebuah agama! Alquran sendiri yang mengatakan seperti itu.
Jadi, jelas sekali dari ayat tersebut, bahwa Islam memang merupakan sebuah agama dan tidak mengalami penyempitan makna seperti yang kamu katakan.


Kerancuan kata terjadi karena tidak adanya padanan kata yang tepat jika terjadi translasi dari satu bahasa ke bahasa lain. Seperti halnya kata shalat yang dipadankan dengan kata praying dalam bahasa Inggris. Masalah akan terjadi ketika mencari kata du'a (berdoa), padanan kata untuk bahasa Inggris hanyalah praying juga. Sudah melihat videonya?

Apakah kemiripan bisa dijudge sebagai hasil comotan? Bisa. Jika didukung fakta bahwa Muhammad pernah mempelajari ajaran-ajaran agama lain. Jika tidak, kemiripan akan dijudge sebagai hal yang berasal dari sumber yang sama.

Masalah Alhamdulillah, Masyaallah, dan Islam yang berasal dari konsonan S-L-M tidak akan dibahas disini agar diskusi tetap berada di koridornya.
Sabbatai Zevi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Sun Mar 15, 2009 8:08 pm

Next

Return to Islam vs YAHUDI



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users