. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

APAKAH SEMUA NABI ISLAM??

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

APAKAH SEMUA NABI ISLAM??

Postby BOMBASTIC » Mon Aug 07, 2006 4:53 pm

Gw mau nanya kepada temen temen neter semua, apa benar nabi Adam nabi Musa, nabi Nuh dan nabi nabi yang laen itu islam..please help me..
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Re: APAKAH SEMUA NABI ISLAM??

Postby alpha » Mon Aug 07, 2006 5:31 pm

BOMBASTIC wrote:Gw mau nanya kepada temen temen neter semua, apa benar nabi Adam nabi Musa, nabi Nuh dan nabi nabi yang laen itu islam..please help me..


Betul sekali kawan coba perhatikan ayat dibawah :

[3.52] Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kami lah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.

Orang-orang yang berserah diri = MUSLIM.

Ini ayat-ayat lain Nabi dan rasul Allah

[4.163] Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.
alpha
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 446
Joined: Sun Jun 04, 2006 9:48 am

Postby Mosal » Mon Aug 07, 2006 5:57 pm

Gak malu2nya cuma copy-paste ajaran yang sudah ada terus berani2nya mengklaim itu sebagai hak warisnya?

IN CASE YOU DON'T KNOW : there is no prophet outside of Jews!
Cuma muhammad sendiri yg ngaku2 sebagai nabi, makanya dia mati2an minta pengakuan atas Yerusalem (kota para Nabi).

Shame on you!!
Mosal
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 73
Joined: Thu Jul 06, 2006 4:51 pm

Postby alpha » Mon Aug 07, 2006 6:29 pm

hehehe kalau gak mengerti jangan ngomong.
alpha
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 446
Joined: Sun Jun 04, 2006 9:48 am

Postby curious » Mon Aug 07, 2006 6:31 pm

islam memang tidak tahu malu seperti yang kau katakan, mosal. pertama kali aku dengar muslim mengklaim di depanku bahwa Yesus itu Islam, aku tertawa hampir muntah di depannya. sungguh muka badak.
User avatar
curious
Translator
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby alpha » Mon Aug 07, 2006 7:31 pm

[2.213] Manusia itu adalah umat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab dengan benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.
alpha
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 446
Joined: Sun Jun 04, 2006 9:48 am

Postby BOMBASTIC » Tue Aug 08, 2006 7:35 am

Gw mo bertanya lagi yang dikategorikan islam itu yang bagaimana? apa cukup dengan "orang yang berserah diri adalah pemeluk islam?"
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Postby BOMBASTIC » Tue Aug 08, 2006 7:40 am

Gw pengen tau dari neter neter muslim bagaimana tanggapannya?
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Postby BOMBASTIC » Tue Aug 08, 2006 9:01 am

pada kemana neter islam? gak ada jawaban yang lebih mendukung teori bahwa semua nabi itu islam?
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Postby NurMuhammad » Tue Aug 08, 2006 9:18 am

Gw mau nanya kepada temen temen neter semua, apa benar nabi Adam nabi Musa, nabi Nuh dan nabi nabi yang laen itu islam..please help me..
_________________

Betul sekali kawan coba perhatikan ayat dibawah :

[3.52] Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kami lah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.

Orang-orang yang berserah diri = MUSLIM.

Ini ayat-ayat lain Nabi dan rasul Allah

[4.163] Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

SECARA LOGIKA,ADAM, MUSA DLL HIDUP PADA JAMAN KAPAN??SEBELUMISA KAN???SEDANGKAN mUHAMMAD HIDUP JAUH SETELAH ISA KAN??? TANGGAPAN GW ITU AJA,NGAK PERLU PENJELASAN LG.N UDH JELASSSSSS!!

PATUT DICATAT,KESIMPULAN ALPHA TUH TERLALU DINI N SAMA SEKALI NGAK BERDASAR.YA NAMANYA CM COPY PASTE SIHH..MAKLUMMM.NGAK TAU TP SOK TAU=****!!!
NurMuhammad
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 44
Joined: Wed Jul 12, 2006 12:42 pm
Location: paris

Postby BOMBASTIC » Tue Aug 08, 2006 10:48 am

kayanya jawaban alpa belum pas untuk menunjukan teori bahwa semua nabi adalah islam...mungkin ada jawaban yang lebih berbobot lagi..
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Postby blackangel » Tue Aug 08, 2006 11:16 am

BOMBASTIC wrote:kayanya jawaban alpa belum pas untuk menunjukan teori bahwa semua nabi adalah islam...mungkin ada jawaban yang lebih berbobot lagi..


kalo sepengetahuanku sih agama adalah nama dari suatu kepercayaan, dimana ada tata cara tertentu dan penyembahan kepada SESUATU/SESEORANG yang dianggap mempunyai kekuasaan,mujizat dll.

contoh kristen, diberi nama agama kristen lama setelah Yesus Kristus meninggal, bahkan di alkitab atau injil sendiri tidak pernah mengatakan kalau ajaran yang diberi oleh Yesus Kristus atau Nabi-Nabi sebelum Yesus adalah agama Kristen, hanya menyatakan bahwa mempunyai Allah yang sama dengan Allah Musa dan Allah Abraham.

Sedangkan nama Islam sendiri baru ada setelah dibuat oleh ajarannya Muhammad, dan oleh pengikutnya disebut sebagai agama ISLAM, oleh umatnya mereka mempercayai bahwa Alloh yang disembah Muhaammad sama dengan Allah yang disembah nabi-nabi sebelum Muhhamad maka nabi-nabi tersebut otomatis beragama islam.

Nah kerena pengetahuan saya terbatas maka ada yang mau saya tanyakan ke umat Moeslim:
1. Menurut silsilah Nabi Abraham, apakah nabi musa keturunan dari Iskak atau Ismail???
2.Terus di Alquran ada menyebut Keturunan Yahudi itu dari Iskak atau Ismail???
3. Terus pernah nggak di Alquran ada Nabi yang berbahasa menulis bahasa Arab, soalnya sepengetahuan saya agama ISlam itu semua dari Arab baik cara bersolat ataupun baca tulisnya???
User avatar
blackangel
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 88
Joined: Wed Jun 28, 2006 9:00 pm

Postby Sashimi » Tue Aug 08, 2006 11:51 am

islam nongol lama setelah jamannya yesus kristus kan?
bagaimana ada orang bisa mengklaim adam itu islam, padahal islam sendiri baru ada setelah jamannya yesus kristus???
Sashimi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3813
Joined: Sun Jul 09, 2006 8:19 am

Postby Andromeda » Tue Aug 08, 2006 3:08 pm

arti islam itu sendiri apa sih? tau jawaban ini, maka pertanyaan topik ini akan terjawab.
Andromeda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 117
Joined: Mon Mar 27, 2006 1:44 am

Postby Athan » Tue Aug 08, 2006 3:24 pm

Yang paling penting dan merupakan kesalahan fatal dari Islam adalah fakta bahwa tidak ada umat Kristen awal (baik yang orthodox maupun yang heterodox) yang mengimani apa yang diimani Islam. Islam mengklaim bahwa merekalah penerus ajaran sejati Isa al Masih (ie: Yesus Kristus) setelah umat Kristen mengkorupsi ajaran tersebut. Pada tahun 612 masehi Mohammad diberi wahyu untuk meluruskan apa yang telah dikorupsi umat Kristen. Umat Islam menelan bulat-bulat ajaran ini dan tidak pernah berpikir terlalu jauh ke tahun-tahun sebelum 612 masehi.

Padahal sebelum tahun 612 Masehi Gereja sudah berdiri dan ada dimana-mana. Gereja sudah melakukan lima Konsili Ekumenis. Sudah ada 67 Paus yang diangkat (termasuk Petrus)!!! Lalu tiba2 muncul agama dari arab dan langsung mengklaim semua nabi sebelum mu2h adalah Islam. Padahal banyak Santo dan Santa, bahkan Rasul yang menjadi martir untuk mempertahankan imannya...............dan jelas itu BUKAN ISLAM.......
Athan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1061
Joined: Mon Jul 03, 2006 10:40 am

Postby BOMBASTIC » Wed Aug 09, 2006 7:50 am

andromeda wrote:
arti islam itu sendiri apa sih? tau jawaban ini, maka pertanyaan topik ini akan terjawab

MUSTINYA PARA NETER MUSLIM YANG NGEJAWAB...
User avatar
BOMBASTIC
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 736
Joined: Thu Jul 13, 2006 10:56 am
Location: HEAVEN

Postby alpha » Wed Aug 09, 2006 8:17 am

BOMBASTIC wrote:andromeda wrote:
arti islam itu sendiri apa sih? tau jawaban ini, maka pertanyaan topik ini akan terjawab

MUSTINYA PARA NETER MUSLIM YANG NGEJAWAB...


Ini mungkin bisa menjelaskan pengertian ISLAM

[2.132] Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".

[2.133] Adakah kamu hadir ketika Yakub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.


Dalam konteks Muslim artinya berserah diri dan konteks agama Ibrahim adalah Tauhid bisa diartikan agama2 Nabi-nabi terdahulu ISLAM dalam konteks diatas namun syariat yang dijalankan berbeda dengan syariat Islam sekarang.
alpha
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 446
Joined: Sun Jun 04, 2006 9:48 am

Postby blackangel » Wed Aug 09, 2006 11:43 pm

alpha wrote:[Ini mungkin bisa menjelaskan pengertian ISLAM

[2.132] Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".

[2.133] Adakah kamu hadir ketika Yakub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.


Dalam konteks Muslim artinya berserah diri dan konteks agama Ibrahim adalah Tauhid bisa diartikan agama2 Nabi-nabi terdahulu ISLAM dalam konteks diatas namun syariat yang dijalankan berbeda dengan syariat Islam sekarang.


ok aku ulangi pernyataan dan pertanyaanku yach..

kalo sepengetahuanku sih agama adalah nama dari suatu kepercayaan, dimana ada tata cara tertentu dan penyembahan kepada SESUATU/SESEORANG yang dianggap mempunyai kekuasaan,mujizat dll.

contoh kristen, diberi nama agama kristen lama setelah Yesus Kristus meninggal, bahkan di alkitab atau injil sendiri tidak pernah mengatakan kalau ajaran yang diberi oleh Yesus Kristus atau Nabi-Nabi sebelum Yesus adalah agama Kristen, hanya menyatakan bahwa mempunyai Allah yang sama dengan Allah Musa dan Allah Abraham.

Sedangkan nama Islam sendiri baru ada setelah dibuat oleh ajarannya Muhammad, dan oleh pengikutnya disebut sebagai agama ISLAM, oleh umatnya mereka mempercayai bahwa Alloh yang disembah Muhaammad sama dengan Allah yang disembah nabi-nabi sebelum Muhhamad maka nabi-nabi tersebut otomatis beragama islam.

Nah kerena pengetahuan saya terbatas maka ada yang mau saya tanyakan ke umat Moeslim:
1. Menurut silsilah Nabi Abraham, apakah nabi musa keturunan dari Iskak atau Ismail???
2.Terus di Alquran ada menyebut Keturunan Yahudi itu dari Iskak atau Ismail nggak???
3. Terus pernah nggak di Alquran ada Nabi yang berbahasa menulis bahasa Arab, soalnya sepengetahuan saya agama Islam itu semua dari Arab baik cara bersolat ataupun baca tulisnya???

aku tambah pertanyaan lagi..

alpha wrote:[2.132] Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".

4. sebenarnya nabi pertama yang mengajarkan/mengatakan bahwa agamanya ISLAM tuh nabi siapa sich...??
5. Kalau masuk ISLAM kan harus mangatakan kalimat SAHADAT,
ashadu ana Illah ha Illawlah, wa ashadu ana muhammad ..., la kalau nabi sebelum Muhhamad ngomongnya gimana la wong si Muh aja belon nongol??
User avatar
blackangel
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 88
Joined: Wed Jun 28, 2006 9:00 pm

Re: APAKAH SEMUA NABI ISLAM??

Postby dreamtheater » Thu Aug 10, 2006 2:28 am

BOMBASTIC wrote:Gw mau nanya kepada temen temen neter semua, apa benar nabi Adam nabi Musa, nabi Nuh dan nabi nabi yang laen itu islam..please help me..


Sorry ana cuma pindahin postingan, karena keterbatasan waktu. baidewei cuekin aja tuh sialpha, bebalnya minta ampunnnnnn!

dreamtheater wrote:Berdasarkan postingan yang detail sebelumnya kita semua sudah setuju yah kalo Isa itu adalah Allah/ Tuhan, sekarang kita berbicara soal terminologi (jadi jangan geer dulu ngaku2 adam islam) dengan berpandangan dibawah ini:

Apakah sebenarnya arti kata Islam? Arti kata Islam adalah "patuh / menurut" (Q.S. Al-Baqarah (2):131). Yaitu menurut sepenuhnya kepada firman Allah.

Jadi semua yang menurut kepada firman Allah, mereka semuanya adalah Islam. Itulah sebabnya Nabi Isa Al-Masih dan nabi-nabi yang lain sebelumnya juga adalah Islam. Karena mereka semua patuh dan menurut kepada firman Allah.


Sekarang kita quote ayat tersebut secara spesifik
Al Baqarah: 131 »

Ketika Tuhan-nya berfirman kepadanya:"Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab:"Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam". (QS. 2:131)

Sekarang saya tanya, siapakah ibrahim itu? Ibrahim adalah Abraham seorang yahudi.

Dari kalimat singkat diatas maka dapat diketahui bahwa Islam muncul dari ketaatan seorang Yahudi. Setuju?

Selanjutnya, sejak kapankah kata Islam itu disebutkan?

Tentunya islam berhubungan dengan Bahasa Arab, Muhammad dan dengan Quran, sebelum itu istilah kata islam tentulah belum ditemukan. Kita bisa mengecheck kebenaran ini melalui kitab sebelumnya yang tidak pernah mencatat islam, karena islam murni hanyalah bahasa arab dan dikenal secara spesifik setelah adanya al quran (Q.S. Al-Baqarah (2):131) dan 2 kalimat syahadat.

Sekarang saya menanyakan, apakah islam itu adalah sebuah pernyataan allah secara langsung untuk menandai sebuah agamaNya atau islam itu hanyalah sebuah kata yang diartikan dari kalimat?

Jika kita mendalilkan bahwa dasar Islam adalah ketaatan Abraham yang yahudi tersebut maka Allah tidak secara spesifik menandai nama agamaNya. Oleh sebab itu kita sepakat bahwa Islam itu adalah arti kata dari sebuah kalimat. Tentunya ini berlaku secara universal terhadap konsep arti kalimat tunduk/ menuruti/ patuh…
Misalnya sebuah ketaatan dan kepatuhan dapat diartikan dalam sebuah kata loyalitas. Yang sinonim dengan istilah diatas patuh/ menurut = islam

Jika islam hanyalah sebuah arti kata maka islam tidaklah lebih dari sebuah kata loyalitas, nah setujukan anda jika agama islam diganti dengan nama agama loyalitasme atau misalnya agama loyaltism?

Alangkah tidak benar jika kita hanya mengartikan secara harafiah kata ketaatan dan tunduk itu hanya dalam sebuah kata Islam, masih ada kata lain misalnya loyalitas, dedikasi, obey, integrity dsbnya. Nah setujukah anda jika ada agama bernama agama loyalitism, agama dedikasism dan agama integritasme? Sangat disayangkan ternyata Islam itu hanyalah arti dari sebuah kalimat.

Jika yang dijadikan dasar arti kata Islam adalah patuh/ menurut maka tentunya terjadi pernyataan/ klaim sepihak yang mengatakan Ibrahim islam karena dia patuh dengan Allah, ini benar2 dangkal. Karena bagaimana ketika adam jatuh dalam dosa dan dia tidak taat? Apakah agamanya? Lalu ketika Abraham tidak taat kepada Allah dan mengawini hagar budak mesir itu, apakah nama agamanya?

Bagaimana jika saya menyatakan bahwa saya setuju agama Islam diganti menjadi agama loyaltism? Atau misalnya kata patuh/ menurut dalam bahasa suku dalam afrika adalah ketombe? Trus misalnya bahasa Eskimonya patuh = Babiliar, Setujukah kita kalo orang diafrika dan Eskimo mengatakan agamanya ketombe atau babiliar atas dasar dia mengetahui Abraham tunduk patuh kepada Tuhan semesta?

Finally, ternyata klaim bahwa Adam itu sudah islam hanyalah didasari Islam adalah sebuah arti kata yang ga ada bedanya dengan ketombe, babiliar, Loyalty, obey, yang artinya patuh/ menurut. Oke.. oke… gw juga islam karena gw patuh sama Tuhan… tapi seminggu lagi saya akan ganti dengan nama agama babiliar.. ga salah kan? Karena hanya sebuah istilah kata.



dreamtheater wrote:
raihan wrote:setuju...ente baca ayat berikutnya? QS. 2:132... "Dan Nabi Ibrahim pun berwasiat dengan agama itu kepada anak-anaknya dan (demikian juga) Nabi Yaakub (berwasiat kepada anak-anaknya) katanya: Wahai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama (Islam) ini menjadi ikutan kamu, maka janganlah kamu mati melainkan kamu dalam keadaan Islam."

disini dibuktikan bahwa ibrahim as adalah seorang islam..btw bukannya yahudi itu keturunan dari ishak (anaknya ibrahim)?sejak kapan ibrahim menjadi yahudi..(bangsa yahudi itu cucunya/keturunannya nabi ibrahim)
semua yang ente tulis hanya berdasar asumsi kalap anda sendiri...poinnya adalah
1. jelas islam langsung diutarakan sendiri oleh Allah swt (QS. 5:3)
2. Ibrahim as adalah seorang islam (QS. 2:132,135-136)


Duh... lolos dari pengawasan, maklum threadnya kebanyakan.

Abrahim as adalah islam,
Abrahim as bukan yahudi.
keturunan Ishak adalah Yahudi
Ishak adalah keturunan Abraham.

Gimana sih ini???

Logika yang bener mustinya begini

Ishak adalah Yahudi
keturunan Ishak adalah Yahudi
Abraham adalah bapak Ishak.
Ishak adalah keturunan Abraham.
Berarti Abraham adalah Yahudi.

Kesimpulan.
Islam berasal dari kepatuhan seorang bapaknya Ishak, Kakeknya Yakub (Israel). Yang kesemuanya adalah Yahudi!

Gitu aja kog repot
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby zeba0th » Thu Aug 10, 2006 4:20 am

APAKAH NABI SEBELUM ISLAM MENGUCAPKAN 2 KALIMAT SYAHADAT SEBAGAI SYARAT MASUK ISLAM? KALO GAK NGUCAPIN UDAH TAU DONG JAWABAN POSTING INI ,OK? Image

KALO GAK TAU JUGA UDAH KELEWAT TOLOL! Image
User avatar
zeba0th
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1402
Joined: Sat Sep 24, 2005 3:57 am

Next

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Baidu [Spider]