. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 8:52 pm

@Kongming
Kalau loe bilang bahwa perintah dan larangan dalam Islam harus ada PERINTAH /LARANGAN TEGAS dari Quran dan hadis, loe berarti masih kurang paham tentang Islam
Semua yang belajar Islam pasti tahu bahwa yang disebut hadis adalah UCAPAN, PERBUATAN dan PERSETUJUAN Muhammad SAW.

Coba loe baca lagi dengan tenang hadis yang gw kutip, apa yang loe simpulkan ??

kalau menurut gw dua hadis itu benang merahnya cuma satu, Muhammad menolak perkawinan kedua Ali karena Fathimah enggak setuju.

..Dan sesungguhnya Fathimah adalah bagian dari diriku dan sungguh aku tidak suka bila ada orang yang menyusahkannya...



kalau loe enggak setuju sama gw sih gak pa-pa. Tapi FAKTANYA, hadis itu yang digunakan oleh Pemerintah RI untuk mensyaratkan ada izin istri untuk poligami.

Sekali lagi, kalau loe mau ngomel-ngomel silahkan aja. Ibarat sidang, loe punya hak bicara, tapi enggak punya hak suara.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 8:58 pm

Patah Salero wrote:..Dan sesungguhnya Fathimah adalah bagian dari diriku dan sungguh aku tidak suka bila ada orang yang menyusahkannya...

Poligami mana yang GA menyusahkan bini tua :-k

Patah Salero wrote:Tapi FAKTANYA, hadis itu yang digunakan oleh Pemerintah RI untuk mensyaratkan ada izin istri untuk poligami.

Artinya pemerintah RI memang harus turun tangan dengan cara NEPU NEPU UMAT demi ngurus e'e muhammad O:)
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Mon Dec 26, 2011 9:02 pm

Patah Salero wrote:@Kongming
Kalau loe bilang bahwa perintah dan larangan dalam Islam harus ada PERINTAH /LARANGAN TEGAS dari Quran dan hadis, loe berarti masih kurang paham tentang Islam
Semua yang belajar Islam pasti tahu bahwa yang disebut hadis adalah UCAPAN, PERBUATAN dan PERSETUJUAN Muhammad SAW.

Coba loe baca lagi dengan tenang hadis yang gw kutip, apa yang loe simpulkan ??

kalau menurut gw dua hadis itu benang merahnya cuma satu, Muhammad menolak perkawinan kedua Ali karena Fathimah enggak setuju.

kalau loe enggak setuju sama gw sih gak pa-pa. Tapi FAKTANYA, hadis itu yang digunakan oleh Pemerintah RI untuk mensyaratkan ada izin istri untuk poligami.

Sekali lagi, kalau loe mau ngomel-ngomel silahkan aja. Ibarat sidang, loe punya hak bicara, tapi enggak punya hak suara.

Apa si ali pernah minta ijin ke fatimah lalu ga diijinin oleh fatimah?
Apa sebab muhammad marah, apakah karena ali ga minta ijin atau karena ali ingin menikah lagi dengan anak abu jahl?
Di sini ane memang cuma pengen nguji agama yg paling sempurna. Kalo sempurna berarti memang ada dalilnya yg jelas, bukan cocok-mencocokkan.. Argumennya pakr logika yg nyambung yah, hehehe... :lol:
Kongming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 9:17 pm

duren wrote:Poligami mana yang GA menyusahkan bini tua :-k

100 Untuk bang Duren.
Tapi nasib perempuan masih lebih mending dari pada nasib laki-laki.
Kalau suami gak perform, dan bini gak puas, solusi cuma satu. CERAI.
Tapi kalau bini gak perform, dan suami gak puas, bini masih bisa nawar, "Dari pada cerai, aku rela kok dipoligami.."

duren wrote:Artinya pemerintah RI memang harus turun tangan dengan cara NEPU NEPU UMAT demi ngurus e'e muhammad O:)

Terserah mo bilang nepu. pokoknya pake dalil shahih.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby sixpackguy » Mon Dec 26, 2011 9:22 pm

Patah Salero wrote:Ali pingin nikah lagi, trus fathimah enggak mau. Nabi marah. Poligami batal.
Loe bisa cek hadis yang sama di lidwa muslim:4482, Bukhary:4870,

"...namun aku (red. muhammad) tidak mengizinkan kepada mereka..."

:rofl: hahahha duh PS oh PS, ternyata masih membual. Tp kalo membual kira2 donk...
Maksud ente muhammad itu istrinya si Ali? :lol: Kalo iya, ya udah deh, ane percaya aja kalo istri (si muhammad) tidak memberi izin, then poligami batal.

Patah Salero wrote:Fathimah mendatangi Muhammad dan bilang, "bahwa katanya Nabi enggak pernah marahin orang demi membela anak-anaknya. Gimana nih Ali pingin kawin lagi.."
Ini nunjukin bahwa Fathimah gak setuju. kalo gak ngapain dia lapor.

Ente bisa digebukin muslim seluruh dunia kalo caranya membela islam kek getu.
Ane malah bertanya2, kenapa kisah hadist diatas membuat ente menafsirkan PERLU IZIN ISTRI untuk poligami? Dimana pointnya yg bilang ISTRI GA KASIH IZIN THEN POLIGAMI BATAL? #-o

Kalo menurut ente begitu, KENAPA FATIMAH KAGA BILANG SENDIRI KE ALI: SAYA FATIMAH TIDAK SETUJU BANG ALI KAWIN LAGEHHH.
Justru karna IZIN DARI ISTRI TIDAK BERPENGARUH, makanya dia mewek2 ke bokapnya yg tukang bacok itu. Si Ali mana berani lah kalo TIDAK DIIJINKAN MUHAMMAD.

Jadi Ali membatalkan pinangannya BUKAN KARENA TIDAK DIIZINKAN Fatimah istrinya.
Dari kalimat yg ini...
"'Ali pernah meminang putri Abu Jahal lalu hal itu didengar oleh Fathimah...
malah menunjukkan sptnya si Ali tidak meminta ijin dari Fatimah dulu, si Fatimah br denger hal itu SETELAH si Abu Jahal meminang, lalu Fatimah ngadu ke bokapnya.
Kronologisnya, si Ali SUDAH MEMINANG cewe lain dulu (si Ali selingkuh yah...? :lol: ), LALU baru Fatimah mendengar itu dan ngadu.
Jadi dimana ada kejadian ALI MEMINTA IZIN ISTERINYA FATIMAH, FATIMAH TIDAK MENGIJINKAN SENDIRI SEHINGGA POLIGAMI BATAL? [-X

Udah faham blom? :goodman:
Kalo blom faham, mending ente belajar dari fatwa ulama ini.
Ulama2 dari Arab sono, dijamin kaga kalah ilmu hadistnya dari ente sampe mereka melewatkan hadist diatas. Dan ngebela islamnya kaga separo2 kek ente dah...

http://www.fatwaislam.com/fis/index.cfm?scn=fd&ID=138
The Acceptance of the First Wife is Not a Condition For One Who Wishes to Marry Another

Question:
There is no doubt that Islaam has permitted plurality of wives, but is it required for the husband to seek the acceptance of his first wife before marrying the second one?

Answer:
It is not obligatory for the husband, when he wishes to marry another, to get his first wife’s acceptance, but it is a noble trait of character and good relations for him to appease her by whatever decreases the pain which women naturally feel in such situations. This may be achieved by smiling, greeting her warmly and speaking kindly to her, and by whatever money you can afford, if her acceptance requires it.

Permanent Committee for Research and Verdicts :turban:

Fataawa Islamiyyah, Darussalam, volume 5, page 353
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1943
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 9:44 pm

@sixpackguy
terus motif Muhammad melarang pernikahan tersebut dari hadis ini apa :

AKu mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda sedangkan beliau berada di atas mimbar: "Sesungguhnya bani Hisyam bin Al Mughirah meminta izin kepadaku agar aku menikahkan anak wanita mereka dengan Ali bin Abu Thalib, namun aku tidak mengizinkan kepada mereka, kecuali jika Ali bin Abu Thalib menceraikan anakku lalu menikahi anak wanita mereka. Sesungguhnya anakku (Fathimah) adalah bagian dariku, aku merasa senang dengan apa saja yang menyenangkannya dan aku merasa tersakiti atas semua yang menyakitinya."

...Dan sesungguhnya Fathimah adalah bagian dari diriku dan sungguh aku tidak suka bila ada orang yang menyusahkannya....


Karena semata-mata dia enggak setuju, atau karena anaknya enggak setuju. Ngapain dia nyebut-nyebut "jangan coba-coba sakiti anakku !!" di hadis tersebut. kalau fathimah suka dan rela, Muhammad SAW enggak akan ngamuk begitu, kan.
Jadi, karena Fathimah gak rela lah makanya Muhammad SAW gak rela. Terang benderang kok dari hadis itu.

Soal fatwa ulama tsb, gw lebih percaya bukhary dari dia.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 9:57 pm

Kesimpulan :

Menurut ajaran Islam , tuk bisa poligami ... harus dengan seizin MERTUA :rofl: :finga:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 9:58 pm

Ehh ralat dikid

Yang benar adalah Harus dengan seizin MERTUA LAKI LAKI :green:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 10:22 pm

Setuju lagi nih sama bang duren.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Mon Dec 26, 2011 10:26 pm

@PS
Tuh hadis yg ente kutip sendiri sudah membuktikan POLIGAMI memberatkan FATIMAH..! jadi solusi apa yg ditawarkan POLIGAMI..??
yg ada Ali kepincut anaknya abu jahal..!! tapi sayang di sayang bininya Ali anaknya ketua GENK..!! mana berani Ali menentang ketua.
satu bukti lagi muhammad mengingkari perintah aolloh dgn melarang Ali mendua hati..! padahal perintah quran jelas..ndak ada tuh larangan Ali POLIGAMI..!
Jadi sesuai perintah quran sah Ali berpoligami,cuman dlm kasus ini muhammad memble..!
Salam Damai
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 11:57 pm

Patah Salero wrote:Setuju lagi nih sama bang duren.

Onde
Mande
Sansai badan :lol:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Tue Dec 27, 2011 12:46 am

Untuk dapat berpoligami , Ali bin Abi Thalib terpaksa nunggu mertuanya matek :green:

Dan akhirnya dia punya istri sampai DELAPAN ORANG


Dalam Islam ..... SEMUA BISA DI KADALIN

Indak dapek musim manyiang hai tuan
Musim manuai den nanti juo
Indak dapek oi tarago bujang hai tuan
Baranok ampek den nanti juo den nanti juo
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby sixpackguy » Tue Dec 27, 2011 1:10 am

Patah Salero wrote:@sixpackguy
terus motif Muhammad melarang pernikahan tersebut dari hadis ini apa :

Karena semata-mata dia enggak setuju, atau karena anaknya enggak setuju. Ngapain dia nyebut-nyebut "jangan coba-coba sakiti anakku !!" di hadis tersebut. kalau fathimah suka dan rela, Muhammad SAW enggak akan ngamuk begitu, kan.
Jadi, karena Fathimah gak rela lah makanya Muhammad SAW gak rela. Terang benderang kok dari hadis itu.

Terang benderang tapi mata ente kelilipan makanya gak bisa ngeliat maksud hadist tsb. :yawinkle:
Motif Muhammad melarang, lebih pada MUHAMMAD SENDIRI YG ENGGAK SETUJU. BUKANnya si ISTRI YG ENGGAK SETUJU.
Abu Jahl kan musuh muhammad. Musuh islam. Pernah ingin mencelakakan Muhammad. Quraisy yg mampoes di perang Badr.
Jadi konteks hadist tersebut lebih mengisahkan penolakan muhammad karena history keluarga putri Abu jahl yg kafir dan dia ga mau putri musuhnya hidup bersama dgn fatimah anak satu2nya karena takut kondisi tsb bisa bikin susah dan cemburu.
Jadi itulah unsur penyebab PELARANGAN MUHAMMAD, bukan karena karena Fatimah SI ISTRI TIDAK MENGIJINKAN POLIGAMI.

Bukhari 3450
"...Demi Allah, tidak akan berkumpul putri Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam dan putri dari musuh Allah pada satu orang laki-laki". Maka 'ali membatalkan pinangannya..."


Bukhari 4484
"...Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dariku. Sesungguhnya aku takut terjadi fitnah pada agamanya. Kemudian beliau menyebutkan kerabat beliau dari bani Hasyim, memujinya atas kedekatan beliau dengannya dan menyebut-nyebut kebaikannya. Beliau bersabda: "Dari mereka telah berbicara denganku, membenarkanku, berjanji denganku dan menepati janjinya. Dan sesungguhnya aku bukan ingin mengharamkan sesuatu yang halal, bukan pula sebaliknya. Akan tetapi Demi Allah, selamanya tidak akan berkumpul putri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan putri musuh Allah di satu tempat."


Intinya, sekali lagi ENGGAK ADA ISI HADIST TERSEBUT yg mengisahkan FATIMAH SI ISTRI TIDAK MENGIZINKAN ALI SI SUAMI BERPOLIGAMI dan PENOLAKAN FATIMAH SENDIRI yang menyebabkan ALI BATAL KAWIN lageh.
Kalo ente ngotot mau menjadikan ini sebagai dalil, ubek2 dulu lidwa utk hadis serupa yg dgn jelas menuliskan 2 point penting ini:
- FATIMAH SI ISTRI TIDAK MENGIJINKAN ALI KAWIN LAGEH
- ALI BATAL KAWIN LAGIH KARENA FATIMAH TIDAK SETUJU

Silahkan... awas pala botak :goodman:


Patah Salero wrote:Soal fatwa ulama tsb, gw lebih percaya bukhary dari dia.

Lah wong bukhari kagak ada bilang Muhammad melarang karna ISTRI TIDAK SETUJU DIPOLIGAMI. Ini point ente yg gue refute dan memang ngak disebut dihadist yg ente bawa walaupun bacanya pake mikroskop. =; Yg ada adalah kesalahan ente mengerti hadist dan menafsirkan seenak jidat.
Makanya ane bilang kalo ente masih ngotot menjadikan hadist tersebut sebagai DALIL PENOLAKAN MUHAMMAD TERHADAP POLIGAMI HANYA KARENA IZIN ISTRI, ente itu bener2 muslim abal2 karena kebanyakan muslim justru mengutuk orang2 yg punya penafsiran spt ente. Sebab itu artinya menghadapkan muhammad terhadap ketidakkonsistenannya sendiri dgn Q 4:3.

Nah, gw lebih percaya fatwa dan pendapat ulama dan ustad2, daripada muslim abal2 macem ente.
Oh ya, ini masih banyak yang bilang POLIGAMI TIDAK PERLU IZIN ISTRI, kenapa kok Patah salero yg bingung sendirian... :rolleyes:

http://www.islam-qa.com/en/ref/12544/
The first wife’s approval is not a condition for marrying a second wife

My question is if you would help me to know the Hadith or the point of vieuw from the Islamic law on the follwing situation.
If a woman is married to a man and that this man is also married to an other woman without her, the last, knows about this marriage.
No need to say that this is a difficult and very exceptional situation but seems the best concerning the circumstances?

Answer:
Praise be to Allaah.

The wife’s approval is not a condition for plural marriage, and it is not obligatory for the husband to have the approval of his first wife if he wants to marry a second wife. But it is good manners and kind treatment to approach the issue in such a way as to reduce the pain which women naturally feel in such cases, by smiling at her, greeting her warmly, speaking nicely to her and spending money on her according to his means, in order to gain her approval. Fataawa Islamiyyah, 3/204.


http://www.ustsarwat.com/web/ust.php?id=1180447398
Image
Nikah Lagi Tanpa Izin Isteri, Bolehkah?
Q: Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pak ustadz, jikalau ada perempuan yang bersedia menjadi isteri kedua dan juga diizinkan/direstui oleh orang tuanya bolehkah dinikahi? Tetapi tanpa sepengetahuan isteri pertama dan tanpa minta izin dari isteri pertama
Wassalam,
Rief

A: Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Kalau dilihat secara hukum hitam putih, pada dasarnya seorang laki-laki tidak perlu mendapat izin dari siapa pun untuk boleh menikah. Baik untuk menikah yang pertama, kedua, ketiga atau pun yang keempat.
Izin dalam arti dari pihak lain hanya berlaku buat seorang wanita. Yaitu izin dari pihak wali yang dalam hal ini adalah ayah kandungnya sebagai wali mujbir. Sedangkan seorang laki-laki tidak membutuhkan wali atau izin dari pihak mana pun dalam menentukan pernikahannya.


Ps oh PS, dasar lo muslim abal2... :lol:
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1943
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Tue Dec 27, 2011 8:53 am

duren wrote:Untuk dapat berpoligami , Ali bin Abi Thalib terpaksa nunggu mertuanya matek :green:

Dan akhirnya dia punya istri sampai DELAPAN ORANG

Gw curiga Ali mencari cintanya yang hilang bersama kematian Sayyidah Fathimah Az-Zahra.
Seperti juga tokoh Florentino Ariza dalam novelnya Gabriel garcia Marquez, yang mencari kompensasi dari wanita-wanita lain ketika ditolak oleh Fermina Urbino..

Sooooo sweeeeet :heart: :heart: :heart:
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Tue Dec 27, 2011 8:56 am

@PS, mana jawaban ente ttg ini ?
" Apa si ali pernah minta ijin ke fatimah lalu ga
diijinin oleh fatimah?
Apa sebab muhammad marah, apakah karena
ali ga minta ijin atau karena ali ingin menikah
lagi dengan anak abu jahl?"

:rock:
Kongming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Tue Dec 27, 2011 9:09 am

@sixpackguy
Kalau pikiran loe gak nyambung untuk mencari hubungan antara kenapa Muhammad mengatakan

...Sesungguhnya anakku (Fathimah) adalah bagian dariku, aku merasa senang dengan apa saja yang menyenangkannya dan aku merasa tersakiti atas semua yang menyakitinya."

dengan larangannya pada Ali untuk menikahi Abu Jahal, ya silahkan aja. Tapi jangan ngajak-ngajak gw. Wong dalam setiap hadis fatimah disebut kok. Berarti alasannya berhubungan dengan perasaan Fathimah.

Btw, anyway, wewee, Kalau setiap poligami harus izin mertua, maka jumlah poligami bakalan makin minim dong. Tetap halal, tapi minim. Gw sih setuju aja.

Trus, ustad yang loe kutip sama sekali enggak ngasih dalil. Kenapa pula gw harus percaya.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Tue Dec 27, 2011 9:15 am

Patah Salero wrote:Sooooo sweeeeet :heart: :heart: :heart:

Kek kisah cintaku dengan si Netral yahh :green: :heart:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11063
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Tue Dec 27, 2011 9:16 am

Kongming wrote:@PS, mana jawaban ente ttg ini ?
" Apa si ali pernah minta ijin ke fatimah lalu ga
diijinin oleh fatimah?
Apa sebab muhammad marah, apakah karena
ali ga minta ijin atau karena ali ingin menikah
lagi dengan anak abu jahl?"

:rock:


Gw gak tau apa Ali minta izin sama Fathimah. Yang gw tahu Fathimah keberatan atas pernikahan tersebut dan ngelapor ke Bapaknya. Dari hadis yang gw kutip ada petunjuk bahwa selama ini Muhammad enggak pernah marah untuk membela anaknya. Lalu, yang gw pahami, saat melapor Fathimah memohon, "tolong, sekali ini marahlah demi anakmu."

Jadi jawaban gw untuk pertanyaan kenapa Muhammad SAW marah ??
karena menjaga perasaan anaknya. kalau anaknya setuju, Muhammad akan setuju.
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Tue Dec 27, 2011 9:44 am

Patah Salero wrote:
Gw gak tau apa Ali minta izin sama Fathimah. Yang gw tahu Fathimah keberatan atas pernikahan tersebut dan ngelapor ke Bapaknya. Dari hadis yang gw kutip ada petunjuk bahwa selama ini Muhammad enggak pernah marah untuk membela anaknya. Lalu, yang gw pahami, saat melapor Fathimah memohon, "tolong, sekali ini marahlah demi anakmu."

Jadi jawaban gw untuk pertanyaan kenapa Muhammad SAW marah ??
karena menjaga perasaan anaknya. kalau anaknya setuju, Muhammad akan setuju.

Ah ente sembarangan ambil kesimpulan padahal analisis belum selesai.
Di hadis itu fatimah ngelapor ke muhammad bukan karena si ali ngga minta ijin sebelum meminang putri abu jahl.
Kecuali jika ali sudah minta ijin, ijin ditolak, namun ali masih bersikeras melanjutkan pernikahan, maka hadis itu dapat saya terima sebagai dalil minta ijin sebelum kawin lagi.
Lagipula, klaim ente bahwa kalau anaknya setuju, dua juga pasti setuju, terlalu memaksa. Apa ente lupa alasan lain muhammad menolak pernikahan alu dengan anak abu jahl?
Ane sih lebih setuju dengan bro duren, bahwa untuk menikah lagi harus seijin mertua, hahaha...
:rock:
Kongming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Tue Dec 27, 2011 10:08 am

Kongming wrote:Ane sih lebih setuju dengan bro duren, bahwa untuk menikah lagi harus seijin mertua, hahaha...
:rock:


Sebelum duren ngomong, aku udah bilang duluan tanggal 3 desember

Image
Patah Salero
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2644
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

PreviousNext

Return to Ruang Poligami



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users