. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby kompas » Wed May 09, 2012 1:13 pm

Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

sebagian muslim ada yang mempercayai, Yesus adalah nama lain dari Nabi Isa. AS.

gw pribadi tidak sependapat dengan pendapat sebagian muslim lainnya itu.
pendapat gw ini, bukannya tanpa dasar, akan tetapi, didukung dengan referensi yang layak untuk dipalajari dan direnungkan.

Teori mitos Yesus

Teori mitos Yesus (juga dikenal sebagai teori mitos Kristus atau hipotesis ketidakberadaan Yesus) sebenarnya terdiri dari dua pendapat:[1]
Yesus dari Nazaret bukan tokoh historis yang benar-benar ada, tetapi merupakan karakter mitologis yang diciptakan oleh komunitas Kristen awal, atau
Yesus memang ada, tetapi riwayat hidupnya tidak seperti yang ditulis di dalam Alkitab.

Beberapa pendukung teori ini berargumen bahwa peristiwa atau perkataan yang berhubungan dengan figur Yesus dalam Perjanjian Baru mungkin berasal dari gabungan atribut atau cerita dari satu atau lebih tokoh-tokoh lain, baik yang benar ada maupun yang diambil dari mitos lain, untuk membentuk satu rangkaian riwayat hidup Yesus.[2]

Keraguan mengenai cerita hidup Yesus Kristus pernah diutarakan oleh seorang pengarang non-Kristen (pagan) pada awal abad ke-2, Celsus. Sebagai seorang filsuf Yunani, Celcus membandingkan riwayat Yesus dengan riwayat Zalmoxis dan Orpheus. Dengan bangkitnya kekuasaan Gereja Katolik di Kerajaan Romawi dan penghancuran kuil-kuil pagan pada abad ke-4, pemikiran dan keraguan keberadaan Yesus tidak dibicarakan secara terbuka. Malahan banyak cerita karangan ditambahkan, sehingga mengaburkan kenyataan dan khayalan atau mitos.

Sejarah modern mengenai teori mitos Yesus muncul kembali pada abad pencerahan. Pemikir-pemikir pencerahan Perancis seperti Constantin-François Volney dan Charles François Dupuis menyatakan keraguan mereka pada tahun 1790-an. Selanjutnya, muncul tokoh-tokoh yang mendukung teori ini, seperti Bruno Bauer pada abad ke-19, atau Arthur Drews di abad ke-20. Teori ini menjadi perhatian melalui tulisan tokoh-tokoh Ateis Baru seperti Richard Dawkins, Christopher Hitchens, dan filsuf Perancis Michel Onfray.[3]

Argumen yang digunakan untuk mendukung teori ini adalah:
Tidak ditemukan referensi mengenai Yesus pada masa hidupnya.
Kurangnya referensi non-Kristen mengenai Yesus pada abad pertama.
Hubungan antara tokoh Yesus dengan dewa-dewa Yunani, Mesir, atau lainnya, terutama mengenai dewa yang wafat dan bangkit kembali.


membaca tulisan diatas, masih adakah saudara muslimku, yang berpendapat Yesus adalah nama lain dari Nabi.Isa.AS ??

renungkalnlah ...... :goodman:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby JANGAN GITU AH » Wed May 09, 2012 1:23 pm

Kompas wrote:gw pribadi tidak sependapat dengan pendapat sebagian muslim lainnya itu.


saya pribadi juga sepakat denganmu bahwa Isa bukan Yesus...bukan cuma saya...banyak kafir FFI juga sepakat Isa bukan Yesus. Isa itu karangan Muhammad saw... :lol:

good job Kompas...lawan tuh si Crescent-Star yang ngeyel menyamakan Isa = Yesus...gebukin aja dia...hihihi :supz:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5255
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby fanaticus » Wed May 09, 2012 1:45 pm

Bagus, kompas pinter :green:

Skrg tolong cari bukti historis keberadaanya si Isa ya, pas. :green:

Jgn bukti dari Islam, tapi dari sumber non islam :green:
User avatar
fanaticus
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 575
Joined: Fri Oct 29, 2010 11:37 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby kompas » Wed May 09, 2012 2:07 pm

khusus untuk saudaraku seiman dalam Islam...

Keraguan mengenai Yesus muncul ketika pembelajaran kitab suci secara kritis berkembang pada abad pencerahan (Renaissance). Pelopor teori mitos Yesus adalah filsuf Perancis Charles François Dupuis (1742–1809) dan Constantin-François Chassebœuf (1757–1820).[18]

Dupuis menolak keberadaan Yesus dalam sejarah, dan mendasarkannya pada tulisan sejarawan Romawi Tacitus (56–117) mengenai Kristus. Pada tahun 116, Tacitus menyebut Kristus yang telah dihukum oleh Pontius Pilatus tidak lebih dari gema kepercayaan Kristen yang tidak benar pada masa itu. Inilah kutipan surat Tacitus yang mencatat mengenai kebakaran di sebagian besar kota Roma selama 6 hari dalam bulan Juli 64 M, yang diduga oleh banyak orang Roma disulut oleh Kaisar Nero sendiri.[19]

Dalam Origine de tous les cultes (1795), Dupuis mengidentifikasi ritus pra-Kristen di Suriah Raya, Mesir Kuno, dan Persia, sebagai perwakilan kelahiran dewa dari seorang perawan pada titik balik musim dingin, dan berargumen bahwa ritus-ritus tersebut berdasarkan pada kenaikan musim dingin rasi bintang Virgo. Ia meyakini bahwa peristiwa tahunan tersebut dialegorikan sebagai dewa-dewa matahari, seperti Sol Invictus, yang menghabiskan masa kecil mereka dalam ketidakjelasan (ketinggian rendah matahari setelah titik balik), lalu wafat (musim dingin), dan bangkit kembali (musim semi). Dupuis juga menyatakan bahwa injil Yahudi dan Kristen dapat diinterpretasikan sebagai pola matahari: jatuhnya manusia dalam dosa pada Kitab Kejadian merupakan alegori dari kesulitan akibat musim dingin, dan kebangkitan Yesus mewakili meningkatnya kekuatan matahari dalam Aries pada equinox musim semi.[21]


Al Qur'an memberikan petunjuk kepada kita umat muslim tentang Nabi Isa.AS.

QS.3.45. (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),

Nabi Isa.AS adalah seorang Nabi, bukan dewa !!!!
masihkah saudaraku seiman, mempercayai Yesus adalah nama lain dari Nabi Isa. AS ???

renungkanlah..... :goodman:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby BebasMungkin » Wed May 09, 2012 2:41 pm

Kalau Nabi Isa seperti yg Pak Kompas ceritakan di atas, itu namanya Nabi Isa yg nggak Jelas....

Seharusnya klu mau membedakan harus ada SEJARAH DETAIL Nabi Isa. AS versi Pak Kompas ini ??

dari Satu Sumber Buku tentunya, klu COMOT sana COMOT sini sejarahnya berarti Nabi Isa. AS versi Pak Kompas ini, hanya Versi Abal-Abal....
User avatar
BebasMungkin
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby OpoBener » Wed May 09, 2012 2:54 pm

Jadi nurut kompas, ISA bukan Yesus yah....ok, gw jepret dulu...*jepret*

Btw, nih sepertinya bukan ditujukan ke kristen yah, tapi lebih ingin membuka pola pandang baru dari sudut Islam... =D> =D>
ikut nongkrong ah...gw mau liat thread ini mau dibawa kemana sama si kokom...
go go go, KOMPAS~!! :supz:
User avatar
OpoBener
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 797
Joined: Sat Feb 25, 2012 12:54 am
Location: Di genteng rumah nabi ngintip doi nyipok onta

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby sodrun » Wed May 09, 2012 3:01 pm

He he he... sebuah trit baru dari Mr. Kompas yang gagah berani !
Nabi Isa bukan Yesus, menurut Kompas.

Apakah Nabi Isa itu orang Arab ?
Pada kira-kira tahun berapa ia hidup ?
Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)

Sementara itu dulu dah..
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby kompas » Wed May 09, 2012 3:06 pm

kalo gw ceritakan riwayat tentang siapa Nabi Isa.AS, terlalu panjang untuk ditulis.
silahkan kalian baca dalam buku ini :

Image
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby sodrun » Wed May 09, 2012 3:19 pm

Pertanyaan saya hanya 3 lho bos, tidak ingin cerita lengkapnya.. itu nanti, secara bertahap aja :

Apakah Nabi Isa itu orang Arab ?
Pada kira-kira tahun berapa ia hidup ?
Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby kompas » Wed May 09, 2012 3:47 pm

sodrun wrote:Pertanyaan saya hanya 3 lho bos, tidak ingin cerita lengkapnya.. itu nanti, secara bertahap aja :

Apakah Nabi Isa itu orang Arab ?

Nabi Isa.AS keturunan Bani Israil.

sodrun wrote:Pada kira-kira tahun berapa ia hidup ?

tidak ada penjelasan, tepatnya tahun berapa Nabi Isa.AS dilahirkan.

sodrun wrote:Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)

gw belum pernah menemukan penjelasan tentang silsilah Nabi Isa.AS
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby OpoBener » Wed May 09, 2012 3:58 pm

sodrun wrote:Apakah Nabi Isa itu orang Arab ?

kompas wrote:Nabi Isa.AS keturunan Bani Israil.

Ow tak kira mau ngmg ISA itu orang perancis...atawa orang Arab
sodrun wrote:Pada kira-kira tahun berapa ia hidup ?

kompas wrote:tidak ada penjelasan, tepatnya tahun berapa Nabi Isa.AS dilahirkan.

:lol: :lol:
sodrun wrote:Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)

kompas wrote:gw belum pernah menemukan penjelasan tentang silsilah Nabi Isa.AS

Lha terus isi buku diatas apa kom? dongeng ? Iron man ? Dragon Ball ? :lol:
Bilangnya isi bukunya beda, bisa membedakan antara ISA sama Yesus dari buku referensimu diatas...
dimana letak "berani bedanya" ??
User avatar
OpoBener
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 797
Joined: Sat Feb 25, 2012 12:54 am
Location: Di genteng rumah nabi ngintip doi nyipok onta

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby sodrun » Wed May 09, 2012 4:19 pm

sodrun wrote:Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)

kompas wrote:gw belum pernah menemukan penjelasan tentang silsilah Nabi Isa.AS

He he he he.... seorang nabi besar sekelas Nabi Isa ini sampai tidak ada silsilahnya tentu ada kekeliruan dari sumber anda!
Ya sudah,... katakan bahwa Nabi Isa adalah keturunan dari bani Israel.
Siapa Bapak dari Nabi Isa ini yang sah secara hukum (hukum Israel tentunya) ?
Karena tidak mungkin ibunda Isa AS mengandung tanpa suami yang sah ! Bisa dirajam oleh bangsat-bangsat Yahudi beliau ini !

:green:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby fanaticus » Wed May 09, 2012 4:21 pm

Si kompas gak nyadar, selama ini yg treak2 nyamain isa sama yesus ya muslim, biar keliarannya islam itu nabinya eksis :lol:

Kalo gak nyebeng yesusnya kristen dan nabi2 yahudi, gmn ngebuktiin kalo nabi2 dlm cerita di quran itu emang benaran ada? :lol:

Gw dukung langkah lo bung kompas! Ini adalah trit terpinter buatan muslim yg pernah gw baca di ffi :finga:
User avatar
fanaticus
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 575
Joined: Fri Oct 29, 2010 11:37 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby sodrun » Wed May 09, 2012 4:37 pm

fanaticus wrote:Si kompas gak nyadar, selama ini yg treak2 nyamain isa sama yesus ya muslim, biar keliarannya islam itu nabinya eksis :lol:

Kalo gak nyebeng yesusnya kristen dan nabi2 yahudi, gmn ngebuktiin kalo nabi2 dlm cerita di quran itu emang benaran ada? :lol:

Gw dukung langkah lo bung kompas! Ini adalah trit terpinter buatan muslim yg pernah gw baca di ffi :finga:

Xi xi xi..... bro fanaticus mendukung kompas....
Bakal mualaf neeh....

:rolling:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby OpoBener » Wed May 09, 2012 4:40 pm

fanaticus wrote:Si kompas gak nyadar, selama ini yg treak2 nyamain isa sama yesus ya muslim, biar keliarannya islam itu nabinya eksis :lol:

Kalo gak nyebeng yesusnya kristen dan nabi2 yahudi, gmn ngebuktiin kalo nabi2 dlm cerita di quran itu emang benaran ada? :lol:

Gw dukung langkah lo bung kompas! Ini adalah trit terpinter buatan muslim yg pernah gw baca di ffi :finga:

jangan dikasi bocoran dulu hahahaha
User avatar
OpoBener
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 797
Joined: Sat Feb 25, 2012 12:54 am
Location: Di genteng rumah nabi ngintip doi nyipok onta

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby bima69 » Wed May 09, 2012 5:16 pm

Rasanya ...rekan-2 kafir di ffi setuju banget sama bro kompas...
Justru yang bro kompas pertanyakan adalah rekan-2 seiman bro sendiri...yang menyamakan isa adalah Yesus.
Jadi saya cuma mau nonton aja ...ambil tikar..dan segelas kopi serta sebungkus rokok...dan duduk manis.
bima69
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 74
Joined: Tue Mar 13, 2012 1:08 am

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby The666 » Wed May 09, 2012 6:21 pm

Kapir-kapir sini kejam-kejam, lansung SKAKMAT...
Lebih baik diberi kesempatan buat saudara Kompas untuk berbugil ria plus ngelawan Muhammad dan muslim sedunia...
The666
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 49
Joined: Tue Mar 01, 2011 12:05 am
Location: Playing chess with M.SAW in Hell

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby Mohmed Bin Atang » Wed May 09, 2012 6:26 pm

Buku si Kompas:
Image

sodrun wrote:Bagaimana silsilah Nabi Isa ini ? (muhammad punya lho silsilah sampai ke nabi Ibrahim !)


kompas wrote:gw belum pernah menemukan penjelasan tentang silsilah Nabi Isa.AS


JADI TUH BUKU APA ISINYA KOMPAS???
hoax islam lagi ya?
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2329
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby Mohmed Bin Atang » Wed May 09, 2012 6:34 pm

coba kita pancing senior Crescent-Star kesini, pasti bakal seru nih
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2329
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Apakah Nabi Isa.AS adalah Yesus ?

Postby kompas » Wed May 09, 2012 7:07 pm

bima69 wrote:Rasanya ...rekan-2 kafir di ffi setuju banget sama bro kompas...
Justru yang bro kompas pertanyakan adalah rekan-2 seiman bro sendiri...yang menyamakan isa adalah Yesus.
Jadi saya cuma mau nonton aja ...ambil tikar..dan segelas kopi serta sebungkus rokok...dan duduk manis.

sebelumnya gw juga pernah memahami, yesus adalah nama lain dari Nabi Isa.AS.
akan tetapi, setelah berjalannya waktu, dan melihat sumber2 yang layak dipercaya, ternyata pemahaman gw dahulu sangat keliru.

trit ini juga gw tujukan kepada kafir kristen yang mempercayai yesus adalah Tuhan yang mereka sembah.
padahal sebenarnya yesus bukanlah tuhan, akan tetapi hanya mitos, tidak ada manusia yang bernama yesus.

seperti yang pernah gw katakan dalam trit yang lain, Perjanjian Baru adalah sebuah buku karangan manusia, yang MENYONTEK INJIL ajaran Nabi Isa.AS.
INJIL, ajaran Nabi Isa.AS , ditambah, dikurangi, diubah disana sini, maka jadilah apa yang mereka namakan Perjanjian Baru.

kasihan umat kristen.... mereka telah tertipu..... :goodman:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users