. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Analisa hubungan Islam dan Yahudi sejak jaman Muhammad dan Islam sampai saat ini.

APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby Garin laksana » Mon May 26, 2008 6:20 pm

Konflik di Timur Tengah saat ini terjadi karena perseteruan antara Arab dan Israel. Bangsa-bangsa Arab mengklaim bahwa tanah Kanaan adalah merupakan hak milik mereka.

Berikut ini kita lihat beberapa hal yang diklaim oleh bangsa-bangsa Arab:
1. Bangsa Arab adalah keturunan dari Abraham melalui Ismael.
2. Ismael dan keturunannya juga termasuk di dalam perjanjian antara Tuhan dan Abraham.
3. Karena perjanjian Abraham menyangkut tanah Kanaan, maka bangsa Arab berpikir bahwa mereka juga berhak atas tanah Kanaan.

Apakah bangsa Arab berhak atas tanah Kanaan?
Apakah bangsa Arab berhak atas kota Yerusalem?
Apakah bangsa Arab merupakan keturunan dari Ismael?

Sekarang, mari kita lihat fakta sejarah berdasarkan Alkitab.

Berdasarkan Kejadian 21:12, Roma 9:7 dan Ibrani 11:18 dengan jelas dikatakan bahwa "Tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunan Abraham".

Sekarang mari kita lihat beberapa ayat berikut :
Kejadian 17:7
AKU akan mengadakan perjanjian antara AKU dan engkau serta keturunanmu turun temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya AKU menjadi Tuhanmu dan Tuhan keturunanmu.

Kejadian 17:8
Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kau diami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan AKU akan menjadi Tuhan mereka.

Dari ayat-ayat di atas, maka kita tahu bahwa :
1. Perjanjian Tuhan dengan Abraham adalah "Perjanjian kekal".
2. Tuhan telah memberikan tanah Kanaan kepada Abraham dan keturunannya yaitu "Ishak".
3. Tanah Kanaan dan kota Yerusalem bukan milik bangsa Arab.
4. Tanah Kanaan dan kota Yerusalem adalah milik bangsa Israel.

Lalu bagaimana dengan bangsa Arab? Apakah benar mereka keturunan dari Ismael?

Mari kita bahas bersama.

Kejadian 21:21
Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

Kejadian 25:13-15
Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya : Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam, Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, Yetur, Nafisy dan Kedma.

Kejadian 25:16
Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, 12 orang raja, masing-masing dengan sukunya.

Kejadian 25:18
Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka.

Dari beberapa ayat di atas, kita mengetahui bahwa Ismael dan keturunannya menetap di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Kalau kita melihat di Peta Alkitab, kita akan tahu bahwa keturunan Ismael menetap di utara semenanjung Arab.

Alkitab tidak pernah menulis bahwa Ismael pergi ke Mekkah dan menjadi bapak bangsa Arab.

Keturunan Ismael ini dikenal juga sebagai orang-orang Midian. Lihat Kejadian 37:27-28, Hakim-hakim 8:22-24.

Lalu dari manakah leluhur bangsa Arab?

Leluhur bangsa Arab, telah ada sebelum Abraham lahir. Mereka bukan keturunan dari Ismael. Para budayawan Arab mengatakan bahwa bapak bangsa Arab sebenarnya adalah Qahtan. Hal ini diteliti berdasarkan penggalian peninggalan arkeologis di tanah Arab.

Ismael dan Abraham tidak pernah pergi sampai ke Mekkah dan membangun Kabah, seperti yang ditulis di Al Quran. Alkitab tidak pernah menuliskan tentang hal ini. Karena itu bangsa Arab adalah bukan keturunan dari Ismael.

Satu hal lagi, jika Abraham menyembah YHWH, apakah mungkin Ismael menyembah batu hitam di Mekkah?.

--------------------------------------------------------------------

Note:
Untuk detailnya dapat dipelajari di
http://www.faithdefenders.com/ministry/ ... shmael.htm


Nara sumber:
Andre Widodo
Singapore 507025
Email : andre_widodo@yahoo.com
Homepage :
www.andrewidodo.blogspot.com
User avatar
Garin laksana
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1198
Joined: Mon Sep 24, 2007 5:07 pm
Location: Al-Quds

Postby BATAQ_ZION » Thu Jul 31, 2008 11:58 am

bagus banget literaturnya ya..
BATAQ_ZION
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 19
Joined: Mon Jul 28, 2008 10:23 am

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby summerjam51 » Sun Nov 29, 2009 8:56 am

siippp.........yg mereka sembah cm batu...ffiiiuuuuhhhhh...... :rock: ...payah........
summerjam51
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Sun Nov 29, 2009 2:50 am

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby motauaza » Mon Feb 15, 2010 4:42 pm

bangsa Arab itu lebih luas cakupannya dari semitic peoples karena dulu belum muncul istilah Arab, kalo Israel hanya salah satu suku dari semitic peoples ( hanya keturunan dari Yakub ), itu pun masih terpecah lagi yg namanya Jew itu hanya dari turunan Yehuda.
jadi cakupan Arab itu lebih luas selain turunan dari Ismael juga ada yg turunan dari Nabi2 sebelumnya, mereka membentuk bangsa2 kemudian dipersatukan oleh satu culture dan satu bahasa yaitu Arab....makanya mereka sekarang bersatu menjadi bangsa Arab. Israel sendiri tidak menyatu menjadi Arab karena mereka terpencar/tersebar ke berbagai negeri makanya bahasanya sedikit berbeda.
kalo masalah Qahtan dan sebagainya itu kan lihat kurun waktunya pada saat kapan, sebelum2nya tidak ada istilah Qahtan, ada juga sabaen, Babylon, sumerian, phoenician dsb....lihat2 waktunya.
motauaza
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 359
Joined: Sun Feb 07, 2010 12:52 pm

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby kutukupret » Mon Feb 15, 2010 4:55 pm

motauaza wrote:bangsa Arab itu lebih luas cakupannya dari semitic peoples karena dulu belum muncul istilah Arab, kalo Israel hanya salah satu suku dari semitic peoples ( hanya keturunan dari Yakub ), itu pun masih terpecah lagi yg namanya Jew itu hanya dari turunan Yehuda.
jadi cakupan Arab itu lebih luas selain turunan dari Ismael juga ada yg turunan dari Nabi2 sebelumnya, mereka membentuk bangsa2 kemudian dipersatukan oleh satu culture dan satu bahasa yaitu Arab....makanya mereka sekarang bersatu menjadi bangsa Arab. Israel sendiri tidak menyatu menjadi Arab karena mereka terpencar/tersebar ke berbagai negeri makanya bahasanya sedikit berbeda.
kalo masalah Qahtan dan sebagainya itu kan lihat kurun waktunya pada saat kapan, sebelum2nya tidak ada istilah Qahtan, ada juga sabaen, Babylon, sumerian, phoenician dsb....lihat2 waktunya.


Ishmael bukan keturunan Nabi Yakub.....jika ada berikan dalilnya ?? beserta silsilahnya.

Nabi Yakub adalah keturunan Ishaq atau Ishmael ?? :lol:
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby motauaza » Mon Feb 15, 2010 5:35 pm

@kupret

yg bilang ishmael anaknya yakub siapa oneng....Ishmael itu pamannya Yakub.

mudhenk tulisan orang gak sih nih orang. :rolleyes:
motauaza
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 359
Joined: Sun Feb 07, 2010 12:52 pm

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby Teritorial » Tue Feb 16, 2010 10:55 am

Kalau kita buka peta dunia hari ini dengan masa lalu, ternyata yang disebut dengan tanah arab itu berbeda. Dahulu, tanah arab sebatas hanya jazirah arabia saja. Sedangkan negeri yang kini menjadi Iraq, Iran, Yaman, Palestina, Libanon, Mesir, Maroko, India dan Pakistan bukanlah negeri Arab.

Sekarang ini semua wilayah itu memang identik dengan arab karena pengaruh perluasan peradaban Islam ke wilayah itu. Padahal negeri Mesir itu dulunya bukan Arab. Mereka adalah bangsa Qibthi atau Egyption. Palestina dulunya bukan arab, karena wilayah itu dulu tempat hidupnya nabi Isa as dan nabi-nabi bangsa Israil sebelumnya. Iraq pun dulunya adalah wilayah Baylonia dan Mesopotamia. Semuanya adalah pusat-pusat peradaban besar manusia di zamannya. Dengan sederhana bisa kita katakan bahwa pada masanya, umat manusia memang terkonsentrasi di wilayah-wilayah itu.
kesimpulannya..
momed dari arab karena Jazirah arab sudah ada sejak ismail belum lahir.
User avatar
Teritorial
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 163
Joined: Thu Sep 25, 2008 6:52 pm
Location: Di negeri yang pingin damai

Re: APAKAH BANGSA ARAB KETURUNAN DARI ISMAEL?

Postby motauaza » Wed Feb 17, 2010 4:31 am

Teritorial wrote:Kalau kita buka peta dunia hari ini dengan masa lalu, ternyata yang disebut dengan tanah arab itu berbeda. Dahulu, tanah arab sebatas hanya jazirah arabia saja. Sedangkan negeri yang kini menjadi Iraq, Iran, Yaman, Palestina, Libanon, Mesir, Maroko, India dan Pakistan bukanlah negeri Arab.

Sekarang ini semua wilayah itu memang identik dengan arab karena pengaruh perluasan peradaban Islam ke wilayah itu. Padahal negeri Mesir itu dulunya bukan Arab. Mereka adalah bangsa Qibthi atau Egyption. Palestina dulunya bukan arab, karena wilayah itu dulu tempat hidupnya nabi Isa as dan nabi-nabi bangsa Israil sebelumnya. Iraq pun dulunya adalah wilayah Baylonia dan Mesopotamia. Semuanya adalah pusat-pusat peradaban besar manusia di zamannya. Dengan sederhana bisa kita katakan bahwa pada masanya, umat manusia memang terkonsentrasi di wilayah-wilayah itu.
kesimpulannya..
momed dari arab karena Jazirah arab sudah ada sejak ismail belum lahir.


salah kalo begitu....Arab itu sebenernya bukan nama etnis tapi culture dan bahasa. kalo mau melihat etnisnya harus dilihat dari keturunan, suku, family......kan udah gw bilang kalo istilah "Arab" itu kan baru muncul belakangan. sebelumnya itu adanya wilayah2 peradaban kuno spt mesir, babylon, lebih kuno lagi sumeria, phoenicia dll
kalo asal muasal manusia memang dari jazirah Arab......Adam dan hawa itu bertemu di Jabal rahmah ( bukit kasih sayang ), di daerah situ juga berdiri kota Jeddah ( yg artinya nenek moyang )....makanya ibadah haji itu bisa dibilang pulang kampung juga ke tempat asal manusia.
jadi Arab itu tepatnya terbagi2 kedalam beberapa kelompok namun satu sama lain udah saling bercampur.
-. Ada arab turunan Abraham yg berasal dari negeri Babylon, bercampur dgn mesir melalui Hagar
-. ada Arab2 yg turunan dari saudara2 Abraham, nenek moyang Abraham dst mereka juga menurunkan suku2 di Arab

ya intinya mereka semua itu turunan Shem ( semitic peoples ), satu sama lain saling bercampur dan kemudian melebur menjadi satu bangsa yaitu Arab. belakangan menjadi terpecah2 menjadi negara2 Arab karena penjajahan kali.
motauaza
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 359
Joined: Sun Feb 07, 2010 12:52 pm


Return to Resource Center: Islam dan YAHUDI



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users