. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Orang-orang dari seluruh dunia yang murtad (termasuk dari FFInternasional). Siapa mereka dan mengapa mereka meninggalkan Islam ? Murtadin2 dari FFIndonesia silahkan masukkan pengakuan ke 'Mengapa Saya Murtad ?'

Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby walet » Sun May 31, 2009 8:24 pm

Setahu saya prabowo itu islam, juga bapaknya begawan ekonomi indonesia.
Tapi saya baca diinternet ternyata Hashim Djojohadikusumo merayakan Paskah, bahkan mengundang jujuk srimulat yang murtadin juga.
Diinternet, dia sendiri bilang kalau dia Kristen yang taat.

Kalau dilihat dari otaknya dan prestasinya menjadi salah satu orang terkaya sih, sudah bisa dipastikan dia pasti non muslim. Tapi soal kepindahannya ke Kristen, gak tau.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby Rainn Forestha » Tue Jun 02, 2009 6:40 am

Hasyim emang kristen, bukan murtadin, spt ibunya (alm) dan kakak perempuannya yg nikah ma Sudratjad Djiwandono.
User avatar
Rainn Forestha
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 666
Joined: Tue Apr 25, 2006 9:49 pm
Location: earth

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby walet » Tue Jun 02, 2009 6:55 am

Rainn Forestha wrote:Hasyim emang kristen, bukan murtadin, spt ibunya (alm) dan kakak perempuannya yg nikah ma Sudratjad Djiwandono.


Thanks infonya.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby fenomena » Fri Jun 05, 2009 6:23 pm

Ini cerita tentang Prabowo, Hasyim dan Gerindra yang ditulis oleh teman Prabowo, memang benar Hasyim itu Kristen, ibunya yang bernama Dora Sigar juga Kristen.

Gerindra Anti Islam dan Modal Asing?
Files under | Posted by Fami Fachrudin
Catatan dari Facebook.com
Saturday, October 18, 2008 at 12:10pm

Tidak lama setelah Gerindra berdiri, seorang sahabat dari wilayah kanan pol silaturahmi datang ke rumah saya dan memberi peringatan, bahwa Prabowo Subianto adalah seorang sosialis yang anti Islam. Inilah rumor anti yang pertama kali saya dengar. Untuk menjustifikasikan hal itu, dia sebut keberadaan Desmon J Mahesa dan Pius Lustrilanang dalam kepengurusan DPP Partai Gerindra dan ketidaksukaan Prabowo pada gagasan negara Islam yang dianggap sebagai ancaman bagi NKRI.

Alasan tersebut tentu saja tidak kuat, karena kepengurusan Gerindra di semua level tidak pernah mempermasalahkan latar belakang aktifitas pengurusnya sebagai konsekuensi partai terbuka yang bercorak nasionalis. Komposisi pengurus DPP Gerindra, misalnya, terdiri dari banyak kalangan. Dari 45 pengurus saat ini terdapat 2 purnawiraman TNI, beberapa alumni ormas pemuda Islam seperti HMI, PII, PMII, dan Nasyiatul Aisyiyah, serta beberapa tokoh HKTI dan berbagai macam latar belakang lainnya.

Jika masalahnya pada anti gagasan negara Islam, hal itu bukan hanya dimiliki Prabowo Subianto, tetapi banyak tokoh lainnnya, termasuk tokoh-tokoh Islam sendiri. Amien Rais, misalnya, adalah tokoh Islam yang tidak percaya pada gagasan negara Islam.

Semalam (17/10) datang seorang kawan, peneliti sebuah laboratorium politik UI, mengatakan bahwa dirinya bertemu dengan Faisal Basri beberapa hari yang lalu. Kata Faisal Basri, Gerindra adalah partai yang anti non-muslim, anti China, dan anti modal asing. Saya tidak tahu, apakah nada Faisal Basri saat menyampaikan hal ini sebagai kalimat berita untuk memberitahukan kepada khalayak ramai agar mengetahui hal ini, atau sebagai kalimat bertanya untuk mencari jawaban atas rumor yang ia dengar selama ini. Atas informasi itu dia bertanya kebenarannya kepada saya.

Tuduhan anti non-muslim kepada partai Gerindra jelas salah alamat. Partai Gerindra memiliki pengurus dengan latar belakang agama yang beragam. Di tingkat pusat, agama dan kepercayaan pengurusnya beragam, ada muslim dan non-muslim, ada NU dan Muhammadiyah, ada santri dan abangan, juga ada yang moderat relijius dan sekuler penuh. Dalam setiap acara resmi Gerindra yang menyediakan acara pembacaan doa, selalu dihadirkan pembaca doa dari 4 agama, yaitu Islam, Kristen, Katholik, dan Hindu Bali.

Jika tuduhan itu kepada sosok Prabowo, maka saya jawab, Prabowo tidak mungkin anti non-muslim. Adik-adik dan keponakannya banyak yang non-muslim. Adik kandungnya Hasyim Djoyohadikusumo adalah seorang yang beragama Kristen (Protestan) dan adik iparnya Sudrajat Djiwandono sekeluarga beragama Katholik. Ibunya sendiri, istri dari begawan ekonomi Sumitro Djoyohadikusumo, juga seorang non-muslim. Salah satu sahabat karibnya sejak 30 tahun lalu yang juga duduk di kepengurusan DPP Partai Gerindra, seorang purnawirawan TNI, adalah seorang Kristen yang taat. Prabowo juga dekat dengan tokoh-tokoh dari Bali yang Hindu dan Timor Timur yang Katholik. Jadi tidak mungkin seorang Prabowo itu anti non-muslim.

Soal tuduhan anti China mungkin berasal dari cerita Prabowo sendiri dalam forum-forum tertutup yang kemudian menyebar ke luar. Saya sendiri pernah mendengar Prabowo bercerita, suatu waktu ia bertemu dengan seorang pengusaha Indonesia dari etnis China yang mengeluh adanya diskriminasi ekonomi di negara ini terhadap etnis China. Maka Prabowo menjawab, "Datanglah ke restoran-restoran mewah yang ada di hotel bintang 5 bintang 4 atau restoran mewah lainnya yang ada di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Berapa banyak pribumi dan berapa banyak orang dari etnismu ada di sana? Datanglah ke forum-forum debitor besar Bank Mandiri atau BNI, perhatikan etnisnya. Berapa banyak pribumi menikmati kredit dari bank-bank pemerintah tersebut? Mungkin jumlahnya tidak lebih dari 10 orang dari 1000 tamu undangan yang ada. Jika ada diskriminasi, mana bisa kalian lebih menikmati kue pembangunan di republik ini?"

Pandangan tersebut menurut saya tidak bisa dijadikan sebagai landasan untuk menuduh Prabowo sebagai anti China. Secara personal Prabowo jelas tidak memiliki masalah dengan ras China, bahkan ia selalu menganjurkan bangsa Indonesia untuk belajar dari bangsa Tiongkok dalam membangun bangsa dan negaranya.

Ia hanya tidak bisa menerima ketidakadilan ekonomi yang terjadi di tengah masyarakat kita. Prabowo hanya marah pada kebijakan ekonomi Indonesia yang tidak berpihak kepada rakyat kebanyakan, misalnya diukur dari kebijakan kredit perbankan, yang mengucurkan kreditnya mayoritas kepada etnis tertentu.

Utomo Dananjaya menyebutnya, ia bukanlah anti China, tetapi ia pro perjuangan ekonomi kaum pribumi. Prabowo berasal dari keluarga pembela perjuangan ekonomi kaum pribumi. Kakeknya, Margono, adalah pendiri BNI46, bank yang didirikan untuk menandingi kekuatan finansial etnis China yang selama masa penjajahan hidup dengan privilese ekonomi dari Belanda.

Prabowo juga bukan seorang yang anti modal asing atau anti asing. Dalam salah satu pidatonya, yang saya dengar secara langsung, dia mengatakan, sebagai seorang pengusaha pada dasarnya dirinya adalah seorang kapitalis. Ia hanya menolak penjajahan baru dari sektor ekonomi terhadap bangsa dan negara Indonesia. Dalam berbagai kesempatan Prabowo Subianto selalu menjelaskan dan menegaskan bahwa dirinya adalah seorang patriot, seorang merah putih sejati ...

Jika disebut partai Gerindra sebagai partai yang anti neo-liberalisme ekonomi, maka itu benar adanya. Lebih jelasnya sila tengok manifesto partai Gerindra wabil khusus manifesto bidang ekonomi. Mungkin Gerindra merupakan partai pertama yang terang-terangan memposisikan dirinya sebagai partai anti neo-liberalisme ekonomi. Tetapi secara nasional, pandangan seperti ini bukan yang pertama atau satu-satunya. Pandangan tersebut juga dianut oleh banyak ekonom dan politisi kita, termasuk Kwik Kian Gie atau Amien Rais.
fenomena
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4272
Joined: Wed Nov 28, 2007 8:24 am

Postby up1234go » Fri Jun 05, 2009 8:26 pm

gua bilang juga apa! Prabowo itu kapitalis!!

Lihat jepang, malaysia, china, korea selatan dan india...sama2 diusung kaum kapitalis.

GERINDRA DAN KWIK KWAN JIE ADALAH MANUSIA **** KAMBING!
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Postby up1234go » Fri Jun 05, 2009 8:33 pm

jangan sok2an nasionalisbong! REALISTIS SAJALAH!

Lihat itu malaysia sebagai contoh dekat. KENAPA MEREKA SEKARANG PUNYA HARGA DIRI?

DASAR KATRO!
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby walet » Fri Jun 05, 2009 10:51 pm

Okay, semua calon presiden sama2 kambing, satunya malah ternak kambing yaitu SBY yang bekerja sama kawanan kambing kaya PKS dsb.
Jadi mana neh yang lebih kambing. Soal JK sama Wiranto jelas2 bukan pilihan lagi karena golkar dan mantan penjahat kelas kakap, kalau gak salah wiranto adalah bosnya PKS yah.

Jadi kita milih2 kambing, tapi kambing yang lebih kecil kayanya mega prabowo.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby fenomena » Sat Jun 06, 2009 12:09 am

walet wrote:Soal JK sama Wiranto jelas2 bukan pilihan lagi karena golkar dan mantan penjahat kelas kakap, kalau gak salah wiranto adalah bosnya PKS yah.
Wiranto adalah orang yang membentuk pamswakarsa yang merupakan cikal bakal FPI.
fenomena
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4272
Joined: Wed Nov 28, 2007 8:24 am

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby Rainn Forestha » Sat Jun 06, 2009 6:44 am

Iya, yg kemungkinan embek2 ngembat bocah, eh, daun hijau & nginjak2 rumah (ibadah) lain kecil ya Mega-Pro.
User avatar
Rainn Forestha
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 666
Joined: Tue Apr 25, 2006 9:49 pm
Location: earth

Postby up1234go » Sat Jun 06, 2009 12:30 pm

Okay, semua calon presiden sama2 kambing.

PDIP bukan kambing, mereka partai oposisi konsisten yg bersahabat. Yg bermanuverlah yg **** kambing kayak golkar (tinggal cari kambingnya). wajar waktu itu gue setuju dekrit gusdur soal bubarnya golkar.
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby walet » Sat Jun 06, 2009 4:53 pm

walet wrote:Soal JK sama Wiranto jelas2 bukan pilihan lagi karena golkar dan mantan penjahat kelas kakap, kalau gak salah wiranto adalah bosnya PKS yah.

fenomena wrote:Wiranto adalah orang yang membentuk pamswakarsa yang merupakan cikal bakal FPI.


Iya maksud saya FPI.
Jadi kambing yang gak galak yang mana neh.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Apakah Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Murtadin?

Postby I Want You » Mon Jun 08, 2009 3:07 pm

Baru tau , adik Prabowo ternyata non muslim ?

Btw , katanya dulu istri SBY juga non muslim yah ??
User avatar
I Want You
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2388
Joined: Thu May 07, 2009 2:20 pm
Location: Serambi Yerusalem


Return to Ruang Pengakuan dan Kesaksian



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users