. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Apa sih janji pernikahan islam ???

Seluk beluk ttg hak/kewajiban wanita, pernikahan, waris, bentuk2 pelecehan hak2 wanita dlm Islam dll.

Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby ndramus » Tue Jul 19, 2011 5:11 pm

sering aku denger kalo ada berita pernikahan artis ( yg pasti muslim ) di infotainment.
" mereka saling mengucapkan janji pernikahan pada hari...bla...bla..." :stun:

janji ?

ini dia contoh ijab kobul :
Saya nikahkan engkau, xxxx <nama calon mempelai pria> bin yyyy <nama ayah calon mempelai pria> dengan ananda xxxx <nama calon mempelai wanita> binti yyyy <nama ayah calon mempelai wanita>, dengan mas kawin zzzz <semisal: perhiasan emas 18 karat seberat 20 gram> dibayar <tunai/hutang>

dimana ada kata2" saya berjanji demi bla..bla..bla...untuk bla..bla..bla"

tolong donk share kalo ada yg nemu perjanjian nikahnya muslim.....
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby akuadalahkafir » Wed Jul 20, 2011 1:17 am

Maaf ya.. kayanya bakal sepi jawaban dari muslim(ah)...

Di thread ID mbah.erott : Pernikahan islami adakah sumpah setia aja hanya 1 yang berusaha jawab.. tapi langsung mentah karena asal comot ayat dari quran..

Saya juga ikut nunggu deh.. siapa tau ada yang bisa kasih rujukan yang lebih masuk akal :green:
User avatar
akuadalahkafir
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 424
Images: 2
Joined: Wed Jun 08, 2011 8:57 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby ndramus » Wed Jul 20, 2011 11:55 am

akuadalahkafir wrote:Maaf ya.. kayanya bakal sepi jawaban dari muslim(ah)...

Di thread ID mbah.erott : Pernikahan islami adakah sumpah setia aja hanya 1 yang berusaha jawab.. tapi langsung mentah karena asal comot ayat dari quran..

Saya juga ikut nunggu deh.. siapa tau ada yang bisa kasih rujukan yang lebih masuk akal :green:


tx bro kafir...td nya mo kesana tp ane pikir antara sumpah ma janji beda kali yee...
masalahnya infotainment tuh lebayyy banget bilang saling mengucapkan janji.....yg ada malah serah terima barang ehh cewe
ga ada tuh kata2 spt "saya ndramus berjanji akan setia pada FFI sehidup semati"
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby akuadalahkafir » Wed Jul 20, 2011 3:23 pm

ndramus wrote:tx bro kafir...td nya mo kesana tp ane pikir antara sumpah ma janji beda kali yee...
masalahnya infotainment tuh lebayyy banget bilang saling mengucapkan janji.....yg ada malah serah terima barang ehh cewe
ga ada tuh kata2 spt "saya ndramus berjanji akan setia pada FFI sehidup semati"

SETUJU dengan apa yang bro ndramus katakan (saya bold), silahkan dibaca di wikipedia Indonesia penjelasan dari contoh ijab & kabul yang ID ndramus tulis diawal supaya muslim(ah) bisa kasih pembelaan yang lebih tepat untuk mengubah pandangan kenapa pernikahan di islam menurut kafir = pelacuran.. :green:

Ooo.. ijab kabul bisa dianggap janji bro ndramus... Janji untuk menyerahkan mahar untuk mendapatkan pelayanan wanita(beli wanita), bukan janji/sumpah kesetiaan.. dimana kalau sudah tidak menarik lagi.. bisa membeli wanita lain asal tidak lebih dari 4.. :green:
User avatar
akuadalahkafir
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 424
Images: 2
Joined: Wed Jun 08, 2011 8:57 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby biksu sonje » Thu Jul 21, 2011 4:16 pm

[musslim mode on]

ntar yah gue salin dulu ocehan nyang dari agama sebelah, ntar insa uloh wts bakal ada ocehan janji pernikahan islam

[musslim mode off]

eslam banget kagak sih???

lah gitu kan islam, bisanya cuma njeplak njeplik njeplok
biksu sonje
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 464
Images: 0
Joined: Thu Sep 09, 2010 5:18 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby ndramus » Sun Jul 24, 2011 9:38 am

biksu sonje wrote:[musslim mode on]

ntar yah gue salin dulu ocehan nyang dari agama sebelah, ntar insa uloh wts bakal ada ocehan janji pernikahan islam

[musslim mode off]

eslam banget kagak sih???

lah gitu kan islam, bisanya cuma njeplak njeplik njeplok


itu lah salah kaprah nya media indo...wong ga ada janji pernikahan kok dibilang saling mengucap janji....
malu kali kalo nyebut ijab kobul......krg bergengsi..
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby biksu sonje » Thu Dec 13, 2012 7:14 pm

ndramus wrote:itu lah salah kaprah nya media indo...wong ga ada janji pernikahan kok dibilang saling mengucap janji....

ga ada janji pernikahan dalam islam, mungkin karena kagak penting kali.

apa nyang penting? ini bisa jadi rujukannya:
+ Dari Abu Burdah Ibnu Abu Musa, dari ayahnya Radliyallaahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu'alaihi wa Sallam bersabda:"Tidak sah nikah kecuali dengan wali." Riwayat Ahmad dan Imam empat. Hadits shahih menurut Ibnu al-Madiny, Tirmidzi, dan Ibnu Hibban. Sebagian menilainya hadits mursal.

+ Imam Ahmad meriwayatkan hadits marfu dari Hasan, dan dari Imran Ibnu al-Hushoin: "Tidak sah nikah kecuali dengan seorang wali dan dua orang saksi."

+ Hadis riwayat Uwbah bin Amir ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: sesungguhnya syarat yang paling berhak untuk dipenuhi ialah syarat yang karenanya kamu menghalalkan kemaluan kaum wanita (syarat nikah). (Shahih Muslim No.2542)

ndramus wrote:malu kali kalo nyebut ijab kobul......krg bergengsi..

bisa jadi begitu.
wahai muclimin+muclimat!!
ente ngrasa norak kagak sih kalo pake ocehan ijab kobul??

kobul apa kubul :lol:
biksu sonje
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 464
Images: 0
Joined: Thu Sep 09, 2010 5:18 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby tukang ojek » Sun Dec 16, 2012 12:49 pm

????
:-k

KAyaknya gak ada deh selain Si istri bersedia di poligami.

:partyman:
User avatar
tukang ojek
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1488
Joined: Sun Sep 18, 2011 2:39 am
Location: Di hati kaum muslimin dan muslimah :)

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby gabrielnotjibril » Sun Dec 16, 2012 2:52 pm

Mana ada janji nikah di islam, yg ada juga tuker tambah :rolling:

" aku nikahkan anaku xxxxx dengan kamu xxxxxx dengan mas kawin seperangkat alat solat dan emas sekian kg dan duit sebesar xxxx " sicowo saya terima nikahnya.

Saksi langsung ngomong saaaaahhhhhhhh kalau tidak ada kesalahan ucap :rolling:

Mana ada janji disitu.

Paling nanti si penghulu ngomong kawin cuma sekali yee kalau bisa xixixixixixi.

ini contohnya
https://www.youtube.com/watch?v=ukA8vb-swfY
gabrielnotjibril
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sat Jan 03, 2009 7:34 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby fanaticus » Sun Dec 16, 2012 3:52 pm

Minta janji pernikahan Islam? Jgn gila deh pir! Ijab qobul itu intinya serah terima barang! Dengerin aja bunyinya.
Yg lucu ada kata MAHAR yg sering juga dipake buat jual beli barang :green:
User avatar
fanaticus
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 575
Joined: Fri Oct 29, 2010 11:37 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby walet » Sun Dec 16, 2012 5:04 pm

http://id.wikipedia.org/wiki/Ijab_kabul

Ijab Kabul Dalam Pernikahan Islam adalah Jual Beli Wanita



Dalam bahasa Indonesia, pernyataan ijab kurang lebih sebagai berikut:“

Saya nikahkan engkau, xxxx <nama calon mempelai pria> bin yyyy <nama ayah calon mempelai pria> dengan ananda xxxx <nama calon mempelai wanita> binti yyyy <nama ayah calon mempelai wanita>, dengan mas kawin zzzz <semisal: perhiasan emas 24 karat seberat 12 gram> dibayar <tunai/hutang> ”


Pernyataan di atas harus segera dijawab oleh calon mempelai pria, tidak boleh ada jeda waktu yang signifikan (sehingga bisa disela dengan pengucapan kabul oleh pihak selain calon mempelai pria), yaitu:“ Saya terima nikahnya xxxx <nama calon mempelai wanita> binti yyyy <nama ayah calon mempelai wanita> dengan mas kawin tersebut dibayar <tunai/hutang> ”

==============

Tidak ada sumpah setia seperti dalam Kristen bahwa akan setia sampai maut datang atau sampai mati.
Jadi seperti kasus Aceng, kalau gak cocok ya dikembalikan.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby Mohmed Bin Atang » Tue Dec 18, 2012 2:32 am

fanaticus wrote:Minta janji pernikahan Islam? Jgn gila deh pir! Ijab qobul itu intinya serah terima barang! Dengerin aja bunyinya.
Yg lucu ada kata MAHAR yg sering juga dipake buat jual beli barang :green:


Wah, kalo misalnya si wanita di kawinkan paksa sama orangtuanya, mau nggak mau harus mau tuh ya..? kan ngga ada ceritanya tuh si wanita boleh nolak..?
Yang penting Ijab Kaboul beres.. maka sah dimata aoloh swt dan mamad saw (tuhannya islam) :finga:
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2320
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby CrimsonJack » Tue Dec 18, 2012 12:06 pm

Apalagi jawabnya ga boleh disela kwokwok
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2075
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby hobit » Wed Dec 19, 2012 6:32 am

paidjoh wrote:tole mencoba ngeles lagi...
inti dari apa yang saya bawa itu adalah TETAP ada perceraian kan ??
perceraian = membatalkan kontrak seperti tulisan tole dibawah ini kan ??
Patah Salero wrote:Jangan samakan perkawinan dalam Islam dengan perkawinan dalam kristen.
Dalam Islam, klausul perceraian dan poligami udah tersirat dalam kontrak. Setiap orang yang menikah dapat melakukan poligami atau perceraian.
Jadi, perceraian enggak bertentangan dengan kontrak, malah SESUAI dengan kontrak.


gimana mau setia kalau dalam kontrak itu ada klausul PERCERAIAN dan POLIGAMI pir ??!!! ](*,) ](*,)

ingat ini agama SEMPRULNA pir... semua ada jalan keluarnya !!

'service' gak enak, bisa langsung kirim sms talaq :green:

kalau mau tambo, tapi barang lama masih kinyis2 bisa langsung nikah siri :finga:

agama yang cucok untuk memanjakan otong para budak arab !!
hobit
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 881
Joined: Fri Dec 23, 2011 8:39 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby Pembawa_Pete » Fri Jun 28, 2013 5:59 pm

saya coba jawab setahu saya ye, btw, buat yang belum tau, saya nikah secara Islam
Janji nikah menurut islam ditulis di buku nikah,
yg saya inget sih

- bersedia menafkahi
- menggauli istri
- ... (gak inget apa aja)
User avatar
Pembawa_Pete
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 757
Joined: Mon Aug 09, 2010 11:26 am

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby tukang ojek » Sun Jun 30, 2013 3:58 pm

Masaloh...

islam harus sesuai dgn Nabi Besar Muhammad saw..yg kali ini dalam pernikahan yang terbukti TIDAK ADA JANJI PERNIKAHAN DALAM ISLAM.

Gak percaya....silakan lihat dan saksikan pernikah islami secra langsung...
User avatar
tukang ojek
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1488
Joined: Sun Sep 18, 2011 2:39 am
Location: Di hati kaum muslimin dan muslimah :)

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby gabrielnotjibril » Sun Jul 28, 2013 3:12 am

Janji nikah di Islam ? CUMI kaleee...

Yang ada cuma tuker tambah atas nama alloh wts :finga:

:drinkers: :rolling: :rock:
gabrielnotjibril
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sat Jan 03, 2009 7:34 pm

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby Captain Pancasila » Sun Jul 28, 2013 9:26 am

Sighat taklik adalah suatu janji secara tertulis yang ditandatangani dan dibacakan oleh suami setelah selesai prosesi akad nikah di depan penghulu, isteri, orang tua/wali, saksi-saksi dan para hadirin yang menghadiri akad perkawinan tersebut. Sighat Ta'lik ini diucapkan jika proses akad nikah telah selesai dan sah secara ketentuan hukum dan Agama Islam.

Di bawah ini adalah janji serta ucapan yang diucapkan oleh Suami/Mempelai Pria :

Bismillahirrahmanirrahim
Wa Aufuu Bil-Ahdi Innal-Ahda Kaana Mas-Uulaa
"Tepatilah janjimu, sesungguhnya janji itu kelak akan dituntut"

Sighat Ta’lik Yang Dibacakan Sesudah Akad Nikah Sebagai Berikut :
Sesudah akad nikah, saya (Nama Mempelai Pria) bin (Nama Ayah Mempelai Pria) saya berjanji dengan sesungguh hati, bahwa saya akan menepati kewajiban saya sebagai seorang suami, dan akan saya pergauli istri saya bernama (Nama Mempelai Wanita) binti (Nama Ayah Mempelai Wanita) dengan baik (mu’asyarah bil ma’ruf) menurut syariat agama Islam.

Selanjutnya saya membaca sighat ta’lik atas isteri saya itu sebagai berikut :
Sewaktu-waktu saya,
1. Meninggalkan istri saya tersebut dua tahun berturut-turut.
2. Atau saya tiada memberikan nafkah wajib kepadanya tiga bulan lamanya.
3. Atau saya menyakiti badan/jasmani istri saya itu,
4. Atau saya membiarkan (tidak memperdulikan) istri saya itu enam bulan lamanya,

Kemudian istri saya tidak ridho dan mengadukan halnya kepada Pengadilan Agama, dan pengaduannya dibenarkan serta diterima oleh pengadilan tersebut, dan istri saya itu membayar uang sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) sebagai iwadl (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya satu kepadanya.

Kepada pengadilan tersebut tadi kuasakan untuk menerima uang iwadl (pengganti) itu dan kemudian menyerahkan kepada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji Cq. Direktorat Urusan Agama Islam untuk keperluan Ibadah Sosial.

(Nama Kota), (Tanggal)
Suami,

(Tandatangan)
(Nama Jelas Mempelai Pria)
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3342
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Apa sih janji pernikahan islam ???

Postby fayhem_1 » Sun Jul 28, 2013 12:21 pm

Captain Pancasila wrote:Sighat taklik adalah suatu janji secara tertulis yang ditandatangani dan dibacakan oleh suami setelah selesai prosesi akad nikah di depan penghulu, isteri, orang tua/wali, saksi-saksi dan para hadirin yang menghadiri akad perkawinan tersebut. Sighat Ta'lik ini diucapkan jika proses akad nikah telah selesai dan sah secara ketentuan hukum dan Agama Islam.

Ga ada dasarnya itu dalam ajaran islam

http://kerandamimpi.blogspot.com/2012/03/taklik-talak-dalam-perspektif-kompilasi.html

Sedangkan dalam literatur kitab-kitab fiqih klasik menyatakan bahwa Sebagaimana penulis sebutkan di atas, bahwa para ahli hukum Islam berbeda pendapat dalam pembahasan mengenai taklik talak. Ibn Hazm berpendapat bahwa dari dua macam bentuk taklik talak, yaitu taklik qasamy dan taklik syarthi, keduanya tidak sah dan ucapannya tidak mempunyai akibat apa-apa. Alasannya karena Allah telah mengatur secara jelas mengenai talak, sedang taklik talak tidak ada tuntunannya dalam Alquran dan Sunnah.



Lagipula banyak sekali kekurangan taklik tersebut

Selanjutnya saya membaca sighat ta’lik atas isteri saya itu sebagai berikut :
Sewaktu-waktu saya,
1. Meninggalkan istri saya tersebut dua tahun berturut-turut.
2. Atau saya tiada memberikan nafkah wajib kepadanya tiga bulan lamanya.
3. Atau saya menyakiti badan/jasmani istri saya itu,
4. Atau saya membiarkan (tidak memperdulikan) istri saya itu enam bulan lamanya,

1. Jadi kalo meninggalkan 1 tahun lamanya kemudian kumpul sebulan dua bulan kemudian meninggalkan lagi setahun dst, itu boleh, karena bukan dua tahun berturut-turut

2. Dua bulan ga kasih nafkah, setahun kasih nafkah, dua bulan lagi tidak kasih nafkah dst, itu boleh

3. Ini jelas bertentangan dengan quran dimana quran memperbolehkan istri dipukul, sesuatu yang bertentangan dengan alquran kok dilaksanakan cep ?

4. sama seperti poin 1 & 2

Kemudian istri saya tidak ridho dan mengadukan halnya kepada Pengadilan Agama, dan pengaduannya dibenarkan serta diterima oleh pengadilan tersebut, dan istri saya itu membayar uang sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) sebagai iwadl (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya satu kepadanya.

Oh dalam islam, suami ga bisa kena talak
untuk mengakalinya dibuatkan taklik ini, tapi tetap talak jatuh ke istri bukan suami
User avatar
fayhem_1
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 965
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Next

Return to Hak WANITA dlm Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users