. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Apa perbedaan Kalender Hijriah(Islam) dan Masehi?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Apa perbedaan Kalender Hijriah(Islam) dan Masehi?

Postby dinosaurus » Fri Nov 24, 2006 12:44 pm

Udah lama saya nanya ke sana-sini. Belom ketemu jawaban
yang memuaskan.

1. Mengapa Islam memakai Kalender Hijriah??
Dari pelajaran yang saya dapat di sekolah, perhitungan
hari/bulan/tahun di kalenderHijriah berdasarkan pereadaran
Bulan mengelilingi Bumi.

2. Mengapa sebagian besar org di dunia menggunakan Kalender
Masehi??
Perhitungan hari di kalender Masehi berdasarkan pereadaran
Bumi mengelilingi Matahari.

3. Apa dasar hukum pemakain Kalender Hijriah (dari Quran &
Hadist)??

Mohon Bantuannya ya..............!!
dinosaurus
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 3
Joined: Mon Oct 30, 2006 12:50 pm
Location: N/A

Postby sergius » Fri Nov 24, 2006 1:02 pm

Emang maunya mereka kali tuh.....

Kalender sistim lunar kan banyak yg pakai..... agak kurang akurat sih......
User avatar
sergius
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2063
Joined: Sun Sep 24, 2006 3:46 am
Location: Tzu Chi homebase

Re: Apa perbedaan Kalender Hijriah(Islam) dan Masehi?

Postby feodor fathon FF » Fri Nov 24, 2006 2:26 pm

dinosaurus wrote:Udah lama saya nanya ke sana-sini. Belom ketemu jawaban
yang memuaskan.

1. Mengapa Islam memakai Kalender Hijriah??
Dari pelajaran yang saya dapat di sekolah, perhitungan
hari/bulan/tahun di kalenderHijriah berdasarkan pereadaran
Bulan mengelilingi Bumi.

Hijrah itu adalah moment terpenting dalam perjalanan perjuangan dakwah Islam. kemudian moment ini dijadikan awal bulan dan awal tahun bagi sejarah islam. kalo dalam Masehi hijrah ini ibarat moment kelahiran Nabi Isa as.
perhitungan berdasarkan bulan sudah ada sebelum hijrah bahkan sebelum Nabi Isa...bahkan Nabi Isa juga menggunakan perhitungan menurut bulan karena Nabi Isa seorang kebangsaan Yahudi.
jadi perhitungan menggunakan bulan adalah perhitungan tertua.
namun bagi muslim moment Hijrah dijadikan awal penanggalan. seperti moment kelahiran Nabi Isa sbg awal penanggalan Masehi.


2. Mengapa sebagian besar org di dunia menggunakan Kalender
Masehi??
Perhitungan hari di kalender Masehi berdasarkan pereadaran
Bumi mengelilingi Matahari.

karena pencetus penaggalan menggunalan sistem matahari lebih konsisten dalam menghitung musim di wilayah yang memiliki 4 musim. jadi lebih memudahkan. misal musim dingin Maret maka konsisten tahun2 berikutnya juga Maret. namun bila menggunakan sistem penanggalan menggunakan BUlan setiap tahun musim dingin akan berada di bulan yang berbeda.

3. Apa dasar hukum pemakain Kalender Hijriah (dari Quran &
Hadist)??

tidak ada kewajiban menggunakan sistem penanggalan manapun
namun hikmah menggunakan sistem bulan bagi muslim adalah :
bila tahun ini puasa di musim dingin tahun depan bisa di musim panas dan tahun depannya lagi musim semi dst .... jadi ada dinamika
begitu


Mohon Bantuannya ya..............!!
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby Borland » Sat Nov 25, 2006 12:01 am

klo Org Yahudi katanya lain lagi yaah Kalendernya?

bgmana dgn IMLEK?
User avatar
Borland
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1533
Joined: Wed Nov 08, 2006 3:46 pm

Postby feodor fathon FF » Mon Nov 27, 2006 9:40 am

saya kire IMLEK pake perhitungan bulan juga dech ..
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby sergius » Mon Nov 27, 2006 11:15 am

Iya, imlek memang pakai perhitungan lunar.

Tapi orang chinese kuno dah tau kalo sistem penanggalan lunar ada kekurangannya jadi mereka menerapkan sistim bulan ganda untuk menutupi kekurangannya.

Perhatikan tahun baru imlek selalu bergerak maju tapi ada saatnya dimana tanggal 1 bulan 1 dalam imlek kembali pada posisinya semula. Ini karena diterapkannya standar bulan ganda.

Kalender Hijriah sepertinya tidak menyadari kekurangan dari sistem penanggalan lunar. Kalo dalam penanggalan Hijriah, tanggal dan hari2 besar selalu lari2 ke depan. Perhatikan aja yang namanya idul fitri. Harinya selalu bergerak maju.

Ini berarti 1 tahun dalam kalender Hijriah tidak benar2 1 tahun seperti di sistim solar.
User avatar
sergius
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2063
Joined: Sun Sep 24, 2006 3:46 am
Location: Tzu Chi homebase

Postby SQUALL LION HEART » Mon Nov 27, 2006 12:07 pm

sergius wrote:Iya, imlek memang pakai perhitungan lunar.

Tapi orang chinese kuno dah tau kalo sistem penanggalan lunar ada kekurangannya jadi mereka menerapkan sistim bulan ganda untuk menutupi kekurangannya.

Perhatikan tahun baru imlek selalu bergerak maju tapi ada saatnya dimana tanggal 1 bulan 1 dalam imlek kembali pada posisinya semula. Ini karena diterapkannya standar bulan ganda.

Kalender Hijriah sepertinya tidak menyadari kekurangan dari sistem penanggalan lunar. Kalo dalam penanggalan Hijriah, tanggal dan hari2 besar selalu lari2 ke depan. Perhatikan aja yang namanya idul fitri. Harinya selalu bergerak maju.

Ini berarti 1 tahun dalam kalender Hijriah tidak benar2 1 tahun seperti di sistim solar.


pantesan enakan thr pake paket lebaran.. maju terrusss pantang mundur..
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby feodor fathon FF » Mon Nov 27, 2006 12:48 pm

sebenarnya penanya seharusnya membedakan pertanyaan menjadi 2 , yakni :

1. Kenapa Islam memakai sistem peredaran BUlan ?

2. Kenapa Hijrah dijadikan momentum awal penanggalan bg Islam ?

sebab sistem peredaran bulan bukan hanya dipakai oleh muslim tapi juga orang2 terdahulu sebelum ada sistem perhitungan memakai peredaran Matahari. yang biasanya ditandai dng awal hari pukul 18.00 sedangkan sistem matahari pukul 00.00

di dalam Quran sendiri ayat menggunakan bulan dan matahari sbg perhitungan direstui kok

[6:96] Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

[10:5] Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan . Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak . Dia menjelaskan tanda-tanda kepada orang-orang yang mengetahui.


adapun HIjrah dipakai sbg moment sebab itu adalah Awal kemandirian umat Islam generasi pertama yang berlepas diri dari ikatan kesukuan dan perlindungan suku masing2 menjadi komunitas majemuk yang berdiri dikaki sendiri.
walaupun bila dilihat secara jelas keputusan hijrah adalah keputusan sangat berbahaya yaitu hilangnya perlindungan suku dan ancaman pengkhianatan orang2 madinah. bila muslim dibantai tdk akan ada yang menolong dan membela kecuali dirinya sendiri
Last edited by feodor fathon FF on Mon Nov 27, 2006 12:55 pm, edited 1 time in total.
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby swatantre » Mon Nov 27, 2006 12:53 pm

sergius wrote:Ini berarti 1 tahun dalam kalender Hijriah tidak benar2 1 tahun seperti di sistim solar.


Iya, makanya, kapan tuh kita kan pernah ngalamin lebaran dlm satu tahun (masehi) dirayain 2x.
swatantre
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4106
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Postby SQUALL LION HEART » Tue Nov 28, 2006 10:44 am

ISLAM NO.. THR YESSSS... (ikut muslim aja deh..)

hahahahahahaahahhaha
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby feodor fathon FF » Tue Nov 28, 2006 2:51 pm

jadi bagi MUSLIM mo pake HIJRIAH kek ...mau pake MASEHI ..... it's OKAY .....!! it's not A BIG DEAL

cuma sekali lagi memakai hijriah untuk kegiatan keagamaan ada manfaatnya bagi muslim di wilayah 4 musim.... gak melulu musim dingin puasanya
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA


Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users