. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

ANDHIKA MUSLIM : Jangan hina Tuhan orang lain

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

ANDHIKA MUSLIM : Jangan hina Tuhan orang lain

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 10:43 am

mari kita liat SIJI andhika muslim :

To: Kaum Muslimin dan Muslimah di FFI

Tetaplah beretika yang baik dan berakhlaq yang mulia dalam berdebat sesuai perintah Allah, jangan pakai kata2 kotor juga.. gunakan tutur kata yang baik dan terpuji.. (QS An-Nahl: 125)

Jangan menghina Yesus, Brahma, Yahweh, dsbnya sebab mereka akan menghina Allah lebih-lebih (QS Al-An'am: 108)


"Dan JANGANLAH KAMU MEMAKI SEMBAHAN-SEMBAHAN yang mereka sembah SELAIN ALLAH, karena mereka nanti akan MEMAKI ALLAH dengan MELAMPAUI BATAS TANPA PENGETAHUAN. Demikianlah Kami jadikan setiap ummat MENGANGGAP BAIK PEKERJAAN MEREKA. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali, lalu DIA MEMBERITAKAN KEPADA MEREKA APA YANG DAHULU MEREKA KERJAKAN"

(QS Al-An'am: 108)

nah, dari pendapat di atas,

ORANG-ORANG ISLAM YANG MEMULAI MENGHINA/ MENGHUJAT/ MEMAKI TUHAN-TUHAN AGAMA SELAIN ISLAM..

SAMPAI AKHIRNYA, FFI INILAH YANG SANGAT SANGAT BANYAK MENGHINA/ MENGHUJAT/ MEMAKI ALLAH..

INI BUKTI KEBENARAN AL-QUR'AN..


bang andhika

saya mau tanya :
ITu ayat konteks/asbabun nya pegimane?

Apakah :

1.Banyak umat islam pada jaman nabi yg suka ngejek2 tuhan agama lain,sehingga ditegur dgn turunnya ayat ini (umat islam yg duluan NGEJEK)

2. Ayat itu diturunkan karena DAHULU kala NABI MUHAMAMD pernah menghina TUHAN2 agama lain, lalu orang kafir berniat membalas ngejek tuhannya islam(nabi saw yg duluan NGEJEK)

3.AYAT itu ayat "PREAMBLE",jadi saking MAHA TAHUNYA allah swt,jadi sebelum terjadi yang "ENGGA2".maka allah swt sudah menurunkan ayat ini sbg warning setelah ayat ini turun,umat islam JANGAN sekalipun menghina tuhan agama lain, supaya nama allah swt juga tidak dihina.
(UMAT islam dari awal TIDAK pernah NGEJEK)
dan setelah ayat ini turun,TERNYATA ada umat islam yg bandel dan mulai ngejek2 tuhan agama lain,sampai akhirnya justru sekarang ALLAH swt yg paling terhujati.begitu?
silahkan saya tunggu jawabannya :)
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MAsterminda » Sun Oct 12, 2008 2:44 pm

Muhammad hanya seorang manusia yang baik diantara orang2 arab jahiliah ketika itu.Ia dipilih tuhan sejak kecil lagi dan diaturkan kehidupannya agar tidak terpengaruh dengan keadaan orang2 arab yang suka menyembah berhala dan membuat kemungkaran. Agama yang dibawa Isa telah tidak diamalkan dan diabaikan dan cuba dipesongkan oleh mereka.Ketika itu pengamal ahli kitab beramal secara sendirian dan menguatkannya dimadinah. Allah turunkan quran beransur-ansur bukan kerana untuk membuat agama baru atau membatalkan agama lain.Sebaliknya ingin membetulkan orang2 arab yg. berpecah belah kepada 12 kumpulan bani israel. Pokok pembawaannya adalah ajaran bertuhan dan ancaman yang keras adalah kerana bangsa arab sangat derhaka dan membuat kejahatan yg. melampaui batas.

Alquran diturunkan hanya membenarkan kisah injil dan taurat dan zabur yang telah mula diubah orang2 bani israel. Maka orang2 arab itu adalah 12 gulungan yg.terbentuk dan salah satunya yang mempunyai ajaran isa yang masih terpelihara.Namun kumpulan ahli kitab tidak berdakwah untuk mereka kerana tentangan sangat kuat. Maka itu wajarlah tuhan lantik Muhammad dari kaum itu yg.mana abu mutalib bapa saudara muhammad adalah pemimpin yg.disegani dapat melindungi muhammad. Oleh itu umat akhir zaman ini perlu memahami sejarah lama.Tiada suatu yang dapat kita percayai tentang sejarah lama dan penulisannya namun sebahagian bukti peninggalan sejarah telah menguatkan lagi kenyatan sejarah diceritakan alquran dan injil.

Kita perlu faham muhammad hanya membentuk kaum arab dan bukan untuk mendakwah ahli kitab.Muhammad juga mendapat teguran dan peringatan dari tuhan kerana ragu2 dengan ajaran Allah dan membuat kesilapan.

Muhammad juga telah diancam bunuh dan dihalau kerana membawa kebenaran kepada bani israel yang ingkar.Kaum arab itu juga penentang injil dan ingin menegakkan taurad dari pembawaan musa dan mengagungkan Daud.

Mereka juga telah mengadakan pakatan membunuh Isa. Pada hari ini kita bukan lagi kaum arab yg.jahil itu dan telah jauh dari keturunan arab.Kita rumpun kacukan timur asia dan pelbagai bangsa. Allah jadikan kita sebagai saksi dan umat baru yg.lebih baik amalannya,... walaupun ketiadaan nabi.Namun lebih pandai berfikir dan menyakini ajaran
dari Allah.
MAsterminda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 172
Joined: Mon Sep 22, 2008 4:45 am

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 3:43 pm

Masterminda.

dari 3 pilihan diatas.anda milih yg mana? atau anda punya pilihan tersendiri pls let me know
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MAsterminda » Sun Oct 12, 2008 6:00 pm

1.Banyak umat islam pada jaman nabi yg suka ngejek2 tuhan agama lain,sehingga ditegur dgn turunnya ayat ini (umat islam yg duluan NGEJEK)

Saya kira bukan saja umat Islam yang suka mengejek.Ketika itu Islam dizaman
muhammad masih baru dan belum sempurna serta ajarannya tertutup.

Pengikutnya bukan dari orang islam melainkan baru masuk Islam.Mereka juga
masih jahil dan hukum tuhan belum sampai untuk larangan mengejek.

Orang islam yg.masih jahil perlu kita sama-sama sedarkan dan nasihati
mengikut ajaran mereka.Mana ada agama yg.suruh mengejek walaupun dalam
islam.

Jika anda mengatakan umat islam memulakan dulu,..mungkin boleh diterima
namun kita sebenarnya tak tau samada bani-israel yg.menentang islam
yang telah memulakan
dulu.

2. Ayat itu diturunkan karena DAHULU kala NABI MUHAMAMD pernah menghina TUHAN2 agama lain, lalu orang kafir berniat membalas ngejek tuhannya islam(nabi saw yg duluan NGEJEK)

Jika kita teliti quran,..memang ada tegurun Allah diatas kesalahan nabi dan
pengikutnya.Namun itu suatu kesalahan atas kejahilan mereka lalu Allah
ingatkan.Allah juga ancam nabi jika tidak mengikut apa yg.diturunkan.

Nabi juga hampir terpengaruh dengan dakyah yahudi tapi bukan dengan ajaran
ahli kitab.

Kita perlu kenal siapa bani israel itu yg.dikutuk Allah.Mereka ada perosak
sebenar dimaksudkan dan penyembah patung2.

3.AYAT itu ayat "PREAMBLE",jadi saking MAHA TAHUNYA allah swt,jadi sebelum terjadi yang "ENGGA2".maka allah swt sudah menurunkan ayat ini sbg warning setelah ayat ini turun,umat islam JANGAN sekalipun menghina tuhan agama lain, supaya nama allah swt juga tidak dihina.
(UMAT islam dari awal TIDAK pernah NGEJEK)
dan setelah ayat ini turun,TERNYATA ada umat islam yg bandel dan mulai ngejek2 tuhan agama lain,sampai akhirnya justru sekarang ALLAH swt yg paling terhujati.begitu?

silahkan saya tunggu jawabannya Smile

Seperti dinyatakan umat islam itu hanya penganut ajaran melalui Muhammad
kerana bani israel mula meninggalkan ajaran kitab dan kembali kepada tuhan
datuk nenek.Untuk umat islam tuhan ajarkan hukum tambahan dan konsep
ibadah.

Walaupun ada konsep yg.tak diterima oleh agama lain namun ia bukan
paksaan.Jika diikut ia akan memberi kebaikan saja.

Contohnya tuhan haramkan sesuatu bukan suka2.Pastinya ada sebab.
Dikatakan menghadap kaabah juga bukan erti sembah.Tanda2 kiblat akan
sempurna setiap diri bila kenal tuhan.Dimana saja boleh dihadapkan.

Kabaah pada asasnya dibina oleh siapa dan untuk apa?Apakah tuhan suruh
muhammad bina kaabah?
MAsterminda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 172
Joined: Mon Sep 22, 2008 4:45 am

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 6:38 pm

Master minda.

dari 3 pilihan diatas. yg mana yg sesuai dgn konteks ayat tsb?
silahkan pilih no 1 atau 2 atau 3.

saya bukan menyuruh anda utk menjelaskan 3 pilihan tsb.

paham ya
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MAsterminda » Sun Oct 12, 2008 8:51 pm

Maaf tuan MSAW,..saya masih tak faham maksud
disuruh pilih itu.

Cuma kisah ejek ejekan yang terjadi dalam cerita
quran itu saya faham dan apa dimaksudkan terjemahan
ejek itu sendiri banyak.

Ada juga ejek itu bermaksud Hina,ada juga maksud
menolak kebenaran dan sebagainya.


Sebelum teguran ayat 108
Al Anaam[5] dinyatakan berikut:

Sesungguhnya mereka telah mendustakan kebenaran (Al-Quran) ketika ia sampai kepada mereka. Oleh itu, akan datanglah kepada mereka berita (yang membuktikan kebenaran) apa yang mereka selalu ejek-ejek itu (iaitu mereka akan ditimpa bala bencana).
MAsterminda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 172
Joined: Mon Sep 22, 2008 4:45 am

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 9:18 pm

ok masterminda.

lebi baik kita tunggu si andhika atau muslim indo lainnya

thx atas partisipasinya
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sun Oct 12, 2008 9:26 pm

si masterminda nda mau ngaku kalo muhammad duluan yg suka ngejek2 pemeluk agama lain..makanya suka muter2 dan pura2 ga ngerti... :D
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Postby MAsterminda » Sun Oct 12, 2008 9:47 pm

MUHAMMAD SAW wrote:ok masterminda.

lebi baik kita tunggu si andhika atau muslim indo lainnya

thx atas partisipasinya


maaf MaNuSiA_bLeGuG,aku terpaksa hormati tuan MSAW punya cadangan.
MAsterminda
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 172
Joined: Mon Sep 22, 2008 4:45 am

Postby AkuAdalahAing » Sun Oct 12, 2008 9:58 pm

emang ada netter ffi yang nicknamenya andhika muslim ??? :D
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 11:43 pm

AkuAdalahAing wrote:emang ada netter ffi yang nicknamenya andhika muslim ??? :D

waduhh bg AAA
kamana wae atuh kang
kadie geura :
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 693#413693
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby AkuAdalahAing » Sun Oct 12, 2008 11:47 pm

ah di sana juga gak ada yang nicknya andhika muslim :D
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby M-SAW » Sun Oct 12, 2008 11:57 pm

hmmm kalau begitu ,,yang salah kayaknya KOMPUTER bg AAA nih
:P:P:P
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby Andhika Muslim » Mon Oct 13, 2008 1:01 pm

1.Banyak umat islam pada jaman nabi yg suka ngejek2 tuhan agama lain,sehingga ditegur dgn turunnya ayat ini (umat islam yg duluan NGEJEK)

2. Ayat itu diturunkan karena DAHULU kala NABI MUHAMAMD pernah menghina TUHAN2 agama lain, lalu orang kafir berniat membalas ngejek tuhannya islam(nabi saw yg duluan NGEJEK)

3.AYAT itu ayat "PREAMBLE",jadi saking MAHA TAHUNYA allah swt,jadi sebelum terjadi yang "ENGGA2".maka allah swt sudah menurunkan ayat ini sbg warning setelah ayat ini turun,umat islam JANGAN sekalipun menghina tuhan agama lain, supaya nama allah swt juga tidak dihina.
(UMAT islam dari awal TIDAK pernah NGEJEK)
dan setelah ayat ini turun,TERNYATA ada umat islam yg bandel dan mulai ngejek2 tuhan agama lain,sampai akhirnya justru sekarang ALLAH swt yg paling terhujati.begitu?


saya memilih 2..

Rasulullah.SAW memang mencaci-maki berhala-berhala Suku Quraisy.. adapun penghinaan Nabi kepada mereka dengan kalimat:

"BATU ITU tidak akan memberikan sedikitpun manfa'at (kegunaan) melainkan mudharat (kejelekan)"


kata: BATU itulah yang menurut Abu Jahal adalah penghinaan..




asbabun nuzul:

ketika Abu Thalib menjelang ajal, orang-orang kafir Quraisy berkata: "Pergilah kamu kepada Abu Thalib, Perintahkan kepadanya agar melarang Muhammad berda'wah! sebab kita merasa malu membunuh Muhammad setelah dia (Abu Thalib) meninggal”..

saat itu, itu tokoh-tokoh kafir Quraisy yang terdiri dari Abu Sufyan, Abu Jahal, Nadhir bin Harits, Umayyah bin Khalaf, Ubayyin, 'Uqbah bin Abu Mu'ith, 'Amr bin Al-Ash, dan Aswad bin Bukhari mengutus seorang laki-laki yang bernama Muthalib untuk meminta izin kepada Abu Thalib, bahwa para pembesar Quraisy akan menghadap..

Muthalib berkata kepada Abu Thalib: "Wahai Abu Thalib, para pembesar kaummu meminta izin untuk menghadap kepadamu"..

Abu Thalib mengizinkan mereka menghadap.. ketika mereka telah menghadap, langsung berkata: "Wahai Abu Thalib, kamu adalah pembesar dan penghulu kami! Muhammad telah menyakitkan kami dan menghina sesembahan kami! Kami menghendaki kamu berkenan mengundang Muhammad untuk menasihati agar dia tidak mencaci-maki tuhan-tuhan kita dan mengajak kepada Tuhannya"..

Kemudian Nabi dipanggil, dan beliau segera menghadap Abu Thalib. Abu Thalib berkata kepada Rasulullah: “Wahai Muhammad, mereka-lah mengundangmu ke sini"

Nabi bertanya, "Apa maksud kalian?"

Abu Jahal menjawab: "kami mengajak dan menginginkan adanya perdamaian! kami menginginkan kamu meninggalkan caci-makian terhadap tuhan kami dan menghentikan ajakan untuk beribadah kepada Tuhanmu!".

Nabi bertanya: "Bersediakah kamu untuk memenuhi permintaanku mengucapkan satu kalimat yang bisa menciptakan kedamaian di kalangan bangsa 'Arab dan orang-orang yang di sekitarnya, sekiranya aku mengabulkan permintaan itu?"..

Abu Jahal berkata: "demi ayahmu, akan aku penuhi sepuluh kali lipat apa yang kamu pinta! Kalimat apakah itu?"..

Rasulullah.SAW bersabda: "Bacalah 'Tiada Tuhan selain Allah'!"..

Mendengar jawaban Nabi, mereka menolak dengan keras..

Abu Thalib berkata: "Wahai anak saudaraku (Nabi), ucapkanlah kalimat yang lain! sebab kaummu ini merasa tersentak hatinya mendengar kalimat itu!"..

Jawab Nabi: “Wahai pamanku tercinta, Demi Allah, aku tidak akan mengucapkan kalimat selain 'Tiada Tuhan Selain Allah' sekalipun matahari diletakkan di tanganku"..

(maksudnya, Nabi tidak akan menghentikan da'wah pada mereka meskipun mereka memberikan harta dan tahta yang besar untuk beliau)

mendengar jawaban ini, mereka sangat marah..

Abu Jahal berkata: "Wahai Muhammad, kamu akan menghentikan diri dari menghina dan mencaci maki tuhan-tuhan kami atau kami mengadakan serangan balik dengan mencaci maki Tuhan sesembahanmu?"

Maka Allah menurunkan ayat ke-108 surat Al-An'am sebagai larangan bagi Nabi secara khusus dan kaum Muslimin secara umum untuk mencaci maki sesembahan orang-orang kafir..


referensi:

Tafsir Ibnu Katsir (Al-Imam Abu Fidha' Ibnu Katsir) Juz 7 terbitan: Sinar Baru Algesindo (Jakarta) tahun 2003..

Tafsir Al-Maraghi (Ahmad Musthafa Al-Maraghi) Juz 7 terbitan: CV. Toha Putra (Jakarta) tahun 2002..

:P
User avatar
Andhika Muslim
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 502
Joined: Mon Sep 22, 2008 1:11 pm
Location: Dari Jakarta Hingga ke Makkah

Postby guest » Mon Oct 13, 2008 1:41 pm

kenapa tuhan takut dicaci maki ama manusia?? istilahnya kaya bos perusahaan tapi takut dicaci maki ama karyawan, kalo karyawannya rewel terus nyaci maki, pecat aja, gampang khan? dengan ayat tersebut malah menunjukkan kalo si olloh swt ini takut dihina sehingga mengeluarkan aturan jangan hina tuhan orang lain ato pengikutnya akan menghinaku, hihihi, tuhan kok takut dicaci maki, tinggal turunin azab aja, beres perkara, kan emang olloh swt udah biasa sesumbar azab, kecuali olloh swt itu fiktif dan takut dipertanyakan ama muslim kenapa olloh kok dihina2 kaga nurunin azab, makanya keluar peraturan supaya jangan menghina tuhan laen agar olloh swt kagak dihina2, biar kibulannya muhammad kaga ketauan :D
User avatar
guest
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 598
Joined: Sat Mar 29, 2008 6:01 pm
Location: di syuuurga ketemu alloh the pimp

Postby M-SAW » Mon Oct 13, 2008 7:30 pm

Andhika.

thx atas jawabannya.anda sudah jujur dgn menjawab no 2.alias nabi saw lah sesungguhnya yg duluan menghina keyakinan orang lain.
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby Andhika Muslim » Tue Oct 14, 2008 10:16 am

bismillahirrahmanirrahim,

guest wrote:kenapa tuhan takut dicaci maki ama manusia?? istilahnya kaya bos perusahaan tapi takut dicaci maki ama karyawan, kalo karyawannya rewel terus nyaci maki, pecat aja, gampang khan? dengan ayat tersebut malah menunjukkan kalo si olloh swt ini takut dihina sehingga mengeluarkan aturan jangan hina tuhan orang lain ato pengikutnya akan menghinaku, hihihi, tuhan kok takut dicaci maki, tinggal turunin azab aja, beres perkara, kan emang olloh swt udah biasa sesumbar azab, kecuali olloh swt itu fiktif dan takut dipertanyakan ama muslim kenapa olloh kok dihina2 kaga nurunin azab, makanya keluar peraturan supaya jangan menghina tuhan laen agar olloh swt kagak dihina2, biar kibulannya muhammad kaga ketauan :D


mas guest yg saya hormati..
saya rasa ayat ini tidak ada masalah di dalamnya..
Tuhan tidak takut akan apapun, ayat ini semata-mata membahas tentang akhlaq seorang muslim yang DILARANG MENGHINA TUHAN AGAMA LAIN..

adapun mengenai penghinaan Allah SWT di forum ini, "jujur", saya pribadi merasa sangat sangat sakit.. tapi Allah tidak pernah merasa tersakiti dengan penghinaan ini..

jadi tujuannya supaya muslimin dan muslimah tidak merasa tersakiti akibat penghinaan-penghinaan kepada-Nya..

soal-menyoal azab, hanya ada di akhirat (neraka)..



hm, darimana anda bisa menyimpulkan kibulan Muhammad ga terbuka?

sejauh pandangan saya di FFI ini, kebanyakan dari mereka (anti-Islam) mencomot hadits-hadits yang menjatuhkan Rasulullah.SAW (akibat kesalahan tafsir) dan menganggap hadits-hadits tersebut kuat dan asli..

sebagai contoh: Adadeh sampai membuat komik Maria..

sedangkan hadits-hadits yang menguatkan Rasulullah.SAW dianggap palsu dan Rasulullah.SAW sengaja supaya kedok bejatnya tidak terungkap..



padahal kedua hadits shahih tersebut terdapat di Shahih Bukhari..

yang jeleknya diambil dan dianggap asli..
yang bagusnya dibuang dan dianggap palsu..


entah bagaimana cara berpikir mereka..

padahal hadits itu bukanlah kitab sejarah, melainkan segala macam tindakan dan ucapan Nabi (matan) yang kemudian diriwayatkan (perawi) melalui sahabat-sahabat (musnad)..

ini perlu dipahami, sebab kebanyakan di sini mengetahui hadits itu demikian tapi seperti sebuah kitab sejarah.. padahal hadits memiliki cabang-cabang ilmu, ada tauhid, fiqh, ushuluddin, tasawuf, dan TARIKH (sejarah)..

semoga bisa dipahami..





salam,,
User avatar
Andhika Muslim
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 502
Joined: Mon Sep 22, 2008 1:11 pm
Location: Dari Jakarta Hingga ke Makkah

Postby calonmualaf » Tue Oct 14, 2008 10:22 am

Andhika Muslim wrote:sebagai contoh: Adadeh sampai membuat komik Maria..

sedangkan hadits-hadits yang menguatkan Rasulullah.SAW dianggap palsu dan Muhammad sengaja supaya kedok bejatnya tidak terungkap..



padahal kedua hadits shahih tersebut terdapat di Shahih Bukhari..

yang jeleknya diambil dan dianggap asli..
yang bagusnya dibuang dan dianggap palsu..


padahal hadits itu bukanlah kitab sejarah, melainkan segala macam tindakan dan ucapan Nabi (matan) yang kemudian diriwayatkan (perawi) melalui sahabat-sahabat (musnad)..

ini perlu dipahami, sebab kebanyakan di sini mengetahui hadits itu demikian tapi seperti sebuah kitab sejarah.. padahal hadits memiliki cabang-cabang ilmu, ada tauhid, fiqh, ushuluddin, tasawuf, dan TARIKH (sejarah)..

semoga bisa dipahami..





salam,,

Mas andhika bisa tolong menjelaskan apa makna dari kata/kalimat "sahih bukhari" ?
calonmualaf
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 31
Joined: Thu Jan 25, 2007 8:57 am

Postby Andhika Muslim » Tue Oct 14, 2008 11:42 am

adapun Shahih Bukhari itu nama judul kitab hadits Imam Bukhari..

Imam Bukhari adalah salah satu dari As-Sab'ah (7 perawi Hadits Shahih)..



sedangkan shahih, itu adalah salah satu klasifikasi Hadits berdasarkan keasliannya, keasliannya itu diakibatkan sanadnya (sandaran hadits, seperti "'an Abu Hurayrata radhiyallahu 'anhu: qaala Rasulullahi Shallallahu 'Alayhi Wasallam: bla bla bla..")..

ini tingkatan hadits berdasarkan keasliannya:

1. Hadits Shahih (sah)

shahih merupakan tingkatan tertinggi hadits berdasarkan keasliannya, syaratnya adalah:

- sanadnya bersambung..
- diriwayatkan oleh perawi yang adil, istiqamah, berakhlaq baik, bukan orang fasik, terjaga muru'ah-nya (kehormatannya), dan memiliki daya ingat kuat (dibuktikan dengan menghapal seluruh isi Al-Qur'an)..
- tidak ada syadz (kejanggalan atau keganjilan) dalam matan-nya (isi), tidak ada sebab tidak nyata yang mencacatkan hadits..

biasanya, perawinya (yang paling mahsyur) adalah As-Sab'ah:

- Imam Bukhari
- Muslim
- Imam Abu Dawud
- At-Tirmidzi
- An-Nasa'i
- Ibnu Majah
- Darimi

2. Hadits Hasan (baik)

hampir sama dengan shahih, namun perawinya memiliki daya ingat yang kurang kuat, tapi matan-nya tidak ada syadz..

3. Hadits Dha'if (lemah)

sanadnya tidak bersambung (bisa mu'allaq, mudallas, munqathi', atau mu'dhal), perawinya oleh orang yang tidak adil dan matan-nya memiliki beberapa syadz..

4. Hadits Mawdhu' (palsu)

biasanya dicurigai berdasarkan perawinya (meskipun matan-nya bagus) dan matan-nya banyak sekali syadz..




jika mau memperdalam hadits, bolehlah kita saling obrol-mengobrol, anda contact saja fs atau ym: andhika_manga@yahoo.com

maapp, jadi OOT..
User avatar
Andhika Muslim
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 502
Joined: Mon Sep 22, 2008 1:11 pm
Location: Dari Jakarta Hingga ke Makkah

Postby infidel » Tue Oct 14, 2008 11:55 am

Andhika Muslim wrote:adapun Shahih Bukhari itu nama judul kitab hadits Imam Bukhari..

Imam Bukhari adalah salah satu dari As-Sab'ah (7 perawi Hadits Shahih)..



sedangkan shahih, itu adalah salah satu klasifikasi Hadits berdasarkan keasliannya, keasliannya itu diakibatkan sanadnya (sandaran hadits, seperti "'an Abu Hurayrata radhiyallahu 'anhu: qaala Rasulullahi Shallallahu 'Alayhi Wasallam: bla bla bla..")..

ini tingkatan hadits berdasarkan keasliannya:

1. Hadits Shahih (sah)

shahih merupakan tingkatan tertinggi hadits berdasarkan keasliannya, syaratnya adalah:

- sanadnya bersambung..
- diriwayatkan oleh perawi yang adil, istiqamah, berakhlaq baik, bukan orang fasik, terjaga muru'ah-nya (kehormatannya), dan memiliki daya ingat kuat (dibuktikan dengan menghapal seluruh isi Al-Qur'an)..
- tidak ada syadz (kejanggalan atau keganjilan) dalam matan-nya (isi), tidak ada sebab tidak nyata yang mencacatkan hadits..

biasanya, perawinya (yang paling mahsyur) adalah As-Sab'ah:

- Imam Bukhari
- Muslim
- Imam Abu Dawud
- At-Tirmidzi
- An-Nasa'i
- Ibnu Majah
- Darimi

2. Hadits Hasan (baik)

hampir sama dengan shahih, namun perawinya memiliki daya ingat yang kurang kuat, tapi matan-nya tidak ada syadz..

3. Hadits Dha'if (lemah)

sanadnya tidak bersambung (bisa mu'allaq, mudallas, munqathi', atau mu'dhal), perawinya oleh orang yang tidak adil dan matan-nya memiliki beberapa syadz..

4. Hadits Mawdhu' (palsu)

biasanya dicurigai berdasarkan perawinya (meskipun matan-nya bagus) dan matan-nya banyak sekali syadz..




jika mau memperdalam hadits, bolehlah kita saling obrol-mengobrol, anda contact saja fs atau ym: andhika_manga@yahoo.com

maapp, jadi OOT..


Apakah artinya kumpulan hadits sahih (Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dll.) bisa dipercaya? Dalam hal ini 100% terjamin kesahihannya? :?:
User avatar
infidel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 633
Joined: Wed Jul 02, 2008 11:00 am

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users