. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber Hoax

Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber Hoax

Postby walet » Sun May 27, 2012 2:46 am

http://en.wikipedia.org/wiki/Andalusia

Image
Hampir sebagian besar wilayah Spanyol dan Portugis dikuasai oleh Islam selama 781 tahun

http://id.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus

Al-Andalus (Arab: الأندلس al-andalus) adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh orang Islam, atau orang Moor, dalam berbagai waktu antara tahun 711 dan 1492.[1] Al-Andalus juga sering disebut Andalusia, namun penggunaan ini memiliki keambiguan dengan wilayah administratif di Spanyol modern Andalusia.

Masa kekuasaan Islam di Iberia dimulai sejak Pertempuran Guadalete, ketika pasukan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad mengalahkan orang-orang Visigoth yang menguasai Iberia. Awalnya Al-Andalus merupakan provinsi dari Kekhalifahan Umayyah (711-750), lalu berubah menjadi sebuah keamiran (c. 750-929), sebuah kekhalifahan, (929-1031), dan akhirnya "taifa" yaitu kerajaan-kerajaan kecil pecahan dari kekhalifahan tersebut (1031-1492).

Karena pada akhirnya orang-orang Kristen berhasil merebut kembali Iberia dari tangan umat Islam (Reconquista secara harfiah "penaklukkan ulang"), nama Al-Andalus umumnya tidak merujuk kepada Iberia secara umum, tapi kepada daerah-daerah yang dikuasai para Muslim pada zaman dahulu. Pada 1236, benteng terakhir umat Islam di Spanyol, Granada menyatakan tunduk kepada Ferdinand III dari Kastilia, dan menjadi negara bawahan Kastilia, hingga pada 1492 Muhammad XII menyerah sepenuhnnya kepada Los Reyes Católicos (Kerajaan Katolik Spanyol) pimpinan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella. Sedangkan kekuasaan Islam di Portugal berakhir pada 1249 dengan ditaklukkannya Algarve oleh Afonso III. Kekalahan penguasa Muslim kemudian diikuti oleh penganiyaan dan pengusiran terhadap kaum Muslim dan Yahudi di Spanyol.[2]

Image
Muslim Menyerah Kalah pada Raja Ferdinand dan Ratu Isabella

Penaklukan dan masa-masa awal

Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada 711, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus. Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete (711), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada 719 hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis selatan sekarang.

Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Pada 746, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.



===========

Hal-hal yang berhubungan dengan Andalusia:
1. Ibu kota: Sevilla, Spanyol (ingat sepak bola Sevilla)
Image
Sevilla
2. Cordoba: Kekalifan yang berpusat di Cordoba, disitu terdapat Masjid yang waktu itu terbesar sedunia, Masjid Cordoba
Image

===========

Kenapa Andalusia sangat penting buat Muslim?
Karena Muslim percaya:
1. dikota inilah Islam dianggap 'berjaya'
2. Sains dan Teknologi Islam (arsitektur, medisin dsb) berkembang disini
3. Muslim berarti bagi perkembangan budaya/teknologi di Eropa. Tanpa kita, kata Muslim, Eropa masih akan berada dalam Abad Kegelapan
3. Percontohan toleransi Islam, Kristen dan Yahudi dibawah Islam
4. Contoh dimana Yahudi dilindungi Islam dan dikejar Kristen

============

Apa yang Salah?
Setelah 800 tahun, Muslim diusir. Muslim lalu marah dan kini di abad 21, ingin merebut lL Andalus kembali dgn berimigrasi dan beranak pinak disana. Bahkan banyak Muslim percaya bahwa dunia Muslim miskin karena pengetahuan mereka dicuri di Andalus.

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/al-qaeda-ingin-bangun-kejayaan-andalusia-t48843/

==========

Ini hanya panduan saja kalau muslim berbicara tentang Andalusia, silakan googling bagaimana muslim memperlakukan non muslim.
Misalnya perlakuan Kristen dan Yahudi sbg warga negara kelas dua dengan hak2 terbatas/dhimmi dan jizyah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus#Treatment_of_non-Muslims

==========

Kesimpulan:
- Muslim akan selalu membicarakan kejayaan kekalifahan Islam jaman dulu dan Andalusia termasuk yang paling dibanggakan mereka ....
- Muslim akan selalu bercerita bagaimana mereka menderita karena diusir dari negaranya oleh kaum Inquisition, padahal namanya menjajah, diusir kan lumrah.
- Muslim akan berhoax ria gimana non muslim diperlakukan dengan adil. Ini sih jelas2 hoax.
- Muslim pelindung Yahudi dan Kristen penjajah tp Yahudi gak balas jasa.


- Oleh karena itu, ANDALUSIA ADALAH KOTA TERPENTING MUSLIM SETELAH MEKAH, MADINAH DAN JERUSALEM!!!!!
Last edited by walet on Sun May 27, 2012 2:52 am, edited 1 time in total.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5869
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby walet » Sun May 27, 2012 2:48 am

MITOS ANDALUSIA, REALITAS EURABIA: mengarang2 masa lalu dan menolak realita jaman sekarang
Andalusian Myth, Eurabian Reality; Inventing the past, and denying the present. A Jihad Watch EXCLUSIVE essay by Bat Ye'or and Andrew G. Bostom.
http://www.jihadwatch.org/dhimmiwatch/a ... 004_04.php

[...]

Sering kita mendengar pakar2 Islam menggambarkan Spanyol dibawah jajahan Muslim sbg jaman emas. Kebohongan ini dgn mentah2 diterima orang Barat yg tidak mengerti sejarahnya sendiri.

Iberia (Spanyol) diserang pd thn2 710-716M oleh suku2 Arab dari utara, pusat dan selatan Arabia. Setelah itu menyusul imigrasi massal kaum Berber dan Arab dan kolonisasi jazirah Iberian peninsula. Kebanyakan gereja diobrak-abrik dan dirubah jadi mesjid. Walau penjajahan itu direncanakan dan dilakukan dgn gabungan anggota keluarga kerajaan yg Katolik yg membelot, termasuk seorang uskup, penjajahan itu merupakan jihad klasik yg disertai dgn perampokan besar2an, perbudakan, deportasi dan pembunuhan massal.

Toledo, yg pertama tunduk pada Arab th 711 atau 712, berontak th 713. Kota itu dihukum dgn penjarahan dan semua petinggi kota itu digorok leher mereka.

Th 730, Cerdagne (di Septimania, dekat Barcelona) dihancur leburkan dan seorang uskup dibakar hidup2.

Di kawasan jajahan Islam yg lebih stabil, Yahudi dan Kristen ditolerir sbg dhimmi - spt di kawasan2 Islam lainnya - dan tidak dapat membangun gereja2 atau sinagog2 baru maupun merestorasi gereja2 lama. Kaum dhimmi ini (Mozarab) disegregasi di tempat2 tertentu dan harus mengenakan busana yg mendiskriminasikan mereka. AKibat pajak jizyah yg mencekik, kaum petani Katolik menjadi bawahan Arab; banyak yg meninggalkan tanah mereka dan lari ke kota2. Hukuman berat spt mutilasi dan penyaliban dijatuhkan pada mereka jika ketahuan meminta bantuan raja2 Katolik. Lebih lagi, jika seorang dhimmi melukai seorang Muslim, SELURUH komunitas Kristen ybs akan kehilangan perlindungan sbg dhimmi, shg mereka menjadi obyek penjarahan, perbudakan dan pembunuhan ditempat.

Pada akhir abad 8, para pemimpin Afrika Utara dan Andalusia memberlakukan mazhab Maliki, salah satu aliran yurisprudensi Islam yg paling fanatik yg kemudian menekan aliran2 yurisprudensi Islam lainnya. 3/4 abad lalu, Evariste Lévi-Provençal, pakar terkenal Andalusia, menulis : "Negara Muslim Andalusia dari permulaan nampak sbg pembela dan juara ortodoksi, tunduk secara buta pada doktrin kaku, mencurigai dan mengutuk terlebih dahulu segala bentuk pemikiran rasional."

Status terhina yg menempel pada diri dhimmi dan penyitaan tanah mereka memprovokasi berbagai pemberontakan yg kemudian dibalas dgn pembantaian massal, spt di Toledo (761, 784-86, 797). Setelah pemberontakan Toledo berikutnya di thn 806, 700 penduduk dieksekusi. Pemberontakan juga pecah di Saragossa dari thn 781 - 881, Kordoba (805), Merida (805-813, 828 dan thn berikutnya serta thn 868), dan lagi2 di Toledo (811-819); para pemberontak disalib, sesuai dgn perintah Qur’an 5:33*. [/b]

Pemberontakan di Kordoba th 818 dibalas dgn pembunuhan massal dan penjarahan selama 3 hari dgn disalibnya 300 petinggi dan diusirnya 20.000 keluarga. Cekcok sering timbul di kota2 Andalusia, antara sesama penjajah Arab & Berber, antara para mualaf Iberia (Muwalladun) dgn para dhimmi Kristen (Mozarab). Jarang sekali ada periode damai dlm emirat Kordoba (756-912), ataupun sesudahnya.

Al-Andalus merupakan tanah jihad par excellence. Setiap tahun, bahkan kadang dua kali setahun, ekspedisi2 perampokan Muslim menghancurkan kerajaan2 Spanyol di utara, kawasan2 Basque, atau Perancis dan Lembah Rhone, membawa pulang harta jarahan dlm jumlah meluap dan tentunya, BUDAK. Muslim Andalusia menyerang dan menginvasi pantai2 Sicilia dan Italia, bahkan sejauh kepulauan Aegean, meninggalkan bekas2 penjarahan dan pembakaran. Ribuan orang diperbudak di Andalusia, dimana sang kalif memiliki PULUHAN RIBU BUDAK KRISTEN dari seluruh Eropa (the Saqaliba), dan sebuah harem penuh dgn wanita2 Katolik hasil sekapan jihadi. Masyarakat dipecah secara jelas sesuai dgn etnisitas dan agama; suku2 Arab berada di tempat paling atas, menyusul kaum Berber yg tidak pernah dianggap sbg sederajad dgn Arab walau mereka juga di-Islamisasi; menyusul para mualaf mullawadun dan dipaling bawah, dhimmi2 Katolik Mozarab dan Yahudi.

Ahli hukum Maliki Andalusia, Ibn Abdun (wafat 1134) menulis fatwanya bagi Yahudi dan Kristen sekitar th 1100M : "TIDAK SATUPUN YAHUDI ATAU KRISTEN DIIJINKAN UTK MENGENAKAN JUBAH ARISTOKRAT, ahli hukum atau orang kaya; sebaliknya mereka harus dibenci dan dihindari. DIlarang menyalami mereka dgn pernyataan ‘salam alaikum’. Malah, ‘Setan merasuki mereka dan mengakibatkan mereka lupa akan peringatan Allah. Mereka adalah anggota2 partai Setan; mereka jelas akan kalah !’ (Qur’an 58:19). Sebuah tanda yg membedakan mereka harus mereka tempel pada diri mereka agar mereka dikenal dan ini merupakan sebuah bentuk AIB."

Ibn Abdun juga melarang penjualan buku2 sains kpd dhimmi, karena mereka (dhimmi) menerjemahkannya dan mengatribusikannya kpd sesama Kristen dan uskup. Malah, plagiarisme sulit dibuktikan karena seluruh perpustakaan2 Yahudi dan Kristen dijarah dan dihancurkan. Seorang ahli hukum Andalusia terkenal lainnya, Ibn Hazm dari Kordoba (w. 1064), menulis bahwa Allah memberikan kafir harta benda HANYA agar bisa dijadikan sbg sumber penjarahan bagi Muslim.

DI Granada, petinggi2 Yahudi, Samuel Ibn Naghrela dan puteranya, Joseph, yg melindungi komunitas Yahudi, keduanya dibunuh antara thn 1056 -1066, menyusul ANIHILASI SELURUH POPULASI YAHUDI. Diperkirakan sekitar 5000 nyawa Yahudi melayang akibat pogrom Muslim yg menyusul pembunuhan thn 1066 itu. Angka ini melebihi jumlah Yahudi yg kabarnya dibunuh kaum salibi selama penjarahan mereka terhdp Rhineland, 30 thn setelah Perang Salib pertama.

Pogrom Granada ini dimulai dgn provokasi ABU ISHAQ, ahli hukum dan penyair jaman itu, yg sangat benci Yahudi. Ia menulis : "Depak mereka ke tempat asal mereka dan tindas mereka sampai serendah mungkin ... pandanglah negara2 [Muslim] lain dan anda akan melihat bahwa Yahudi adalah anjing liar ... PEMBUNUHAN MEREKA TIDAK DIANGGAP SBG PELANGGARAN AGAMA ...Mereka telah melanggar perjanjian kami dgn mereka shg bgm mungkin kau akan dianggap bersalah melawan para pelanggar ?"

Kaum Muslim Berber Almohad di Spanyol dan Afrika Utara (1130-1232) mengakibatkan destruksi besar2an terhdp populasi2 Yahudi dan Kristen. Penghancuran, pembunuhan massal, perbudakan dan pemaksaan Islam ini digambarkan oleh kronikler Yahudi, Abraham Ibn Daud, dan penyair Abraham Ibn Ezra. CUriga atas niat mualaf2 Yahudi, para INquisitor Muslim (300 tahun sebelum Katolik Spanyol membentuk badan Inquisitor mereka), memisahkan anak2 Yahudi dari orang tua mereka dan menempatkan mereka dgn guru2 Muslim. Maimonides, filsuf dan dokter terkenal, mengalami penindasan Almohad ini dan melarikan diri dari Kordoba dengan seluruh keluarganya pd thn 1148, berpura2 sbg Muslim dan akhirnya mendapatkan suaka di Mesir yg dikuasai kaum Fatimid.

Kata Maimonides tentang perlakuan Muslim atas Yahudi: ".. kaum Arab menindas kami dengan kejam dan menerapkan UU diskriminatif terhadap kami. Belum pernah ada sebuah bangsa yang mampu menindas, merendahkan, melecehkan dan membenci kami (Yahudi) spt mereka .."

Hubungan antar agama di Spanyol jajahan Muslim yg sering digambarkan sbg mesra dan harmonis yg dinamakan dgn Convivenza, dibantah oleh pengamatan Richard Fletcher dlm bukunya Moorish Spain:

"Kesaksian mereka yang mengalami kekejaman selama penjajahan Berber dan invasi Almoravid, membuktikan bahwa pandangan romantis Muslim ttg Spanyol tidak lebih dari sebuah kebohongan. Faktanya adalah bahwa Spanyol dibawah Muslim diliputi kekacauan dan bukan ketentraman. Toleransi? Tanyalah pada Yahudi Granada yang dibantai thn 1066. Tanyalah kpd kaum Katolik yg dideportasi Almoravid ke Maroko di thn 1126 (spt kaum Morisco 5 abad kemudian)…

''Celakanya, di pertengahan abad 20, kesadaran dan perasaan bersalah Barat karena kolonisasi, menganggap perebutan kembali al-Andalus oleh Katolik Spanyol dan penindasan terhdp kaum Morisco (?) sebagai sebuah hal yg memalukan. TAPI anehnya, penjajahan dan kolonisasi kaum Moor/Muslim tidak mereka gubris sama sekali. Asumsi ini kemudian dianggap sbg fakta dan disebarkan ke akademisi dan media Barat. Terciptalah mitos bahwa Spanyol di Abad Pertengahan penuh dgn Inquisitor Katolik kejam yang dipimpin seorang paus yg haus kekuasaan. Padahal Spanyol dibawah Muslim dalam Abad Keemasannya yang paling tinggipun bukan sebuah masyarakat yang toleran ataupun berbudaya.

Sejarah Andalus dikarakterisasi oleh sebuah dhimmitude yang luar biasa kejam dan sama sekali tidak kompatibel dengan ajaran persamaan derajad antar individu, terlepas dari agama. DI abad 21 ini, kami harus memaksa Muslim di Barat agar menerima standar persamaan derajad, dan meninggalkan standar diskriminatif brutal yang dipraktekkan mazhab Maliki di Andalusia yang ''berbudaya tinggi.''


-------------------------------
Bat Ye'or, http://www.dhimmitude.org, http://www.dhimmi.org , adalah penulis Islam and Dhimmitude: Where Civilizations Collide, dan Eurabia.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5869
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby ali5196 » Sun May 27, 2012 4:10 am

ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby Mohmed Bin Atang » Sun May 27, 2012 10:11 am

Image
the great mosque of cordoba
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2281
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Jannah, bermain rudal bersama 72 houri

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby walet » Sun May 27, 2012 2:37 pm

1. Dulu gua ke masjid Cordoba waktu belum kenal FFI dan kebejatan Islam.
2. Dulu saudara gua ngotot ke Andalusia, bahkan Barcelona yg buat orang Indonesia indah cuma transit aja
3. Buat dia Andalusia adalah kota terpenting di Spanyol
4. Waktu ke masjid Cordoba, mendengar penjelasan dari audio guide kaget karena ternyata Spanyol jajahan Islam lama sekali, 2x lipat Belanda di Indonesia
5. Lalu waktu smsan sama saudara yang muslim kalau kita di Cordoba, langsung saya larang, jangan nanti menyinggung saudara kita.
6. Waktu mau ke Spanyol ada muslim yg bilang jangan ke daerah Spanyol timur (dimana Sevilla, Cordoba dll terletak) karena jelek (Baru tahu kalau muslim menutup2i hal ini dari kafir)

Itu dulu, apa saudara gua dah aktifis FFI ya?
Kini kisah ini harus disebarkan
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5869
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby walet » Sun May 27, 2012 3:06 pm

Mohmed Bin Atang wrote:Image
the great mosque of cordoba


Itu bukan lagi Masjid, tapi sekarang menjadi Gereja
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5869
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby walet » Sun May 27, 2012 3:18 pm

Kenapa Yahudi Ditindas Kristen di Spanyol Setelah Islam diusir Kristen dan Penduduk Asli Spanyol?



(Islam selalu berkoar2 Yahudi itu tidak tahu terima kasih karena pada waktu Inquisisi Spanyol (pengusiran Islam dari Spanyol), Muslim melindungi Yahudi!!!!)

Tapi Faktanya:

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Higueruela.jpg
Image
Angkatan Bersenjata Yahudi menjajah Spanyol bersama Muslim Moor

Gimana gak marah Kristen Spanyol, Yahudi jelas2 membantu penjajahan Spanyol selama 781 tahun.
Tapi Yahudi juga akhirnya ditindas Islam waktu sudah menguasai Spanyol.
Jadi Taqiyah Muslim sudah ada sejak jaman Spanyol, sudah dibantu Yahudi tp malah menindas.org/wikipedia/commons/thumb/6/6e/Higueruela
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5869
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby Mohmed Bin Atang » Sun May 27, 2012 3:54 pm

walet wrote:Itu bukan lagi Masjid, tapi sekarang menjadi Gereja

betul sekali bung walet...
hanya, masih saja ada Muslim yang menggunakan gedung itu untuk shalat

http://www.republika.co.id/berita/dunia ... id-cordoba
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2281
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Jannah, bermain rudal bersama 72 houri

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby 1234567890 » Sun May 27, 2012 6:43 pm

namanya juga muslim

kalau engga menggunakan standar janda dan ngehoax, bukan muslim namanya

yang pasti muslim akan menutup mata dengan fakta bahwa muslim duluan yang menyerang semenanjung iberia
sama dengan muslim menutup mata dengan fakta muslim duluan yang menyerang yerusalem pada saat perang salib
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby CRESCENT-STAR » Mon May 28, 2012 2:57 pm

clear kan dulu masalahnya bung ... Spanyol itu adalah negara jajahan Romawi. dan saat itu muslim sedang berperang dgn romawi. semua wilayah romawi tentu menjadi target kekuasaan muslim saat itu. dan ketika romawi kalah tentunya negara jajahan secara administratif menjadi HAK muslim yang memenangkan perang.

Istilah bung muslim menjajah spanyol itu ngaco sekali.

pada sekitar 552–624 Masehi spanyol merupakan salah satu propinsi Romawi

Image
Last edited by CRESCENT-STAR on Mon May 28, 2012 3:04 pm, edited 1 time in total.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby 1234567890 » Mon May 28, 2012 3:08 pm

CRESCENT-STAR wrote:clear kan dulu masalahnya bung ... Spanyol itu adalah negara jajahan Romawi. dan saat itu muslim sedang berperang dgn romawi. semua wilayah romawi tentu menjadi target kekuasaan muslim saat itu. dan ketika romawi kalah tentunya negara jajahan secara administratif menjadi HAK muslim yang memenangkan perang.

Istilah bung muslim menjajah spanyol itu ngaco sekali.

pada sekitar 552–624 Masehi spanyol merupakan salah satu propinsi Romawi


terus cari pembenaran

emangnya tahun berapa muslim nyerang iberia ?
kalau ustadz mu di pesantren gak tau, jawabannya adalah :
TAHUN 711-718

masih mau bilang kerajaan romawi ?????

kerajaan yang diserbu muslim :
http://en.wikipedia.org/wiki/Visigothic_Kingdom

romawi ya itu ????
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby 1234567890 » Tue May 29, 2012 3:45 pm

sekarang, mana referensi yang menyatakan andalusia itu jajahan romawi ketika muslim menyerbu ?

western roman empire itu berakhir di abad ke 470 ... sementara garong muslim nyerbu andalusia pada tahun 711-718

romawi itu sudah hancur sebelom muhamad ngebrojol dari emaknya

muslim memang hebat dalam mencari pembenaran untuk kaum garongnya
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby CRESCENT-STAR » Wed May 30, 2012 1:05 pm

ptcdr wrote:CS...pernyataan elu di atas sdh dicounter dg baik di bawah ini : (perhatikan yg digarisbawahi)
MaNuSiA_bLeGuG :
yayayaya... tapi bukan jdi hak milik, jepang menguasain indo dari belanda tetep aja disebut PENJAJAH. ](*,) ](*,) ](*,)
....atau menurut elu tidak boleh disebut Jepang menjajah Indonesia menggantikan Belanda? Lantas mengapa pemerintah Indonesia mengeluarkan buku sejarah yg mengatakan "setelah Indonesia dijajah Belanda, berikutnya Jepang yg menjajah Indonesia"? Dan mengapa rakyat Indonesia waktu itu merasa dijajah dan memberikan perlawanan terhadap Jepang? Mau merdeka? Merdeka dari apa/siapa? Sebetulnya Jepang menjajah Indonesia atau nggak sih menurut elu?

ok ok ok ... perdebatan ini menjadi membingungkan ketika terjadi silang tafsir terhadap pernyataan masing-masing.
pada dasarnya apa yg hendak saya counter adalah :

1. saya berusaha menolak tuduhan bahwa muslim menjajah spanyol sbg negara merdeka. yg saya fahami spanyol ketika masuk ke dalam kekuasaaan muslim adalah negara jajahan romawi. jadi masuknya spanyol ke pangkuan muslim adalah peralihan semata, bukan bentuk invasi untuk murni menjajah. karena saya melihat kalian berusaha membuat opini bahwa penyerangan muslim bernuansa RAKUS WILAYAH dan menggangu NEGERI yg DAMAI dan MERDEKA. jadi saya berusaha menjelaskan bahwa spanyol situasinya seperti Indonesia yang diambil alih jepang karena belandanya kalah oleh jepang.
kalau bung simak penjelasan2 saya sebelumnya, tentu bung akan mengerti bahwa saya adalah orang yang mentolerir terjadi pengambilalihan wilayah oleh kekuatan yang kuat, karena tidak ada hukum internasional yang dilanggar saat itu. term menjajah saat itu bukan pelanggaran, sebab itu Indonesia tidak pernah bisa menuntut jepang dan belanda atas penjajahan thd Indonesia. karena ya saat itu sah-sah saja. siapa kuat siapa dapat.

2. seorang netter mengatakan apa jika jepang menyerah kepada As lantas China milik AS. lantas saya menolak bahwa jepang KALAH oleh AS ..DI CINA. ingat sekali lagi DI CINA. sebab pasca menyerahnya jepang di kapal Amerika perang masih sangat seru di Cina juga di front2 melawan Rusia. jadi apanya yang diambil alih oleh AS akan CINA ini ???? kalah dimananya ??? ...nah bukan maksud saya menolak peristiwa penyerahan di kapal AS.


Oh ya tolong elu lihat lagi pernyataan elu di atas yg gua kasih warna biru. Dalam pertempuran di mana tentara Jepang yg ada di Indonesia dikalahkan oleh tentara sekutu? Di Jawa? Di Sumatra? Di Kalimantan? Tahun berapa pertempuran tersebut berlangsung? Mohon elu bantu gua untuk mengingat-ingat. Gua sdh menguras daya ingat gua tetap aja nggak ingat.
Sekedar informasi buat elu : gua belum terkena Alzheimer.

seperti halnya yg saya argumentasikan akan tidak adanya kekalahan di cina. apa yg terjadi di Indonesia adalah SIKAP MENGUNDURKAN DIRI dari perang oleh pihak jepang. para tentara jepang di Indonesia OGAH perang, mereka mau pulang. karena pada akhirnya pun apa yang dilakukan pihak sekutu thd tawanan jepang adalah memulangkan mereka. dan memang tidak ada pertempuran, toh kalau ada pun JEPANG masih sanggup menang melawan sekutu. itu yg saya sebut "BUKAN KALAH (secara penaklukan militer) TETAPI MENGUNDURKAN DIRI DARI PERANG"
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby CrimsonJack » Wed May 30, 2012 2:29 pm

1. saya berusaha menolak tuduhan bahwa muslim menjajah spanyol sbg negara merdeka. yg saya fahami spanyol ketika masuk ke dalam kekuasaaan muslim adalah negara jajahan romawi. jadi masuknya spanyol ke pangkuan muslim adalah peralihan semata, bukan bentuk invasi untuk murni menjajah. karena saya melihat kalian berusaha membuat opini bahwa penyerangan muslim bernuansa RAKUS WILAYAH dan menggangu NEGERI yg DAMAI dan MERDEKA. jadi saya berusaha menjelaskan bahwa spanyol situasinya seperti Indonesia yang diambil alih jepang karena belandanya kalah oleh jepang.
kalau bung simak penjelasan2 saya sebelumnya, tentu bung akan mengerti bahwa saya adalah orang yang mentolerir terjadi pengambilalihan wilayah oleh kekuatan yang kuat, karena tidak ada hukum internasional yang dilanggar saat itu. term menjajah saat itu bukan pelanggaran, sebab itu Indonesia tidak pernah bisa menuntut jepang dan belanda atas penjajahan thd Indonesia. karena ya saat itu sah-sah saja. siapa kuat siapa dapat.


Sebenarnya itu kejahatan moral, karena pada saat penjajahan atau apapun namanya, rakyat Indonesia tertindas dan diperbudak.
http://sejarahbangsaindonesia.blogdetik.com/2011/03/29/ganti-rugi-penjajahan/
User avatar
CrimsonJack
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1989
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Di dekat optical mouse

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Wed May 30, 2012 2:42 pm

CRESCENT-STAR wrote:pada dasarnya apa yg hendak saya counter adalah :

1. saya berusaha menolak tuduhan bahwa muslim menjajah spanyol sbg negara merdeka. yg saya fahami spanyol ketika masuk ke dalam kekuasaaan muslim adalah negara jajahan romawi. jadi masuknya spanyol ke pangkuan muslim adalah peralihan semata, bukan bentuk invasi untuk murni menjajah. karena saya melihat kalian berusaha membuat opini bahwa penyerangan muslim bernuansa RAKUS WILAYAH dan menggangu NEGERI yg DAMAI dan MERDEKA. jadi saya berusaha menjelaskan bahwa spanyol situasinya seperti Indonesia yang diambil alih jepang karena belandanya kalah oleh jepang.


Pemahaman loe terbukti salah, spanyol tidak dibawah kekuasaan romawi. cek lagi referensi loe...

hahaha kluar lagi teori aneh, penjajah menggantikan penjajah = halal...logika dari mana ene ? dari sisi penjajah emg halal, dari sisi yg dijajah mana ada halal...dasar mental penjajah loe CS :lol:

piagam penghargaan atas HAM modern itu didasari oleh nilai2 abadi dan mendasar dari manusia, yaitu ingin hidup bebas tidak terjajah. dari jaman dolo mana ada orang yg mau dijajah makanya selalu ada perlawanan thd opresor. mentang2 dolo blm ada piagam sekelas magna charta mana bisa penjajahan di sah kan...

CRESCENT-STAR wrote:kalau bung simak penjelasan2 saya sebelumnya, tentu bung akan mengerti bahwa saya adalah orang yang mentolerir terjadi pengambilalihan wilayah oleh kekuatan yang kuat, karena tidak ada hukum internasional yang dilanggar saat itu. term menjajah saat itu bukan pelanggaran, sebab itu Indonesia tidak pernah bisa menuntut jepang dan belanda atas penjajahan thd Indonesia. karena ya saat itu sah-sah saja. siapa kuat siapa dapat.


mentolerir ? hihihi...mau belum ada piagam internasional juga namanya hak asasi sudah ada dari jaman dahulu, piagam HAM modern ahanya memberikan landasan lebih kuat untuk perlindungan thd yg lemah. ato mungkin maksod loe didalam quran tidak pernah ada hukum perlindungan ham yg bisa dipake utk melindungi yg lemah ? kok harus melihat ada tau tidak hukum internasional ttg perlindungan HAM....


CRESCENT-STAR wrote:2. seorang netter mengatakan apa jika jepang menyerah kepada As lantas China milik AS. lantas saya menolak bahwa jepang KALAH oleh AS ..DI CINA. ingat sekali lagi DI CINA. sebab pasca menyerahnya jepang di kapal Amerika perang masih sangat seru di Cina juga di front2 melawan Rusia. jadi apanya yang diambil alih oleh AS akan CINA ini ???? kalah dimananya ??? ...nah bukan maksud saya menolak peristiwa penyerahan di kapal AS.


makanya belajar soal kenyataan perang dan militer, bukan angan2 atau fantasi .kan sudah gw kasih link soal 'japanese holdout' dibaca donk biar wawasan loe bertambah ga kayak katak dalam tempurung :green:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4406
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby CRESCENT-STAR » Thu May 31, 2012 11:41 am

wiki wrote:Visigoth dan Ostrogoth adalah salah 2 cabang suku Goth yang tinggal di Eropa pada akhir kekuasaan Kekaisaran Romawi. Raja Visigoth yang paling terkenal adalah Alaric I, yang berhasil menaklukkan Roma pada 410 Masehi. Setelah kejatuhan Kekaisaran Romawi, Visigoth memegang peran penting di Eropa barat selama dua setengah abad.
Suku Goths bermukim di Dacia sampai 376, ketika salah satu pemimpin mereka, Fritigern, memohon kepada kaisar Romawi Valens agar mereka dapat tinggal di tepi selatan sungai Donau. Di sini mereka berlindung dari suku Hun. Namun daerah ini dilanda kelaparan dan Roma tidak mau memberi makanan. Mereka kemudian memberontak selama 6 tahun, dan dalam Pertempuran Adrianople (378) membantai tentara Romawi dan membunuh kaisar Valens.
Kaisar yang baru, Theodosius I, berdamai dengan para pemberontak. Perdamaian ini bertahan sampai Theodosius meninggal pada 395. Tahun itu, raja Visigoth Alaric I naik tahta, sementara Theodosius digantikan oleh anak-anaknya Arcadius di timur dan Honorius di barat. Alaric menyatakan perang dan menaklukkan Roma pada 24 Agustus 410, dan ibukota Romawi dipindahkan ke Ravenna.

Captain Pancasila wrote:lantas apa jaminannya, kalo Kerajaan Visigoth nggak bakalan menginvasi wilayah Kerajaan Umayah, lha wong wilayah Kekaisaran Romawi aja dicaplok kok? :stun:

situasinya begini ....
SPANYOL dikuasai romawi, lalu spanyol diambil alih orang jerman (visigoth), jerman terus bertempur melawan romawi karena di sebelah selatan spanyol masih tersisa propinsi romawi, namun ternyata daerah selatan tsb diambil alih muslim yang melakukan napak tilas kekuasaan romawi. jerman di serang romawi di utara dan dihadang muslim di selatan. inilah kehancuran jerman di spanyol. ada isu konon muslim beraliansi dengan romawi yg ada di utara untuk mengalahkan jerman. tapi tidak ada bukti.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Thu May 31, 2012 12:10 pm

CRESCENT-STAR wrote:situasinya begini ....
SPANYOL dikuasai romawi, lalu spanyol diambil alih orang jerman (visigoth), jerman terus bertempur melawan romawi karena di sebelah selatan spanyol masih tersisa propinsi romawi, namun ternyata daerah selatan tsb diambil alih muslim yang melakukan napak tilas kekuasaan romawi. jerman di serang romawi di utara dan dihadang muslim di selatan. inilah kehancuran jerman di spanyol. ada isu konon muslim beraliansi dengan romawi yg ada di utara untuk mengalahkan jerman. tapi tidak ada bukti.


semakin ngaco neh ilmu sejarahnya...

visigoth berhasil menaklukan seluruh spanyol di tahun 700

Image
http://en.wikipedia.org/wiki/Visigoths

dan satu2nya romawi yg berbatasan langsung dgn kerajaan visigoth di utara adalah romawi barat ( western roman empire ) yang sudah runtuh lebih dulu pada tahun 476. jdi bagaimana mungkin ada aliansi muslim-romawi yg menghancurkan visigoth sedangkan visigoth masih tetap berdiri hingga 711 ketika invasi muslim di mulai ? bisa di terangkan logika nya ? :stun:

ckckckck... jago bener dah skill mengarang mu CS [-(

CRESCENT-STAR wrote:jerman di serang romawi di utara dan dihadang muslim di selatan. inilah kehancuran jerman di spanyol.


asli ngakak gw di bikin si CS ini... :lol: :lol: :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4406
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby Utbahbinabuwaqqash » Thu May 31, 2012 1:59 pm

Weleh..weleh.. Yg dimaksud ''muslim'' dlm thread ini apa/siapa seh..?
Negara muslim kah??? Opo namanya?
Kerajaan muslim kah??? Opo namanya?
Ataukah sbnrnya hanya segerombolan /geng/preman/pengaco yg berisi muslim2??? organisasi tanpa bentuk, ga punya institusi hi..hi..
Lha kalo cuma geng preman muslim, mosok kalo satu wilayah jatuh ke dalam kekuasaan sekelompok muslim, trus muslim di wilayah yg berbeda jadi otomatis berkuasa juga? Hi..hi..
Lha muslim itu menyatakan orang atau negara/kerajaan seh?? selamatkanlah dirimu dari tepu2 allah swt dan umatnya hi..hi..hi..
Utbahbinabuwaqqash
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1023
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby CRESCENT-STAR » Fri Jun 01, 2012 9:57 am

MaNuSiA_bLeGuG wrote:semakin ngaco neh ilmu sejarahnya...
visigoth berhasil menaklukan seluruh spanyol di tahun 700
dan satu2nya romawi yg berbatasan langsung dgn kerajaan visigoth di utara adalah romawi barat ( western roman empire ) yang sudah runtuh lebih dulu pada tahun 476. jdi bagaimana mungkin ada aliansi muslim-romawi yg menghancurkan visigoth sedangkan visigoth masih tetap berdiri hingga 711 ketika invasi muslim di mulai ? bisa di terangkan logika nya ? :stun:
ckckckck... jago bener dah skill mengarang mu CS [-(

oh ya maaf saya kurang ketikannnya, maksudnya BEKAS ROMAWI bukan ROMAWI. dan romawi di sana maksudnya ROMAN EMPIRE (romawi barat)
sedangkan romawi yg beraliansi dgn muslim maksudnya romawi timur atau bizantium. tetapi spt yg saya katakan itu hanya ISU. sedangkan ISU yang lebih mendekati kebenaran adalah adanya persekongkolan antara anak Witiza mantan raja visigoth yg digulingkan raja roderic, dengan pasukan muslim.
ketika muslim menyerang selatan spanyol, visigoth sedang perang dengan BEKAS ROMAWI, kenapa sy sebut bekas romawi ? karena orang2 ini sangat ROMAN sekali. agama mereka dan kultur mereka sangat ROMAN sekali. mereka itu adalah BASQUES yg selama kekuasan romawi barat sangat cair sekali. kedatangan bangsa jerman di wilayah mereka merupakan sesuatu hal yang tidak mereka inginkan, selain berbeda dari segi agama juga sikap bangsa jerman yang kasar thd bangsa Basques. maka terjadilah pemberontakan. ketika Visigoth berperang dengan mereka di saat bersamaan muslim menyerang di selatan. pasukan visigoth balik arah ke selatan, pasukan mereka mengalami keletihan luar biasa ketika menghadapi muslim.

In 711, Tariq ibn Ziyad, a Muslim Berber client of Musa bin Nusair, the governor of Islamic Africa, invaded Spain with about 7,000 men while Roderic was in the north fighting the Basques. Muslim sources indicate he was invited by enemies of Roderic, perhaps by Witiza's sons. By late July a battle took place at the Guadalete River in the province of Cádiz. Roderic was betrayed by his troops who sided with his enemies, and the king was killed in battle. The Muslims then took much of southern Spain with little resistance, and went on to capture Toledo, where they executed several Visigothic nobles. In 712, Musa, the governor of Ifriqiya, arrived with another army of 18,000, with large Arab contingents. He took Merida in 713 and invaded the North taking Zaragoza and León, which was still under King Ardo, in 714. After being recalled by the Caliph, Musa left his son Abd al-‘Aziz in command. By 716, most of the Iberian Peninsula was under Islamic rule, with Gallia Narbonensis taken between 721 and 725. The only effective resistance was in Asturias, where a Visigothic nobleman named Pelagius (Pelayo) revolted in 718, allied with the Basques and defeated the Muslims at the small battle of Covadonga. Resistance also continued in the regions around the Pyrenees and the mountainous regions of northern Spain, where the Muslims were uninterested in maintaining authority. Most of the Arabs in Spain were from Yemen, and they settled in the river valleys of the Guadalquivir and the Ebro[citation needed]. The Berbers settled in the south and the Meseta Central in Castile. The Muslims generally left the Christians alone to practice their religion, although non-Muslims were subject to Islamic law and treated as second-class citizens.
http://en.wikipedia.org/wiki/Visigothic_Kingdom

Model-model penaklukan GAYA MUSLIM spt ini yang sangat sering terlihat.
MUSLIM selalu disambut oleh PIHAK-PIHAK yang hendak DISERBUT.
di Mesir wakil2 bizantium berkhianat dan mempersilahkan pasukan muslim masuk.
di Suriah juga demikian berharapkan dijajah muslim dari pada bizantium.
dan ternyata di spanyol juga demikian, karena Roderic memerintah dgn gaya barbar, maka mereka butuh penguasa yang moderate. maka mereka menginginkan MUSLIM yg berkuasa. hanya saja pada akhir pemerintahan muslim yg memimpin adalah raja yang kejam, maka masyarakat berontak.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber H

Postby 1234567890 » Fri Jun 01, 2012 2:50 pm

CRESCENT-STAR wrote:oh ya maaf saya kurang ketikannnya, maksudnya BEKAS ROMAWI bukan ROMAWI. dan romawi di sana maksudnya ROMAN EMPIRE (romawi barat)
sedangkan romawi yg beraliansi dgn muslim maksudnya romawi timur atau bizantium. tetapi spt yg saya katakan itu hanya ISU. sedangkan ISU yang lebih mendekati kebenaran adalah adanya persekongkolan antara anak Witiza mantan raja visigoth yg digulingkan raja roderic, dengan pasukan muslim.
ketika muslim menyerang selatan spanyol, visigoth sedang perang dengan BEKAS ROMAWI, kenapa sy sebut bekas romawi ? karena orang2 ini sangat ROMAN sekali. agama mereka dan kultur mereka sangat ROMAN sekali. mereka itu adalah BASQUES yg selama kekuasan romawi barat sangat cair sekali. kedatangan bangsa jerman di wilayah mereka merupakan sesuatu hal yang tidak mereka inginkan, selain berbeda dari segi agama juga sikap bangsa jerman yang kasar thd bangsa Basques. maka terjadilah pemberontakan. ketika Visigoth berperang dengan mereka di saat bersamaan muslim menyerang di selatan. pasukan visigoth balik arah ke selatan, pasukan mereka mengalami keletihan luar biasa ketika menghadapi muslim..


terus pelintir sejarah ...... jangan malu 2x ...
alquran juga bilang ngibul itu holol kalau terpaksa untuk membela islam

coba cari info lebih jauh tentang :
1. basque people .... apa mereka benar2x "sangat ROMAN" ?
2. byzantine empire ... apa kerajaan ini memang beralliance dengan muslim ?
kalau iya, koq bisa dibilang :
Conversely the Arab acquisition of Egypt gave the Ummayad and later Abassid Caliphates huge resources, meaning that the Byzantines had to direct large amounts of resources to stave off constant Arab incursions into Asia Minor and Syria
(http://en.wikipedia.org/wiki/Decline_of ... ine_Empire)
berarti muslim itu orang2x curang yang menyerang negara yang beraliansi dengan mereka ?

... jangan asal ngebacot dan jangan terus2x an OOT ....

balik ke spanyol ....
menurut CS, muslim "diundang" oleh pemberontak, jadi bukan ngejajah ....
berarti kalau di indonesia, ada pemberontak yang mengundang tentara negara lain, itu juga boleh ?
belanda engga menjajah indonesia ... karena banyak kasus belanda "diundang" oleh salah satu dari pihak yang bertikai


Model-model penaklukan GAYA MUSLIM spt ini yang sangat sering terlihat.
MUSLIM selalu disambut oleh PIHAK-PIHAK yang hendak DISERBUT.
di Mesir wakil2 bizantium berkhianat dan mempersilahkan pasukan muslim masuk.
di Suriah juga demikian berharapkan dijajah muslim dari pada bizantium.
dan ternyata di spanyol juga demikian, karena Roderic memerintah dgn gaya barbar, maka mereka butuh penguasa yang moderate. maka mereka menginginkan MUSLIM yg berkuasa. hanya saja pada akhir pemerintahan muslim yg memimpin adalah raja yang kejam, maka masyarakat berontak


seperti tentara amerika di irak yah ?
disambut oleh orang iraknya sendiri

dan juga ..... rakyat andalusia memberontak pada jaman kekuasaan muslim .... jadi
"pemerintahan muslim yg memimpin adalah raja yang kejam, maka masyarakat berontak"

yang menarik dari timelinenya :
715 – Abd al-Aziz ibn Musa was announced first Emir of Andalus and married the widow of King Roderick, Egilona. Seville became the capital.
wanita bersuami dijadikan janda .. lalu dikawinin .... seperti seorang nabi dari negara onta :-k
717–18 – Lured by the rich treasures of convents and churches of France and encouraged by the internal dissension between the chief officers of the Merovingian court and the dukes of Aquitaine, Al-Hurr ibn Abd al-Rahman al-Thaqafi invaded Septimania.
muslim liat "treasure" .. langsung jiwa garongnya kumat
penjajah dan garong
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Next

Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users