. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

[Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby F-22x » Mon Jul 04, 2011 12:59 am

islamjewel wrote:Intinya adalah:
pengertiah sumpah dalam Al-Qur’an berbeda dengan pengertian sumpah menurut agama kristen.
Kata ‘sumpah’ berasal dari kata Arab ‘qasam’
sebenarnya ‘status’ makhluk/benda yang terdapat dalam sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut, saksi yang dikesankan independen, berdiri sendiri dan terpisah dari pihak yang bersumpah, berfungsi untuk menguatkan dan mengukuhkan bahwa apa yang disampaikan dalam sumpah tersebut benar adanya.

jadi Islam melihat pengertian sumpah dari sudut pandang yang berbeda dengan yang dianut oleh Kristen sehingga pertanyaan-pertanyaan kalian menjadi tidak relevan.

Coba ente jelaskan perbedaan sudut pandang sumpah dlm islam vs kristen. DImana letak perbedaannya? :-#
F-22x
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 766
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby islamjewel » Mon Jul 04, 2011 10:12 am

Menurut agama Kristen: kalo bersumpah, harus demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya.

Menurut agama Islam: sumpah berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.
islamjewel
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby a_man » Mon Jul 04, 2011 12:38 pm

banyak yg mau minta kesaksian nabi arab, brarti dia harus bisa dibangkitkan setiap saat kan ? EMANG BISA ?

KNAPA ALOHSWT NGAMBIL SAKSI YG DAH JADI BANGKE ?
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4318
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby F-22x » Mon Jul 04, 2011 1:06 pm

islamjewel wrote:Menurut agama Kristen: kalo bersumpah, harus demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya.

Lho memangnya muslim kalo bersumpah ndak harus demi sesuatu yg lebih tinggi darinya?

Misalnya muslim bersumpah sbb:
  1. Aku bersumpah demi auwloh swt kalo aku tidak korupsi.
  2. Aku bersumpah demi meja/kursi kalo aku tidak korupsi.

Mnrt ente, dari 2 sumpah muslim di atas, mana sumpah yg bener? :green:
F-22x
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 766
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby islamjewel » Mon Jul 04, 2011 5:31 pm

F-22x wrote:Lho memangnya muslim kalo bersumpah ndak harus demi sesuatu yg lebih tinggi darinya?

Misalnya muslim bersumpah sbb:
  1. Aku bersumpah demi auwloh swt kalo aku tidak korupsi.
  2. Aku bersumpah demi meja/kursi kalo aku tidak korupsi.

Mnrt ente, dari 2 sumpah muslim di atas, mana sumpah yg bener? :green:


Jika seorang muslim berkata:
Aku bersumpah demi auwloh swt kalo aku tidak korupsi.
maka dalam hal ini arti kata 'sumpah' sama dengan arti kata 'sumpah' menurut agama Kristen. Dia bersumpah untuk sesuatu yang lebih tinggi darinya.

Tetapi dalam hal pengertian Sumpah dalam Al-Qur'an, artinya bisa berbeda, tidak selalu sama dengan pengertian kristen.

ente pasti udah ngerti skrang. jangan diperdebatkan lagi.
islamjewel
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby F-22x » Mon Jul 04, 2011 8:52 pm

islamjewel wrote:Jika seorang muslim berkata:
Aku bersumpah demi auwloh swt kalo aku tidak korupsi.
maka dalam hal ini arti kata 'sumpah' sama dengan arti kata 'sumpah' menurut agama Kristen. Dia bersumpah untuk sesuatu yang lebih tinggi darinya.

Jadi ente setuju ndak kalo sebenarnya muslim sendiri pun ngerti kalo manusia itu kalo bersumpah HARUS demi sesuatu yg lebih tinggi darinya & ndak mungkin bersumpah demi benda2 ciptaan manusia?

Tetapi dalam hal pengertian Sumpah dalam Al-Qur'an, artinya bisa berbeda, tidak selalu sama dengan pengertian kristen.
ente pasti udah ngerti skrang. jangan diperdebatkan lagi.

Pengertian sumpah dlm quran sama ndak dg pengertian sumpah oleh muslim sendiri? Bgmn cara muslim bersumpah? Ada ndak muslim yg bersumpah demi benda2 ciptaan spt bersumpah demi meja/kursi?
F-22x
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 766
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby islamjewel » Wed Jul 06, 2011 11:04 am

Di dalam Al-Qur'an pengertian sumpah bisa berarti:
1. sama dengan kristen (bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya) spt dalam ayat ini:
Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; Sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk dari salah satu umat-umat (yang lain). tatkala datang kepada mereka pemberi peringatan, Maka kedatangannya itu tidak menambah kepada mereka, kecuali jauhnya mereka dari (kebenaran)”. (QS. Al-Fathiir 35: 42)

2. memiliki arti tersendiri: berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.

Maka selalu harus dilihat dari konteksnya.
seperti pada bahasa indonesia, terdapat kata 'bisa' yang dapat memiliki 2 arti yaitu bisa atau racun ular; atau 'dapat'/'mampu'

demikian penjelasannya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi.
islamjewel
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby F-22x » Wed Jul 06, 2011 4:55 pm

islamjewel wrote:Di dalam Al-Qur'an pengertian sumpah bisa berarti:
1. sama dengan kristen (bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya) spt dalam ayat ini:
Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; Sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk dari salah satu umat-umat (yang lain). tatkala datang kepada mereka pemberi peringatan, Maka kedatangannya itu tidak menambah kepada mereka, kecuali jauhnya mereka dari (kebenaran)”. (QS. Al-Fathiir 35: 42)

Cape de ... ente selalu membuat statement yg isinya seolah2 bersumpah demi sesuatu yg lebih tinggi cuma eksklusif di kristen doank. Faktanya bersumpah demi sesuatu yg lebih tinggi adalah universal dilakukan oleh semua orang dr semua agama termasuk islam juga. Tidak ada manusia dr agama apapun termasuk islam yg bersumpah demi benda2 ciptaan spt bersumpah demi meja/kursi.

Sampe disini jelas ndak? Kalo ente ndak setuju silahkan bantah. Jangan spt skrg, ente ndak pernah membantah tapi selalu mengulang2 statement konyol yg seolah2 cuma kristen doank yg bersumpah demi sesuatu yg lebih tinggi. :axe:

2. memiliki arti tersendiri: berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.

Maka selalu harus dilihat dari konteksnya.
seperti pada bahasa indonesia, terdapat kata 'bisa' yang dapat memiliki 2 arti yaitu bisa atau racun ular; atau 'dapat'/'mampu'

Sumpah vs saksi itu sebenarnya ya sama saja bung. Muslim bersumpah demi auwloh swt ya artinya auwloh sbg saksi dr sumpah tsb.

Jadi kalo auwloh bersumpah demi benda2 ciptaan sbg saksi ya sama saja spt manusia yg bersumpah demi meja/kursi sbg saksinya. :green:
F-22x
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 766
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby mahound » Sun Jul 24, 2011 1:48 am

Ciri khas slimmer otaknya dikit ya gini, bela2in konsep acak kadut dengan meniadakan otaknya bahkan kontradiksi dan tambahan lagi pun tak apa...

Pertama bilangnya :

islamjewel wrote:Penghujat islam menggugat :

Qs. 68-Al Qalam :10

yang berbunyi:
"Dan janganlah kamu ikuti tiap orang yang banyak bersumpah lagi hina"

Sekarang anda lihat Quran anda, banyak banget segala jenis sumpah di dalamnya sejak awal sampai akhir, nggak kehitung banyaknya kata-kata "Sesungguhnya/Demi" yang artinya bahwa secara tidak langsung Allah bersumpah bahwa melainkan benar-benar dapat dipercaya (seolah-olah Allah ragu-ragu)
Selain kata "sesungguhnya/demi", masih banyak lagi sumpah-sumpah Allah untuk menyakinkan manusia yang notabene adalah Ciptaan-Nya sendiri Sumpah itu antara lain:
"Demi Allah (Allah yang mana lagi??) demi Alquran yang penuh hikmat, demi langit, demi bintang-bintang, demi angin, demi malam, demi matahari, demi bulan, demi subuh, demi kota Mekkah, demi kuda perang, dan lain-lain sebagainya. Kalo dipikir dengan ratio, apakah perlu Allah bersumpah semacam itu, untuk menyakinkan manusia yang padahal semuanya itu adalah ciptaan-Nya??




Muslim menjawabb :

Pertanyaan ini juga sering diajukan oleh netters Kristen di forum ini. Biasanya dalam pertanyaan tersebut ada nuansa gugatan :”Koq bisa Tuhan yang Maha Kuasa bersumpah demi sesuatu yang lebih rendah..?? karena sumpah seharusnya dilakukan de...mi hal yang lebih tinggi..”. Dari beberapa kali diskusi, saya menemukan suatu kesimpulan adanya persamaan persepsi dari netters Kristen, ketika terjadi sumpah demi sesuatu, maka sesuatu tersebut diposisikan sebagai pihak yang berkuasa untuk menghakimi si pembuat sumpah apabila isi sumpah yang diucapkan tersebut tidak benar, atau pihak yang bersumpah tidak menepati apa yang disumpahkannya. Jadi ketika mereka menemukan dalam Al-Qur’an, Allah bersumpah demi matahari, bulan, bintang, waktu, langit, dll, maka pertanyaannya :”Mana mungkin matahari berkuasa untuk menghakimi Tuhan, apabila Tuhan tidak menepati apa yang telah disumpahkan-Nya..?”.

Dalam Al-Qur’an kita sering menemukan ayat tentang Allah bersumpah demi sesuatu, baik dengan kalimat yang mencantumkan kata ‘bersumpah’ maupun kata tersebut tersembunyi dan hanya mencantumkan ‘demi sesuatu’. Kedua cara ini adalah sama, bahwa Allah telah bersumpah (soal ini terkait dengan pemakaian kaedah tata-bahasa Arab, dimana sumpah disampaikan dengan memakai 3 alternatif huruf : 'waw', 'ba' dan 'ta'.

Pengertian Sumpah dalam Al-Qur'an

Kata ‘sumpah’ berasal dari kata Arab ‘qasam’ yang akar katanya disusun oleh huruf ‘qaf-sin-mim’, kata ini menurunkan beberapa pengertian : to divide, dispose, separate, apportion, distribute..

http://www.studyquran.org/LaneLexicon/V ... 000242.pdf

Kata ‘qasam’ diartikan ‘bersumpah’ misalnya terdapat pada ayat :

falaa uqsimu bimawaaqi'i alnnujuumi
[56:75] Maka Aku bersumpah dengan masa turunnya bagian-bagian Al-Quraan.

falaa uqsimu bialsysyafaqi
[84:16] Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah di waktu senja,

laa uqsimu bihaadzaa albaladi
[90:1] Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah),

Namun kata ‘qasam’ dengan derivasinya juga diartikan membagi, memisahkan, misalnya terdapat pada ayat :

wa-idzaa hadhara alqismata uluu alqurbaa waalyataamaa waalmasaakiinu faurzuquuhum minhu waquuluu lahum qawlan ma'ruufaan
[4:8] Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.

Faalmuqassimaati amraan
[51:4] dan (malaikat-malaikat) yang membagi-bagi urusan

tilka idzan qismatun dhiizaa
[53:22] Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Muncul pertanyaan :

”Lalu apa hubungannya bersumpah dengan membagi atau memisahkan..??”, apa sebenarnya arti bersumpah ketika ada kalimat ‘Tuhan bersumpah demi makhluk’..?? bagaimana sebenarnya posisi makhluk tersebut dalam sumpah tersebut..?? apakah benar posisinya sebagai pihak yang berkuasa untuk menghakimi pihak yang bersumpah..?? bagaimana halnya ketika Allah bersumpah demi diri-Nya sendiri..??

Kata ‘qasam’ sendiri dalam bahasa Arab setara dengan istilah lain :

Dalam bahasa Arab sumpah disebut dengan al-aimanu, al-halfu, al-qasamu. Al-aimanu jama’ dari kata al-yamiinu (tangan kanan) karena orang Arab di zaman Jahiliyah apabila bersumpah satu sama lain saling berpegangan tangan kanan. Kata al-yamiinu secara etimologis dikaitakan dengan tangan kanan yang bisa berarti al-quwwah (kekuatan), dan al-qasam (sumpah). Dengan demikian pengertian al-yuamiinu merupakan perpaduan dari tiga makna tersebut yang selanjutnya digunakan untuk bersumpah. Dikaitkan dengan kekuatan (al-quwwah), karena orang yang ingin mengatakan atau menyatakan sesuatu dikukuhkan dengan sumpah sehingga pernyataannya lebih kuat sebagaimana tangan kanan lebih kuat dari tangan kiri.

http://bs-ba.facebook.com/topic.php?uid ... topic=7485

sehingga selain arti kata : membagi atau memisahkan, ‘bersumpah’ juga mengandung unsur : menguatkan, mengukuhkan.

Yang perlu diperjelas disini adalah, ketika Allah bersumpah dengan nama makhluk-Nya, maka tidak ada suatu kesan yang muncul dari umat Islam, bahwa Allah telah ‘menyerahkan kekuasaan untuk menghakimi’ sumpah-Nya tersebut kepada benda tersebut. Baik didasar sumpah ataupun tidak, ataupun sumpah tersebut dilontarkan oleh siapapun, maka pihak yang berkuasa untuk menghakimi hanyalah Allah. Kalau begitu bagaimanakah sebenarnya ‘status’ makhluk/benda yang terdapat dalam sumpah itu..?? maka posisi makhluk/benda tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut, saksi yang dikesankan independen, berdiri sendiri dan terpisah dari pihak yang bersumpah, berfungsi untuk menguatkan dan mengukuhkan bahwa apa yang disampaikan dalam sumpah tersebut benar adanya. Ini terkait dengan tujuan suatu sumpah dilontarkan, yaitu untuk meyakinkan pihak lain atas kebenaran apa yang disumpahkan, dimana pihak lain tersebut ragu-ragu atau tidak percaya. Kesan terpisah ini sejalan dengan tujuan disampaikannya sumpah, sehingga seolah-olah Allah mengatakan ;”Sekalipun Aku adalah Tuhan Yang Maha Berkuasa, namun makhluk/benda yang Aku jadikan objek sumpah-Ku, dipersilahkan memutuskan sendiri kesaksiannya. Apabila Aku telah berbohong atau sumpah-Ku tidak benar, maka Aku sendiri yang akan menghakimi diri-Ku..”.

Pengertian ‘qasam’ ini juga berlaku dalam hal Tuhan bersumpah atas diri-Nya sendiri. Pemisahan diibaratkan ‘posisi’ Tuhan sebagai pihak yang bersumpah dan sebagai pihak yang bersaksi merupakan dua hal yang seolah-olah terpisah, sehingga kesaksian Tuhan adalah adli, kuat dan benar. Ini memenuhi tujuan untuk apa sumpah tersebut dilontarkan, yaitu untuk meyakinkan pihak lain yang tidak percaya dan ragu-ragu. Disinilah kesetaraan antara istilah ‘qasam’ dan ‘aimanu’, yaitu kemandirian sebagai saksi menunjang pengukuhan dan penguatan sumpah yang disampaikan.

Berdasarkan penjelasan ini, pertanyaan dari pihak Kristen sudah bisa dijelaskan, apa yang mereka gugat tentang sumpah Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an karena mereka memakai ukuran sendiri tentang apa yang dimaksud dengan sumpah dan subjek sumpah, mengartikan bahwa makhluk/n]benda yang terdapat dalam sumpah adalah sebagai pihak yang berkuasa untuk menghakimi, dan bukan sebagai saksi yang akan memberikan kesaksian terhadap kebenaran sumpah tersebut. Dalam istilah Islam, terlihat bahwa posisinya bukanlah demikian, karena yang berkuasa untuk menghakimi tetap saja ada ditangan Allah, makhluk/benda berfungsi sebagai saksi..


weiss dibahas kata per kata, intinya sumpah orang arab dulu itu ya statusnya SAKSI, jadi bisa dipahami bahwa kota, kuda perang, gunung, angin itu bisa dijadikan SAKSI sumpah antara tuhan nya islam dan si muhammad (mari kita telen aja dulu logikanya :drinkers: )

lalu disambung dan ditekankan lagi..

islamjewel wrote:Intinya adalah:
pengertiah sumpah dalam Al-Qur’an berbeda dengan pengertian sumpah menurut agama kristen.
Kata ‘sumpah’ berasal dari kata Arab ‘qasam’
sebenarnya ‘status’ makhluk/benda yang terdapat dalam sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut, saksi yang dikesankan independen, berdiri sendiri dan terpisah dari pihak yang bersumpah, berfungsi untuk menguatkan dan mengukuhkan bahwa apa yang disampaikan dalam sumpah tersebut benar adanya.

jadi Islam melihat pengertian sumpah dari sudut pandang yang berbeda dengan yang dianut oleh Kristen sehingga pertanyaan-pertanyaan kalian menjadi tidak relevan.


pertanyaannya yang salah, itu pake pola pikirnya kristen, jadi pertanyaannya jadi ga relevan, dan logika aneh bin ngawur bahwa SUMPAH di kitab mereka itu statusnya SAKSI bukan pihak yang meneguhkan harus ditelen bulat2..


waktu dikejer lalu, kalo orang slimmer sumpah demi tuhannya, itu bukannya bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi?

keluarlah jurus taqqiya nya, tambahan aaaahhh...

islamjewel wrote:Di dalam Al-Qur'an pengertian sumpah bisa berarti:
1. sama dengan kristen (bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya) spt dalam ayat ini:
Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; Sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk dari salah satu umat-umat (yang lain). tatkala datang kepada mereka pemberi peringatan, Maka kedatangannya itu tidak menambah kepada mereka, kecuali jauhnya mereka dari (kebenaran)”. (QS. Al-Fathiir 35: 42)

2. memiliki arti tersendiri: berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.

Maka selalu harus dilihat dari konteksnya.
seperti pada bahasa indonesia, terdapat kata 'bisa' yang dapat memiliki 2 arti yaitu bisa atau racun ular; atau 'dapat'/'mampu'

demikian penjelasannya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi.


eh salah deng, artinya bisa dobel, sebagai sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya atau sebagai SAKSI, jadi tinggal dipilih ajaaah yang mana "masuk" untuk kepentingan essslaaaammm :stun:

ditambah embel2 : demikian penjelasannya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi

banyak tanya looooo, getok neeeh, penggal neeeh :partyman:

VERDICT :
LOGIKA NGAWUR, PENJELASAN NGAWUR, YANG COBA JELASIN : KOPLAK

APALAGI NABINYA... :butthead:
mahound
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 10
Joined: Mon Sep 27, 2010 5:35 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby DHS » Sun Oct 23, 2011 8:34 pm

islamjewel wrote:Di dalam Al-Qur'an pengertian sumpah bisa berarti:
1. sama dengan kristen (bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya) spt dalam ayat ini:
Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; Sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk dari salah satu umat-umat (yang lain). tatkala datang kepada mereka pemberi peringatan, Maka kedatangannya itu tidak menambah kepada mereka, kecuali jauhnya mereka dari (kebenaran)”. (QS. Al-Fathiir 35: 42)

2. memiliki arti tersendiri: berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.

Maka selalu harus dilihat dari konteksnya.
seperti pada bahasa indonesia, terdapat kata 'bisa' yang dapat memiliki 2 arti yaitu bisa atau racun ular; atau 'dapat'/'mampu'

demikian penjelasannya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi.


Kalau yang ini termasuk yang mana? (1 atau 2 dari di atas):

    [Qs 70:40] Maka aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

:rock: \:D/
Maju kena, mundur kena!!

:rolling: :rofl:
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4377
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby Captain Pancasila » Mon Oct 24, 2011 11:32 am

islamjewel wrote:Di dalam Al-Qur'an pengertian sumpah bisa berarti:
1. sama dengan kristen (bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya) spt dalam ayat ini:
Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; Sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk dari salah satu umat-umat (yang lain). tatkala datang kepada mereka pemberi peringatan, Maka kedatangannya itu tidak menambah kepada mereka, kecuali jauhnya mereka dari (kebenaran)”. (QS. Al-Fathiir 35: 42)

2. memiliki arti tersendiri: berasal dari kata Arab ‘qasam’ dan hal-hal yang disebut bersamaan dengan sumpah tersebut adalah sebagai SAKSI atas sumpah tersebut.

Maka selalu harus dilihat dari konteksnya.
seperti pada bahasa indonesia, terdapat kata 'bisa' yang dapat memiliki 2 arti yaitu bisa atau racun ular; atau 'dapat'/'mampu'

demikian penjelasannya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi.

DHS wrote:[Qs 70:40] Maka aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

DEPAG wrote:Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.(QS. 70:40)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Ma'aarij 40 - 41
فَلَا أُقْسِمُ بِرَبِّ الْمَشَارِقِ وَالْمَغَارِبِ إِنَّا لَقَادِرُونَ (40) عَلَى أَنْ نُبَدِّلَ خَيْرًا مِنْهُمْ وَمَا نَحْنُ بِمَسْبُوقِينَ (41)
Allah SWT menegaskan dalam ayat ini bahwa Dia Tuhan penguasa dan pemilik seluruh makhluk-Nya yang berupa alam semesta dan seluruh isinya. Bahwa Dia Kuasa menciptakan umat yang lain yang lebih baik dari orang-orang musyrik itu, yang mau mendengarkan ayat-ayat-Nya, tunduk dan patuh kepada-Nya dan Kuasa pula menghancurkan mereka seketika dan tidak seorangpun yang dapat menolak kehendak Allah atau menghindarkan diri dari azab yang akan ditimpakan kepadanya. Ayat yang lain yang sama artinya dengan ayat ini, ialah firman Allah SWT:

-"Tuhan Yang memiliki timur dan barat" ---> Kekuasaan Ilahi/mutlak (bukan spt kekuasaan manusia yg tidak mutlak) terhadap timur & barat! ---> karena itulah kata "Tuhan" haruslah disertakan (untuk membedakannya dengan kepemilikan/kepenguasaan ala manusia, terhadap suatu wilayah)!

-"Kami" ---> Tuhan beserta Kekuasaan Mutlaknya terhadap timur & barat! ---> mengapa harus pake kata "Kami"? karena manusia tidak dapat melihat Tuhan, sehingga eksistensi Tuhan di hadapan manusia, harus dibuktikan/ditunjukkan melalui Tanda2 KekuasanNya (karena bagi manusia : tidak ada Tanda2 Kekuasaan Tuhan = tidak ada Tuhan)!
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3222
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby DHS » Mon Oct 24, 2011 7:12 pm

Sudah game-over di SINI
Image
[font=Antique]WE WIN !!![/font]
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4377
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby Captain Pancasila » Mon Oct 24, 2011 7:56 pm

DHS wrote:Sudah game-over di SINI
Image
[font=Antique]WE WIN !!![/font]

BerjayalahKebenaran wrote:inilah kehebatan orang muslim yang patut diberi jempol =D>
pertama tama dia berkata MENGAPA HARUS PAKE KATA KAMI ,JAWABANYA KARENA TUHAN TIDAK DAPAT DILIHAT :stun:
patut kita berikan tepuk tangan =D> =D>

intinya menurut muslim adalah apa yang manusia sembah asal tidak dapat dilihat HARUS MENGGUNAKAN KATA KAM I alias tuhan =D>

seperti angin yang tidak dapat dilihatpun juga termasuk tuhan kaum muslim karna tanda tanda kekuasanya yang mampu merubuhkan pohon =D> =D> =D>

sedang Tuhan nya umat kafir yang maha kuasapun tidak butuh kata KAMI dari kemahakuasaanya kecuali Dia berbicara kepada diri-NYA sendiri karna Dia Allah yang Esa.

Keluaran 6:3,
Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.



KEMBALI KE TOPIK

oh, "win"nya kayak gini toh? :stun: kasih dah... :rofl:
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3222
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby anne » Wed Jan 23, 2013 1:38 pm



Menurut Qur'an, dosa terbesar adalah syirik:

QS 4:48
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.


Ini terdapat di 6 koleksi hadist sahih:

SAHIH AL-BUKHARI 6108: “Rasullullah berkata, ‘Sesungguhnya Allah melarangmu bersumpah demi leluhurmu, Jika seseorang mengambil sumpah, ia harus bersumpah demi Allah atau diam.’”

SAHIH MUSLIM 4040 : “Rasullullah berkata, ‘Dia yang harus bersumpah, ia tidak boleh bersumpah demi apapun selain Allah.”

SUNAN ABU DAWUD 3242, “Rasullullah berkata, ‘Jangan bersumpah demi leluhur ayahmu, ibumu, atau saingan Allah; bersumpahlah hanya demi Allah, dan bersumpah hanya demi Allah bila kau berbicara kebenaran.”

SUNAN AN-NASAI 3795, “Rasullullah berkata, ‘Barangsiapa bersumpah, hendaklah ia tidak bersumpah demi apapun selain Allah.”

SUNAN IBN MAJAH 2095, “Rasullullah berkata, ‘Jangan mengambil sumpah demi berhala-berhala atau demi para leluhurmu.”

JAMI AT-TIRMIZI 1534, “Rasullullah mendatangi Umar tatkala ia berada di bukitnya dan sedang bersumpah demi ayahnya. Kemudian Rasullullah berkata, ‘Sesungguhnya Allah melarangmu bersumpah demi leluhurmu. Jika seseorang mengambil sumpah, ia harus bersumpah demi Allah atau diam.’”

JAMI AT-TIRMIZI 1534, “Umar berkata, ‘Tidak diperkenan bersumpah selain demi Allah, karena aku mendengar Rasullullah berkata, ‘Barangsiap bersumpah demi yang lain selain Allah, ia telah melakukan kekafiran atau Shirk.’”

JADI BERSUMPAH DEMI YANG LAIN SELAIN ALLAH ADALAH DOSA TERBURUK (SYIRIK), MENJADIKAN YANG LAIN SETARA ALLAH.

NAMUN, ALLAH SENDIRI MELAKUKAN SYIRIK:

1. Bersumpah DEMI QURAN (QS 36:2 I swear by the Qur'an full of wisdom. QS 38:1 I swear by the Qur'an, full of admonition. QS 43:2 I swear by the Book that makes things clear. QS 50:1 I swear by the glorious Qur'an.)

2. Bersumpah DEMI HIDUP MUHAMMAD (QS 15:72) Gak heran, coba buat gambar Musa gak kan ada kerusuhan. Coba gambar Muhammad, pasti ada yg harus mati. Masuk akal, Muhammad memang setara Allah.

3. Demi MALAIKAT (QS 77:5 QS 79:1).... dan pasti si Allah sangat kesepian sampai-sampai

4. Bersumpah demi segala macam benda (QS 81:15 I swear by the stars. QS85:1 I swear by the mansions of the stars. QS 56:75 I swear by the falling of the stars. QS 91:1 I swear by the sun and its brilliance. QS 91:6 I swear by the earth and its expanse. QS 74:32 I swear by the moon. QS 89:1 I swear by the daybreak. QS 84:16 I swear by the sunset redness. QS 92:1 I swear by the night when it draws a veil. QS 86:11 I swear by the rain-giving heavens. QS 51:1 I swear by the wind that scatters far and wide. QS 90:1 I swear by this city. (i.e. Mecca?) QS 68:1 I swear by the pen. QS 52:1 I swear by the mountain. QS 89:3 I swear by the even and the odd. QS 95:1-3 I swear by the fig, and the olive, and Mount Sinai, and this city made secure.

WOOW. BANYAK SEKALI MITRA ALLAH....

Dan ...ini yang paling OK: QS 69:38-39 I swear by that which you see, and that which you do not see.

Jadi kalau kamu melihat seekor babi lucu, menurut Qur'an Allah bersumpah dengan itu, dan Muhammad mengatakan bahwa ketika kamu bersumpah dengan sesuatu selain Allah, maka kamu telah membuat mitra Allah. Jadi Allah telah membuat babi ini pasangannya. Apakah muslim siap menyembah BABI KECIL YANG LUCU? Allah bersumpah demi segala sesuatu yang terlihat dan tak terlihat. Dia bersumpah demi kokain, alkohol, pornografi, virus herpes, kertas toilet, dan ya, Allah bersumpah demi Iblis, dia sendiri. ALLAH TELAH MELAKUKAN SYIRIK JAUH MELEBIHI KAUM POLITEIS MEKAH.

QS 2:22 Do not set up rivals to Allah while you know.

Berdasar ayat ini, para sahabat Muhammad yg dulunya politeis karena ketidaktahuan mereka tentunya bisa DIMAAFKAN, namun karena Allah jauh LEBIH TAHU DARI UMATNYA, tentunya ia pendosa tak terAMPUNKAN karena melakukan syirik luarbiasa, bersumpah demi APA SAJA terlihat maupun tidak. Menurut Muhammad dan Qurannya, Allah adalah pemuja berhala terBURUK, musyrik paling TERCELA yang pernah ada.

Inilah POLA YANG SELALU BERULANG dalam Islam. Di permukaan ajarannya tampak indah: percaya Allah, sholat, puasa, memberi zakat. Awesome. NAMUN, JIKA DIBUKA SEDIKIT SAJA PERMUKAANNYA, akan ditemukan PENGHUJATAN.

Klik Alternatif Diskusi Kalau FFI Terblokir
Mirror
Mirror Rss Feed
anne
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 502
Joined: Wed Sep 21, 2011 9:52 pm

Re: [Quran] Allah berSUMPAH pada siapa ?

Postby keeamad » Thu Jan 24, 2013 4:28 am

genuine.love wrote: karena bahasa alquran itu ambigu, jadi banyak tafsir yang berbeda2, namanya beda kepala pasti beda jalan pikirnya.

olloh LAGI BERAMBIGU RIA SAAT BERSUMPAH DENGAN LANGIT, BUMI, GUNUNG, MALAIKAT, MANUSIA, BINATANG, JIN DLL ..
:rolling: :rolling: :rolling:
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6529
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Previous

Return to Resource Centre ttg ALLAH dlm Qur'an & Hadits



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users