. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Aliran Alevi Islam - Turki

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Aliran Alevi Islam - Turki

Postby angky » Sun Mar 20, 2011 7:54 pm

Baru saja saya melihat di tv oneng satu aliran islam di Turki yang bernama Alevi Islam. Dari wawancara, informasi selintas yg ane dapat adalah :

- Mereka mengaku sebagai Islam yang sebenarnya mengikuti ajaran Muhammad yang sebenarnya.
- Tidak melakukan shalat 5 waktu, puasa atau naik haji
- Tidak ada pemisahan antara jemaah wanita dan pria. Burqa dan jilbab bukan pakaian wanita yang diwajibkan dalam aliran ini.

Para netter muslim atau kapir yang mengetahui aliran ini, mohon sharingnya.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3192
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Aliran Alevi Islam - Turki

Postby Gen3ster » Sun Mar 20, 2011 11:18 pm

Ada keterangan yg lumayan bagus dari Wikipedia:
http://en.wikipedia.org/wiki/Alevi

Alevi (dalam bahasa Inggris / ælɛ'vi ː /, juga / æ'lɛvi ː / atau / ə'leɪvi ː /) adalah sebuah komunitas agama, sub-etnis dan budaya, terutama di Turki,berjumlah 25 jutaan. Alevis diklasifikasikan sebagai cabang Islam Syiah, namun ada perbedaan yang signifikan dalam kepercayaan Alevi, tradisi dan ritual bila dibandingkan dengan sekte ortodoks lainnya. Ibadah Alevi berlangsung dalam perkumpulan (cemevi) daripada masjid. Upacara (CEM Ayin-i, atau hanya CEM), fitur musik dan tari (Semah) dimana baik perempuan dan laki-laki berpartisipasi. Di samping bahasa Arab, bahasa asli masing-masing masih berkuasa selama ritual dan berdoa.

Karakteristik Kunci Alevi meliputi:

* Kemanusiaan
* Cinta dan hormat untuk semua orang ("Yang penting adalah bukan agama, tapi menjadi manusia")
* Toleransi terhadap agama lain dan kelompok etnis ("Jika kamu menyakiti orang lain, doa-doa ritual yang telah Anda lakukan dianggap tidak berharga")
* Menghormati orang yang bekerja ("Tindakan terbesar dalam beribadah adalah bekerja")
* Kesetaraan laki-laki dan perempuan, yang berdoa berdampingan. Monogami dipraktekkan.

Alevism berkaitan erat dengan garis keturunan Bektashi sufi, dalam arti bahwa keduanya memuliakan Haji Wali Bektash (Turki: Hacibektaş Veli), seorang kudus dari abad ke-13. Banyak Alevis merujuk kepada suatu tradisi "Alevi-Bektashi", tapi identitas ini tidak diadopsi secara universal, dan juga bukan nama gabungan yang digunakan oleh non-Turki Bektashis (misalnya, di Balkan). Selain aspek keagamaan, Alevism juga berkaitan erat dengan budaya rakyat Anatolia. Teologi Alevi modern telah sangat dipengaruhi oleh kemanusiaan, secara universal dan kepercayaan Turki kuno, tengriism.

Tahun 1990-an membawa penekanan baru pada Alevism sebagai identitas budaya. Masyarakat Alevi hari ini umumnya mendukung sekularisme dalam bentuk model Kemalis.



Turki itu termasuk salah satu negara di eropa bukan di timur tengah, jadi wajar2 saja bila Turki sampai saat ini menganut sistim negara sekuler drpd Syariat islam tp denger2 katanya bakal ada pemimpin baru yg akan menerapkan syariah islam di Turki.
Gen3ster
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 393
Joined: Mon Mar 23, 2009 11:51 pm

Re: Aliran Alevi Islam - Turki

Postby angky » Mon Mar 21, 2011 12:03 pm

Trims gen3ster untuk informasinya.

Gen3ster wrote:Di samping bahasa Arab, bahasa asli masing-masing masih berkuasa selama ritual dan berdoa.


Kalau menonton keterangan yang diberikan imam Alevi, mereka menolak budaya dan bahasa arab dalam ritual ibadah mereka. Tetapi ane masih melihat ada tulisan tulisan arab didinding mesjid mereka berdampingan dengan gambar gambar yang ane tidak mengenali siapanya. Mereka mengakui sebagai islam yang murni yang dibawa oleh Ali dan Husein. Tetapi rasanya mereka bukanlah salah satu aliran dari syiah. Entahlah ane baru pertama kali melihat dan mendengarnya.

Gen3ster wrote:Karakteristik Kunci Alevi meliputi:

* Kemanusiaan
* Cinta dan hormat untuk semua orang ("Yang penting adalah bukan agama, tapi menjadi manusia")
* Toleransi terhadap agama lain dan kelompok etnis ("Jika kamu menyakiti orang lain, doa-doa ritual yang telah Anda lakukan dianggap tidak berharga")
* Menghormati orang yang bekerja ("Tindakan terbesar dalam beribadah adalah bekerja")
* Kesetaraan laki-laki dan perempuan, yang berdoa berdampingan. Monogami dipraktekkan.


Betul sekali, hal diatas juga yang dikomentari oleh sang Imam dan narasi dari tv oneng. Ane sedikit terperanjat saat sang imam mengatakan : wudhu tidak dibutuhkan dalam bersembahyang karena kesucian bukan didapatkan dari air.
Mereka juga menolak naik haji, berpuasa dibulan ramadhan (tetapi mereka mengaku berpuasa hanya tidak perlu dibulan ramadhan), shalat 5 waktu tetapi mereka melakukan sembahyang ala mereka dengan bernyanyi dan menari. :shock:

Ane tersenyum melihat cara ibadah mereka dan membayangkan apa jadinya aliran ini jika hadir di NKRI dan mengaku mereka adalah Islam yang Murni.

Adakah netter muslim yang pernah bersinggungan dengan aliran ini??
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3192
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Aliran Alevi Islam - Turki

Postby Pir Sultan Abdal » Tue Mar 29, 2011 5:34 am

Alevi adalah salah satu bagian dalam tarekat Bektashiyyah, banyak cabang/bentuk Bektashiyyah yg lain dan Alevi juga terdapat dalam berbagai golongan - dari yg liberal hingga yg tradisional - apa yang disampaikan di media hanya parsial saja mengenai Alevi maupun Bektashiyyah. Di Indonesia ada, beberapa orang yang mengikuti tarekat related/terkait dengan Bektashiyyah, tetapi jika yg dimaksud adl bagian dlm Bektashiyyah sendiri itu tidak ada kecuali kemungkinan adl orang-2 Turki/keturunan Turki-Alevi sendiri yg datang ke Indonesia

http://gayatriwedotami.wordpress.com/ja ... tash-wali/

http://gayatriwedotami.wordpress.com/20 ... ng-darwis/
Pir Sultan Abdal
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Tue Mar 29, 2011 5:28 am

Re: Aliran Alevi Islam - Turki

Postby angky » Tue Mar 29, 2011 11:15 am

Pir Sultan Abdal wrote:Di Indonesia ada, beberapa orang yang mengikuti tarekat related/terkait dengan Bektashiyyah, tetapi jika yg dimaksud adl bagian dlm Bektashiyyah sendiri itu tidak ada kecuali kemungkinan adl orang-2 Turki/keturunan Turki-Alevi sendiri yg datang ke Indonesia


Bagaimana pandangan anda terhadap aliran ini?? apakah aliran ini menyimpang dari islam dengan kata lain sesat??
Di indonesia dimana dan bagaimana mereka melakukan ibadah??

trims
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3192
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Aliran Alevi Islam - Turki

Postby Pir Sultan Abdal » Wed Mar 30, 2011 10:04 am

Cemevi yg digambarkan sebagai tempat ibadah kelompok Alevi tidak dapat dikatakan sama dengan masjid. Cemevi adl tempat seperti orang-2 dari tarekat-2 lain katakanlah Mawlawiyah dan Naqsyabandiyah saat berzikir dan melakukan wirid sesuai amalan tarekat masing-2. Kesalah pahaman terhadap Alevi timbul karena selama bertahun2 sejak Attaturk aliran2 sufi dilarang di Turki dan orang-2 Syiah dipinggirkan dan sejak semula mereka berbeda secara teologis dengan orang-orang Sunni sehingga mereka terpaksa diam-diam melakukan amalan/wirid mereka.

Juga perlu ditekankan lagi bahwa Bektashiyyah tidak sama dengan Alevi.
Semua Alevi adl Bektashiyyah, sedangkan tidak semua Bektashiyyah adl Alevi
Banyak aliran Bektashiyyah yang memiliki zawiyah/tekke/pondok, dan punya syaikh yg menginisiasi/membaiat, tetapi juga banyak bentuk "lone-dervish" yang menjalankan Bektashiyyah tanpa tekke. ini salah satunya adl yang di Indonesia...:

Yang saya sebutkan di Indonesia adalah beberapa orang Muslim yang mengikuti salah satu tarekat yang terkait dengan Bektashiyyah, yaitu Dawoodiya, jadi bukan Alevi, juga bukan Dawood Bohra (ini tarekat Ismailiyah), seperti halnya aliran Naqsyabandiyyah yg Syekh Hisyam Kabani dgn Syekh al-Makasari berbeda satu sama lain secara wirid/amalan, walau terkait dengan atau tergolong dalam aliran Naqsyabandiyyah.

Apakah yang dimaksud dengan sesat? Kb]Karena mereka (pengikut Dawoodiya) melakukan syariat Islam, seperti menjalankan sholat, puasa, dsb. Pengikut tarekat ini terbuka untuk setiap Sunni maupun Syiah, walaupun pengikutnya yang benar-benar menjalaninya dan Perintis dari tarekat ini dengan ketat mengikuti fikih mazhab Ja'fari dan sangat mengimani teologi syi'ah imamiyah. Yang menyebabkan ia berbeda dari tarekat2 lain hanya amalan/metode spiritual yang dijalankannya saja [/b](yang bisa dibaca dlm blog tersebut atau mengenai perintisnya bisa dilihat dari karya-karyanya http://www.lulu.com/ThomasMcElwain)

Jadi, ibadah yang dilakukan adl sama seperti orang2 muslim lain yaitu sholat, dll, bahkan bisa solat di semua mesjid non-Syiah dan berimam solat dengan yang Sunni dn mazhab2 lain, juga tidak ada ibadah khusus seperti orang Alevi melainkan ritual individual yaitu seperti membaca 4 kitab suci dll.

Kalau Alevi sendiri saya benar-2 tidak yakin bagaimana menjumpai mereka di Indonesia. Yang dapat dipastikan Alevi juga ada yang liberal (tidak menjalankan syariat Islam), ada yg mengikut Syiah seperti di Iran, dan ada yang moderat, dll. Tidak bisa memukul rata semuanya. Hanya bisa dipastikan ia adl bentuk Syiah khas Turki. :turban:
Pir Sultan Abdal
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Tue Mar 29, 2011 5:28 am


Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users