. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby Captain Pancasila » Thu Jun 30, 2011 1:02 pm

Mengapa Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab?

Barangkali ada sebagian dari kita, termasuk kaum muslimin, masih muncul pertanyaan dalam dirinya:

Mengapa Al-Quran, wahyu Alloh yang diturunkan melalui Rasululloh Muhammad, menggunakan bahasa Arab sebagai mediatornya?

Mengapa bukan Bahasa Inggris, yang notabene saat ini merupakan bahasa terbesar di dunia? Atau Bahasa Indonesia, atau Bahasa Jawa?

Pada prinsipnya pastilah Alloh yang Maha Sempurna mempunyai alasan yang bagus mengenai masalah ini, yang di luar kemampuan dan pengetahuan kita. Namun artikel berikut ini mudah-mudahan dapat sedikit menjawab pertanyaan di atas. Artikel ini penulis kutip dari artikel “tanya jawab ustadz” di situs eramuslim.com dengan sedikit modifikasi, dengan tujuan efisiensi tempat, namun insya Alloh tidak mengurangi isinya. Semoga bermanfaat.

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Mengapa Al-Qur’an berbahasa Arab?

Alasannya pastilah terkait dengan karakteristik Al-Qur’an itu sendiri, sehingga bahasa lain dianggap tidak layak digunakan oleh Al-Qur’an . Maka untuk menjawabnya, kita perlu tahu karakteristik Al-Qur’an itu sendiri.

1. Al-Qur’an untuk Semua Manusia

Berbeda dengan kitab suci agama sebelum Islam yang diperuntukkan khusus kepada kalangan terbatas , Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh makhluk melata yang bernama manusia. Maka bahasa yang digunakan Al-Qur’an haruslah bahasa yang punya posisi strategis bagi semua bangsa manusia. Dan bahasa itu adalah bahasa arab dengan sekian banyak alasannya. Di antaranya:

a. Bahasa arab adalah bahasa tertua di dunia.

Sebagian ahli sejarah bahasa mengatakan bahwa Nabi Adam as dan istrinya Hawwa adalah manusia yang pertama kali menggunakan bahasa Arab . Sebab mereka diciptakan di dalam surga, dimana ada dalil yang menyebutkan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa arab. Ketika Adam as menjejakkan kaki pertama kali di permukaan planet bumi, maka bahasa yang dilafadzkannya tentu bahasa arab.

Kalau kemudian anak-anak Adam berkembang biak dan melahirkan jutaan bahasa yang beragam di muka bumi, semua berasal dari bahasa arab. Jadi bahasa arab memang induk dari semua bahasa yang dikenal umat manusia. Wajar pula bila Al-Qur’an yang diperuntukkan untuk seluruh umat manusia menggunakan bahasa yang menjadi induk semua bahasa umat manusia.

b. Bahasa Arab Paling Banyak Memiliki Kosa Kata

Sebagai induk dari semua bahasa di dunia dan tetap digunakan umat manusia hingga hari ini, wajar pula bila bahasa Arab memiliki kosa kata dan perbendaharaan yang sangat luas dan banyak. Bahkan para ahli bahasa Arab menuturkan bahwa bahasa Arab memiliki sinonim yang paling menakjubkan . Kata unta yang dalam bahasa Indonesia hanya ada satu padanannya, ternyata punya 800 padanan kata dalam bahasa arab, yang semuanya mengacu kepada satu hewan unta. Sedangkan kata ‘anjing’ memiliki 100-an padanan kata.

Fenomena seperti ini tidak pernah ada di dalam bahasa lain di dunia ini. Dan hanya ada di dalam bahasa arab, karena faktor usia bahasa arab yang sangat tua, tetapi tetap masih digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari hingga hari ini. Dengan alasan ini maka wajar pula bila Alloh SWT memilih bahasa arab sebagai bahasa yang dipakai di dalam Al-Qur’an.

2. Al-Qur’an Berlaku Sepanjang Masa

Berbeda dengan kitab suci agama lain yang hanya berlaku untuk masa yang terbatas , Al-Qur’an sebagai kitab suci diberlakukan untuk masa waktu yang tak terhingga, bahkan sampai datangnya kiamat. Maka bahasa yang digunakan Al-Qur’an haruslah bahasa yang tetap digunakan oleh umat manusia sepanjang zaman.

Kenyataannya, sejarah manusia belum pernah mengenal sebuah bahasa pun yang tetap eksis sepanjang sejarah . Setiap bahasa punya usia, selebihnya hanya tinggal peninggalan sejarah. Bahkan bahasa Inggris sekalipun masih mengalami kesenjangan sejarah. Maksudnya, bahasa Inggris yang digunakan pada hari ini jauh berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh orang Inggris di abad pertengahan. Kalau Ratu Elizabeth II masuk ke lorong waktu dan bertemu dengan ‘mbah buyut’-nya, King Arthur, yang hidup di abad pertengahan, mereka tidak bisa berkomunikasi, meski sama-sama penguasa Inggris di zamannya. Mengapa?

Karena meski namanya masih bahasa Inggris, tapi kenyataannya bahasa keduanya jauh berbeda. Karena setiap bahasa mengalami perkembangan, baik istilah maupun grammar-nya. Setelah beratus tahun kemudian, bahasa itu sudah jauh mengalami deviasi yang serius.

Yang demikian itu tidak pernah terjadi pada bahasa Arab. Bahasa yang diucapkan oleh nabi Muhammad SAW sebagai orang arab yang hidup di abad ke-7 masih utuh dan sama dengan bahasa yang dipakai oleh Raja Abdullah, penguasa Saudi Arabia di abad 21 ini. Kalau seandainya keduanya bertemu dengan mesin waktu, mereka bisa ‘ngobrol ngalor ngidul’ hingga subuh dengan menggunakan bahasa arab.

Dengan kenyataan seperti ini, wajarlah bila Alloh SWT memilih bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an Al-Kariem yang abadi. Kalau tidak, boleh jadi Al-Qur’an sudah musnah seiring dengan musnahnya bahasanya.

3. Al-Qur’an Mengandung Informasi yang Padat

Diantara keistimewaan bahasa arab adalah kemampuannya menampung informasi yang padat di dalam huruf-huruf yang singkat. Sebuah ungkapan yang hanya terdiri dari dua atau tiga kata dalam bahasa arab, mampu memberikan penjelasan yang sangat luas dan mendalam. Sebuah kemampuan yang tidak pernah ada di dalam bahasa lain.

Makanya, belum pernah ada terjemahan Al-Qur’an yang bisa dibuat dengan lebih singkat dari bahasa arab aslinya. Semua bahasa umat manusia akan bertele-tele dan berpanjang-panjang ketika menguraikan isi kandungan tiap ayat. Sebagai contoh, lafadz ‘ain dalam bahasa arab artinya ‘mata’, ternyata punya makna lain yang sangat banyak. Kalau kita buka kamus dan kita telusuri kata ini, selain bermakna mata juga punya sekian banyak makna lainnya. Di dalam kamus kita mendapati makna lainnya, seperti manusia, jiwa, hati, mata uang logam, pemimpin, kepala, orang terkemuka, macan, matahari, penduduk suatu negeri, penghuni rumah, sesuatu yang bagus atau indah, keluhuran, kemuliaan, ilmu, spion, kelompok, hadir, tersedia, inti masalah, komandan pasukan, harta, riba, sudut, arah, segi, telaga, pandangan, dan lainnya.

Bahasa lain tidak punya makna yang sedemikian padat yang hanya terhimpun dalam satu kata dan hurufnya hanya ada tiga. Dan wajar pula bila Alloh SWT berkenan menjadi bahasa arab sebagai bahasa untuk firman-Nya yang abadi.

4. Al-Qur’an Harus Mudah Dibaca dan Dihafal

Sesuai dengan fungsi Al-Qur’an yang salah satunya sebagai pedoman hidup pada semua bidang kehidupan, Al-Qur’an harus berisi beragam materi dan informasi sesuai dengan beragam disiplin ilmu. Dan kita tahu bahasa dan istilah yang digunakan di setiap disiplin ilmu pasti berbeda-beda. Dan sangat boleh jadi seorang yang ahli di dalam sebuah disiplin ilmu akan menjadi sangat awam bila mendengar istilah-istilah yang ada di dalam disiplin ilmu lainnya.

Dan kalau beragam petunjuk yang mencakup beragama disiplin ilmu itu harus disatukan dalam sebuah kitab yang simpel, harus ada sebuah bahasa yang mudah, sederhana tapi tetap mengandung banyak informasi penting di dalamnya. Bahasa itu adalah bahasa Arab. Karena bahasa Arab mampu mengungkapkan beragam informasi dari beragam disiplin ilmu, namun tetap cair dan mudah dimengerti. Dan saking mudahnya, bahkan bisa dihafalkan di luar kepala.

Salah satu karakteristik bahasa Arab adalah mudah untuk dihafalkan, bahkan penduduk gurun pasir yang tidak bisa baca tulis pun mampu menghafal jutaan bait syair. Dan karena mereka terbiasa menghafal apa saja di luar kepala, sampai-sampai mereka tidak terlalu butuh lagi dengan alat tulis atau dokumentasi. Kisah cerita yang tebalnya berjilid-jilid buku, bisa digubah oleh orang arab menjadi jutaan bait puisi dalam bahasa arab dan dihafal luar kepala dengan mudah. Barangkali fenomena ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tulis menulis kurang berkembang di kalangan bangsa arab saat itu. Buat apa menulis, kalau semua informasi bisa direkam di dalam otaknya?

Maka sangat wajar kalau Alloh SWT menjadikan bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an.

5. Al-Qur’an Harus Indah dan Tidak Membosankan

Salah satu keunikan bahasa arab adalah keindahan sastranya tanpa kehilangan kekuatan materi kandungannya. Sedangkan bahasa lain hanya mampu salah satunya. Kalau bahasanya indah, kandungan isinya menjadi tidak terarah. Sebaliknya, kalau isinya informatif maka penyajiannya menjadi tidak asyik diucapkan.

Ada sebuah pintu perlintasan kereta api yang modern di Jakarta. Setiap kali ada kereta mau lewat, secara otomatis terdengar rekaman suara yang membacakan peraturan yang terkait dengan aturan perlintasan kereta. Awalnya, masyarakat senang mendengarkannya, tapi ketika setiap kali kereta mau lewat, suara itu terdengar lagi, maka orang-orang menjadi jenuh dan bosan. Bahkan mereka malah merasa terganggu dengan rekaman suara itu. Ada-ada saja komentar orang kalau mendengar rekaman itu berbunyi secara otomatis.

Tapi lihatlah surat Al-Fatihah, dibaca orang ribuan kali baik di dalam shalat atau di luar shalat, belum pernah ada orang yang merasa bosan atau terusik ketika diperdengarkan. Bahkan bacaan Al-Qur’an itu begitu sejuk di hati, indah dan menghanyutkan. Itu baru pendengar yang buta bahasa arab. Sedangkan pendengar yang mengerti bahasa arab, pasti ketagihan kalau mendengarnya.

Tidak ada satu pun bahasa di dunia ini yang bisa tetap terdengar indah ketika dibacakan, namun tetap mengandung informasi kandungan yang kaya, kecuali bahasa arab. Maka wajarlah bila Alloh SWT berfirman dengan bahasa arab.

Apa yang kami sampaikan ini baru sebagai kecil dari sekian banyak hikmah diturunkannya Al-Qur’an dengan bahasa arab. Kita tidak tahu apa jadinya bila Al-Qur’an ini tidak berbahasa arab. Mungkin bisa jadi Al-Qur’an hanya ada di musium saja.

وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآناً أَعْجَمِيّاً لَّقَالُوا لَوْلَا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُوْلَئِكَ يُنَادَوْنَ مِن مَّكَانٍ بَعِيدٍ

Dan jikalau Kami jadikan al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan, “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?… . [QS. Fushshilat: 44]

Wallohu a’lam bish-showab, Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Sumber :
http://www.google.co.id/url?sa=t&source ... R-YfWkThVg
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3503
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby angky » Thu Jun 30, 2011 2:02 pm

Captain Pancasila wrote:a. Bahasa arab adalah bahasa tertua di dunia.

Sebagian ahli sejarah bahasa mengatakan bahwa Nabi Adam as dan istrinya Hawwa adalah manusia yang pertama kali menggunakan bahasa Arab . Sebab mereka diciptakan di dalam surga, dimana ada dalil yang menyebutkan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa arab. Ketika Adam as menjejakkan kaki pertama kali di permukaan planet bumi, maka bahasa yang dilafadzkannya tentu bahasa arab.


Mana bukti arkeologis bahwa bahasa arab adalah bahasa paling tua/pertama yang ada dimuka bumi. Kalau cuman musclaim tanpa bukti anak sd juga bisa. Jahudi juga klaim bahasa jahudi adalah bahasa yang pertama digunakan oleh adam. Buktinya, literatur arkeologis yang usianya ribuan tahun menggunakan bahasa jahudi. Sah kan???

Captain Pancasila wrote:. Bahasa Arab Paling Banyak Memiliki Kosa Kata

Sebagai induk dari semua bahasa di dunia dan tetap digunakan umat manusia hingga hari ini, wajar pula bila bahasa Arab memiliki kosa kata dan perbendaharaan yang sangat luas dan banyak. Bahkan para ahli bahasa Arab menuturkan bahwa bahasa Arab memiliki sinonim yang paling menakjubkan . Kata unta yang dalam bahasa Indonesia hanya ada satu padanannya, ternyata punya 800 padanan kata dalam bahasa arab, yang semuanya mengacu kepada satu hewan unta. Sedangkan kata ‘anjing’ memiliki 100-an p


:lol: ini ustad kok ga mikir, kalau kata unta saja punya padanan sampai 800 kata, bagaimana mungkin mengklaim sebagai bahasa yang JELAS bagi orang yang tidak punya bhs ibu arab. AYA AYA WAE, Musclaim banget, muslim kalo udh berpikir tentang onta arab otaknya ketinggalan dalam pasir.

Captain Pancasila wrote:2. Al-Qur’an Berlaku Sepanjang Masa

Berbeda dengan kitab suci agama lain yang hanya berlaku untuk masa yang terbatas , Al-Qur’an sebagai kitab suci diberlakukan untuk masa waktu yang tak terhingga, bahkan sampai datangnya kiamat. Maka bahasa yang digunakan Al-Qur’an haruslah bahasa yang tetap digunakan oleh umat manusia sepanjang zaman.

Captain Pancasila wrote:Yang demikian itu tidak pernah terjadi pada bahasa Arab. Bahasa yang diucapkan oleh nabi Muhammad SAW sebagai orang arab yang hidup di abad ke-7 masih utuh dan sama dengan bahasa yang dipakai oleh Raja Abdullah, penguasa Saudi Arabia di abad 21 ini. Kalau seandainya keduanya bertemu dengan mesin waktu, mereka bisa ‘ngobrol ngalor ngidul’ hingga subuh dengan menggunakan bahasa arab.

Dengan kenyataan seperti ini, wajarlah bila Alloh SWT memilih bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an Al-Kariem yang abadi. Kalau tidak, boleh jadi Al-Qur’an sudah musnah seiring dengan musnahnya bahasanya.


Muhammad baru aja mati : Si zaid, abu bakr, umar dan ustman sudah RIBUT MENGENAI BAHASA dan LAFAL yg benar. Kalau tidak ngapain juga ustman menyuruh membakar SEMUA quran termasuk milik hafsah dan memakai hanya quran hasil kodifikasi dia.
Netter pusing malah bikin teori sendiri kalo quran bukan bahasa arab. :green:

Captain Pancasila wrote:Bahasa lain tidak punya makna yang sedemikian padat yang hanya terhimpun dalam satu kata dan hurufnya hanya ada tiga. Dan wajar pula bila Alloh SWT berkenan menjadi bahasa arab sebagai bahasa untuk firman-Nya yang abadi.


Kalau begini cara berpikir auloh, seharusnya bahasa CINA lah yang dipilih karena SANGAT KAYA dengan makna, singkat dan kayaknya sih kagak akan terjadi perselisihan ARTI, pada pinter sih ga kayak org arab. :green:

Captain Pancasila wrote:4. Al-Qur’an Harus Mudah Dibaca dan Dihafal

Sesuai dengan fungsi Al-Qur’an yang salah satunya sebagai pedoman hidup pada semua bidang kehidupan, Al-Qur’an harus berisi beragam materi dan informasi sesuai dengan beragam disiplin ilmu. Dan kita tahu bahasa dan istilah yang digunakan di setiap disiplin ilmu pasti berbeda-beda. Dan sangat boleh jadi seorang yang ahli di dalam sebuah disiplin ilmu akan menjadi sangat awam bila mendengar istilah-istilah yang ada di dalam disiplin ilmu lainnya.

Dan kalau beragam petunjuk yang mencakup beragama disiplin ilmu itu harus disatukan dalam sebuah kitab yang simpel, harus ada sebuah bahasa yang mudah, sederhana tapi tetap mengandung banyak informasi penting di dalamnya. Bahasa itu adalah bahasa Arab. Karena bahasa Arab mampu mengungkapkan beragam informasi dari beragam disiplin ilmu, namun tetap cair dan mudah dimengerti. Dan saking mudahnya, bahkan bisa dihafalkan di luar kepala.


Bahlul bener argumen nya. Kalau mudah dihafal dan mudah dimengerti, ngapain juga ente ente bikin tafsir segala. Bagi orang arab sendiri, quran tidak mudah dimengerti. Setiap ada persoalan pada jaman kekhalifahan umar dan abu bakr, mereka berdua selalu bertanya pada Ali bin abi thalib untuk menafsirkan arti quran. Nah begimane, jaman itu aja udah pada kebingungan apa lagi jaman sekarang. Aya aya WAE.

Captain Pancasila wrote:Tidak ada satu pun bahasa di dunia ini yang bisa tetap terdengar indah ketika dibacakan, namun tetap mengandung informasi kandungan yang kaya, kecuali bahasa arab. Maka wajarlah bila Alloh SWT berfirman dengan bahasa arab.


Setiap ada lomba mtq di tv, ane sih lebih suka mematikan tv atau ganti channel. ](*,)

Captain Pancasila wrote:Dan jikalau Kami jadikan al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan, “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?


Bukti auloh yang tidak maha kuasa dan kurang pede dengan firmannya sendiri.

Wallahualam.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby ShoutBox » Thu Jun 30, 2011 2:40 pm

..., Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh
makhluk melata
yang bernama manusia.

Sumpe gw baru tau kalo muslim termasuk hewan kelas reptil!
Ciri2: berdarah dingin & lidahnya bercabang... :-k
User avatar
ShoutBox
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 107
Joined: Wed Apr 21, 2010 9:58 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby a_man » Thu Jun 30, 2011 8:14 pm

..., Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh
makhluk melata
yang bernama manusia.

ShoutBox wrote:Sumpe gw baru tau kalo muslim termasuk hewan kelas reptil!
Ciri2: berdarah dingin & lidahnya bercabang... :-k

+ bersisik.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby papierkorb » Fri Jul 01, 2011 12:03 am

Captain Pancasila wrote:

Berbeda dengan kitab suci agama sebelum Islam yang diperuntukkan khusus kepada kalangan terbatas , Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh makhluk melata yang bernama manusia.

:stun: :stun: :stun:

bole nih di ajukan buat dpt hadiah Nobel :green:
teori evolusi yg baru manusia sejenis mahluk melata dan berbiji dua / dikotil :lol:
User avatar
papierkorb
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 552
Joined: Wed Mar 30, 2011 6:24 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby kompas » Fri Jul 01, 2011 8:50 am

QS.42.29. Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

makhluk-makhluk yang melata
yang dimaksud dalam ayat ini, adalah SEMUA makhluk yang hidup dibumi.

Jika MAKHLUK MELATA yang khusus untuk binatang, maka Al Qur'an berkata :

QS.45.4. Dan pada penciptakan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran (di muka bumi) terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini,

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby Pan Kobar » Fri Jul 01, 2011 8:55 am

bisakah ditunjukkan/ditamplkn dsini ?:
- 800 padanan kata Unta dlm bhs arab
- 100 pdanan kata Anjing dlm bhs arab
User avatar
Pan Kobar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 368
Joined: Fri Aug 06, 2010 1:16 pm
Location: Negri Mimpi

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby angky » Fri Jul 01, 2011 9:16 am

kompas wrote:QS.42.29. Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

makhluk-makhluk yang melata
yang dimaksud dalam ayat ini, adalah SEMUA makhluk yang hidup dibumi.


Yah Kom, terbukti koran ente memang kurang akurat dalam mendefinisikan mahluk hidup, masih pinteran ahli biologi.
Mungkin sebab turunnya ayat tersebut adalah menyamakan dirinya dengan ular beludak, sehingga lupa ada manusia yang bukan keturunan ular beludak.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby Topsy KreeT » Fri Jul 01, 2011 9:56 am

Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab


](*,) ](*,)
cape'-cape' buat penjelasan mengapa quran harus berbahasa arab, si pusing aja masih kekeuh dengan teorinya:
Al-Quran bukan Berbahasa Arab. :finga:
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby Topsy KreeT » Fri Jul 01, 2011 10:03 am

kompas wrote:QS.42.29. Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

makhluk-makhluk yang melata
yang dimaksud dalam ayat ini, adalah SEMUA makhluk yang hidup dibumi.


:shock: itu kan ayat penemuan si dorama tentang alien adalah binatang melata. :lol:
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby ShoutBox » Fri Jul 01, 2011 10:08 am

kompas wrote: ... makhluk-makhluk yang melata
yang dimaksud dalam ayat ini, adalah SEMUA makhluk yang hidup dibumi.

Jika MAKHLUK MELATA yang khusus untuk binatang, maka Al Qur'an berkata : ...

@kompas: cekidot pliss
Berbeda dengan kitab suci agama sebelum Islam
yang diperuntukkan khusus kepada kalangan
terbatas , Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh
makhluk melata yang bernama manusia. Maka
bahasa yang digunakan Al-Qur’an haruslah
bahasa yang punya posisi strategis bagi semua
bangsa manusia. Dan bahasa itu adalah bahasa
arab dengan sekian banyak alasannya...

Gw ada 2 pertanyaan buat loe:
1. Yg gw quote ini kata2 Jibril ato kata2 Uztadsnye eramuslim?
2. Artikel tsb ditulis dalam bahasa Arab ato bahasa Indonesia?

Buat gw dgn mendefinisikan manusia sbg mahluk melata sdh meruntuhkan kredibilitas Pak uztads buat secara ilmiah ngejelasin alasan Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab.
Kalo secara Islamiyah mungkin iya, tapi kalo secara scientific, no way, jose [-X
User avatar
ShoutBox
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 107
Joined: Wed Apr 21, 2010 9:58 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby kompas » Fri Jul 01, 2011 1:23 pm

untuk semua kafir ffi..... [-X

yang dimaksud Al Qur'an dengan kalimat MAKHLUK MAKHLUK YANG MELATA, adalah semua makhluk hidup, manusia dan binatang.

kalian ngga terima "istilah" ini, emang gua urusin ... terserah kalian... \:D/

Sebenarnya, apa sih bedanya manusia dengan binatang ???
malahan, manusia lebih jahat dari binatang !!!!
lebih terhormat binatang dibandingkan manusia.

Binatang, mencuri makanan sekedar untuk makan dan menahan lapar, kalau manusia, aspal beton dimakan .... :rofl:

apalagi perilaku kafir, karena sudah merasa dosanya ditebus yesus, sekehendak hatinya mencuri, merampok uang rakyat, kemudian kabur keluar negeri.. :axe: :axe:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby duren » Fri Jul 01, 2011 1:40 pm

Yang di bawah ini termasuk mahluk melata KARENA kaki nya di potong ..alias tinggal kepalanya doang

Image

Waktu keempat kakinya masih komplit , dia bukanlah mahluk melata .. BAHKAN kotorannya sangat baik tuk di jadikan sebagai KOMPOS
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11106
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby kompas » Fri Jul 01, 2011 1:49 pm

duren wrote:Yang di bawah ini termasuk mahluk melata KARENA kaki nya di potong ..alias tinggal kepalanya doang

Image

Waktu keempat kakinya masih komplit , dia bukanlah mahluk melata .. BAHKAN kotorannya sangat baik tuk di jadikan sebagai KOMPOS

:rofl: :rofl: :rofl:

kafir satu ini udah kehabisan modal...... mati kutu.... :finga: :finga: :finga:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby angky » Fri Jul 01, 2011 1:50 pm

kompas wrote:untuk semua kafir ffi..... [-X

yang dimaksud Al Qur'an dengan kalimat MAKHLUK MAKHLUK YANG MELATA, adalah semua makhluk hidup, manusia dan binatang.

kalian ngga terima "istilah" ini, emang gua urusin ... terserah kalian...


Ga ada yang minta utk ente urusin kom, yang ane keberatan kenapa pula auloh tidak lebih cerdas ama si darwin?? darwin baru nelurin teori evolusi udah dimaki maki ateis, lha ini manusia masuk mahluk melata kayak ular beludak kok ente diem aja kom??? protes gih ama auloh.

kompas wrote:Binatang, mencuri makanan sekedar untuk makan dan menahan lapar, kalau manusia, aspal beton dimakan .... :rofl:

apalagi perilaku kafir, karena sudah merasa dosanya ditebus yesus, sekehendak hatinya mencuri, merampok uang rakyat, kemudian kabur keluar negeri.


ane baru tahu kalo si nunun, nazarudin,suharto,chamsyah bachtiar,gubernur aceh,sumut,jabar,lampung,riau, puluhan walikota, beberapa mantan menteri, oh MENAG adalah para pengikut Yesus. Ente yakin kom mereka udah ngikut Yesus?? Ceritain dong proses murtad mereka, lumayan tuh bisa ngisi kolom murtad FFI.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby duren » Fri Jul 01, 2011 1:57 pm

@Kompas

Mangkanya klo bikin avatar yang komplit dunk ...
Jangan palenya doang

Mayankan bila anusnya bisa menghasilkan KOMPOS :lol:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11106
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby kompas » Fri Jul 01, 2011 2:07 pm

kompas wrote:untuk semua kafir ffi..... [-X

yang dimaksud Al Qur'an dengan kalimat MAKHLUK MAKHLUK YANG MELATA, adalah semua makhluk hidup, manusia dan binatang.

kalian ngga terima "istilah" ini, emang gua urusin ... terserah kalian...

angky wrote:Ga ada yang minta utk ente urusin kom, yang ane keberatan kenapa pula auloh tidak lebih cerdas ama si darwin?? darwin baru nelurin teori evolusi udah dimaki maki ateis, lha ini manusia masuk mahluk melata kayak ular beludak kok ente diem aja kom??? protes gih ama auloh.

payah otak kafir satu ini... ](*,)
gw tegasin sekali lagi ..... perhatikan !!!!
Al Qur'an menyebut semua makhluk yang hidup di langit dan dibumi sebagai MAKHLUK MAKHLUK YANG MELATA.

Manusia adalah makhluk yang melata, binatang juga makhluk yang melata.

apanya yang aneh ????
dasar otak kafir yang ngga bisa menalarnya... \:D/

kompas wrote:Binatang, mencuri makanan sekedar untuk makan dan menahan lapar, kalau manusia, aspal beton dimakan .... :rofl:

apalagi perilaku kafir, karena sudah merasa dosanya ditebus yesus, sekehendak hatinya mencuri, merampok uang rakyat, kemudian kabur keluar negeri.

angky wrote:ane baru tahu kalo si nunun, nazarudin,suharto,chamsyah bachtiar,gubernur aceh,sumut,jabar,lampung,riau, puluhan walikota, beberapa mantan menteri, oh MENAG adalah para pengikut Yesus. Ente yakin kom mereka udah ngikut Yesus?? Ceritain dong proses murtad mereka, lumayan tuh bisa ngisi kolom murtad FFI.

mereka yang ente sebutkan diatas, tidak membawa kabur uang rakyat keluar negeri.
mereka sudah mendapat hukumannya dipengadilan sesuai dengan kesalahan mereka.
bandingkan dengan para kafir yang melarikan uang rakyat ke Singapura.
Djoko Tjandra, Anggoro Widjojo, Edi Tansil, Bambang Soetrisno, Adrian Kiki Ariawan, Sudjiono Timan, Eko Edi Putranto, Sherny Kojongian, Rico Hendrawan, Irawan Salim, Lisa Evijanti Santoso, Amri Irawan, Budianto, Hendra Lee, Chaerudin, dan Hendra Liem dll...dll...

semua adalah umat yesus, yang merasa tidak berdosa, karena dosanya sudah ditebus yesus !!!

:axe: :axe: :axe:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby angky » Fri Jul 01, 2011 2:25 pm

kompas wrote:Ga ada yang minta utk ente urusin kom, yang ane keberatan kenapa pula auloh tidak lebih cerdas ama si darwin?? darwin baru nelurin teori evolusi udah dimaki maki ateis, lha ini manusia masuk mahluk melata kayak ular beludak kok ente diem aja kom??? protes gih ama auloh.


kompas wrote:Al Qur'an menyebut semua makhluk yang hidup di langit dan dibumi sebagai MAKHLUK MAKHLUK YANG MELATA.

Manusia adalah makhluk yang melata, binatang juga makhluk yang melata.


Ya udah kom ane nyerah deh, ente memang ane akui sebagai makhluk melata setidaknya saat ente ngedeketin bini ente. Tapi kalau ane sih bukan mahkluk melata, maaf ya kom.

kompas wrote:mereka yang ente sebutkan diatas, tidak membawa kabur uang rakyat keluar negeri.


Masa sih kom, coba ente cek di bank swiss, singapura, inggris dan amerika ada kagak rekening mereka disana. Sttt kom kang Harto punya rumah dibeverly dan london ente tahu kagak??

btw si nazarudin ama nunun belon ketangkep kom, kabarnya sih lagi enak enak berendem dikondotel daerah orchard. :lol:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby Musketeer » Fri Jul 01, 2011 2:28 pm

Captain Pancasila wrote:Kata unta yang dalam bahasa Indonesia hanya ada satu padanannya, ternyata punya 800 padanan kata dalam bahasa arab, yang semuanya mengacu kepada satu hewan unta. Sedangkan kata ‘anjing’ memiliki 100-an padanan kata.


Buat saya ini justru menunjukkan betapa bodohnya bahasa ini. Buat apa untuk kata unta harus punya 800 padanan kata..... ???????? #-o
Tujuan utama bahasa adalah untuk berkomunikasi, klu si A untuk kata unta hanya tahu 2 padanan kata yang pertama, sedangkan si B hanya tahu satu padanan kata yang lain, bgm mereka bisa berkomunikasi? Apa semua orang harus menghafal 800 padanan katanya.....??? bah...... betapa bodohnya pencipta bahasa ini.... :supz: kok yang seperti ini malah dibanggakan....?
Musketeer
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 81
Joined: Sat Nov 20, 2010 6:51 pm

Re: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab

Postby kompas » Fri Jul 01, 2011 2:35 pm

angky wrote:Ya udah kom ane nyerah deh, ente memang ane akui sebagai makhluk melata setidaknya saat ente ngedeketin bini ente. Tapi kalau ane sih bukan mahkluk melata, maaf ya kom.

kalo ente bukan makhluk melata dibumi, ente termasuk golongan makhluk apa ???

kompas wrote:Masa sih kom, coba ente cek di bank swiss, singapura, inggris dan amerika ada kagak rekening mereka disana. Sttt kom kang Harto punya rumah dibeverly dan london ente tahu kagak??

btw si nazarudin ama nunun belon ketangkep kom, kabarnya sih lagi enak enak berendem dikondotel daerah orchard. :lol:

dalam ajaran Islam, setiap perbuatan jahat yang dilakukan seorang yang mengaku muslim, pasti akan mendapat hukuman sesuai dengan kesalahannya.
mereka dapat melepaskan diri dari hukum di dunia, pasti akan mendapat hukumannya di akhirat kelak..... MASUK NERAKA....

beda dengan ajaran yesus, semua dosa manusia telah ditebus oleh darah yesus.
mereka berbuat kejahatan dimuka bumi, korupsi, kemudian kabur dari hukum, mereka merasa tidak berdosa, karena dosa mereka sudah ditebus tuhan yesus.... dan kemudian setelah mati.. lenggang kangkung masuk surga.... koruptor masuk surga.... uenakkkk tenan... :axe:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users