. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Cahaya_hidayah » Fri Mar 25, 2011 10:58 pm

eh ayo kita coba lihat perbandingan antara al quran dan injil :

tentang kisah firaun

Image
Image


KEMATIAN FIRAUN EXODUS VERSI ALKITAB

Maz 136:13 Kepada Dia yang membelah Laut Teberau menjadi dua belahan; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
Maz 136:14 Dan menyeberangkan Israel dari tengah-tengahnya; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
Maz 136:15 Dan mencampakkan Firaun dengan tentaranya ke Laut Teberau! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
Maz 106:9 Dihardik-Nya Laut Teberau, sehingga kering, dibawa-Nya mereka berjalan melalui samudera raya seperti melalui padang gurun.
Maz 106:10 Demikian diselamatkan-Nya mereka dari tangan pembenci, ditebus-Nya mereka dari tangan musuh;
Maz 106:11 air menutupi para lawan mereka, seorangpun dari pada mereka tiada tinggal.
Kel 14:28 Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorangpun tidak ada yang tinggal dari mereka.




KEMATIAN FIRAUN EXODUS VERSI QURAN

Sekarang kita melihat pernyataan Quran mengenai hal ini:
Q.S 10:90 : " Dan kami memungkinkan bani israel melintasi laut ,lalu mereka di ikuti ole firaun dan bala tentaranya ,karena hendak menganiaya dan menindas mereka; hingga bila firaun itu telah tenggelam berkatalah dia :" saya percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan tuhan yang ada pada bani israel,dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri(kepada allah) "
Q.S 10:91 : "Apakah sekarang(baru kamu percaya),padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dulu,dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan "
QS. 10:92 “Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami”


Jadi simpulkan sendiri ...., masih ada yang mau berkilah ?
User avatar
Cahaya_hidayah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Tue Mar 22, 2011 9:22 am
Location: -Ricky Dragon-

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby duren » Fri Mar 25, 2011 11:17 pm

Cahaya_hidayah wrote:Q.S 10:90 : " Dan kami memungkinkan bani israel melintasi laut ,lalu mereka di ikuti ole firaun dan bala tentaranya ,karena hendak menganiaya dan menindas mereka; hingga bila firaun itu telah tenggelam berkatalah dia :" saya percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan tuhan yang ada pada bani israel,dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri(kepada allah) "

melintasi laut = Melewati laut .

Kesimpulan :
Awlloh swt di Quran ga pernah berkata telah membelah laut .. orang Israel dikatakan melintasi laut = Melewati laut doang . Mungkin saja naik kapal atau mungkin juga perahu dayung atau mungkin juga berenang MELINTASI LAUT

:green:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby duren » Fri Mar 25, 2011 11:19 pm

Atau mungkin juga jalan kaki di atas air laut #-o
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby duren » Fri Mar 25, 2011 11:22 pm

Atau si awlloh mungkin juga cuma "DENGER DENGER " cerita doang ..tapi ga tau gimana hal MEMBELAH LAUT

:-"
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby duren » Fri Mar 25, 2011 11:24 pm

Gila rekk ..gw dah 4 kali ngepost ,,TS nya blom mbaless .. wkwkwkwk :green:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Cahaya_hidayah » Fri Mar 25, 2011 11:25 pm

@duren kurang sesajen : trus apanya yang salah . yang terpenting dan inti dari masalah tersebut kan bani israel diselamatkan allah dari laut . Image ya gak ?
User avatar
Cahaya_hidayah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Tue Mar 22, 2011 9:22 am
Location: -Ricky Dragon-

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby duren » Fri Mar 25, 2011 11:27 pm

Tapi gw percaya kok bahwa awlloh swt mbantuin nabi nya MEMBELAH DUREN AISHA =D>
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Fri Mar 25, 2011 11:39 pm

kita liat dulu ayat quran yg lain yg berbicara soal kematian firaun ini

“Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan.” (Q 2:50)

“(keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mendustakan ayat-ayat Tuhannya maka Kami membinasakan mereka disebabkan dosa-dosanya dan Kami tenggelamkan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya; dan kesemuanya adalah orang-orang yang zalim.” (Q 8:54)

“Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israel, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).
Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.
Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami."
(Q 10:90-92)

jadi dari ayat-ayat tsb kebanyakan muslim mencoba menghubungkan penemuan mummi-mummi dengan penyelamatan tubuh firaun(sudah mati tentunya), hanya satu ayat yg miss tentang penyelamatan tubuh firaun itu (Q 8:54), artinya apa?? kontradiksi ....
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Cahaya_hidayah » Sat Mar 26, 2011 12:12 am

@saia wrote :
“Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan.” (Q 2:50)

“(keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mendustakan ayat-ayat Tuhannya maka Kami membinasakan mereka disebabkan dosa-dosanya dan Kami tenggelamkan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya; dan kesemuanya adalah orang-orang yang zalim.” (Q 8:54)


yang gw bold merah tersebut,bukan melenyapkan firaun dengan cara di tenggelamkan.,tapi cuma sekedar lebih kepada penenggelaman agar di saksikan para pengikut Musa .

Q.S 8:54 MEMBINASAKAN MEREKA DISINI bukan membinasakan firaun tapi membinasakan kaum musyrikin lihat Q.S 8:30 itu adalah sambungan tentang siapa dalam ayat Q.S 8:54 Tersebut . dan sekali lagi ,.ini bukan menegaskan firaun di binasakan/dilenyapkan di dalam laut merah namun cuma ditenggelamkan tapi kemudian di selamatkan oleh allah sebagai pelajaran untuk para kafir dan bukti untuk para umat islam dan ayat yang aku kasih diatas adalah penegasanya.

Image
Last edited by Cahaya_hidayah on Mon Mar 28, 2011 1:21 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Cahaya_hidayah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Tue Mar 22, 2011 9:22 am
Location: -Ricky Dragon-

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Rasionalis » Sat Mar 26, 2011 12:39 am

...Dalam ayat-ayat Al Quran yang disajikan, selalu digunakan kata "Kami". Bukankah selalu ditekankan bahwa Allah itu Esa? Apa yang berkata itu lebih dari satu? Atau penerjemahnya yang tidak bisa membedakan saya/aku sebagai orang tunggal pertama dengan kami sebagai orang jamak pertama?
User avatar
Rasionalis
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1068
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 12:40 am

dan ada tambahan lagi oleh netter CH
1. Satu Fir’aun, bukan dua
Kita melihat Bibel menyatakan bahwa Fir’aun yang memerintah Mesir pada saat kelahiran nabi Musa, meninggal ketika nabi Musa berada di Midian (Keluaran 2:23, 4:10) , sekembalinya dari Midian, nabi Musa menghadap Fir’aun yang berbeda. Sebagaimana telah disimpulkan sebelumnya, dengan memperbandingkan cerita Bibel terhadap fakta historis, Fir’aun sang penindas adalah Ramses II (1279SM – 1212 SM) dan karenanya Fir’aun masa eksodus adalah anaknya Merneptah (1212SM – 1202SM). Al-Qur’an dengan sangat jelas menyebutkan hanya ‘satu’ Fir’aun, bukan dua. Fir’aun ini menindas Bani Israel dan kemudian mengejar mereka saat eksodus dari Mesir. Semua ayat Al-Qur’an yang relevan secara sangat jelas hanya merujuk kepada satu Fir’aun. Dalam ayat Al-Qur’an yang menuturkan kisah nabi Musa tidak ada satupun yang menyebutkan tentang naik tahtanya Fir’aun baru di Mesir.

Bukti yang pertama terdapat dalam surat al-Qashash [QS 28:2-9]. Ayat tersebut bercerita tentang kejahatan Fir’aun dan kekejaman yang dilakukan terhadap Bani Israil sebelum nabi Musa lahir. Selanjutnya diberikan perincian tentang kelahiran nabi Musa dan izin Fir’aun agar nabi Musa dibiarkan hidup. Kisah tersebut berlanjut dengan keberangkatan nabi Musa ke Midian dan kemudian eksodus dan diinformasikan bahwa kemudian Fir’aun tenggelam. Disamping itu, bagian dialog antara nabi Musa dengan Fir’aun setelah kembali dari Midian dan Fir’aun yang disebutkan dalam Al-Qur’an menjelaskan dengan gamblang bahwa dialah yang memelihara nabi Musa pada masa kanak-kanak, lihat Asy-Syu’ara [QS 26:18-22].

Indikasi yang lain tentang adanya satu Fir’aun adalah surat Asy-Syu’ara [QS 26:10-16] dan al-Qashash [QS 28:32-35]. Berbeda dengan Bibel yang menggambarkan sama sekali tidak ada ketakutan nabi Musa untuk kembali ke Mesir karena Fir’aun sudah mati (Keluaran 4:19) Al-Qur’an menyatakan tegas bahwa ketika pertama kali diperintahkan Allah agar pergi ke Fir’aun, nabi Musa menunjukkan kekhawatirannya tentang misi ini, karena telah membunuh salah seorang kaum Fir’aun dan sebelumnya telah melarikan diri beberapa tahun. Jelaslah bahwa Al-Qur’an berbicara tentang satu Fir’aun yang berkuasa di Mesir sejak kelahiran nabi Musa sampai tenggelam di laut setelah eksodus Bani Israil.


bahasa penyampaian "Satu" firaun ini awalnya membingungkan, akankah lebih jelas jika disebutkan bahwa Firaun ketika musa diselamatkan dari air sama dengan Firaun sewaktu orang-orang Israel menyeberangi laut merah??

siapakah Firaun yg dimaksud dalam kedua kitab alquran dan alkitab??

Ramesses II
Ramses II (juga disebut Ramses yang Agung) adalah firaun Mesir ketiga yang berasal dari dinasti ke-19. Ia sering dianggap sebagai firaun terbesar dan terkuat di Mesir Kuno.
Sebagai firaun, Ramses II memimpin beberapa ekspedisi ke Israel, Lebanon dan Suriah. Ia juga memimpin ekspedisi ke Nubia.
Pada awal kekuasaannya, ia fokus dalam pembangunan kota, kuil dan monumen. Ramses II mendirikan kota Pi-Ramesses di Delta Sungai Nil sebagai ibukota barunya dan basis utama untuk kampanye militernya di Suriah.

ini hampir sama dengan cerita di alkitab
Kel 1:11
Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamesess.

jadi bisa diambil kesimpulan bahwa zaman perbudakan orang Yahudi oleh mesir adalah masa pemerintahan Ramesses II

dalam quran??
(belum ketemu atao emang ga ada, atao menunggu masukkan dari netter muslim sendiri)

samakah Firaun zaman perbudakan dan kelahiran musa dengan Firaun zaman exodus orang-orang Yahudi dari mesir??
dalam alkitab si firaun dah mokad alias mati (Kel 2:23)
Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.

sebab kematian firaun(Ramesses II)
masalah gigi parah dan gangguan artritis dan pengerasan pembuluh darah. (asam urat?? :lol: ). tidak ada tanda-tanda dari bekas tenggelam atau setidaknya menunjukkan pernah tenggelam.

ini bisa dibuktikan di fakta berikutnya lagi
setelah Ramesses II mati pada umur 90 tahun, Merneptah naik tahta pada umur 60 tahun. Ada peristiwa penyerangan yang tercantum dalam bentuk sebuah puisi dari prasasti Merneptah, secara luas dikenal sebagai Prasasti Israel, yang membuat referensi untuk mengucapkan penghancuran Israel dalam kampanye harus sebelum tahun ke-5 di Kanaan: ". Israel tidak memiliki bibit lagi dihapus ... 'Ini adalah rekaman pertama dari Mesir kuno mengakui keberadaan Israel -" bukan sebagai suatu negara atau kota, tetapi sebagai suku atau orang-orang yang dikenal sebagai orang Israel.

kesimpulannya:
Apakah suku Israel yg diperbudak oleh Ramesses II dan suku Israel yang diserang oleh Merneptah adalah sama?? kenyataannya adalah suku Israel tetap ada di mesir dan dijadikan budak setelah penaklukan Merneptah terhadap Libya barat dan suku-suku Israel
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 12:50 am

CH wrote:
Q.S 8:54 MEMBINASAKAN MEREKA DISINI bukan membinasakan firaun tapi membinasakan kaum musyrikin lihat Q.S 8:30 itu adalah sambungan tentang siapa dalam ayat Q.S 8:54 Tersebut . dan sekali lagi ,.ini bukan menegaskan firaun di binasakan/dilenyapkan di dalam laut merah namun cuma ditenggelamkan tapi kemudian di selamatkan oleh allah sebagai pelajaran untuk para kafir dan bukti untuk para umat islam dan ayat yang aku kasih diatas adalah penegasanya.


artinya apa?? Firaun masih hidup??
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby kalangkilang » Sat Mar 26, 2011 1:09 am

@saia..
ini pibu antara anda ma netter CH,,?
numpang nandain aja..deh
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby ahaQ » Sat Mar 26, 2011 1:32 am

ini maksudnya apa sih? bandingin cerita firaun di bible dan di al quran?
User avatar
ahaQ
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 865
Joined: Sun Sep 12, 2010 7:41 pm

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Cahaya_hidayah » Sat Mar 26, 2011 1:39 am

@saia wrote :
siapakah Firaun yg dimaksud dalam kedua kitab alquran dan alkitab??

Ramesses II
Ramses II (juga disebut Ramses yang Agung) adalah firaun Mesir ketiga yang berasal dari dinasti ke-19. Ia sering dianggap sebagai firaun terbesar dan terkuat di Mesir Kuno.
Sebagai firaun, Ramses II memimpin beberapa ekspedisi ke Israel, Lebanon dan Suriah. Ia juga memimpin ekspedisi ke Nubia.
Pada awal kekuasaannya, ia fokus dalam pembangunan kota, kuil dan monumen. Ramses II mendirikan kota Pi-Ramesses di Delta Sungai Nil sebagai ibukota barunya dan basis utama untuk kampanye militernya di Suriah.

ini hampir sama dengan cerita di alkitab
Kel 1:11
Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamesess.

jadi bisa diambil kesimpulan bahwa zaman perbudakan orang Yahudi oleh mesir adalah masa pemerintahan Ramesses II

dalam quran??
(belum ketemu atao emang ga ada, atao menunggu masukkan dari netter muslim sendiri)

samakah Firaun zaman perbudakan dan kelahiran musa dengan Firaun zaman exodus orang-orang Yahudi dari mesir??
dalam alkitab si firaun dah mokad alias mati (Kel 2:23)
Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.

sebab kematian firaun(Ramesses II)
masalah gigi parah dan gangguan artritis dan pengerasan pembuluh darah. (asam urat?? :lol: ). tidak ada tanda-tanda dari bekas tenggelam atau setidaknya menunjukkan pernah tenggelam.

ini bisa dibuktikan di fakta berikutnya lagi
setelah Ramesses II mati pada umur 90 tahun, Merneptah naik tahta pada umur 60 tahun. Ada peristiwa penyerangan yang tercantum dalam bentuk sebuah puisi dari prasasti Merneptah, secara luas dikenal sebagai Prasasti Israel, yang membuat referensi untuk mengucapkan penghancuran Israel dalam kampanye harus sebelum tahun ke-5 di Kanaan: ". Israel tidak memiliki bibit lagi dihapus ... 'Ini adalah rekaman pertama dari Mesir kuno mengakui keberadaan Israel -" bukan sebagai suatu negara atau kota, tetapi sebagai suku atau orang-orang yang dikenal sebagai orang Israel.

kesimpulannya:
Apakah suku Israel yg diperbudak oleh Ramesses II dan suku Israel yang diserang oleh Merneptah adalah sama?? kenyataannya adalah suku Israel tetap ada di mesir dan dijadikan budak setelah penaklukan Merneptah terhadap Libya barat dan suku-suku Israel



[color=#0000FF]
menilik ke Raja Merneptah – putra Ramesses II – yang berkuasa setelah Ramesses II mangkat, ia juga bukan merupakan Fir’aun yang dimaksud mengingat pada masa pemerintahannya, Merneptah pernah mengatakan bahwa Bangsa Israel telah tiba di tanah Kana’an. Itu artinya, peristiwa keluarnya Musa beserta Bani Israel telah lama terjadi sebelum ia berkuasa.


penyebbab kematian firaun :
Studi DNA dan CT scan itu dipublikasikan dalam terbitan Journal of the American Medical Association, Rabu, 17 Februari 2010. Dua tahun pengujian terhadap mumi firaun, yang berusia 3.300 tahun, dan 15 mumi lain membantu mengakhiri mitos seputar firaun itu, yang masih berusia 10 tahun saat diangkat menjadi raja.Meski hanya memerintah Mesir selama sembilan tahun, firaun menarik perhatian publik. Kuburannya dipenuhi perhiasan dan artifak, termasuk topeng pemakaman yang terbuat dari emas, pada tahun 1922.

Studi menyebutkan bahwa Firaun Akhenaten, raja yang berupaya mengubah paham religius Mesir dari memuja banyak dewa menjadi satu dewa, sebagai ayah kandung Tut. Ibunya adalah salah satu adik perempuan Akhenaten.


Spekulasi berkembang terkait kematiannya pada usia 19 tahun. Sebuah lubang di tengkoraknya menambah spekulasi bahwa dia dibunuh. Hingga hasil CT scan tahun 2005 menunjukkan bahwa lubang tersebut kemungkinan diperoleh dari proses mumifikasi. Scan juga mengungkap kondisi patah tulang kaki yang dialami Tut.
Tes terbaru memberikan gambaran bahwa firaun memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit bawaan. Kematiannya disebabkan komplikasi patah tulang dan malaria akut. DNA parasit malaria ditemukan di beberapa mumi.

"Patah tulang kaki karena jatuh kemungkinan menimbulkan kondisi menjadi berbahaya ketika infeksi malaria terjadi," tulis artikel tersebut.

"firaun tersebut mengidap beberapa kelainan. Dia dibayangkan sebagai sosok muda, tetapi raja itu berada dalam kondisi lemah hingga memerlukan tongkat untuk berjalan."

orang yang terlalu sering terkena air biasanya akan mengalami kondisi tulang yang rapuh .(firaun mati karna patah tulang)[/color]
Last edited by Cahaya_hidayah on Mon Mar 28, 2011 5:04 am, edited 1 time in total.
User avatar
Cahaya_hidayah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Tue Mar 22, 2011 9:22 am
Location: -Ricky Dragon-

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby Cahaya_hidayah » Sat Mar 26, 2011 1:47 am

CH wrote:
Q.S 8:54 MEMBINASAKAN MEREKA DISINI bukan membinasakan firaun tapi membinasakan kaum musyrikin lihat Q.S 8:30 itu adalah sambungan tentang siapa dalam ayat Q.S 8:54 Tersebut . dan sekali lagi ,.ini bukan menegaskan firaun di binasakan/dilenyapkan di dalam laut merah namun cuma ditenggelamkan tapi kemudian di selamatkan oleh allah sebagai pelajaran untuk para kafir dan bukti untuk para umat islam dan ayat yang aku kasih diatas adalah penegasanya
.[/quote]

artinya apa?? Firaun masih hidup??[/quote]

gak tahu juga ,tapi yang jelas allah menyelamatkan jasad firaun ...Image
User avatar
Cahaya_hidayah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Tue Mar 22, 2011 9:22 am
Location: -Ricky Dragon-

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 2:23 am

CH wrote:
2. Fir’aun yang lama memerintah

Fakta bahwa Al-Qur’an berbicara tentang satu Fir’aun yang memerintah Mesir sebelum kelahiran nabi Musa hingga eksodus – jika kita kombinasikan dengan perincian lain Al-Qur’an tentang kisah nabi Musa – mendorong suatu kesimpulan yang sangat penting tentang lama kekuasaan Fir’aun ini, dan juga identitasnya. Mengingat bahwa nabi Musa lahir ketika Fir’aun sudah berkuasa dan Fir’aun meninggal dalam pengejarannya terhadap nabi Musa, lama kekuasaan Fir’aun dapat dikalkulasikan dengan menjumlahkan semua ini : (1) lama kekuasaan Fir’aun sebelum nabi Musa lahir (2) usia nabi Musa ketika meninggalkan Mesir menuju Midian (3) lama nabi Musa tinggal di Midian (4) lama nabi Musa tinggal di Mesir setelah kembali dari Midian.

Pertama, Al-Qur’an tidan menyatakan pada tahun keberapa kekuasaan Fir’aun ketika nabi Musa lahir, maka kita hanya bisa membuat perkiraan minimal lama kekuasaan raja tersebut. Kedua, Kesimpulan berapa lama nabi Musa tinggal di Mesir sebelum pergi ke Midian dapat ditarik dari surat al-Qashash [QS 28:14] yang memuat kata ‘lammaa balagha asyuddahu’ yang diartikan secara harfiah ‘ketika dia mencapai kekuatan penuhnya’. Variasi ungkapan ini ditemukan dalam 8 ayat Al-Qur’an dan penafsiranpun beragam. Sebagian mufassir mengartikan ‘sampai masa pubertas’, sedangkan sebagian lain menyatakan ‘sampai usia yang lebih tua, 60 tahun’. (Setelah membahas panjang-lebar soal ini dengan mengkaitkan kepada kedelapan ayat tersebut, [QS 6:152], [QS 17:34], [QS 4:6] dan [QS 18:82] tentang kematangan usia pada anak yatim, serta ayat lainnya seperti [QS 22:5], [QS 46:15], juga terkait dengan usia dewasa dari nabi Yusuf [QS 12:19-24], maka disimpulkan bahwa usia 22 tahun adalah dugaan yang dapat diandalkan tentang usia nabi Musa ketika pergi ke Midian.

Ketiga, selama di Midian disebutkan secara eksplisit dalam surat al-Qashash [QS 28:27-29], ayat tersebut menyatakan bahwa nabi Musa langsung meninggalkan Midian setelah terpenuhi kontrak yang telah disepakati dengan mertuanya, namun Al-Qur’an tidak menyebutkan pasti apakah delapan atau sepuluh tahun. Oleh karena itu kita memperkirakan rentang waktu tersebut. Kalkulasi tersebut membuahkan kesimpulan bahwa ketika nabi Musa pertama kali diajak bicara oleh Allah dan kembali ke Mesir, beliau berusia sekitar 28 – 32 tahun. Keempat, lamanya waktu nabi Musa tinggal di Mesir setelah kembali dari Midian, Al-Qur’an mengisyaratkan adanya periode yang agak lama. Indikasinya terdapat dalam surat al-A’raf [QS 7:129] tentang keluhan Bani Israil yang menyatakan bahwa mereka ditindas setelah nabi Musa menyampaikan risalah dan nabi Musa menasehati mereka agar bersabar. Indikasi yang lain menyebutkan soal adanya ‘kekeringan’ yang menunjuk periode beberapa tahun, bahkan dalam tahun-tahun berurutan seperti dalam surat al-A’raf [QS 7:131]. Karena itu, pemukiman kedua nabi Musa di Mesir diperkirakan berlangsung selama 8 – 10 tahun.

Berdasarkan analisa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Fir’aun yang hidup di jaman nabi Musa sekurang-kurangnya telah berkuasa sangat lama, yaitu sekitar 36-40 tahun, ini merupakan penafsiran yang sangat rendah, karena belum menghitung berapa tahun Fir’aun tersebut telah memerintah sampai ketika nabi Musa lahir. Kesimpulan ini memiliki potensi yang sangat penting dalam mengidentifikasikan Fir’aun ini karena hanya sedikit Fir’aun yang berkuasa selama itu sepanjang sejarah Mesir. Bahkan pada paruh kedua milenium kedua SM – yang disepakati semua peneliti sebagai periode terjadinya eksodus – hanya ada 2 Fir’aun yang memerintah lebih dari 40 tahun, mereka adalah Tuthmosis III (1504SM – 1450SM) dan Ramses II (1279SM – 1212SM). Dari kedua Fir’aun tersebut hanyalah Ramses II yang terlihat sesuai indikasi yang disampaikan Al-Qur’an, karena Tuthmosis III secara faktual baru memerintah setelah ibu-tirinya meninggal pada tahun 1483SM sehingga Fir’aun ini mutlak berkuasa hanya selama 33 tahun dan karenanya bukan Fir’aun yang dibicarakan dalam Al-Qur’an.


1.Umur musa sebelum lari ke midian
Perhitungan umur Musa yang ente tunjukkan adalah perhitungan tafsiran - menebak-nebak bukan perhitungan yang fix.
alkitab menerangkan tentang ke -“dewasa”-an Musa ketika membunuh orang Mesir, bukan akil baliq - hit puberty seperti tafsiran gutak-gatuk ala quran. Ini menyatakan usia yang lebih dari akil baliq. tidak mungkin akil-baliq = dewasa

Dan setelah Musa cukup umur dan sempurna akalnya, Kami berikan kepadanya hikmah (kenabian) dan pengetahuan. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.(Q 28:19)

Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu.(Kel 1:11)

kedua kitab cukup memberi informasi bahwa Musa sudah dewasa (bukan akil-baliq), apalagi berspekulasi umur 22 tahun itu sudah akil-baliq, ini sudah salah.

2.umur musa saat berdiam di midian.
dalam alkitab tidak disebutkan umur musa yang pasti, hanya dijelasakan , after a long time - waktu yang lama - waktu yg dipakai musa untuk beranak di midian. saat di midian ini, Firaun terdahulu wafat(inaalilahi wainalilahi rojion), kalo di lihat dari sumber wiki, umur Firaun saat mati adalah 90 tahun. jadi rentang kemungkinan umur musa adalah 33 - 40an tahun. begitu juga alquran tidak menjelaskan secara detail perihal umur musa ini.

3.umur musa saat bertemu sang firaun
Kel 7:7
Adapun Musa delapan puluh tahun umurnya dan Harun delapan puluh tiga tahun, ketika mereka berbicara kepada Firaun.

kali ini alkitab bicara jelas perihal umur musa, yakni 80 tahun. jika alkitab berisi ayat kontradiksi soal jumlah Firaun yg berkuasa saat itu, apakah tidak lebih aneh lagi jika Firaun yg dahulu hendak membunuh musa masih tetap hidup sewaktu umur musa 80 tahun??

sumber dari quran?? saya belum ketemu :green:


NB : point ke-3 saia skip nanti, udah ane jelasin point yg pertama
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 2:33 am

CH wrote:
Q.S 8:54 MEMBINASAKAN MEREKA DISINI bukan membinasakan firaun tapi membinasakan kaum musyrikin lihat Q.S 8:30 itu adalah sambungan tentang siapa dalam ayat Q.S 8:54 Tersebut . dan sekali lagi ,.ini bukan menegaskan firaun di binasakan/dilenyapkan di dalam laut merah namun cuma ditenggelamkan tapi kemudian di selamatkan oleh allah sebagai pelajaran untuk para kafir dan bukti untuk para umat islam dan ayat yang aku kasih diatas adalah penegasanya


saia wrote:
artinya apa?? Firaun masih hidup??


CH wrote:
gak tahu juga ,tapi yang jelas allah menyelamatkan jasad firaun ...


lihat yg saia warnai merah, membinasakan dengan cara menenggelamkan. jika tenggelam maka bisa binasa alias mokad. apa pernah orang tenggelam tapi tidak binasa??

begini nih kalo muslim dah maen tafsir ...
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 2:51 am

CH wrote:
menilik ke Raja Merneptah – putra Ramesses II – yang berkuasa setelah Ramesses II mangkat, ia juga bukan merupakan Fir’aun yang dimaksud mengingat pada masa pemerintahannya, Merneptah pernah mengatakan bahwa Bangsa Israel telah tiba di tanah Kana’an. Itu artinya, peristiwa keluarnya Musa beserta Bani Israel telah lama terjadi sebelum ia berkuasa.


yg warna merah, sumber darimana??
Merneptah tidak pernah mengatakan sesuatu yg merujuk bahwa suku-suku israel sudah atau akan tiba di tanah kana'an.
ingat Prasasti Israel - yang membuat referensi penghancuran Israel dalam kampanye militernya.

ini lucunya, jika klaim muslim, firaun yg tenggelam itu kemungkinan besar adalah Ramesses II, bagiamana mungkin setelah Ramesses mangkat, dalam masa kekuasaan anaknya - Merneptah menyerang tanah kanaan yg dihuni suku-suku Israel?? think!!

tahu kenapa anehnya?? suku-suku israel butuh waktu yg lama untuk sampai ke tanah kana'an. ketika Merneptah naik takhta, doi udah berumur 60an ke atas. dan itupun memerintah hanya satu dekade - 10 tahun!!
lihat di Merneptah
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: al quran vs al kitab " tentang kisah firaun "

Postby saia » Sat Mar 26, 2011 3:00 am

penyebbab kematian firaun :
Studi DNA dan CT scan itu dipublikasikan dalam terbitan Journal of the American Medical Association, Rabu, 17 Februari 2010. Dua tahun pengujian terhadap mumi firaun, yang berusia 3.300 tahun, dan 15 mumi lain membantu mengakhiri mitos seputar firaun itu, yang masih berusia 10 tahun saat diangkat menjadi raja.Meski hanya memerintah Mesir selama sembilan tahun, firaun menarik perhatian publik. Kuburannya dipenuhi perhiasan dan artifak, termasuk topeng pemakaman yang terbuat dari emas, pada tahun 1922.

Studi menyebutkan bahwa Firaun Akhenaten, raja yang berupaya mengubah paham religius Mesir dari memuja banyak dewa menjadi satu dewa, sebagai ayah kandung Tut. Ibunya adalah salah satu adik perempuan Akhenaten.


Spekulasi berkembang terkait kematiannya pada usia 19 tahun. Sebuah lubang di tengkoraknya menambah spekulasi bahwa dia dibunuh. Hingga hasil CT scan tahun 2005 menunjukkan bahwa lubang tersebut kemungkinan diperoleh dari proses mumifikasi. Scan juga mengungkap kondisi patah tulang kaki yang dialami Tut.
Tes terbaru memberikan gambaran bahwa firaun memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit bawaan. Kematiannya disebabkan komplikasi patah tulang dan malaria akut. DNA parasit malaria ditemukan di beberapa mumi.

"Patah tulang kaki karena jatuh kemungkinan menimbulkan kondisi menjadi berbahaya ketika infeksi malaria terjadi," tulis artikel tersebut.

"firaun tersebut mengidap beberapa kelainan. Dia dibayangkan sebagai sosok muda, tetapi raja itu berada dalam kondisi lemah hingga memerlukan tongkat untuk berjalan."

orang yang terlalu sering terkena air biasanya akan mengalami kondisi tulang yang rapuh .(firaun mati karna patah tulang)


INILAH HASIL COPAS SANA SINI, TAPI GA BACA ISINYA APA

ente ini bicara soal Firaun Ramesses II atau Firaun Akhenaten?? :lol: :rolling: :lol:

ANE JUGA BARU TAHU KALO FIRAUN(SIAPAPUN ITU YG DIMAKSUD) BISA MATI KARENA PATAH TULANG, APALAGI BICARA SOAL....

orang yang terlalu sering terkena air biasanya akan mengalami kondisi tulang yang rapuh

ane ga tahu bener atau ga, tapi kalo dalam konteksnya adalah orang yang tenggelam - tidak dalam jangka waktu yg lama, bukan orang yg terlalu sering kena air :lol: :rolling: :lol:
saia
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users