. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

AL QURAN : APAKAH NABI ISA AS = ALLAH?

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Postby Pembawa Pedang » Tue Nov 04, 2008 5:02 pm

trut wrote:berarti bahasa ibrani telah lebih ada dahulu dibanding bahasa arab ya mas hillman?

Bahasa arab lebih tua :
Image

Sedikit Penjelasan ttg kata Al Masih


1. Al-Masih 'Isa putera Maryam 'alaihissalaam

Dalam bahasa Arab, Al-Masih memiliki kata dasar ma-sa-ha yang memiliki arti: bersih, gosok, hapus, atau sentuhan tangan. Para ahli tafsir seperti Ath-Thabari, Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir memberikan banyak definisi mulai dari yang diurapi, mamsuhun bil barokah (disentuh dengan barokah), menyembuhkan dengan menyentuh atau menggosok. Semuanya sesuai, karena berkaitan dengan sentuhan tangan.

2. Al-Masih id-Dajjaal la'natullah 'alaih

Sama dengan 'Isa, Dajjaal pun memiliki gelar Al-Masih. Namun, berbeda makna. Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada seorang Nabi melainkan telah memberikan peringatan pada ummat mereka tentang Al-Masihid Dajjaal." [Shahih Muslim, Kitab Al-Fitaan, no.7007 dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu]

"Dajjal itu buta (mamsuh) pada satu matanya, dan di antara matanya terdapat huruf kaf, fa, ro, yang mampu dibaca oleh setiap muslim." [Shahih Muslim, Kitab Al-Fitaan, no.7009 dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu]

PP
Pembawa Pedang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5280
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:39 am

Postby Zebra Cross » Tue Nov 04, 2008 5:07 pm

gaston31 wrote:pdhl kata si duladi, Al Quran itu karangan Muhammad SAW lho...
lagipula,
bukankah kafirin FFI udh sepakat kalo Allah itu Iblis?
bukankah kafirin FFI udh sepakat kalo Allah itu batu Hajar Aswad?
bukankah kafirin FFI udh sepakat kalo Allah itu dewa bulan?

benar bung, allah swt adalah iblis. Tapi iblis pun mengakui bahwa ada TUHAN YANG BENAR bung.
User avatar
Zebra Cross
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 722
Joined: Sat Jul 21, 2007 10:05 am
Location: NETHER-LAND

Postby MuridMurtad » Tue Nov 04, 2008 6:34 pm

@PP.
Setuju bahasa Arab lebih tua, tapi HURUF IBRANI lebih tua daripada Arab.



2. Al-Masih id-Dajjaal la'natullah 'alaih

Sama dengan 'Isa, Dajjaal pun memiliki gelar Al-Masih. Namun, berbeda makna. Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada seorang Nabi melainkan telah memberikan peringatan pada ummat mereka tentang Al-Masihid Dajjaal." [Shahih Muslim, Kitab Al-Fitaan, no.7007 dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu]

"Dajjal itu buta (mamsuh) pada satu matanya, dan di antara matanya terdapat huruf kaf, fa, ro, yang mampu dibaca oleh setiap muslim." [Shahih Muslim, Kitab Al-Fitaan, no.7009 dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu]



Al Masih Ad Dajjal berasal dari bahasa Aramaic, Mashiyha dagala artinya Mesias/Kristus Palsu.

Aramaic Matthew 24:24 :

nqwmwn gyr mshyḥʾ dglʾ wnbyʾ dkdbwtʾ wntlwn ʾtwtʾ rwrbtʾ ʾyk dnṭʿwn ʾn mshkḥʾ ʾp lgbyʾ

( Mashiyha dagala wa nabya)

For there shall arise false Christs , and false prophets , and shall shew .....

(termasuk Muhammad :lol: :lol:)

Check bahasa Aramaic di :

http://www.peshitta.org/cgi-bin/lexicon.cgi

False = Dagal / Dagol
Christ = Mashicha /B'aMSHiYKHaA
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby robint » Tue Nov 04, 2008 6:35 pm

wah gara2 mas Hilman, saya jadi kecipratan pujian. trims.

Setahu saya dlm bahasa ibrani Isa = Essau..bukan Yesus..Yesus mengadopsi Bahasa Yunani....barangkali saya salah!


iya P, makanya semua yg sudah mengerti akan mengatakan Muhammad mencontek cerita2 alkitab dan kekeliruan itu terasa pd pabaliut-nya nama2 yg digunakan.

itu sama kyk ada cerita ttg seorang anak durhaka yg telah membunuh ayah kandungnya dan kemudian hendak mengawini ibunya sendiri yg telah lama meninggalkannya krn ketidaktahuannya dan ibunya adalah titisan bidadari yg awet muda dan kemudian anak itu akhirnya marah dan menendang perahu yg jadi tangkuban perahu.

cerita itu dikenal di jawa barat dan tokoh nya bernama sangkuriang.. dan 600 thn kemudian ika ada seorang dikalimantan yg ketauan pernah berdagang sampai ke Jawa, menyebarkan cerita yg sama dng tokoh yg bernama loro jonggrang krn kekeliruannya pd cerita laen, dan tidak pernah diganti, maka wajarkan klo penduduk yg hidup 1500 thn kemudian mendengar cerita itu menyimpulkan bhw sipengarang dikalimantan sedang cerita ttg sangkuriang.. jadi lara jonggrang = sangkuriang meski sebenarnya arti nama keduanya laen banget.
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby robint » Tue Nov 04, 2008 6:47 pm

MM wrote:
Al Masih Ad Dajjal berasal dari bahasa Aramaic, Mashiyha dagala artinya Mesias/Kristus Palsu.

Aramaic Matthew 24:24 :

nqwmwn gyr mshyḥʾ dglʾ wnbyʾ dkdbwtʾ wntlwn ʾtwtʾ rwrbtʾ ʾyk dnṭʿwn ʾn mshkḥʾ ʾp lgbyʾ

( Mashiyha dagala wa nabya)

For there shall arise false Christs , and false prophets , and shall shew .....


hahah PP kena banget nih.

Gelar Al Masih itu mestinya cuma diterapkan pd Isa ya menurut Quran.Versi kristen sih emang bener P , artinya yg diurapi.. tp definisi nya memang bisa spt yg dibilang mas Hilman, krn doa2 bisa dilakukan dng minyak urapan.

dan itu terjadi krn gelar Al Masih itu merujuk pd orang yg diurapi spt raja misalkan. tp scr khusus diterapkan kepada Mesias karena dia akan menjalankan fungsi menyelamatkan manusia.

utk perbandingan, mirip2 yg dibawah ini:
http://id.wikipedia.org/wiki/Maitreya

Pada zaman dinasti Liang (tahun 502 - 550) daratan Tiongkok berada dalam keadaan kacau, perang saudara dan perebutan kekuasaaan. Sehingga para penganut Buddha mengharapkan datangnya Maitreya sebagai penyelamat.Karena itulah lahir sekte Maitreya.

Maitreya, Maitreya yang asli. Manusia selalu mengharapkan kedatangannya. Dia selalu menjelma dalam berbagai bentuk, namun saat dia datang menjelma sebagai manusia, tidak ada yang mengenalnya.


salam,
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby robint » Tue Nov 04, 2008 7:39 pm

Saya pikir kisah menara Babel berkait dengan akar mula bahasa dan akan sangat menarik sekali ditinjau secara linguistics .


Jadi teringat bahwa sehabis membaca link yg dikasi bro Joevai, saya jadi takjub akan Allah yg satu dan benar.

Mmg benarlah bahwa kita ini bersaudara ya, spt yg disinggung dlm menara babel.
11:1 Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya.


Ternyata aturan tatabahasa banyak yg mirip,meski ada juga perbedaannya.

contoh:
#1
diasia banyak digunakan partikel, spt lah,kah bahkan cina pun mengenal partikel 'a' ato spt singlish ... you lah..a litle bit a little bit complain lo?
dimana partikel ini tidak dikenal dlm bhs inggris.

#2
di indon, cina tidk dikenal perubahan kata akibat pengaruh bentuk waktu, seperti write, wrote, written.

#3
bhs arab (tlg koreksi ya mas hilman) kosa katanya bisa berubah berdasarkan berbagai macam hal ato boleh dikata hampir apa saja. Kalo inggris kan hanya berdasarkan waktu: write, wrote, written dan berdasarkan perbandingan good, better, best, tidak ada lagi yg laen.(yg jago inggris, tlg dikoreksi)

diatas itu adalah kesimpulan saya pd waktu itu dan kenapa saya pikir jika orang spt Muhamad dan pengikut2nya yg tidak segan2 membabat lawan2nya dan membuat agama sbg legitimasi kekuasaannya dan kemudian Tuhan membiarkan agama ini ada dan berkembang menjadi agama terbesar kedua didunia (entah apapun maksud Tuhan),lalu si agama ini lahir di :

1.Cina, maka pd saat Quran dituliskan,tidak seorang pun yg tidak mengerti jika Isa itu adalah Allah, krn dlm bhs mandarin satu kata akan diwakili karakter yg berbeda2, dgn sendirinya jika Isa dimaksudkan sbg Allah atau sbg hamba, akan tertulis dng jelas dan semua orang bisa baca tanpa keliru menafsirkan nya.

dan lalu ini tidak sesuai dng cita2 islam bhw Muhamad harus nomor satu dan Isa adalah yg kesekian.Maka ayat al araf itu sudah tidak mungkin lagi ada tercantum dlm quran.

2.Indon/Inggris,maka pd saat Quran dituliskan, maka akan segera diketahui Isa itu itu adalah Tuhan atau manusia ato kedua2nya krn Inggris TIDAK menerapkan perubahan kata pd kata ganti orang, You tidak berubah jadi yee, teacher tidak berubah jadi trocher .. apalagi indon dimana apapun tidak merubah kosakatanya..

dan lalu ini tidak sesuai dng cita2 islam bhw Muhamad harus nomor satu dan Isa adalah yg kesekian.Maka ayat al araf itu sudah tidak mungkin lagi ada tercantum dlm quran.

Maka jika Tuhan membiarkan Iblis menciptakan agamanya sendiri utk menyesatkan manusia, tp tidak membiarkan manusia selamanya dlm ketidak mengertian akan diriNya yg sesungguhnya.. maka jalan satu2nya utk menyamarkan diriNya adalah Ia harus ada dalam kata-kata yg tercampur dlm firman Iblis.

Dan itu hanya bisa ada dng samar2 dan tak terdeteksi, bahkan oleh para penyesat dr arab diawal awal kebangkitan agama tsb , jika agama itu ada dan hanya boleh ada di tanah arab,didalam huruf-huruf yg mirip ular dng pelafazan kosa kata yg bisa berubah2 oleh berbagai macam alasan, kt ganti oranglah, apa lah.

dan akan terus begini.. sampai suatu hari Tuhan membuat banyak orang spt mas Hilman itu yg menyadari dibalik gulungan ular itu ada banyak intan

(kyk cerita sinbad http://en.wikipedia.org/wiki/Sinbad_the_Sailor)

Accidentally abandoned by his shipmates, he finds himself stranded in an inaccessible valley of giant snakes and even more gigantic birds, the rocs, which prey upon them. The floor of the valley is carpeted with diamonds,


sama seperti dulu bahasa kita satu, krn kita saudara, dan krn kita tinggi hati ingin melebihi Tuhan maka kita berserak :

11:9 Itulah sebabnya sampai sekarang nama kota itu disebut Babel, karena di situlah dikacaubalaukan TUHAN bahasa seluruh bumi dan dari situlah mereka diserakkan TUHAN ke seluruh bumi.


sautu hari, terlebih dng adanya internet kita akan bisa saling mengerti meski bahasa kita berbeda-beda:

2:7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
2:8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:
2:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
2:10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,
2:11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."


Roh Allah yg mempersatukan adalah antidot dr roh Iblis yg selalu ingin menceraiberaikan.Dulu gw diajarkan bahwa kisah menara Babel itu adalah cerminan sifat ingin menang sendiri, akibatnya musuhan saling tidak bercakap2 satu sama lain, maunya bikin bahasa sendiri, cara sendiri .. makany dikatakan mereka cari nama;meski sebenarnya tujuannya adalah mengasingkan golongan mereka dr golongan lainnya,sok eksklusif.

11:4 Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi."


tp setelah Tuhan datang dan menjadi manusia yg melayani, maka nama Tuhan-lah yg dicari bukan nama kita masing2. Sebab dengan menyerahkan nama kita kpd Nya malah kita memperoleh nya kembali dlm kepenuhan.

dan ironis bagi muslim bahwa Tuhannya kafir ada tersamar dlm bhs ular yg complicated,yg merupakan kitab rujukan mereka sbg agama ekslusif... yg mengikat mereka sbg satu ukuwah.. diatas gol laen.

Itulah waktu itu yg membuat saya takjub.

tp kalo kesimpulan saya soal bahasa di atas salah, dng segala rendah hati, maafkan kebodohan gw .. dan kesimpulan yg gegabah ini...

bgmnpun, gw percaya Tuhan itu ada dan tidak utk bangsa arab saja shg cuma bisa dimengerti oleh orang yg mengerti arab.

salam,
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby robint » Tue Nov 04, 2008 9:28 pm

Utk memperjelas point gw soal Iblis, Quran dan Bhs arab , coba gw ilustrasikan dng cerita ini:

pd suatu ketika pd saat manusia mulai belajar mengenal Allah dr berbagai macam suku bangsa ,bahasa dan agama di daerah Timteng. Kristen, Hindu, Zoroaster, Sabiin... krn setiap orang mulai saling punya pengertian..

Iblis menjadi geram dan protes kpd Tuhan bahwa ini tidak adil. bahwa setiap orang mulai belajar ttg Tuhan dan Iblis minta diijinkan utk punya agama. Agar adil bagi iblis krn dgn agama yg ada sekarang , manusia mulai belajar mengasihi dan memandang orang lain sbg satu saudara

Lalu akhirnya Tuhan bilang ke Iblis:

OK.boleh tp agama yg akan km buat harus lah berasal dr firmanKu dan harus dimulai dr arab.

lalu iblis menjadi kegirangan sambil berpikir Tuhan emang bener2 beg*, memutarbalikkan firman Tuhan adalah hobi gw dan di arab itu adalah tempat paling ideal krn orang nya keras, tanahnya tandus, dan tempat bertemunya agama2 kuno, Yudaisme, Hindu,Kristen, Zoroastrian, Sabiin dan punya bahasa yg berbelit belit terdiri dr macam-macam dialek shg gw bisa bikin pusing manusia dan bisa berkelit agar setiap orang menjadi tersesat.

Tp Iblis tidak menyadari adanya bumerang disuatu hari nanti pd saat ada orang2 spt mas Hilman yg menyadari adanya keanehan dlm terjemahan Quran.


maaf nih bro muslims ... itu cuma pemikiran.. boleh kan?

boleh lah pasti ... islam kan agama damai sebenar2nya damai :)
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby HILLMAN » Tue Nov 04, 2008 9:36 pm

Mas MM benar, kata الدّجّال الْمَسِيحَ - Almasih Ad dajjal, adalah bukan gelar sebagaimana melekat pada nama Nabi ISA AS, tetapi sebuah kalimat yang tertulis dalam hadist bahwa akan ada Almasih Palsu. Orang yang akan menyamar menjadi Sang Penyelamat.

Arti istilah الدّجّال الْمَسِيحَ - Almasih Ad dajjal = Almasih Pembohong, Almasih Palsu.

Untuk diketahui kata الدّجّال – Al dajjal = Pembohong, kata ini tidak tertulis di dalam Al Quran.

Gelar dan nama Isa Almasih merupakan serapan dari kitab Nasrani yang sudah ada pada masa 610 SM.

Untuk nama Essau adalah bukan untuk Nabi ISA AS, tetapi Essau saudara Yakub. Yang menukarkan kesulungannya dengan Yakub.


Wassalam
User avatar
HILLMAN
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2870
Joined: Wed Aug 01, 2007 11:22 am
Location: Jakarta

Postby HILLMAN » Tue Nov 04, 2008 9:46 pm

Mas Robint bisa saja mengalihkan semua pujian kepada saya. Bahaya..!! nantinya saya akan terbang ke awang-awang Kita kembalikan semua puji memuji kepada Allah dan orang yang mendapat hikmah dari tulisan-tulisan di thread ini. :)

Point yang dituliskan mas Robint sangat benar.

Wassalam
User avatar
HILLMAN
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2870
Joined: Wed Aug 01, 2007 11:22 am
Location: Jakarta

Postby HILLMAN » Tue Nov 04, 2008 10:20 pm

Pembawa Pedang wrote:
----deleted-----

Sedikit Penjelasan ttg kata Al Masih


1. Al-Masih 'Isa putera Maryam 'alaihissalaam

Dalam bahasa Arab, Al-Masih memiliki kata dasar ma-sa-ha yang memiliki arti: bersih, gosok, hapus, atau sentuhan tangan. Para ahli tafsir seperti Ath-Thabari, Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir memberikan banyak definisi mulai dari yang diurapi, mamsuhun bil barokah (disentuh dengan barokah), menyembuhkan dengan menyentuh atau menggosok. Semuanya sesuai, karena berkaitan dengan sentuhan tangan.

-----deleted-----

PP


Eyang PP, kata الْمَسِيحُ – Al Masihu, dalam arti harafiah bahasa Arab adalah Sang Penghapus, kata ini berasal dari kata kerja adalah مسح – masaha = menghapus.

Berarti kata Al Masihu yang melekat dengan nama Nabi ISA AS ini bermakna "melakukan penghapusan" dengan kehadiranNya.

Apakah yang dihapus oleh Al Masihu?

Dosa manusia .


Untuk apa dosa manusia dihapuskan dengan kehadiran Al Masihu?

Keselamatan


Siapakah yang dapat menghapus dosa manusia.

Allah


Jadi siapakah Al Masihu ini?

Dipersilahkan menyimpulkan jawabannya.


Insyaallah eyang PP mendapat hikmah dari urutan pertanyaan dan jawaban ini.


Wassalam
User avatar
HILLMAN
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2870
Joined: Wed Aug 01, 2007 11:22 am
Location: Jakarta

Postby M-SAW » Tue Nov 04, 2008 10:46 pm

bg hilman
gue dulu pernah nanyakan hal itu
tapi jawaban muslim begini :

yang menyelamatkan itu ALLAH melalu yesus.,bukan YESUS,allah cuman memakai YESUS,dan yesus bukan allah

sama spt kasus "LAUT TERBELAH"
siapa yg membelah?? allah atau MUSA????
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby sony101 » Tue Nov 04, 2008 10:58 pm

Bravo Bung HILLMAN =D> =D> =D> =D>

saya mengikuti dari awal tread ini ... cukup membuka mata saya apa yang tersirat di Alquran... makanya saya yakin jika belajar yang benar akan terbuka segala sesuatunya ...

sekali lagi Hanya Allah yang di tinggi kan ... Selamat Bung Hilman
sony101
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 182
Joined: Mon Apr 23, 2007 11:24 pm

Postby Tanpa Nama » Tue Nov 04, 2008 11:09 pm

MUHAMMAD SAW wrote:bg hilman
gue dulu pernah nanyakan hal itu
tapi jawaban muslim begini :

yang menyelamatkan itu ALLAH melalu yesus.,bukan YESUS,allah cuman memakai YESUS,dan yesus bukan allah

sama spt kasus "LAUT TERBELAH"
siapa yg membelah?? allah atau MUSA????


Saya boleh menjawab kan, MSAW?:)

Menurut saya, beda antara kasus LAUT TERBELAH dengan MENGHAPUS DOSA. Kisah laut terbelah, TUHAN jelas menggunakan Musa sebagai alat-Nya. Tetapi untuk menghapus dosa manusia, hanya TUHAN yang bisa dan sanggup melakukannya. Jadi, jika dikatakan Yesus/Isa bukan TUHAN...itu salah. Karena pengampunan dosa hanya bisa dilakukan oleh TUHAN.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Postby M-SAW » Tue Nov 04, 2008 11:22 pm

Tanpa Nama wrote:
MUHAMMAD SAW wrote:bg hilman
gue dulu pernah nanyakan hal itu
tapi jawaban muslim begini :

yang menyelamatkan itu ALLAH melalu yesus.,bukan YESUS,allah cuman memakai YESUS,dan yesus bukan allah

sama spt kasus "LAUT TERBELAH"
siapa yg membelah?? allah atau MUSA????


Saya boleh menjawab kan, MSAW?:)

Menurut saya, beda antara kasus LAUT TERBELAH dengan MENGHAPUS DOSA. Kisah laut terbelah, TUHAN jelas menggunakan Musa sebagai alat-Nya. Tetapi untuk menghapus dosa manusia, hanya TUHAN yang bisa dan sanggup melakukannya. Jadi, jika dikatakan Yesus/Isa bukan TUHAN...itu salah. Karena pengampunan dosa hanya bisa dilakukan oleh TUHAN.

iya tapi menurut mereka begini :
"pengampunan dosa hanya bisa dilakukan oleh TUHAN dgn menggunakan yesus sbg alatnya ,jadi dimata mereka TIDAK ADA hebatnya nabi isa itu,,yang hebat cuman ALLAH swt
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby Tanpa Nama » Tue Nov 04, 2008 11:34 pm

MUHAMMAD SAW wrote:iya tapi menurut mereka begini :
"pengampunan dosa hanya bisa dilakukan oleh TUHAN dgn menggunakan yesus sbg alatnya ,jadi dimata mereka TIDAK ADA hebatnya nabi isa itu,,yang hebat cuman ALLAH swt


Wah, seharusnya dari sini terlihat betapa hebatnya Isa Al masih itu. TUHAN hanya mau mengampuni dosa manusia hanya melalui nama-Nya, yaitu nama-Nya yang menyelamatkan. Dan karena yang dapat mengampuni dosa adalah TUHAN sendiri, seharusnya muslim tahu kalau Isa adalah TUHAN sendiri, Dia adalah FIRMAN yang menjadi manusia.

PS: Untuk moderator, mohon maaf jika OOT terlalu jauh, dan silahkan tulisan saya ini di delete jika dirasa OOT terlalu jauh.


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Postby M-SAW » Tue Nov 04, 2008 11:41 pm

Tanpa Nama wrote:
MUHAMMAD SAW wrote:iya tapi menurut mereka begini :
"pengampunan dosa hanya bisa dilakukan oleh TUHAN dgn menggunakan yesus sbg alatnya ,jadi dimata mereka TIDAK ADA hebatnya nabi isa itu,,yang hebat cuman ALLAH swt


Wah, seharusnya dari sini terlihat betapa hebatnya Isa Al masih itu. TUHAN hanya mau mengampuni dosa manusia hanya melalui nama-Nya, yaitu nama-Nya yang menyelamatkan. Dan karena yang dapat mengampuni dosa adalah TUHAN sendiri, seharusnya muslim tahu kalau Isa adalah TUHAN sendiri, Dia adalah FIRMAN yang menjadi manusia.

PS: Untuk moderator, mohon maaf jika OOT terlalu jauh, dan silahkan tulisan saya ini di delete jika dirasa OOT terlalu jauh.


Best regards,


Tanpa Nama

iya itulah bedanya cara pandang mereka dan kita :)
bagi kita itu HEBAT,tapi bagi mereka itu biasa2 aja
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby Tanpa Nama » Tue Nov 04, 2008 11:46 pm

MUHAMMAD SAW wrote:iya itulah bedanya cara pandang mereka dan kita :)
bagi kita itu HEBAT,tapi bagi mereka itu biasa2 aja


Iya, benar mas. Tapi, dalam Alquran sendiri, setelah membaca penjelasan-penjelasan bung HILLMAN, menceritakan dengan jelas siapa itu Isa. Mudah-mudahan ada muslim yang bisa mengambil hikmah dari thread ini terlebih lagi cara pandangnya terhadap Isa bisa berubah. :)


Best regards,


Tanpa Nama
Tanpa Nama
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1979
Joined: Wed Feb 06, 2008 10:18 pm
Location: Somewhere....in the north from here....

Postby HILLMAN » Wed Nov 05, 2008 12:01 am

Mas SAW, kita sepakat bahwa segala sesuatu yang di dunia ini pasti seizin Allah. Demikian juga apa yang telah dilakukan Nabi Musa AS dan Nabi ISA AS dalam hal yang sama yaitu penyelamatan.

Dalam konteks rekaman peristiwa yang tersurat, saya mencoba menelaah seperti dibawah ini:

Dalam kitab Nasrani, Keluaran 14 ayat 15 - 21, tertulis Nabi Musa AS melakukan penyelamatan secara jasmaniyah dan di dahului oleh perintah Allah dalam setiap tindakan luar biasa yang harus dilakukan olehnya, salah satunya laut yang terbelah.


Dalam kitab yang sama, Nabi ISA AS, melakukan penyelamatan rohaniyah yang tidak dapat dilakukan oleh siapapun juga kecuali hak Allah sebagai Yang Maha Tinggi, yaitu menghapus dosa manusia.

Seperti orang Yahudi awal yang menghapus dosa dengan persembahan unjukan, agar Allah mengampuni dosanya. Kita garis bawahi Hak Allah untuk menghapus dosa.

Apabila kita perhatikan diri Nabi ISA AS memiliki otoritas penuh dalam setiap tindakanNya, sebagaimana tertulis di dalam kitab Nasrani, Yohanes 2 ayat 1 - 11, Nabi ISA AS melakukan mujizat atas permintaan Ummu Maryam meskipun menurut diriNya belum saatnya, dan Nabi ISA AS melakukan mujizat tersebut tidak di dahului oleh sebuah perintah Allah. Banyak lagi ayat-ayat yang mencatat tindakanNya.


Dari sana terlihat Nabi ISA AS tidak pernah di posisikan sebagai perantara dalam penyelamatan ini, tetapi Dia-lah penyelamatan itu sendiri, untuk menyelamatkan manusia dari dosa maut.


Sedangkan dalam konteks Al Quran, perbedaan Nabi ISA AS dengan nabi-nabi yang lain dalam Al Quran adalah Nabi ISA AS membawa hikmah, seperti tertulis dalam Surah Az Zukhruf ayat 63. Sedangkan nabi-nabi yang lain adalah menerima wahyu.

Dapat kita lihat perbedaan jelas antara pembawa dengan penerima.

Insyaallah cukup menjelaskan

Wassalam
Last edited by HILLMAN on Wed Nov 05, 2008 12:17 am, edited 1 time in total.
User avatar
HILLMAN
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2870
Joined: Wed Aug 01, 2007 11:22 am
Location: Jakarta

Postby M-SAW » Wed Nov 05, 2008 12:17 am

ok saya keep dulu
nanti saya akan pelajari lagi SANGGAHAN2 yg sering dilontarkan oleh forum arimatea.

btw..mengenai YESHUA HAMASIHA
bukankah JOSHUA dalam PL adalah sama dgn nama YESHUA = nama YESUS?

ישו המשיח - Yshu Hamoshia = Yesus Sang Penyelamat ,nama ini juga disandingkan utk tokoh JOSHUA dalam PL


jadi nama YESUS dalam PB,identik dgn nama JOSHUA dalam PL.
aneh juga kenapa terjemahan indo malah menulis JOSHUA utk tokooh JOSHUA PL (pengganti musa),tapi menulis YESUS utk tokoh yesus dalam PB

intinya : kalau YEsus disebut penyelamat,,, berarti nama JOSHUA dalam PL juga disebut PENYELAMAT juga dong?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby sony101 » Wed Nov 05, 2008 12:22 am

@ HILLMAN

betul sekali mas apa yang anda posting....

awalnya saya sempat bertanya tanya kenapa tidak Allah saja yang menghapus dosa manusia ? kenapa musti ISA atau Yesus harus hadir ke dunia untuk dapat menghapus dosa ? apakah Allah tidak punya otoritas menghapus dosa manusia, padahal Allah punya segala otoritas tersebut

bertahun tahun saya mencari jawabannya .... Tahu mas sampai suatu saat saya menemukannya

Kalau Allah langsung menghapus dosa manusia, berarti Allah tidak konsisten dengan firmannya bahwa HUKUM DOSA adalah MAUT, tentunya Allah akan dianggap sama siapapun tidak konsisten, disatu sisi Allah membuat firman Yaitu Hukum DOSA adalah Maut, tetapi disisi lain Allah sendiri meghapus dosa manusia dengan sekejap ....

mau tidak mau Allah harus menurunkan ISA/Yesus sebagai suatu harga yang harus di bayar untuk menebus dosa manusia, sehingga tidak bisa di salahkan Allah yang mencla mencle dengan firmanNya, begitu sayangnya Allah dengan ciptaaannya yaitu Manusia sampai harus mengorbankan Yesus/Isa

jika Anda punya anak kecil, anak kecil anda main bola, tiba tiba bola itu mengenai kaca dirumah, kemudian kaca itu pecah, apa yang anda harus lakukan kepada Anak anda yang kecil dan kaca yang pecah ? apakah anda akan memarahi anak itu ? atau apakah anda akan memberi nasehat kepada Anak itu supaya berhati hati dikemudian hari sewaktu main bola ?. Baik marah atau nasehat yang di berikan kepada anak anda tetapi tetap kaca itu pecah ... dan anda harus tetap HARUS membeli kaca baru sebagai penganti kaca yang pecah, anda tetap harus mengeluarkan duit untuk membeli kaca tersebut artinya ada harga yang harus dibayar atas keteledoran anak anda.

begitu juga Allah begitu sayang sama manusia sehingga harus ada harga yang harus di bayar dengan kematian Yesus di kayu salib sebagai harga yang harus di bayar atas dosa manusia ....

muda mudahan bermanfaat... dan maaf ke moderator agak OOT..... makanya saya lihat ada keragu raguan sama Muhamad tentang karya penyelamatan Allah terhadap ciptaannya yaitu manusia...
sony101
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 182
Joined: Mon Apr 23, 2007 11:24 pm

PreviousNext

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users