. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Kehidupan, pengikut, kepercayaan, pikiran dan ucapan Muhammad.

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby overdose » Tue Oct 20, 2009 11:22 am

muter2 mulu kom..

kompas wrote:sangat banyak sekali ajaran Nabi Muhammad yang tidak diajarkan oleh para nabi terdahulu, kalo gw tulis semuanya, setahun ngga akan selesai.
:turban:


pertanyaannya masih tetap sama:
manaaaa??????? :lol:
tehnis berpuasa kah??? ](*,) ](*,) ](*,) kapan majunya kom!

kompas wrote:Puasa bukan ajaran nabi Muhammad, tapi perintah Allah SWT yang dikerjakan nabi Muhammad.
Puasa yang dikerjakan tanpa perintah/karena Allah, tidak memberikan pengaruh kepada perbaikan akhlak mereka yang mengerjakan berpuasa.


jd maksud ente puasa2 nabi sebelumnya TIDAK memberikan pengaruh kepada perbaikan akhlak nabi2 tsb???? :lol: :lol:
mana lbh mulia kom, berpuasa karena diperintahkan atau karena rasa puji syukur thdp berkah/anugerah yg diberikan???
silahkan ente renungkan,pelajari dan pahami makna "perintah" berpuasa itu...

kompas wrote:Ritual puasa, sudah diperintahklan Allah kepada para nabi terdahulu, dan Muhammad juga sudah berpuasa sebelum beliau menjadi nabi, karena beliau mengikuti syariat Nabi Ibrahim.
Sebelum Muhammad menjadi nabi, dalam kaumnya, beliau dikenal mempunyai akhlak yang mulia dan karena itulah beliau diberi gelar Al Amin.
Tidak ada perintah Nabi Muhammad kepada umatnya untuk berpuasa di hari ‘Ashura.
Kamu asal copas aja, tunjukkan mana haditsnya yang memerintahklan puasa dihari ‘Ashura.
Hari ‘Ashura itu apa sih ??? jelaskan. Jangan asal copas …. :turban:


penekanan kata perintah adalah utk ayat dan opini yg ente sampaikan sebelumnya.

kompas wrote:Ajaran Nabi Muhammad adalah bagaimana beliau menjalankan puasa yang diperintahklan Allah.
Berpuasalah sebagaimana Nabi Muhammad berpuasa.


ttg asyura, itu agar ente punya sudut pandang lain ttg ritual puasa tsb,
apakah tidak tertutup kemungkinan muhammad meniru ritual puasa tsb dr
kaum kafir? gimana kom???

btw kom, mohon pencerahan versi ente thdp hadits2 berikut: :lol:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِى الْجَاهِلِيَّةِ ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُهُ ، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

“Di zaman jahiliyah dahulu, orang Quraisy biasa melakukan puasa ‘Asyura. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan puasa tersebut. Tatkala tiba di Madinah, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa tersebut dan memerintahkan manusia untuk melakukannya. Namun tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, beliau meninggalkan puasa ‘Asyura. (Lalu beliau mengatakan:) Barangsiapa yang mau, silakan berpuasa. Barangsiapa yang mau, silakan meninggalkannya (tidak berpuasa).” (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa ‘Asyura. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Hari yang kalian bepuasa ini adalah hari apa?” Orang-orang Yahudi tersebut menjawab, “Ini adalah hari yang sangat mulia. Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Fir’aun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengikuti beliau berpuasa pada hari ini.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Kita seharusnya lebih berhak dan lebih utama mengikuti Musa daripada kalian.” Lalu setelah itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa. (HR. Muslim no. 1130)

أَنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَامَهُ وَالْمُسْلِمُونَ قَبْلَ أَنْ يُفْتَرَضَ رَمَضَانُ فَلَمَّا افْتُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ عَاشُورَاءَ يَوْمٌ مِنْ أَيَّامِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ».

“Sesungguhnya orang-orang Jahiliyah biasa melakukan puasa pada hari ‘Asyura. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melakukan puasa tersebut sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, begitu pula kaum muslimin saat itu. Tatkala Ramadhan diwajibkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: Sesungguhnya hari Asyura adalah hari di antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, silakan berpuasa. Barangsiapa meninggalkannya juga silakan.” (HR. Muslim no. 1126)

salahkah pemahamannya?? :roll: :roll:


kompas wrote:Ritual yang dikerjakan manusia, yang katanya untuk tuhan, tapi bukan ajaran tuhan, tidak akan diterima tuhan.
Hadits yang kamu copas hanya sebagian, dipotong-potong, sehingga menghilangkan maknanya.
Ini hadits selengkapnya
Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash ra., ia berkata:
Rasulullah saw. dikabarkan bahwa aku pernah berkata akan selalu salat qiyam, akan berpuasa pada siang harinya sepanjang hidupku.
Kemudian Rasulullah saw. bertanya: Betulkah engkau pernah bilang demikian?
Aku menjawab: Betul, aku pernah mengatakannya, wahai Rasulullah.
Rasulullah saw. bersabda: Sungguh engkau tidak akan mampu melakukan yang demikian. Oleh karena itu berpuasalah dan juga berbukalah. Tidurlah dan bangun malamlah. Berpuasalah tiga hari dalam setiap bulan. Sebab, satu kebajikan itu nilainya sama dengan sepuluh kebajikan. Dan yang demikian itu (puasa tiga hari dalam tiap bulan) nilainya sama dengan puasa satu tahun.
Lalu aku katakan kepada Rasulullah saw: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Beliau bersabda: Berpuasalah sehari dan tidak puasa dua hari.
Aku katakan kepada beliau: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu.
Rasulullah saw. bersabda: Jika begitu, berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu adalah puasa nabi Daud as. dan itulah puasa yang tengah-tengah.
Kemudian aku berkata: Sungguh aku mampu berbuat lebih dari itu.
Rasulullah saw. bersabda: [color=#000000]Tidak ada yang lebih utama dari itu
.
Abdullah bin Amru ra. berkata: Aku terima tiga hari sebagaimana yang dikatakan Rasulullah saw. adalah lebih aku sukai dari istri dan hartaku. (Shahih Muslim No.1962)[/color]

Silahkan kamu pelajari dan maknai dengan benar hadits yang gw copas diatas.
Kalo kamu punya akal, maka kamu akan dapat memaknai dengan benar apa yang dikatakan Nabi Muhammad tentang puasa Nabi Daud.

gw sekarang semakin mengerti, kenapa para kapir dikatakan Allah SWT, adalah manusia SESAT, karena perbuatan kapir yang selalu memaknai Al Qur’an dan hadits sepotong-sepotong.
kapir dalam forum ini pasti akan tambah SESAT jika membaca sepotong ayat Al Qur’an ini :

QS.107. 4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

:finga:


:lol:
sungguh logika yang terbelengu demi suatu pembenaran.
apa yg ente sampaikan tetaplah tidak merubah makna bahwa akhlak yg diajarkan oleh muhammad (khususnya hasil dr berpuasa ) bukanlah mutlak
milik muhammad.menyempurnakan??? apalagiii..semua hanya klaim sepihak tanpa dasar.
kalau anda berakal dan berhatinurani,maka anda tidak akan mengklaim hal itu.
silahkan renungkan kembali.

kom, sekedar intermezzo...
setujukah anda thdp perintah berpuasa yg benar dibawah ini:

Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk
supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu


so,
jgn muter2 lagi ya... [-X
silahkan berikan contoh lain dr klaim ttg akhlak yg diajarkan muhammad yg
tidak diajarkan oleh orang2 sebelumnya.....

salam bg yg berakhlak.
:turban:
overdose
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Wed Oct 21, 2009 7:39 am

overdose wrote:Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِى الْجَاهِلِيَّةِ ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُهُ ، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

“Di zaman jahiliyah dahulu, orang Quraisy biasa melakukan puasa ‘Asyura. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan puasa tersebut. Tatkala tiba di Madinah, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa tersebut dan memerintahkan manusia untuk melakukannya. Namun tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, beliau meninggalkan puasa ‘Asyura. (Lalu beliau mengatakan:) Barangsiapa yang mau, silakan berpuasa. Barangsiapa yang mau, silakan meninggalkannya (tidak berpuasa).” (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125)


Sebagaimana yang pernah gw katakan, sesuai dengan ayat Qur’an, bahwa Nabi Muhammad dahulunya sebelum diwajibkan berpuasa, sudah perpuasa.
Setelah kewajiban puasa Ramadhan diturunkan, maka cara berpuasa terdahulu ditinggalkan.

Cara berpuasa terdahulu tidak mempunyai dan tidak berpengaruh untuk trerbentuknya akhlak yang mulia, kecuali dengan puasa Ramadhan yang benar, akan membentuk manusia mempunyai akhlak yang mulia.

Kamu katakan, mereka yang berpuasa selain Islam, hanyalah untuk puji dan syukur saja, artinya mereka semua hanya mendapat haus dan lapar saja, tidak berdampak maksimal dalam pembentukan akhlakyang mulia.

Dalam Islam, puasa dapat membentuk akhlak manusia menjadi ;
    > Berakhlak kepada Allah
    > Berakhlak kepada sesama manusia
    > Berakhlak kepada alam dan lingkungan hidup
gw tidak melihat puasa yang dikerjakan umat lain sekedar untuk puji syukur, dapat membentuk akhlak manusia sebagaimana yang Islam ajarkan.

Atau… kamu dapat menjelaskan ????

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby overdose » Wed Oct 21, 2009 2:14 pm

#-o #-o

sebagaimana gw sampaikan sebelumnya.

overdose wrote:jelas bahwa puasa, apapun hasilnya bukanlah hanya diajarkan oleh muhammad. jika berpuasa dapat meningkatkan akhlak, maka akhlak
dr puasa kaum diluar islam jg ikut menjadi lbh baik. perbedaan cara berpuasa tidak otomatis menyatakan kebenaran atau kemuliaan.
inti nya tetap pd ritual PUASA tersebut.


dan

overdose wrote:.........
so, puasa mutlak bukan milik/diajarkan muhammad sj. klaim2 keindahan berpuasa mutlak tidak dimiliki oleh muhammad.
sekali lg,sdh ada pada orang2 sebelumnya. trus,
manaaaa akhlak yg khusus diajarkan atau made only by muhammad????


ente sendiri sdh mengakui :

kompas wrote:Memang tidak otomatis mengubah, setidaknya dengan puasa ada usaha untuk berubah kearah itu.
.......


dan ente sendiri jg yg memberi dalil puasa itu: :lol:

kompas wrote:QS.2. 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,


so,
jgn tempatkan ritual puasa secara berlebihan.
seolah2 itu adalah hasil karya muhammad.

silahkan renungkan kembali hadist2 yg ada.
apakah muhammad meniru puasa nya kaum "pagan"???

overdose wrote:
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِى الْجَاهِلِيَّةِ ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُهُ ، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

“Di zaman jahiliyah dahulu, orang Quraisy biasa melakukan puasa ‘Asyura. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan puasa tersebut. Tatkala tiba di Madinah, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa tersebut dan memerintahkan manusia untuk melakukannya. Namun tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, beliau meninggalkan puasa ‘Asyura. (Lalu beliau mengatakan:) Barangsiapa yang mau, silakan berpuasa. Barangsiapa yang mau, silakan meninggalkannya (tidak berpuasa).” (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa ‘Asyura. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Hari yang kalian bepuasa ini adalah hari apa?” Orang-orang Yahudi tersebut menjawab, “Ini adalah hari yang sangat mulia. Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Fir’aun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengikuti beliau berpuasa pada hari ini.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Kita seharusnya lebih berhak dan lebih utama mengikuti Musa daripada kalian.” Lalu setelah itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa. (HR. Muslim no. 1130)

أَنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَامَهُ وَالْمُسْلِمُونَ قَبْلَ أَنْ يُفْتَرَضَ رَمَضَانُ فَلَمَّا افْتُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ عَاشُورَاءَ يَوْمٌ مِنْ أَيَّامِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ».

“Sesungguhnya orang-orang Jahiliyah biasa melakukan puasa pada hari ‘Asyura. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melakukan puasa tersebut sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, begitu pula kaum muslimin saat itu. Tatkala Ramadhan diwajibkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: Sesungguhnya hari Asyura adalah hari di antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, silakan berpuasa. Barangsiapa meninggalkannya juga silakan.” (HR. Muslim no. 1126)

:lol:

kom, sekedar intermezzo...
setujukah anda thdp perintah berpuasa yg benar dibawah ini:

Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk
supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu


.........

salam bg yg berakhlak.
:turban:


kompas wrote:...............
Cara berpuasa terdahulu tidak mempunyai dan tidak berpengaruh untuk trerbentuknya akhlak yang mulia, kecuali dengan puasa Ramadhan yang benar, akan membentuk manusia mempunyai akhlak yang mulia.
..............
Kamu katakan, mereka yang berpuasa selain Islam, hanyalah untuk puji dan syukur saja, artinya mereka semua hanya mendapat haus dan lapar saja, tidak berdampak maksimal dalam pembentukan akhlakyang mulia.
:turban:


ampunnn.... ](*,) ](*,)
renungkan sendiri deh.
clue:
lawan dr syukur???

sungguh, belengu2 kelalimam melekat pd diri ente.
lepaskan dirimu dari "belengu" itu.
baru ente dapat memahami hal2 indah.

silahkan ajukan contoh akhlak lain. itupun kalau ada.

\:D/
overdose
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Wed Oct 21, 2009 7:31 pm

overdose wrote:so,
jgn tempatkan ritual puasa secara berlebihan.
seolah2 itu adalah hasil karya muhammad.

siapa bilang puasa karya Nabi Muhammad ???
Perintah puasa berasal dari Allah, untuk orang-orang yang beriman, agar mereka bertaqwa.

silahkan renungkan kembali hadist2 yg ada.
apakah muhammad meniru puasa nya kaum "pagan"???

Nabi Muhammad tidak meniru kaum pagan dalam berpuasa, Nabi Muhammad berpuasa sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam Al Qur’an.

QS.2. 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

187. Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.


ampunnn.... ](*,) ](*,)
renungkan sendiri deh.
clue:
lawan dr syukur???

sungguh, belengu2 kelalimam melekat pd diri ente.
lepaskan dirimu dari "belengu" itu.
baru ente dapat memahami hal2 indah.

Adakah ajaran berpuasa yang benar diajarkan oleh orang sebelum Nabi Muhammad ???

silahkan ajukan contoh akhlak lain. itupun kalau ada.

\:D/

Pada waktunya akan gw tunjukkan akhlak mulia manusia Islam yang terbentuk karena telah berpuasa dengan benar, sesuai dengan perintah Allah dan contoh dari Nabi Muhammad.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby endfinal » Wed Oct 21, 2009 9:09 pm

kompas wrote:Pada waktunya akan gw tunjukkan akhlak mulia manusia Islam yang terbentuk karena telah berpuasa dengan benar, sesuai dengan perintah Allah dan contoh dari Nabi Muhammad.

:turban:

kom, kalau dilihat dari batasan sederhana dalam hal menahan napsu makan, selama bulan puasa malah konsumsi makanan lebih banyak dari bulan biasa. mau bicara akhlak? ente yakin setelah 1 bulan puasa maka akhlak muslim akan lebih baik?

gak usah janji mau nunjukkin. kita udah tau kom, elo ngomong kosong aja. perbuatan fakta nyata lebih kuat daripada omongan self proclaim elo yg sudah jadi trade mark di forum ini. elo mah cuma bikin malu islam aja kom. gak lebih dan gak kurang.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby overdose » Thu Oct 22, 2009 9:49 am

kompas wrote:..............
sangat banyak sekali ajaran Nabi Muhammad yang tidak diajarkan oleh para nabi terdahulu, kalo gw tulis semuanya, setahun ngga akan selesai.
..............


kompas wrote:Pada waktunya akan gw tunjukkan akhlak mulia manusia Islam yang terbentuk karena telah berpuasa dengan benar, sesuai dengan perintah Allah dan contoh dari Nabi Muhammad.


:rofl:
overdose
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby JANGAN GITU AH » Thu Oct 22, 2009 4:35 pm

Kompas wrote:Nabi Muhammad tidak meniru kaum pagan dalam berpuasa, Nabi Muhammad berpuasa sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam Al Qur’an.

Kau cuma berpura-pura tidak tahu saja, padahal sudah jelas quran mengatakannya...nih ayat yang kau berikan sebagai bukti, ndak perlu buka sejarah dulu:

Qurannya Kompas wrote:QS.2. 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,


Siapa orang-orang sebelum kamu? Jawabnya kaum Pagan. Islam tumbuh dari lingkungan Pagan. Itu tidak dapat disangkal. Orang islam meninggalkan agama pagan, but...modus pagan tetap diadopsi dengan perubahan kecil tak krusial.

Apakah muslim menyangkal perintah itu? Jawabnya tidak

Mengapa? Jawabnya, karena mereka sudah terbiasa dengan tradisi yang pernah mereka jalankan sendiri.

Quran akan mencatat andai muslimer yang convert dari Pagan melakukan komplain atas perintah ini sebagaimana quran lakukan ketika Quraish mengejek muhammad dengan tuduhan "mengada-adakan kitab kebohongan (quran)" dan "quran itu cuma dongeng-dongeng masa lampau". Kita tidak dapat menemukan komplain seperti ini. Inilah bukti kuat ajaran puasa itu berasal dari tradisi pagan. Kalau mereka sudah terbiasa dengan puasa semasih pagan tentu merekamereka merasa tidak ada yang perlu dipersoalkan. Beda sekiranya ada hal perintah yang tidak pernah mereka jalankan sebelumnya, pastilah mereka pertanyakan maksud atau tujuannya.

Kompas wrote:Dalam Islam, puasa dapat membentuk akhlak manusia menjadi ;

> Berakhlak kepada Allah
> Berakhlak kepada sesama manusia
> Berakhlak kepada alam dan lingkungan hidup


Saya tidak begitu mengerti bagaimana definisi akhlak yang dimaksud Islam. Tetapi bagi saya ahklak mencakup aspek moralitas dan etika.

Dapatkah puasa membentuk akhlak manusia menjadi lebih baik? Apakah dengan puasa muslim dapat mematikan segala pikiran-pikiran jahat dalam hatinya? Khususnya saya bertanya pada bung kompas. Sebagai muslim yang baik tentu anda berusaha sedapat mungkin memenuhi semua rukun yang ditetapkan Islam. Anggaplah dulu saya percaya pada anda telah menjalankan ibadah puasa secara ketat tanpa menyisakan seharipun yang lewat begitu saja. Setelah anda menjalankan selama kira-kira 30 hari lamanya, tentu anda harus melakukan evaluasi konprehensif sejauh mana kesempurnaan puasa anda.

Pertanyaan yang sangat penting untuk kompas jawab tentunya, dampak apakah yang timbul dalam diri anda setelah itu? Apakah ada perubahan yang sangat fantastis sebagai titik balik (turning point) dimana anda menjadi.
1. Hidup lebih sabar dan menolak amarah dalam kata-katamu?
2. Lebih memahami arti hidup anda dan kaitannya untuk kepentingan orang banyak?
3. Lebih mencintai sesama manusia tanpa memandang muka
4. Lebih powerful dalam mengalahkan kejahatan dengan perbuatan baik?
5. Lebih JUJUR dalam semua sikap dan tindakanmu?
6. Lebih mampu menolong orang lain dalam segala kekurangan tanpa sekat apapun?
7. Rela berkorban demi kebaikan orang lain
8. Mengutamakan kesucian diri, perkataan perbuatan dan tidak bermegah dengan sikap sombong?
9. Jauh lebih setia terhadap pasangan anda dalam segala hal?
10. Lebih mampu menghormati orang lain siapapun ia dengan sikap tulus?
11. Tidak mengharapkan orang lain celaka meski karena kebodohannya sendiri?
12. Sangat berempati, bersimpati terhadap orang-orang yang dirundung malang
13. Sanggup meneteskan air mata turut merasakan kesedihan orang lain dan membuat anda tanpa pikir panjang siap menggulung lengan baju anda untuk menghibur mereka?
14. Menolak cara-cara kekerasan, cara-cara kelicikan dalam menangani urusan anda?
...
...
Dan banyak sekali hal-hal lain yang diharapkan dari seorang yang mengagungkan puasa sebagai sumber akhlak mulia...!

Untuk dik kompas yang terhormat, jika anda selalu mengatakan puasa islam itu sangat mulia...tolong renungkan dulu point diatas...sudah kah kau memetiknya? ingat, siapapun Tuhan itu, ia dipercaya dapat melihat jauh kedalam lubuk hatimu...bersikaplah jujur secara iklas...lalu simpulkan sendiri...apakah puasamu telah sanggup mengubah dirimu sendiri?

Mari renungkan dik..! :fball: :fball:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Thu Oct 22, 2009 7:18 pm

kompas wrote:Pada waktunya akan gw tunjukkan akhlak mulia manusia Islam yang terbentuk karena telah berpuasa dengan benar, sesuai dengan perintah Allah dan contoh dari Nabi Muhammad.

:turban:

endfinal wrote:kom, kalau dilihat dari batasan sederhana dalam hal menahan napsu makan, selama bulan puasa malah konsumsi makanan lebih banyak dari bulan biasa. mau bicara akhlak? ente yakin setelah 1 bulan puasa maka akhlak muslim akan lebih baik?

gak usah janji mau nunjukkin. kita udah tau kom, elo ngomong kosong aja. perbuatan fakta nyata lebih kuat daripada omongan self proclaim elo yg sudah jadi trade mark di forum ini. elo mah cuma bikin malu islam aja kom. gak lebih dan gak kurang.

berpuasa dalam ajaran Islam, tidak sekedar menahan haus dan lapar saja, ada persyaratan lainnya, sehingga menjadikan puasa bernilai.

mangkanya, seperti yang gw katakan, banyak orang Islam yang kelihatannya berpuasa, tapi yang didapatkannya hanya haus dan lapar saja.
Puasa seperti ini tidak bernilai apa-apa.

Karena itulah Allah memanggil orang yang beriman untuk perintah puasa, bukan untuk semua umat Islam.
Karena tidak semua orang yang mengaku beragama Islam, benar-benar beriman kepada Allah yang benar.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Fri Oct 23, 2009 9:02 pm

JANGAN GITU AH wrote:Siapa orang-orang sebelum kamu? Jawabnya kaum Pagan. Islam tumbuh dari lingkungan Pagan. Itu tidak dapat disangkal. Orang islam meninggalkan agama pagan, but...modus pagan tetap diadopsi dengan perubahan kecil tak krusial.

Apakah muslim menyangkal perintah itu? Jawabnya tidak

Mengapa? Jawabnya, karena mereka sudah terbiasa dengan tradisi yang pernah mereka jalankan sendiri.

Yang dimaksud ORANG ORANG TERDAHULU, adalah umat Nabi terdahulu, sebelum nabi Muhammad.

Allah telah memerintahkan puasa kepada Nabi Daud, dan Nabi Isa. As.
Perintah tersebut diajarkan para mnabi itu kepada umatnya masing”
Namun, cara berpuasa mereka masih belum sempurna, Allah menyempurnakan cara berpuasa kepada nabi Muhammad.

Inilah bukti kuat ajaran puasa itu berasal dari tradisi pagan.

kamu katakan ajaran nabi Isa, termasuk ajaran kaum pagan ????

Dapatkah puasa membentuk akhlak manusia menjadi lebih baik? Apakah dengan puasa muslim dapat mematikan segala pikiran-pikiran jahat dalam hatinya? Khususnya saya bertanya pada bung kompas. Sebagai muslim yang baik tentu anda berusaha sedapat mungkin memenuhi semua rukun yang ditetapkan Islam. Anggaplah dulu saya percaya pada anda telah menjalankan ibadah puasa secara ketat tanpa menyisakan seharipun yang lewat begitu saja. Setelah anda menjalankan selama kira-kira 30 hari lamanya, tentu anda harus melakukan evaluasi konprehensif sejauh mana kesempurnaan puasa anda.

Pertanyaan yang sangat penting untuk kompas jawab tentunya, dampak apakah yang timbul dalam diri anda setelah itu? Apakah ada perubahan yang sangat fantastis sebagai titik balik (turning point) dimana anda menjadi.
1. Hidup lebih sabar dan menolak amarah dalam kata-katamu?
2. Lebih memahami arti hidup anda dan kaitannya untuk kepentingan orang banyak?
3. Lebih mencintai sesama manusia tanpa memandang muka
4. Lebih powerful dalam mengalahkan kejahatan dengan perbuatan baik?
5. Lebih JUJUR dalam semua sikap dan tindakanmu?
6. Lebih mampu menolong orang lain dalam segala kekurangan tanpa sekat apapun?
7. Rela berkorban demi kebaikan orang lain
8. Mengutamakan kesucian diri, perkataan perbuatan dan tidak bermegah dengan sikap sombong?
9. Jauh lebih setia terhadap pasangan anda dalam segala hal?
10. Lebih mampu menghormati orang lain siapapun ia dengan sikap tulus?
11. Tidak mengharapkan orang lain celaka meski karena kebodohannya sendiri?
12. Sangat berempati, bersimpati terhadap orang-orang yang dirundung malang
13. Sanggup meneteskan air mata turut merasakan kesedihan orang lain dan membuat anda tanpa pikir panjang siap menggulung lengan baju anda untuk menghibur mereka?
14. Menolak cara-cara kekerasan, cara-cara kelicikan dalam menangani urusan anda?
...
...
Dan banyak sekali hal-hal lain yang diharapkan dari seorang yang mengagungkan puasa sebagai sumber akhlak mulia...!

Untuk dik kompas yang terhormat, jika anda selalu mengatakan puasa islam itu sangat mulia...tolong renungkan dulu point diatas...sudah kah kau memetiknya? ingat, siapapun Tuhan itu, ia dipercaya dapat melihat jauh kedalam lubuk hatimu...bersikaplah jujur secara iklas...lalu simpulkan sendiri...apakah puasamu telah sanggup mengubah dirimu sendiri?

Mari renungkan dik..! :fball: :fball:

Wow…. gw masih belum dapat mencapai kearah akhlak yang kamu sebutkan diatas, mereka para alim ulama yang telah mapan akhlaknya, pasti dapat mencapai tarap itu.
gw masih harus belajar banyak tentang Islam.

kalo gw sudah mencapai tarap itu, gw ngga mungkin masih berada dalam forum ini.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby JANGAN GITU AH » Sat Oct 24, 2009 4:37 pm

Kompas wrote:kalo gw sudah mencapai tarap itu, gw ngga mungkin masih berada dalam forum ini.

Apakah artinya itu anda sudah berkalang tanah? :green:
Kalau begitu dimana keunikan puasa islam?

Kompas janganlah kiranya dirimu membuat pernyataan tanpa dasar. Perhatikan kata-katamu ini:
Kompas wrote:Allah telah memerintahkan puasa kepada Nabi Daud, dan Nabi Isa. As.
Perintah tersebut diajarkan para mnabi itu kepada umatnya masing”
Namun, cara berpuasa mereka masih belum sempurna, Allah menyempurnakan cara berpuasa kepada nabi Muhammad.

Sudahkah dirimu mengkonfirmasi pada kitab mereka itu? Pada bagian mana dari kitab mereka menyebut Allah pernah memerintahkan Daud dan Isa berpuasa? Bisa kau sebutkan...

Berhati-hatilah dalam setiap ucapanmu...agar dirimu menjadi bijak...! (nasihat dr engkong) :green:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Sat Oct 24, 2009 8:10 pm

Kompas wrote:kalo gw sudah mencapai tarap itu, gw ngga mungkin masih berada dalam forum ini.

JANGAN GITU AH wrote:Apakah artinya itu anda sudah berkalang tanah? :green:
Kalau begitu dimana keunikan puasa islam?

Allah menjajikan, jika orang berpuasa dengan benar sesuai dengan petunjuk Allah, maka dia akan kembali seperti anak bayi yang baru keluar dari rahim ibunya, tanpa dosa.

JANGAN GITU AH wrote:Kompas janganlah kiranya dirimu membuat pernyataan tanpa dasar. Perhatikan kata-katamu ini:


Kompas wrote:Allah telah memerintahkan puasa kepada Nabi Daud, dan Nabi Isa. As.
Perintah tersebut diajarkan para mnabi itu kepada umatnya masing”
Namun, cara berpuasa mereka masih belum sempurna, Allah menyempurnakan cara berpuasa kepada nabi Muhammad.

JANGAN GITU AH wrote:Sudahkah dirimu mengkonfirmasi pada kitab mereka itu? Pada bagian mana dari kitab mereka menyebut Allah pernah memerintahkan Daud dan Isa berpuasa? Bisa kau sebutkan...

Berhati-hatilah dalam setiap ucapanmu...agar dirimu menjadi bijak...! (nasihat dr engkong) :green:


lihatlah contoh yang ini :

Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.


:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby endfinal » Sat Oct 24, 2009 9:42 pm

kom, berarti muhamad gak pernah puasa ya makanya punya akhlak buruk. tapi kok anda bisa mengklaim kalau muhamad mengajarkan akhlak? apa gak mulai dari pribadi muhamad dulu untuk memiliki akhlak yang baik sebelum ngajarin orang lain?

mohon pencerahan.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Sat Oct 24, 2009 10:50 pm

endfinal wrote:kom, berarti muhamad gak pernah puasa ya makanya punya akhlak buruk. tapi kok anda bisa mengklaim kalau muhamad mengajarkan akhlak? apa gak mulai dari pribadi muhamad dulu untuk memiliki akhlak yang baik sebelum ngajarin orang lain?

mohon pencerahan.

kamu melihat akhlak Nabi Muhammad dengan kaca mata kapir yang sangat kotor, sehingga tidak melihat kemulian akhlak nabi Muhammad yang terpuji.

seperti yang pernah gw katakan

GURU yang mengajar matematika, pasti jago matematika.
GURU yang mengajar komputer, pasti jago komputer.

Demikian pula dengan nabi Muhammad, selalu mengajarkan kebajikan untuk mencapai akhlak yang terpuji, sudah tentu Nabi Muhammad mempunyai akhlak terpuji.
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby overdose » Sun Oct 25, 2009 12:18 am

kompas wrote:kamu melihat akhlak Nabi Muhammad dengan kaca mata kapir yang sangat kotor, sehingga tidak melihat kemulian akhlak nabi Muhammad yang terpuji.

seperti yang pernah gw katakan

GURU yang mengajar matematika, pasti jago matematika.
GURU yang mengajar komputer, pasti jago komputer.

Demikian pula dengan nabi Muhammad, selalu mengajarkan kebajikan untuk mencapai akhlak yang terpuji, sudah tentu Nabi Muhammad mempunyai akhlak terpuji.


:lol:

akur kom.
muhammad emang mengajarkan "kebajikan" untuk mencapai "akhlak" yg "terpuji".

Sahih Bukhari 59 no 369

Dikisahkan oleh Jabir Abdullah : RASULULLAH BERSABDA, “SIAPA YANG BERSEDIA MEMBUNUH KA`B BIN AL-ASHRAF YANG TELAH MENYAKITI ALLAH DAN RASULNYA?” Dari situ Maslama berdiri dan berkata, “Oh, Rasulullah! Apakah kamu suka kalo saya membunuhnya? ” Nabi bersabda, “Ya”. Maslama berkata, “Kalo begitu BIARKAN SAYA MEMFITNAH (dengan kata lain menipu Ka`.) NABI BERSABA, “ANDA BOLEH MENGATAKAN DEMIKIAN."


akhlak yg terbentuk dr hasil berpuasa cara muhammad.
](*,) ](*,)
bangun kom!

:lol:
overdose
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Sun Oct 25, 2009 8:29 am

overdose wrote::lol:

akur kom.
muhammad emang mengajarkan "kebajikan" untuk mencapai "akhlak" yg "terpuji".

Sahih Bukhari 59 no 369

Dikisahkan oleh Jabir Abdullah : RASULULLAH BERSABDA, “SIAPA YANG BERSEDIA MEMBUNUH KA`B BIN AL-ASHRAF YANG TELAH MENYAKITI ALLAH DAN RASULNYA?” Dari situ Maslama berdiri dan berkata, “Oh, Rasulullah! Apakah kamu suka kalo saya membunuhnya? ” Nabi bersabda, “Ya”. Maslama berkata, “Kalo begitu BIARKAN SAYA MEMFITNAH (dengan kata lain menipu Ka`.) NABI BERSABA, “ANDA BOLEH MENGATAKAN DEMIKIAN."


akhlak yg terbentuk dr hasil berpuasa cara muhammad.
](*,) ](*,)
bangun kom!

:lol:


halah.... ini lagi....
coba nih terjemahkan hadits selengkapnya....

Bukhari :: Book 5 :: Volume 59 :: Hadith 369

Narrated Jabir bin 'Abdullah:

Allah's Apostle said, "Who is willing to kill Ka'b bin Al-Ashraf who has hurt Allah and His Apostle?" Thereupon Muhammad bin Maslama got up saying, "O Allah's Apostle! Would you like that I kill him?" The Prophet said, "Yes," Muhammad bin Maslama said, "Then allow me to say a (false) thing (i.e. to deceive Kab). "The Prophet said, "You may say it." Then Muhammad bin Maslama went to Kab and said, "That man (i.e. Muhammad demands Sadaqa (i.e. Zakat) from us, and he has troubled us, and I have come to borrow something from you." On that, Kab said, "By Allah, you will get tired of him!" Muhammad bin Maslama said, "Now as we have followed him, we do not want to leave him unless and until we see how his end is going to be. Now we want you to lend us a camel load or two of food." (Some difference between narrators about a camel load or two.) Kab said, "Yes, (I will lend you), but you should mortgage something to me." Muhammad bin Mas-lama and his companion said, "What do you want?" Ka'b replied, "Mortgage your women to me." They said, "How can we mortgage our women to you and you are the most handsome of the 'Arabs?" Ka'b said, "Then mortgage your sons to me." They said, "How can we mortgage our sons to you? Later they would be abused by the people's saying that so-and-so has been mortgaged for a camel load of food. That would cause us great disgrace, but we will mortgage our arms to you." Muhammad bin Maslama and his companion promised Kab that Muhammad would return to him. He came to Kab at night along with Kab's foster brother, Abu Na'ila. Kab invited them to come into his fort, and then he went down to them. His wife asked him, "Where are you going at this time?" Kab replied, "None but Muhammad bin Maslama and my (foster) brother Abu Na'ila have come." His wife said, "I hear a voice as if dropping blood is from him, Ka'b said. "They are none but my brother Muhammad bin Maslama and my foster brother Abu Naila. A generous man should respond to a call at night even if invited to be killed." Muhammad bin Maslama went with two men. (Some narrators mention the men as 'Abu bin Jabr. Al Harith bin Aus and Abbad bin Bishr). So Muhammad bin Maslama went in together with two men, and sail to them, "When Ka'b comes, I will touch his hair and smell it, and when you see that I have got hold of his head, strip him. I will let you smell his head." Kab bin Al-Ashraf came down to them wrapped in his clothes, and diffusing perfume. Muhammad bin Maslama said. " have never smelt a better scent than this. Ka'b replied. "I have got the best 'Arab women who know how to use the high class of perfume." Muhammad bin Maslama requested Ka'b "Will you allow me to smell your head?" Ka'b said, "Yes." Muhammad smelt it and made his companions smell it as well. Then he requested Ka'b again, "Will you let me (smell your head)?" Ka'b said, "Yes." When Muhammad got a strong hold of him, he said (to his companions), "Get at him!" So they killed him and went to the Prophet and informed him. (Abu Rafi) was killed after Ka'b bin Al-Ashraf."
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby JANGAN GITU AH » Sun Oct 25, 2009 1:15 pm

Kompas wrote:Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

Pada ayat berapa Kompas...tolong dicantumi dong....

Kompas wrote:Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

Ha..ha..ha..sikompas...si jenggot ntu puasanya tidak kayak islam bro nyang cuman ganti waktu...malah lebih hebat die..40 hari lamanya tanpa makan dan minum...

Apa yang dilakukan Yesus ini bukanlah bagian dari perintah Allah tapi atas keinginannya sendiri, sebab saya kira orang Nasrani tidak mengenal aturan waktu puasa yang diperintahkan khusus. Apalagi menjadi bagian ritus agama...gak ada itu...!
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby JANGAN GITU AH » Sun Oct 25, 2009 1:29 pm

overdose wrote:Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk
supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu

Puasa yang dijelaskan disini sebenarnya bukan bagian dari perintah Puasa, karena puasa sendiri sudah mentradisi dalam lingkungan Jahudi.

Yang dilakuan Yesus adalah untuk memaknai ulang tradis Judaisme yang sarat penitik beratan pada aspek lahiriah saat itu.
Artinya seseorang yang melakukan ini:
    ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk
    supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
sudah dapat dianggap sebagai orang berpuasa...Orang yang mengklaim diri berpuasa, tetapi tidak menunjukkan dampak positif seperti yang dikatakan Yesus itu...maka puasanya sama tidak bermaknanya alias cuma nahan lapar dan haus pada siang hari saja.

untuk si kompas...juga sudah saya tanyakan apakah setelah puasanya,, ia bisa menjadi :
    1. Hidup lebih sabar dan menolak amarah dalam kata-katamu?
    2. Lebih memahami arti hidup anda dan kaitannya untuk kepentingan orang banyak?
    3. Lebih mencintai sesama manusia tanpa memandang muka
    4. Lebih powerful dalam mengalahkan kejahatan dengan perbuatan baik?
    5. Lebih JUJUR dalam semua sikap dan tindakanmu?
    6. Lebih mampu menolong orang lain dalam segala kekurangan tanpa sekat apapun?
    7. Rela berkorban demi kebaikan orang lain
    8. Mengutamakan kesucian diri, perkataan perbuatan dan tidak bermegah dengan sikap sombong?
    9. Jauh lebih setia terhadap pasangan anda dalam segala hal?
    10. Lebih mampu menghormati orang lain siapapun ia dengan sikap tulus?
    11. Tidak mengharapkan orang lain celaka meski karena kebodohannya sendiri?
    12. Sangat berempati, bersimpati terhadap orang-orang yang dirundung malang
    13. Sanggup meneteskan air mata turut merasakan kesedihan orang lain dan membuat anda tanpa pikir panjang siap menggulung lengan baju anda untuk menghibur mereka?
    14. Menolak cara-cara kekerasan, cara-cara kelicikan dalam menangani urusan anda?

Ternyata ia mengelak:
Kompas wrote:Wow…. gw masih belum dapat mencapai kearah akhlak yang kamu sebutkan diatas, mereka para alim ulama yang telah mapan akhlaknya, pasti dapat mencapai tarap itu.
gw masih harus belajar banyak tentang Islam.

kalo gw sudah mencapai tarap itu, gw ngga mungkin masih berada dalam forum ini.


artinya...puasa kompas tidak bermakna sama sekali...hampa tanpa morality increasing dan munafikun...!
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Sun Oct 25, 2009 6:03 pm

Kompas wrote:Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

JANGAN GITU AH wrote:Ha..ha..ha..sikompas...si jenggot ntu puasanya tidak kayak islam bro nyang cuman ganti waktu...malah lebih hebat die..40 hari lamanya tanpa makan dan minum...

40 hari 40 malam puasa ngga makan ngga minum, masih hidup ???? MODAR....
itulah salah satu ayat kitab kalian yang ngga masuk akal sehat.. \:D/ \:D/

JANGAN GITU AH wrote:Apa yang dilakukan Yesus ini bukanlah bagian dari perintah Allah tapi atas keinginannya sendiri, sebab saya kira orang Nasrani tidak mengenal aturan waktu puasa yang diperintahkan khusus. Apalagi menjadi bagian ritus agama...gak ada itu...!

puasa bukan perintah Allah ???

nih gw besarin ayat kitab kamu

Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

Pada ayat berapa Kompas...tolong dicantumi dong....

kacian dech elo.... artinya kitab suci sendiri ngga pernah dibaca....
cari sendiri donk ah....
atau kamu tanya pendeta kamu .....

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby JANGAN GITU AH » Sun Oct 25, 2009 6:11 pm

Kompas wrote:kacian dech elo.... artinya kitab suci sendiri ngga pernah dibaca....
cari sendiri donk ah....
atau kamu tanya pendeta kamu ....

He..he..he..gw emang gak tau kompas...! lha gw aja agnostic...kapan bacanya? palingan gw tanya dulu ama teman gw nyang krezten...ah gitu aja elo ngambek..! :green:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad

Postby kompas » Sun Oct 25, 2009 6:25 pm

Kompas wrote:kacian dech elo.... artinya kitab suci sendiri ngga pernah dibaca....
cari sendiri donk ah....
atau kamu tanya pendeta kamu ....

JANGAN GITU AH wrote:He..he..he..gw emang gak tau kompas...! lha gw aja agnostic...kapan bacanya? palingan gw tanya dulu ama teman gw nyang krezten...ah gitu aja elo ngambek..! :green:

dah.... ini gw bantu .... ucapin terima kasih ya....

Lev 16:29 Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

Lev 16:30 Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN.

Lev 16:31 Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.


ucapin TERIMA KASIH BRO KOMPAS..... :rofl:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

PreviousNext

Return to Muhammad



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users