. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

akhirat tidak selamanya kekal

Ttg surga, neraka, hari kiamat, bidadari, 72 perawan, houri.

akhirat tidak selamanya kekal

Postby ndramus » Tue Aug 28, 2007 4:51 pm

Dari topik MUSLIM BUNUH MUSLIM = KEDUANYA MASUK NERAKA

ada statement dari Dewanto bahwa neraka tidak kekal

Dewanto wrote:Nggak juga.... Walau ada sebagian muslim yang masuk neraka.... Muslim gak kan kekal di dalam neraka kok....


Dari Anas r.a., bahwa Nabi saw. telah bersabda, "Akan keluar dari neraka bagi orang yang mengucapkan, 'Laa ilaaha illallaah,' walaupun hanya sebesar satu butir iman di hatinya." (HR. Bhukari).

http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... hp?t=16983

cukup menarik rupanya dalam islam neraka tidak kekal
refresh topik lama pernah ada netter yg menanyakan itu artinya neraka islam tidak panas alias hangat2 kuku

saya ingin tanya sama muslim2 disini :
1. bagaimana dengan pembunuh berdarah dingin atau penjahat kelas kakap. apakah meraka tidak kekal di neraka?
2. lalu bagaimana dengan surga, apakah sifatnya sementara juga alias tidak kekal ?
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby bintang » Fri Oct 26, 2007 12:10 am

Jangan salah paham, maksudnya begini..
Akhirat itu Surga dan Neraka, akhirat ini kekal abadi.

Semua muslim akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti, semua dosa seorang muslim akan dihisab di neraka, hingga terhapus semua dosa2xnya. Setelah seorang muslim menebus dosa2xnya di neraka baru lah dia masuk surga.

Jadi maksudnya keberadaan seorang muslim di neraka itu sementara, tergantung sebanyak dan sebesar apa dosanya. Jadi kalo dosanya emang banyak bgt, tapi dia muslim, ya akhirnya masuk surga juga (setelah dihisab di neraka tentunya).

Dalam Islam Surga dan Neraka pun dibagi berbagai tingkatan lagi, tergantung amalan dan dosa apa yang diperbuat. Jadi ya silahkan bagi para muslim nih dipilih, mau berusaha menjalankan agama secara sempurna atau asal-asalan menurut kehendak masing2x?! Karena Allah S.W.T. telah letakan kebahagiaan dan kejayaan umat manusia ini di dalam amal agama yang sempurna, seperti yang telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah S.A.W.

Mudah2xan penjelasan dari saya yang masih **** dan terbatas ilmunya ini dapat menjawab pertanyaan anda. Semoga Allah S.W.T. membimbing hambanya yang mencari tahu. Jazakumullahu khairon katsiron
bintang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 11
Joined: Thu Oct 25, 2007 3:20 am

Postby nayagenggong » Fri Oct 26, 2007 3:02 pm

@bintang
berarti yg ada terus itu yg "surga"?
begitukah?
User avatar
nayagenggong
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby allzay » Fri Oct 26, 2007 3:10 pm

masuk akal penjelasannya bung bintang. Jadi kekelan yang ditanyakan berbeda. satunya kekekalan hakeket "neraka", dan lainnya (kemungkinan) "ketidakkekalan keberdaan/ situasi seseorang di neraka"

thanks
allzay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 13
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:41 pm

Postby bintang » Fri Oct 26, 2007 9:47 pm

Sebenernya, saya menghindari menyampaikan berita buruk, tp untuk menghindari fitnah, baiklah..

Seperti saya bilang, Surga dan Neraka itu abadi, Neraka selalu ada walaupun semua umat Islam telah masuk Surga, isinya, maaf..orang2x kafir dan orang2x munafik. Orang munafik ini, maksudnya orang yang mengaku Islam, tapi sesungguhnya mereka membenci Islam, bagian munafik ini ga perlu saya terangin ya, takut saudara muslim saya pada stress..

Sebenernya yang masih saya bingung itu Islam K.T.P...masuk Surga atau Neraka?!..mungkin ya teorinya KTPnya masuk Surga, tapi ga tau orangnya kemana..malaikat juga bingung kynya...hehehe

Saya ini bukan ulama, pengetahuan saya terbatas, jadi jangan tanya yg susah2x ya..eh kalo penggambaran surga di Kristen gimana ya?

Jazakumullahu khairon katsiron
bintang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 11
Joined: Thu Oct 25, 2007 3:20 am

Postby madison » Sat Oct 27, 2007 6:07 pm

bintang wrote:Jadi maksudnya keberadaan seorang muslim di neraka itu sementara, tergantung sebanyak dan sebesar apa dosanya. Jadi kalo dosanya emang banyak bgt, tapi dia muslim, ya akhirnya masuk surga juga (setelah dihisab di neraka tentunya).


ko ga cocok dengan surra dibawah ini?:

yunus 26 Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya . Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan . Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.

yunus 27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
Last edited by madison on Sun Oct 28, 2007 10:36 am, edited 1 time in total.
User avatar
madison
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2393
Joined: Tue Sep 25, 2007 6:01 pm
Location: pentagon

Postby bintang » Sun Oct 28, 2007 4:34 am

hai hai..mulai susah nih..kan udh dibilang jangan nanya yang susah, kalo mau nanya yang susah dateng aja ke Islamic Center di kota anda, disitu Insyallah ada Ulama nya..mereka lebih berhak ngasi fatwa...

Tapi sejauh pemahaman saya yang **** ini, yang saya bilang sama ayat itu nyambung2x aja ko..kalo di ambil sepotong2x emang ga nyambung..sambung terus dengan semua isi Al Quran, Insyallah anda ga perlu nanya saya.

Jazakumullahu khairon katsiron
bintang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 11
Joined: Thu Oct 25, 2007 3:20 am

Postby madison » Sun Oct 28, 2007 11:21 am

jadi menurut ente
ane ga nyambung yach.

yang bener itu ya ente, gitu yach??
jadi biar muslim udah bunuh-bunuhan.
masuk neraka paling bentar,
abis itu masuk surga,
gitu yach??

yang penting, muslim.
benerkan itu maksud ente?

sementara kalo muslim ktp,
meskipun ga bunuh-bunuhan,
ente malah bingung tu muslim ktp masuk mana.

coba ente jelasin lagi dech,
bener-bener bingung ane dengan pemahaman ente.
User avatar
madison
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2393
Joined: Tue Sep 25, 2007 6:01 pm
Location: pentagon

Postby ndramus » Mon Oct 29, 2007 6:20 pm

bintang wrote:Sebenernya, saya menghindari menyampaikan berita buruk, tp untuk menghindari fitnah, baiklah..

Seperti saya bilang, Surga dan Neraka itu abadi, Neraka selalu ada walaupun semua umat Islam telah masuk Surga, isinya, maaf..orang2x kafir dan orang2x munafik. Orang munafik ini, maksudnya orang yang mengaku Islam, tapi sesungguhnya mereka membenci Islam, bagian munafik ini ga perlu saya terangin ya, takut saudara muslim saya pada stress..

Sebenernya yang masih saya bingung itu Islam K.T.P...masuk Surga atau Neraka?!..mungkin ya teorinya KTPnya masuk Surga, tapi ga tau orangnya kemana..malaikat juga bingung kynya...hehehe

Saya ini bukan ulama, pengetahuan saya terbatas, jadi jangan tanya yg susah2x ya..eh kalo penggambaran surga di Kristen gimana ya?

Jazakumullahu khairon katsiron


mas, yang kita bahas ini adalah ttg neraka nya islam
ga usah lari kemana2

berhubung sampean sudah lempar statement yahh sampean harus tanggung jawab dong

misalnya ada perampok, pembunuh, pemerkosa mati sebagai muslim dan tidak bertobat atas perbuatanya, apakah masih ada kesempatan ke surga ?
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby M-SAW » Mon Oct 29, 2007 6:40 pm

ndramus wrote:misalnya ada perampok, pembunuh, pemerkosa mati sebagai muslim dan tidak bertobat atas perbuatanya, apakah masih ada kesempatan ke surga ?

loh kok bingung
di islam itu kalau MATI nya tidak murtad ,pasti masuk surga,TAPi ada yang di hisab,ada yang gak dihisab.
nah klo kelas2 PENJAHAT itu kudu masuk NERAKA dulu untuk dicuci dosanya .abis itu br masuk surga.
gmn puas mbok jamu?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby allzay » Mon Oct 29, 2007 6:42 pm

Kalau boleh sedikit nimbrung dan menyampaikan opini yang fakir ini:

Kalau boleh menafsirkan, berdasarkan referensi tafsir Depag RI, boleh jadi ayat ke 27 surat Yunus merujuk kepada golongan-golongan "kafir" (bukan golongan yang pada ayat ke-25 surat tersebut diminta untuk menuju "Darussalam" dan Shiratal Mustaqiim (Islam)". Sehingga, boleh jadi, tafsiran ayat tersebut bahwa yang kekal di neraka adalah golongan yang "tidak shiratal mustaqiim"

Mohon pencerahan
thanks
allzay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 13
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:41 pm

Postby M-SAW » Mon Oct 29, 2007 6:48 pm

iye bung alizay
saya setuju
hanya KAFIR yang KEKAL di neraka.seorang muslim gak mungkin KEKAL di neraka

:)
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby bintang » Mon Oct 29, 2007 10:17 pm

Wah..wah, mulai kumat nih..Tugas seorang Muslim ini menyampaikan, walaupun dia hanya hafal 1 ayat, penjelasan & fatwa itu tugas Ulama, sementara kepahaman itu hak Allah S.W.T.

Jadi udah ada job des masing2x. Saya nih bukan Hafizh(Org yang hafal seluruh Al-Quran), Ulama apa lagi..Jadi diatas itu bukan statement, tapi penyampaian apa yang saya tau. Kalo pun harus bertanggung jawab, biar pertanggung jawaban saya sama Allah S.W.T. saja, saya pikir itu lebih baik.

Kesombongan itu yang bikin Setan di keluarin dari neraka, jadi Muslim ini ga boleh sombong dengan ke Islaman nya. Mudah2xan saya yang lemah ini dijauhkan dari sifat itu. Karena seorang Muslim di neraka ini bisa beribu2x tahun, bisa bayangin ga enaknya. Jadi sifat takut masuk neraka lebih baik dari pada santai2x karena tau ujung2xnya masuk surga.

Soal Muslim KTP itu, saya cuma mengingatkan saudara Muslim yang ada disini dengan joke satire.
Kalo saya nanya soal penggambaran Surga di Kristen, bukan berniat memperdebatkan, saya cuma minta ilmu aja, kalo ga mau ngasih ya ga papa.

Saya ini ga mau ngebahas Neraka selain sama Ulama, karena terlalu menakutkan buat saya. Saya ini memang ****, takut sama yang belum keliatan tapi ga takut sama yang udah keliatan.

Kesimpulannya, kalau anda memang mencari penjelasan tanya lah ke Ulama, karena mreka lebih berhak, tenang aja ga akan dipaksa masuk Islam ko..kalo niatnya mau debat kusir..ya silahkan berbicara dengan pak kusir yang sedang mengendarai delman supaya baik jalannya. Saya mah disini cuma nyari ilmu dari mas2x yang ilmunya sudah tinggi ini, para non muslim tapi hafizh Al-Quran semua. Buat saya mah dapet ilmu dari siapa aja ko..hehe

Untuk mas Allzay terima kasih sudah bersikap santun terhadap saya yang hina ini, nampaknya kelembutan hati mas ini cerminan dari keyakinan mas Allzay, semoga Allah S.W.T. membalas seluruh kebaikan mas Allzay beserta seluruh keluarganya. Amin

Jazakumullahu khairon katsiron
bintang
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 11
Joined: Thu Oct 25, 2007 3:20 am

Postby ndramus » Tue Oct 30, 2007 11:04 am

MUHAMMAD SAW wrote:
ndramus wrote:misalnya ada perampok, pembunuh, pemerkosa mati sebagai muslim dan tidak bertobat atas perbuatanya, apakah masih ada kesempatan ke surga ?

loh kok bingung
di islam itu kalau MATI nya tidak murtad ,pasti masuk surga,TAPi ada yang di hisab,ada yang gak dihisab.
nah klo kelas2 PENJAHAT itu kudu masuk NERAKA dulu untuk dicuci dosanya .abis itu br masuk surga.
gmn puas mbok jamu?

terima kasih OOm...semakin memantapkan hati saya untuk memilih islam saja:D:D:D

o ya kalo ga keberatan kasih tau dong berapa lama masuk neraka buat pezinah ?
lumayan om.....hehehhe
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby kuro_kuro » Tue Oct 30, 2007 1:07 pm

Tentu saja surga lebih kekal, bukankah surga nanti kan penuh dengan adegan mesum dan esek2 dan itu kan yang di sukai ama si muhamad sang mucikarinya, hehehehehehehehehe
kuro_kuro
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 53
Joined: Tue Oct 16, 2007 11:29 am

Postby M-SAW » Tue Oct 30, 2007 2:38 pm

ndramus wrote:
MUHAMMAD SAW wrote:
ndramus wrote:misalnya ada perampok, pembunuh, pemerkosa mati sebagai muslim dan tidak bertobat atas perbuatanya, apakah masih ada kesempatan ke surga ?

loh kok bingung
di islam itu kalau MATI nya tidak murtad ,pasti masuk surga,TAPi ada yang di hisab,ada yang gak dihisab.
nah klo kelas2 PENJAHAT itu kudu masuk NERAKA dulu untuk dicuci dosanya .abis itu br masuk surga.
gmn puas mbok jamu?

terima kasih OOm...semakin memantapkan hati saya untuk memilih islam saja:D:D:D

o ya kalo ga keberatan kasih tau dong berapa lama masuk neraka buat pezinah ?
lumayan om.....hehehhe

kebetulan tidak ada yang tau berapa lama.ya mungkin 100000000 triliun tahun :). atau 1000000000000000000000 trilinun tahun..
tapi yang penting abis itu masuk SURGA dpt 73 bidadari.
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby ndramus » Tue Oct 30, 2007 2:59 pm

kuro_kuro wrote:Tentu saja surga lebih kekal, bukankah surga nanti kan penuh dengan adegan mesum dan esek2 dan itu kan yang di sukai ama si muhamad sang mucikarinya, hehehehehehehehehe

astagfirullah ! :lol: :lol:

kebetulan tidak ada yang tau berapa lama.ya mungkin 100000000 triliun tahun . atau 1000000000000000000000 trilinun tahun..
tapi yang penting abis itu masuk SURGA dpt 73 bidadari.


hihhhihi......
disana sudah disediain belum sih kalender akhirat ??
kalo enggak ini berarti peluang bisnis :lol:
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby M-SAW » Tue Oct 30, 2007 3:05 pm

peluang bisnis?? pakt nerka PLUS maksudnya??
hhahaqhaahahah
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MONTIR KEPALA » Tue Oct 30, 2007 3:18 pm

hukuman atas kejahatan itu tidak ada yg kekal ... baik kafir maupun muslim ..... yg kekal itu hukuman atas kekafiran iman.

2 penjahat beda iman sama2 dihukum di neraka dgn kualitas hukuman yg sama.
setelah hukuman SEPADAN dan SELESAI.
maka yg kafir masih ada perpanjangan waktu di neraka karena kekafiran iman.
maka yg iman selesai hukuman bunuh selesai pula di neraka dan keimanannya akan diganjar dgn sempurna oleh Tuhan dgn surga.
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby allzay » Tue Oct 30, 2007 3:31 pm

maaf sebelumnya,

kok makin melebar ke isu "keadaan di surga", Sepertinya telah ada thread sendiri untuk membahas isu itu. Kalo ditanyakan keadaannye seperti apa, boleh jadi, akan terus ada perdebatan...

Kalo boleh sedikit OOT, sepertinya ada pula yang memberikan "tafsiran", bahwa apa yang "digambarkan" Qur'an mengenai surga dan neraka adalah memang sebuah "permisalan" "gambaran", dll. Mungkin bisa di refer ke surat Ar Ra'd ayat 35 dan Surat Muhammad ayat 15. Paling tidak itu yang dijelaskan oleh tafsir Depar RI...

salam kedamaian dan cinta untuk semuanya..
allzay
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 13
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:41 pm

Next

Return to SURGA & NERAKA Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users