. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby salamander » Mon Jul 04, 2011 3:37 pm

Salam Damai !


Gubernur Aceh sesalkan banyaknya masjid yang sepi jama'ah


Senin, 4 Juli 2011 13:41:25

Image

ACEH (Arrahmah.com) – Keberadaan Aceh sebagai provinsi yang memperjuangkan diberlakukannya syariat Islam memang tak bisa dipungkiri, tak salah jika sebutan Serambi Mekah disematkan pada kota ini. Namun, banyaknya bangunan masjid yang kosong melompong dari para jama’ah membuat Gubernur Aceh, Irwandi merasa kecewa.

Terkait hal tersebut Irwandi mengajak masyarakat untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga kewibawaan dan marwah Aceh sebagai daerah “Serambi Mekah”.

“Menjaga kewibawaan dan marwah bumi Aceh sebagai Serambi Mekah hanya bisa dilakukan dengan cara menjadi muslim yang baik,” katanya di Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (3/7/2011) malam.

Hal tersebut disampaikan di sela-sela pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX tingkat provinsi yang diikuti kafilah dari 23 kabupaten dan kota di wilayah itu.

Irwandi mengungkapkan menjadi muslim yang baik, bisa dilakukan dengan cara menjaga kesalehan spritual dengan menuruti segala perintah dan larangan agama, juga yang tidak kalah penting melalui kesalehan sosial.

“Disamping itu juga kita harus menjadi orang yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat lainnya,” kata Irwandi Yusuf menjelaskan.

Lebih lanjut ia mengatakan berbagai kegiatan keagamaan yang diselenggarakan diharapkan tidak hanya menjadi upacara serimonial, tapi harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya berharap MTQ ini menjadi momentum untuk menyegarkan kembali semangat kita guna mencintai, mempelajari dan mengamalkan Al Quran sebagai sumber dari segala hukum dalam kehidupan,” katanya.

Sementara itu, Irwandi mengungkapkan kekecewaan terkait fenomena saat ini tentang banyaknya pembangunan masjid di Aceh namun rumah ibadah tersebut hanya terisi penuh pada pelaksanaan shalat Jumat dan hari raya.

“Fenomena itu harus menjadi perhatian kita bersama dengan harapan agar ke depan setiap masjid dapat dipenuhi oleh pelaksanaan shalat lima waktu,” katanya lagi.

Selain itu, Gubernur juga menilai kecintaan masyarakat terhadap Al Quran sebagai salah satu kearifan lokal di Aceh saat ini mulai tercabut. Hal tersebut dapat dilihat dari pengajian Al Quran yang sering terdengar setelah shalat maghrib di Aceh beberapa tahun silam kini mulai menghilang.

Harusnya dibuat aturan tentang kewajiban laki-laki untuk shalat berjamaah di masjid, dengan demikian pemimpin telah memaksimalkan upaya memakmurkan masjid seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW, dengan pemberlakuan sanksi bagi laki-laki yang tidak shalat di masjid.

Dengan demikian, syariat Islam yang diberlakukan di Aceh diharapkan kedepannya akan lebih kompleks dan sempurna, karena pada dasarnya Islam “hadir” dengan segala aturan di seluruh bidang kehidupan, tidak hanya terkait dengan ibadah. (ans/arrahmah.com)
http://arrahmah.com/read/2011/07/04/13746-gubernur-aceh-sesalkan-banyaknya-masjid-yang-sepi-jamaah.html


Sementara itu, Irwandi mengungkapkan kekecewaan terkait fenomena saat ini tentang banyaknya pembangunan masjid di Aceh namun rumah ibadah tersebut hanya terisi penuh pada pelaksanaan shalat Jumat dan hari raya.

Tapi menurut pengakuan teman saya yg muslim, ketika dia pulang solat terawih di Mesjid Baitur rahman Banda Aceh : " Mesjidnya sepi lae, orang yang terawih ntah kemana, bisa dihitung pake jari!"

Salam Damai
User avatar
salamander
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 79
Joined: Sun Jun 12, 2011 3:19 pm
Location: berdiri ditempat pengintaian, berdiri tegak dimenara.

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby mamadkafirun » Mon Jul 04, 2011 3:43 pm

Baguslah sepi semoga banyak yang murtad di Aceh [-o<
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby a_man » Mon Jul 04, 2011 8:54 pm

coba tuh masjid2 dirombak jadi tempat ibadah agama lain, pasti banyak yg dateng.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4319
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby tanyakenapa » Mon Jul 04, 2011 11:18 pm

=D> juara
tanyakenapa
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 331
Joined: Sun Jun 20, 2010 7:17 am

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby walet » Tue Jul 05, 2011 12:18 am

terutama di masjid yang ada internetnya karena mereka dah baca ffi.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5959
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby kramotak » Tue Jul 05, 2011 4:27 pm

muslim mode : on

ini pasti berita bikinan Yahudi, Amrika, dan krestenisasi...
berita ga adil, berita ga mutu, pembohongan publik...
:---) :---)

moslem mode : off

:goodman:
User avatar
kramotak
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 6
Joined: Tue Mar 01, 2011 2:36 pm

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby snipey » Mon Aug 22, 2011 8:04 am

Tak perlu jauh ke Aceh, di Jakarta, Bandung, Surabaya dst mesjid2 juga sepi kok..krn umatnya
terbagi ke bbrp mesjid, mushalla, langgar yg semuanya berdekatan (bagaikan Indomaret vs Alfamaret, Giant vs Carefour, Matahari vs Ramayana, tukang cendol vs tukang es campur, tukang sate vs tukang pecel lele dst)

Di dkt kost saya ada 2 buah masjid besar (lantai utamanya sktr 25 x 20 m), yg jaraknya berdekatan.
Mesjid yg terbaru tadinya hanya mushalla kecil, lalu dibangun membesar jadi masjid. Kami kadang tetap
memanggilnya "mushalla" krn sdh kebiasaan.

Entah kenapa, mereka yg shalat di mushalla, jarang mau shalat di mesjid yg pertama berdiri.
Ada semacam gap. Demikian sebaliknya, mukmin dr mesjid tua, jarang yg mau shalat di mesjid baru.

Di hari2 biasa / non Ramadhan, sedikit sekali yg shalat jamaah di mesjid baru.
Saat shalat Jumat, jumlah jamaah memang lebih banyak namun mesjid tak penuh. Saya pernah mendengar
pengurus mesjid baru mengeluh kekurangan dana pemeliharaan (dr kencleng/infaq jamaah). Itu sebabnya,
lantai II selalu dalam keadaan gelap gulita. Selain tak ada yg shalat di situ, juga utk menghemat biaya listrik.

Kebingungan saya:

1. Kenapa org Islam getol sekali membangun rumah ibadah yg daya tampungnya jauuuh melebihi
jumlah jemaah. Apakah agar shalatnya bisa lega tidak bersenggolan?

Pencetus pembangunan masjid sepertinya memang TIDAK TAHU jumlah pasti calon jemaah
di mesjid itu kelak. Mereka tak punya data, apalagi jika di sekitar sdh ada mesjid juga.

Apakah mereka mengejar pahala akherat atau kebanggaan duniawi jika berhasil mendirikan masjid?

2. Mesjid sdh ada di dekat situ, daya tampung memadai. Kenapa harus mendirikan mesjid baru yg
notabene akan menyedot jemaah dr mesjid lama...otomatis potensi infaq juga berkurang bukan?

TIDAKKAH MEREKA MALU, saat kemudian menadahkan tangan, membahayakan pengendara dgn meminta2
di jalanan? Bukankah ikhlas itu salah satu bentuk iman? Jika memang jamaah belum mampu
mendirikan masjid sebaiknya tak usah dipaksakan dgn meminta-minta pd orang yg lewat.



Yg saya ketahui ttg pembangunan rumah ibadat agama lain:

1. bermula dr kebutuhan ummat akan suatu tempat ibadah YG MEMANG BELUM TERSEDIA.
2. Jemaah sdh siap dgn dana dan penggalangan dana internal shg tak perlu meminta2 di jalanan
User avatar
snipey
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1064
Images: 2
Joined: Mon Aug 30, 2010 8:32 am

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby freax » Mon Aug 22, 2011 1:04 pm

gw kadang heran jg sama kotak2 sumbangan pembangunan mesjid.
Apa masih kurang banyak ya mesjid di daerah situ?

yg paling parah, pernah ada yg minta sumbangan pembangunan mesjid "ZZZ", padahal 200 meter dari situ ada mesjid "YYY" yg merupakan mesjid terbesar di kota tsb.


:rock: freax
User avatar
freax
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 300
Joined: Tue Apr 13, 2010 9:29 pm

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby kucinggarong » Mon Aug 22, 2011 1:25 pm

a_man wrote:coba tuh masjid2 dirombak jadi tempat ibadah agama lain, pasti banyak yg dateng.


:supz: Setuju !.

Coba kita tes, kita ubah jadi tempat ibadah agama lain. Apakah nanti jadi rame ? Saya dukung nih ide-nya.
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby tanda_tanya » Mon Aug 22, 2011 5:53 pm

freax wrote:gw kadang heran jg sama kotak2 sumbangan pembangunan mesjid.
Apa masih kurang banyak ya mesjid di daerah situ?

yg paling parah, pernah ada yg minta sumbangan pembangunan mesjid "ZZZ", padahal 200 meter dari situ ada mesjid "YYY" yg merupakan mesjid terbesar di kota tsb.


:rock: freax



...Knapa heran bang .
Tujuan pembangunan mesjid sebanyak banyaknya kan sudah jelas, yaitu untuk menyaingi Mesir sebagai kota terbising didunia [bising suara azan].
Siapa tau nanti Indonesia dapat predikat sebagai kota terbising didunia, khan muslim pada bangga.


Salam
User avatar
tanda_tanya
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 109
Joined: Tue Jul 19, 2011 11:57 pm
Location: Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby Voodo » Mon Aug 22, 2011 6:23 pm

Inilah sulitnya jika sesuatu di dasarkan timbal balik(pahala),bukan berdasarkan manfaat dan kebutuhan real namun lebih kepada timbal balik(pahala) itu sendiri.
Yang akhirnya segala yg di kerjakan menjadi "mubazir"
User avatar
Voodo
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 208
Joined: Sun Jul 31, 2011 3:23 am
Location: Bumi Damai

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby Bagol5 » Mon Aug 22, 2011 8:15 pm

mustinya pengurus mesjid harus mengambil langkah terobosan baru untuk menarik minat umat memasuki mesjid...
pasang dong banner, brosur2, iklan di radio...

suara adzan juga nadanya jangan begitu mulu... pake hip-hop apa pop melayu gitu...

yang penting umat yang dateng banyak. pas udah selesai, bagiin bingkisan makanan ama sendal gratis gitu. biar dateng lagi...
User avatar
Bagol5
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: Aceh, Mesjid Banyak Yang Sepi

Postby Panasnian » Wed Aug 24, 2011 12:40 pm

Bentar lagi masjid2 diobral, harga murah. Terus dibeli utk dijadikan tempat ibadah umat agama lain. Uang penjualan masjid dipakai pak ustad naik haji, atau cari bini baru. Ini tidak mustahil lho.
Panasnian
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Sat Feb 05, 2011 6:16 am


Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users