. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

10 Macam Dosa Besar menurut Al Quran

Forum referensi khusus bagi ayat2 Al Quran dan Hadits Sahih (Bukhari, Muslim, dll) beserta link ke sumbernya.

10 Macam Dosa Besar menurut Al Quran

Postby mamadkafirun » Fri Jul 01, 2011 5:56 pm

Image

Dosa adalah tindakan yang melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan Allah.
Hanya sekedar mengingatkan, bukan untuk menggurui. Apa sajakah yang termasuk 10 macam dosa besar menurut al quran?

1. Syirik (Menyekutukan Allah SWT).

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya". (An Nisaa: 48).

Dan Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga". (Al Maidah: 72)

2. Berputus asa dari mendapatkan rahmat Allah SWT.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".(Yusuf: 87).

3. Merasa aman dari ancaman Allah SWT.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi." (Al A'raaf: 99)

4. Berbuat durhaka kepada kedua orang tua.

Karena Allah SWT mensifati orang yang berbuat durhaka kepada kedua orang tuanya sebagai orang yang jabbaar syaqiy 'orang yang sombong lagi celaka'.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka". (Maryam: 32).

5. Membunuh.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya". (An Nisaa: 93).

6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la'nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar". (An Nuur: 23)

7. Memakan riba.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila". (Al Baqarah: 275)

8.Lari dari medan pertempuran.

Maksudnya, saat kaum Muslimin diserang oleh musuh mereka, dan kaum Muslimin maju mempertahankan diri dari serangan musuh itu, kemudian ada seseorang individu Muslim yang melarikan diri dari pertempuran itu.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya". (Al Anfaal: 16)

9. Memakan harta anak yatim.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)". (An Nisaa: 10)

10. Berbuat zina.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu". (Al Furqaan: 68-69)

Cara menghapus dosa besar

Image

Di dalam al quran di sebutkan bahwa Allah akan mengampunkan semua dosa kecuali syirik artinya dengan taubat nashuha dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tsb insya Allah akan diampunkan dan apabila dosa yang berkaitan dengan manusia misalnya kedzoliman maka harus meminta maaf kepada orang di dzolimi.

Wallahu'alam

http://www.menjelma.com/2011/05/10-maca ... quran.html

Sekarang mari kita bahas satu-persatu :

1. Auwloh tidak mengampuni dosa syirik yaitu yang menyekutukan auwloh.
Berarti auwloh otoriter, tidak memiliki kasih dan tidak mengampuni orang yang menyekutukan auwloh. Neraka adalah tempatnya.
Surga adalah haram bagi mereka yang menyekutukan auwloh.
Auwloh narsis, gila disembah.
:butthead:
Auwloh mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakinya.
Auwloh pilih kasih mengampuni segala dosa selain syirik tapi tetap memilih siapa yang diampuni siapa yang tidak menurut kehendaknya.
Tidak ada jaminan pengampunan dosa buat orang-orang yang melanggar ketentuan auwloh.
Masya alooohhh auwloh maha kezaaammm
:axe:

2. Lagi-lagi auwloh membeda-bedakan antara muslim dengan kafir.
Auwloh Maha Pilih Kasih
:vom:

3. Auwloh bar bar hobby nya tukang ngasih azab. Pantaslah muslim selalu ditaku-takuti oleh azab auwloh yang tidak terbukti sama sekali :green:

4. Jelas karena menurut islam surga adalah di telapak kaki ibu. Cari aja surga di telapak kaki ibu ada ga? :lol:

5. Tidak ada pengampunan bagi orang yang membunuh mu'min dengan sengaja dan neraka Jahannam adalah balasannya. Auwloh lagi-lagi tidak punya kasih.
Bagaimana dengan orang yang membunuh mu'min dengan tidak sengaja? Mungkin saja ada pengampunan. Berarti ada pembedaan disini antara yang membunuh mu'min dengan sengaja dan yang tidak sengaja
:rolleyes:

6. Menuduh wanita yang baik-baik berzina hukumannya adalah laknat dunia akhirat dan azab yang besar.
Saya jadi bertanya ini si auwloh kok demen banget ya kasih hukuman
:-k

7. Orang yang memakan riba kemasukan setan lantaran penyakit gila. Mungkin kalau makan harta rampasan kafir malah direstui auwloh.
Yang gila siapa sebenernya?
](*,)

8. Tuh muslim ga boleh mundur perang kalo mundur entar dimasukin neraka sama auwloh.
Sama umatnya aja kezzzaaammm
:finga:

9. Makan harta anak yatim secara zalim akan dimasukan ke dalam neraka.
Masya auwloh tuh slim auwloh kalian ga punya belas kasihan
:goodman:

10. Lebih baik kawin lagi kata si auwloh alias poligami daripada zinah. Yang penting urusan syahwat tersalurkan :lol:

Mengenai pengampunan dosa besar, si auwloh nyuruh muslim taubat nasuha. Insya auwlooohhh, mudah-mudahan, belum tentu, tidak pasti, ga janji, diampuni auwloh SWT! :rofl:

Emang enak ditakut-takutin sama auwloh? :finga:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Return to Resource Center: Ayat2 Al Quran dan Hadits



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users